KASKUS

nais gan tret ny, hrs sering dikomen nh biar di page dpn trus biar pd baca...
ane udah di ajarin sih gan , btw mantap lah
Gan, ane mau diskusi nih, soalnya ane kurang sependapat sama kesimpulan agan:
"semakin tinggi datarannya maka gaya gravitasi semakin kecil sehingga menyebabkan udara semakin tipis. Udara makin tipis semakin sedikit media yang bisa menghantarkan panas matahari, sehingga ketiadaan panas menyebabkan temperature menjadi turun itulah yang menyebabkan kenapa dataran tinggi terasa lebih dingin dibandingkan dataran rendah walaupun dataran tinggi lebih dekat ke matahari".

Pertama:
Udara merupakan konduktor panas yang buruk gan, jadi ketiadaan udara tidak bisa langsung dikaitkan dengan penurunan suhu akibat ketiadaan media penghantar panas seperti yang agan sebutkan di kesimpulan agan. Memang ketebalan lapisan udara dapat berpengaruh pada suhu, tetapi bukan dalam konteks udara sebagai penghantar panas, tetapi lebih ke konteks teori kinetik gas.

Kedua:
Proses perpindahan panas ada tiga jenis, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Pemanasan yang terjadi di bumi akibat cahaya matahari terjadi akibat proses radiasi. Akibat adanya lapisan atmosfer bumi, maka cahaya matahari (berupa gelombang elektromagnetik) yang masuk ke dalam lapisan atmosfer akan terperangkap (terutama spektrum infra merah - yang mempunyai daya tembus paling rendah - yang merupakan sumber panas) dan mengalami pemantulan berkali-kali, hal ini lah yang menyebabkan suhu permukaan bumi menjadi meningkat (inget efek rumah kaca). Hal inilah penyebab utama suhu di permukaan bumi menjadi panas. Jadi yang perlu digarisbawahi adalah sebagian besar pemanasan di bumi tidak diakibatkan oleh pemanasan langsung sinar matahari yang diterima oleh bumi, tetapi oleh pemanasan tidak langsung spektrum IR akibat pemantulan cahaya matahari akibat adanya atmosfer.

Kesimpulan:
Kenapa makin tinggi posisi suatu tempat makin rendah suhunya? Jawabannya karena semakin jauh letaknya dari sumber panas di permukaan bumi.

Semoga bisa jadi bahan diskusi ya .... Mohon maaf bila kurang berkenan ...
tergantung gan...
klo pengen ngeliat pemandangan alam ane pergi ke pegunungan,
tapi klo pengen ngeliat pemandangan alami ane pergi ke pantai

Yg ane tau tiap naik 100m suhu turun 1derajat
ga ngerti soal beginian gan, tapi menarik juga nih
Nice nih yg ginian, byk pengetahuan baru
ane udah diajarin sama guru ane gan
di atmosfer pertama , semakin tinggi ketinggian bakal semakin dingin pula udaranya
enakan dipantai gan
Quote:Original Posted By edolaku
Yg ane tau tiap naik 100m suhu turun 1derajat


kalo naik 1 derajat makin panas dong gan ,
mungkin maksud ente turun 1 derajat , dan itu berlaku di atmosfer pertama aja gan
oh, jadi semakin tinggi tempat, gravitasinya makin kecil, udara makin tipis. udah lupa ane sama teori ini
kalo suruh milih gunung sama pantai, ane pilih pantai. betah banget ane kalo ada di pantai
wih TS nya pinter
ane lebih suka ke gunung
BlackKamenRider
Teknis, Tapi Sederhana Penjelasan Ente Mengenai Perbedaan Suhu Di Pegunungan & Pantai Ini
Mudah Di Mengerti & Nambah Pengetahuan
wah...
ternyata pake rumus yah ngitungnya
ane baru tau nih
ane tgl dipegunungan gan
Katanya kl orang yg tinggal di dataran tinggi,sel darahnya lebih dikit lho drpd orang yg tinggal di dataran rendah(cmiiw)
ane sih udah tahu ini, jadi pengen liburan ke pantai deh
biasanya ane sih sering nya ke puncak gan, adeem soalnya kebiasaan kepanasan kalo di jakarta
emang begitu gan rumusnya ane udah pernah belajar
di atmosfer pertama makin naik maka makin dingin pula
×