KASKUS

Makanan Makanan Khas Kalimantan's



dikasih rate dulu ya...!!!


Quote:firstly Thank's, to god
secoundly thank's, to mimin & momod
last thank's, to kaskuser and STK because suport this thread

Spoiler for HT keempatx:


Quote:musim liburan telah tiba bagi para kaskuser reg kalimantan ataupun para
pengunjung yang berlibur ke kalimantan kurang nikmat rasanya
apabila kita tidak mencicipi makanan khas kalimantan kan
berikut ini list makanan khas kalimantan
mulai dari selatan,timur,barat,dan tengah

Kalimantan Selatan



Quote:Quote:Soto Banjar
Spoiler for soto banjar:

Quote:soto banjar adalah soto khas orang banjarlah
yang mana bahan utama ayam
dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis,
bijipala, dan cengkeh. Soto berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir,
dengan tambahan perkedel atau kentang rebus, rebusan telur, dan ketupat.
Seperti halnya soto ayam, bumbu Soto Banjar berupa bawang merah,
bawang putih dan merica,
NB : tidak memakai kunyit lho ya biasanya.


Quote:
Quote:Amparan Tatak Pisang
Spoiler for amparan tatak pisang:

Quote:mungkin namanya sedikit aneh bagi kita
tapi itulah namnya yang mana arti dari amparan tatak pisang
adalah potongan potongan pisang
tapi dapat di sulap orang banjar menjadi kue yang nikmat
NB : arti tatakan adalah potongan potongan dan amparan adalah susunan


Quote:Quote:
Bingka Barandam

Spoiler for bingka:

Quote:berhubung bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi bagi para pengunjung ataupun orang kalsel
jangan lupa beli bingka barandam karena biasanya
di kalsel punya pasar wadai saat bulan ramadhan tiba
dan kue bingka barandam selalu ada lho
NB : pasar wadai adalah pasar kue dan barandam adalah menyelam


Kalimantan Timur


Quote:
Quote:Ongol Ongol
Spoiler for ongol ongol:

Quote:menurut para penjual ongol ongol
ongol ongol adalah makanan tradisional seindonesia
adapun bahannya adalah
tepung sagu, aren kering, gula jawa dan daun pandan
serta kelapa dan garam
NB : ingat lho ya namanya ongol ongol bkn bongol bongol
kalau bongol bongol adalah bodoh bodoh


Quote:
Quote:Pisang Gapit
Spoiler for pisang gapit:

Quote:bahan utama makanan ini adalah pisang yang setengah matang biasanya
makanan pisang gapit dibuat dari pisang kepok, pisang sanggar, atau bisa juga pisang tanduk
proses pembuatannya ane kurang tau ane taunya cuma beli
NB : gapit artinya adalah "jepit" makanya orang kalimantan
pada umumnya mengatakan
sendal jepit dengan sebutan sandal gapit/sandal capal


Quote:Quote:Gaguduh
Spoiler for gaguduh:

Quote:gaguduh ini udah masuk kali ya seindonesia
soalnya banyak sih di daerah lain
tapi tetap aja kalimantan timur punya ciri khas sendiri
bahan yang digunakan pisang/cempedak serta bahan bahan lain seperti tepung,gula,garam,air dan etc
gaguduh ini biasanya kaum adam suka makannya saat maunjun
atau di warung sambil di temani secangkir kopi dan rokok
NB : jika gaguduh menggunakan pisang namanya gaguduh perkedel pisang jika menggunakan cempedak
namanya gaguduh tiwadak adapaun maunjun artinya memancing


Quote:Quote:Amplang
Spoiler for amplang:

Quote:amplang biasanya para orang yang selesai berlibur
di kaltim sering membawakan untuk
keluarganya dengan oleh oleh amplang ini,
secara amplang khas kaltim gitu lho
amplang menurut ane adalah cemilan yang setia menemani ane saat laper
apalagi campur nasi rasanya itu lho nyaman banar
NB : amplang sepertinya di daerah luar kalimantan juga ada
tapi tetap aja kaltim punya khas sendiri
dan arti kata nyaman banar adalah enak sekali


kalimantan barat

Quote:Quote:Lemang/Lamang
Spoiler for lamang/lemang:

Quote:lemang biasanya makanan ini dimasak dengan
memasukan bahnnya kedalam bambu
dan sayangnya ane kurang faham juga cara masaknya
tapi enak saat dimakan sewaktu masih panas
NB : lemang biasanya digunakan saat ada acara selamatan
atau acara lainnya


Quote:Quote:Putu
Spoiler for putu:

Quote:
kira-kira bunyinya seperti ini “Tuuu…tuuu…tuuu”, bunyi yang keluar agak aneh dan mengganggu telinga biasanya
saat penjual putu berjualan , tapi ane yakin penduduk asli Pontianak tidak akan terganggu karena bunyi itu .
penjual biasanya memikul panggangan kue putu dengan berjalan kaki/penjual bisanya juga menggunakan gerobak.
itu sebabnya jajanan ini menarik perhatian pembeli. Penjual akan memasak kue putu itu langsung di tempat dimana pembeli memberhentikannya. bentuknya di cetak kecil dan berwarna putih
dengan isi gula merah didalamnya.
rasanya itu lho gurih dan bentuknya memaksa kita untuk membeli.
NB : TS gak tau bahannya untuk membuat putu


Quote:Quote:
Cucur

Spoiler for cucur:

Quote:cucur merupakan salah satu kue tradisional
atau jajanan kecil di Pontianak. bentuknya tergolong unik.
bulat dengan gerigi-gerigi kecil disampingnya. agak mirip dengan kue Dorayaki yang disukai doraemon itu lho
cucur sering dijumpai saat berbelanja di tempat jajanan kecil
di emperan kota pontianak.
NB : TS tidak tau cara buatnya

Kalimantan Tengah


Quote:
Quote:Juhu Umbut Sawit
Spoiler for juhu umbut sawit:

Quote:Juhu Umbut Sawit mungkin nama sayuran ini
sangat asing bagi sebagian orang
karena namanya yang tidak populer.
namun orang pelancong yang sering ke tanah Dayak
paling sering mencari sayuran ini. dan bagi suku Dayak,
juhu umbut kelapa ini merupakan masakan favorit
yang wajib dihidangkan di setiap diadakan acara-acara seperti syukuran
NB : TS tidak pernah buat tapi arti dari Juhu adalah sayur dan umbut sawit adalah bongkol sawit(inti sawit)


Quote:
Quote:Tempoyak
Spoiler for tempoyak:

Quote:tempoyak adalah masakan yang berasal dari buah durian yang difermentasi.
tempoyak merupakan makanan yang biasanya
dikonsumsi sebagai lauk teman nasi.
tempoyak juga dapat dimakan langsung tapi hal itu jarang sekali dilakukan,
karena banyak yang tidak tahan dengan keasamannya
dan aroma dari tempoyak itu sendiri.
selain itu. tempoyak dikenal di Indonesia terutama di Palembang,
Lampung dan Kalimantan, serta Malaysia.
di Palembang sendiri, makanan ini dimakan bersama ayam.
di Lampung, tempoyak menjadi bahan dalam hidangan
seriut atau campuran dalam sambal.
NB : TS gak tau cara buatnya coba tanyakan sama tunangan ane
chef Juna ngarep tingkat dewa


Quote:Quote:Botok Daun Mengkudu
Spoiler for Botok Daun Mengkudu:

Quote:botok daun mengkudu khas, dikalimantan Timur biasanya dihidangkan dalam acara kematian.


Quote:
Spoiler for tambahan dari masta/sista:


THIS THREAD SUPORTED BY


CLICK BANNER TO KNOW SUPORTED
Quote:karena banyak yang tanya bubur pedas kok gak masuk
ketupat kandangan kok gak masuk bahkan soto menggala yang muri kenapa gak masuk nih ane tambahan + sedikit keterangan


Quote:Quote:Soto Manggala
Quote:soto manggala Hmm.. makanan satu ini khas dari Kotawaringin tepatnya di Kalimantan Tengah. Bagi kamu yang ingin mencoba silahkan mampir ke kalteng oh ya lupa soto manggala masuk muri lho
Spoiler for soto manggala:


Quote:Quote:Katupat KandanganQuote:katupat kandangan/ketupat kandangan
adalah masakan khas kandangan dan di kandangan sendiri warung yang paling enak adalah warung ketupat kaganangan.
ketupat kandangan beda dengan ketupat pada umumnya
karena dimakan tanpa sendok/garpu melainkan tangan kita karena makan ketupat kandangan pakai sendok kurang nikmat
Spoiler for katupat kandangan:

NB : katupat artinya ketupat warung kaganangan adalah warunk kangen


Quote:Quote:Chai KueQuote:Umumnya kuliner di kota Pontianak ini adalah kuliner yang mengandung babi. Namun banyak juga makanan yang tidak mengandung babi. Salah satunya adalah Chai Kue (walaupun ada beberapa pembuat chai kue yang mungkin menambahkan minyak babi saat membuat adonannya, walaupun sebenarnya adonan yang enak itu harus dibuat dengan campuran minyak sayur). Chai kue berasal dari kata: "chai" yang artinya adalah sayur dan "kue" yaitu kue, sering juga dikenal sebagai "Choi Pan".
Spoiler for chai kue:


Quote:Quote:Bubur PedasQuote:Makanan ini tidaklah sepedas rasanya, nama makanan ini mengingatkan saya pada satu pepatah “Apalah arti sebuah nama”. Bubur pedas ini merupakan sebutan makanan yang biasanya dibuat dengan bahan dasar semua sayuran Empat Sehat Lima Sempurna lengkap dengan bumbu (lengkuas,cabe air/daun kesum). Kenapa saya katakan seperti itu, sebab bahan makanan itu berasal dari sayuran segar yang diracik-kecil-kecil lalu dimasak jadi satu.
Spoiler for bubur pedas:



Spoiler for tambahan/komen bermutu kaskuser:


Quote:Quote:

mampir juga kaka
kethread lain ane yang gokill

buah eksotis asal kalitim
tips travelling &trik belanja
enak" tuh sis, ane cuma tau lemang ama tempoyak doang, jadi laper nih
Yang pernah ane makan cuman ongol2, putu, cucur sama lemang...
wah ts wong kalimantan ya?

sama dong

Tempoyak enak tuh


gaguduh itu enak looh

sayang di bali ga ada yg jual

ane aaah
sist apa bedanya sih tempoyak kalbar sama yg di palembang/lampung?
kayaknya sama2 dari durian kan ya?
Quote:Original Posted By wonglolo765
enak" tuh sis, ane cuma tau lemang ama tempoyak doang, jadi laper nih


makan kaka kalau lapar

Quote:Original Posted By sabna.tamara
Yang pernah ane makan cuman ongol2, putu, cucur sama lemang...


kapan kapan cobain yg lain ya kaka

Quote:Original Posted By denny.satria
wah ts wong kalimantan ya?

sama dong


iya kaka ane kalimantan timur samarinda

Quote:Original Posted By tyozzz

Tempoyak enak tuh


yup kalau pakai nasi enak kalau gak ane nyerah
karena asem banget

Quote:Original Posted By tonggar107


gaguduh itu enak looh

sayang di bali ga ada yg jual

ane aaah


masa iya ka tonggar
bukannya lemang ada ya
Wih, buanyak banget dari jajan sampe sayur berkuah sist
Adalagi, cancalu & pakasam. hahahha... Kalo orang KALTENG pasti tau....
Quote:Original Posted By ratnali


dikasih rate dulu ya...!!!



Kalimantan Selatan









Kalimantan Timur










kalimantan barat






Kalimantan Tengah








THIS THREAD SUPORTED BY


CLICK BANNER TO KNOW SUPORTED



Soto banjar
soto banjar enak tuh...
Sepertinya enak tuh sist kue cucurnya
ane pengen nyobain donk sist
Quote:Original Posted By pearlcure89
sist apa bedanya sih tempoyak kalbar sama yg di palembang/lampung?
kayaknya sama2 dari durian kan ya?


sama mbak muti
tapi cara pencampurannya misal lampung kan nyampur bisa kesambel
daging dan etc sedangkan yang palembang nyampurnya bersama ayam

Quote:Original Posted By matabelo...
Wih, buanyak banget dari jajan sampe sayur berkuah sist


makasih kaka jangan lupa kasih ya kaka

Quote:Original Posted By return.false
Adalagi, cancalu & pakasam. hahahha... Kalo orang KALTENG pasti tau....


ane blm dengar blh infonya dikit kaka
untuk nambah di thread ane

Quote:Original Posted By adincone



Soto banjar


ane juga suka soto banjar
makanan lemang di sumatera utara juga ada gan hmm mungkin rasanya beda kali ya
Ane paling doyan kripik talasnya nih
Kayaknya enak gan
Btw lamang bukannya dari sumatera ya?
Quote:Original Posted By denny.satria
wah ts wong kalimantan ya?

sama dong
koq ga ada coipan gan
itu enak banget gila