- Beranda
- Komunitas
- Games
- Online Games
Curhatan Seorang Game Master (GM)
TS
w.a.r.w.o.l.f
Curhatan Seorang Game Master (GM)
Monggo dibaca nih Thread ane bagi player yang suka ngeluh-ngeluh ke GM sampe ngeluarin bahasa Taman Safari agar tau susahnya jadi GM
-Prosedur yang harus dipenuhi GM,Perbedaan Publisher - Developer Online Game
-Sumber:GM disuatu Publisher Game Online(dirahasiakan demi privasi GM tersebut)
SEBELUMNYA SAYA BENAR2 MINTA MAAF JIKA SAYA ADA SALAH-SALAH KATA....
Yuk langsung dibaca aja,anggap saja ini sebuah artikel yaaa...ini hanya sebagai bentuk kritikan utk user game online diIndonesia:
Pada suatu hari(kaya dongeng aja ),gw dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih sedikit penjelasan aja
rata2 (ato bahkan mungkin semua)
Game online yang di indonesia itu di PUBLISH(diterbitkan), bukan di DEVELOP(dibuat atau pengembangan). artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih di Korea) dan menunggu jawaban dari mereka.
Salah satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat gw sendiri yang udah ngerasain dari seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus dilakukan.
Gw pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah duplikat item dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.
gw sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:
DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER
ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen
misalnya kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang baru di dikirimkan ke supermarket), bener ngga?
nah kalo di sistem game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga gampang.
tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox GM/Email GM?
"kk ada bug dupli benerin pls"
"woi setan ada bug benerin dong becus ga si lu jadi GM"
"GM ccd,ada bug ama cheat koq ga diperbaiki !!! cepetan tolol"
ya kira2 seperti itulah..
ngga bisa langsung diperbaiki walaupun kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:
"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."
yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu?ibarat gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama kan
Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which allows player to duplicate item. Please fix this." NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI dan DETAILseperti apa Bug yang ada digame tersebut yang akan dilaporkan ke pihak pembuat game
(entah itu dari tulisan, maupun video FRAPS atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).
yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesk/pekerjaan wajib seorang GM.mempunyai networking(jaringan) yang cukup luas memang penting, soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa gw pun masuk ke dalam game dan coba ngomong sama beberapa temen deket gw yang udah level tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau ngomong.
kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau,
bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdesk seorang GM
tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus bagi waktu
kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound online, kalo pake aimbot, emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"
sama halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game dan mereka akan terima laporan tersebut.
tapi apa memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo XTRAP, tiap ke detect cheat langsung otomatis restart kompinya)
--> DAN BALIK LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah KEBIJAKAN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi mana updatenya,lama amat ene developer game" .. yang ada license/lisensi gamenya diputus langsung dan game tutup....serem kan !
sorry, gw bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba membuka MATA PARA PLAYER INDONESIA bahwa jadi GM itu NGGAK GAMPANG !
ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!"ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"
biasa sih gw cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR.kita dicaci maki,dikritik, dikomentarin, tapi kita ga boleh bales ke mereka sedikitpun T__T
kalo biasa gw curhat ke temen gw pas lagi kesel, biasanya ane bilang,
"If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."
--> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod
bener ngga?kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian ga ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi seorang GM,tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah dengan lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini mungkin sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)
coba bayangkan kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang ngurus game indo?rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih
oh iya btw, di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu tugas marketing. kita cuman in-game aja kok,jadi masalah harga cash / voucher itu urusan MARKETING,bukan GM
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Marketing dan Head Content:Voucher - Cash Item
Game Master:In game
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
harap semoga user mengerti >.
SELESAI....
Kalo bermanfaat Cendolnya gan jangan lupa
Kalo ga suka pliss jgn di
Sorry Threadnya Jelek karena ane masih Newbie
Spoiler for Baca Disini:
-Prosedur yang harus dipenuhi GM,Perbedaan Publisher - Developer Online Game
-Sumber:GM disuatu Publisher Game Online(dirahasiakan demi privasi GM tersebut)
SEBELUMNYA SAYA BENAR2 MINTA MAAF JIKA SAYA ADA SALAH-SALAH KATA....
Yuk langsung dibaca aja,anggap saja ini sebuah artikel yaaa...ini hanya sebagai bentuk kritikan utk user game online diIndonesia:
Pada suatu hari(kaya dongeng aja ),gw dulu pernah kerja di salah satu perusahaan publisher game online di indonesia sebagai GM. kalo skrg sih udah ngga lagi, but anyway mau kasih sedikit penjelasan aja
rata2 (ato bahkan mungkin semua)
Game online yang di indonesia itu di PUBLISH(diterbitkan), bukan di DEVELOP(dibuat atau pengembangan). artinya, kalo ada apa2, itu udah semata2 menjadi "Standard Operational Procedure" untuk ngelapor pada pihak developer (biasanya sih di Korea) dan menunggu jawaban dari mereka.
Salah satu tambahan lagi buat mental gamer indonesia, buat gw sendiri yang udah ngerasain dari seorang GM, mereka ngga mau tau serepot apa prosedur atau proses yang harus dilakukan.
Gw pun juga udah ngalamin yang namanya "pasrah karena ngga bisa berbuat apa2" dan "seneng karena cheat/bug tersebut udah ngga bisa dipake lagi". but guess what, kalo masalah bug, katakanlah duplikat item dan lain sebagainya belum di fix, itu TIDAK SELALU karena GMnya tutup mata.
gw sekedar share ya. agak mirip analoginya dengan ini:
DEVELOPER -- PRODUK --> PUBLISHER -> PLAYER
ibarat: Nestle/Danone/KhongGuan -- Biskuit Malkist, Pocky, dll --> Indomart, carrefour -> Konsumen
misalnya kalian beli makanan di supermarket. terus ternyata didalem bungkus makanan itu ada katakanlah kecoa mati. masa kalian lapor ke supermarketnya? padahal yang ngebungkus itu si pembuat pastinya (yang baru di dikirimkan ke supermarket), bener ngga?
nah kalo di sistem game online gini, kalian bisa lapor ke kita dan nanti akan kita teruskan ke bagian pihak developer. TAPI masalahnya, laporan bug itu ngga gampang.
tau ngga, rata2 laporan bug itu gimana kalo masuk di email inbox GM/Email GM?
"kk ada bug dupli benerin pls"
"woi setan ada bug benerin dong becus ga si lu jadi GM"
"GM ccd,ada bug ama cheat koq ga diperbaiki !!! cepetan tolol"
ya kira2 seperti itulah..
ngga bisa langsung diperbaiki walaupun kita langsung laporin ke pihak developer juga. ada yang pernah denger ungkapan seperti ini:
"The easiest and the fastest way to fix a bug is to first know how to reproduce it."
yang artinya, kalo kita ga tau gimana cara membuat bug itu terjadi.. ya bagaimana kita bisa ngebenerin bug itu?ibarat gini, kalian makan seafood (cumi, kerang, udang, ikan, dll) terus sampe rumah badan kalian merah2 dan ternyata alergi. Tentu supaya kita ga kena alergi lagi kita harus tau dong makanan apa penyebabnya, bener ngga? Apa itu cumi nya? Kerangnya? Ato udangnya? Apa semuanya? Intinya sebelum kita tau apa penyebabnya, kita ngga akan bisa menghindari problem yang sama kan
Ngga bisa tuh kita lapor ke developer cuman bilang "Hi, there is a bug which allows player to duplicate item. Please fix this." NO. kita harus menjabarkan caranya SECARA RINCI dan DETAILseperti apa Bug yang ada digame tersebut yang akan dilaporkan ke pihak pembuat game
(entah itu dari tulisan, maupun video FRAPS atau puluhan screenshot yang intinya menjelaskan bagaimana bug itu terjadi).
yah, okay, emang itu semua bagian dari jobdesk/pekerjaan wajib seorang GM.mempunyai networking(jaringan) yang cukup luas memang penting, soalnya kalo mulai ada laporan bug2 gini, biasa gw pun masuk ke dalam game dan coba ngomong sama beberapa temen deket gw yang udah level tinggi. tapi .. ngga semua pun tau tentang itu. andai mereka tau, belum tentu mereka mau ngomong.
kalo dari player yang *udah tau tapi mingkem doang* aja ngga mau kasih tau,
bukankah itu mempersulit kerja seorang GM? sekali lagi, ya memang *cari tau tentang bug* memang jobdesk seorang GM
tapi player2 yang level tinggi/terkenal pun ngga semuanya tau. masa kita harus mendedikasikan seluruh waktu kerja untuk cari tau gimana bug itu terjadi? lalu bagaimana dengan laporan hack? pertanyaan2 yang masuk ke inbox GM atau forum2 tetangga yang harus kita pantau? dan juga patch/update baru yang harus segera kita translate ke bhs indonesia? apa ditelantarkan begitu saja demi mencari bug? kan ngga.. kita juga harus bagi waktu
kalo soal masalah player yang menggunakan cheat, kita juga ngga bisa main asal ban setiap terima laporan. kita harus ngeliat mereka saat bermain. dan ane rasa kita semua tau ngga semua cheat *gampang diliat*. contoh aja dulu gunbound online, kalo pake aimbot, emang orang lain bisa ngeliat? ngga kan? antara JAGO sama CHEAT itu biasa susah dibedain. dan inilah mental orang indo satu lagi. kalo kalah sama yang level/pangkat lebih rendah langsung deh cocod "CHEATTT!" dan ga pernah mikir "wah emang gw kalah skill mungkin"
sama halnya dengan anticheat. hampir semua game ada protectionnya baik itu xtrap, gameguard dan lain sebagainya. untuk semua yang tembus pun kita juga harus lapor. ini sedikit lebih gampang karena biasanya cheat itu berupa third-party program, jadi kita cukup memberikan screenshot bahwa *nih bisa dipake, kok tembus?* dengan sedikit penjelasan tentang efek di game dan mereka akan terima laporan tersebut.
tapi apa memperoleh program2 seperti itu gampang? percaya ngga percaya, dari jobdec sebanyak itupun salah satunya juga memantau perkembangan cheat, masuk ke forum2 local maupun luar supaya dapet program itu dan riskan ngerusakin kompi kantor (apalagi kalo XTRAP, tiap ke detect cheat langsung otomatis restart kompinya)
--> DAN BALIK LAGI.. update untuk game (perbaikan bug) maupun anticheat bawaan dari game tersebut adalah KEBIJAKAN dari developer game maupun anticheat tersebut. kalo kita udah lapor dan mereka belum kasih fix.. kita ngga bisa apa2. masa kita tiap hari nge-grecokin mereka dan bilang dengan gaya player "woi mana updatenya,lama amat ene developer game" .. yang ada license/lisensi gamenya diputus langsung dan game tutup....serem kan !
sorry, gw bukan ngebela kinerja GM di publisher indo, tapi cuman mencoba membuka MATA PARA PLAYER INDONESIA bahwa jadi GM itu NGGAK GAMPANG !
ga jarang juga denger kritik pedes, "Halah jadi GM ngurus game aja ga bisa/becus, ke laut aja lu!"ato "Loh lu kan digaji untuk itu, lu dibayar untuk jobdesc tersebut, jgn complain dong!"
biasa sih gw cuman geleng2 kepala aja ya, memang diakui kinerja GM untuk game2 yang udah ada mungkin BELUM maksimal .. dan satu sifat yang harus dimiliki semua GM adalah KESABARAN. SABAR, SABAR dan SABAR.kita dicaci maki,dikritik, dikomentarin, tapi kita ga boleh bales ke mereka sedikitpun T__T
kalo biasa gw curhat ke temen gw pas lagi kesel, biasanya ane bilang,
"If you can do better, prove it; otherwise shut the hell up."
--> kalo lu bisa lebih baik, buktiin, kalo ga diem aja jangan banyak cocod
bener ngga?kalo kalian pikir para GM ga becus ngurusin game, kenapa kalian ga ngelamar jadi GM aja? nanti baru deh kalian tau suka-duka nya menjadi seorang GM,tapi selama kalian menjadi player2 biasa, ya terimalah dengan lapang dada bahwa this is probably the best you can get (ini mungkin sudah terbaik yang diberikan oleh para GM)
coba bayangkan kalo semua GM nurutin komentar "ga becus quit aja", mana ada lagi yang ngurus game indo?rata2 pada ga ngerasain jadi GM sih
oh iya btw, di perusahaan publisher game online indo, rata2 GM ga bertanggung jawab atas penjualan voucher/penjualan apapun yang bersifat "offline". itu tugas marketing. kita cuman in-game aja kok,jadi masalah harga cash / voucher itu urusan MARKETING,bukan GM
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Marketing dan Head Content:Voucher - Cash Item
Game Master:In game
~~~~~~~~~~~~~~~~~~
harap semoga user mengerti >.
SELESAI....
Kalo bermanfaat Cendolnya gan jangan lupa
Kalo ga suka pliss jgn di
Sorry Threadnya Jelek karena ane masih Newbie
Quote:
Thanks A lot to Elebarna Because his Share My Thread has been views by A hundred people :
http://www.kaskus.co.id/thread/51d01...sia-true-story
Keep Support HIM !!!
http://www.kaskus.co.id/thread/51d01...sia-true-story
Keep Support HIM !!!
0
6.8K
Kutip
30
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan