KASKUS

Star Pengertian HAM dan Contoh Kasus Pelanggaran HAM

- Hak Asasi Manusia (HAM)

Hak asasi manusia merupakan hak yang bersifat asasi, artinya hak-hak yang dimiliki manusia menurut kodratnya yang tidak dapat dipisahkan dari hakikatnya. Jadi, hak asasi manusia adalah hak dasar atau hak pokok yang dimiliki manusia sejak lahir sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Jika memperhatikan UUD 1945 hasil amandemen IV, maka jaminan terhadap HAM diatur dalam Pasal 27, 28 28A – 28I, 29, 30, dan 31.



Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia :

1. Kasus Pembunuhan Munir

2. Pembunuhan Aktivis Buruh Wanita, Marsinah

3. Penculikan Aktivis 1997/1998

4. Penembakan Mahasiswa Trisakti

5. Pembantaian Santa Cruz/Insiden Dili

6. Peristiwa Tanjung Priok

7. Pembantaiaan Rawagede


Selanjutnya langkah-langkah hukum yang ditempuh pemerintah Indonesia telah diatur dalam beberapa peraturan perundang-undangan yakni :

1. UUD NKRI 1945

2. UU No. 5 Thn 1998 tentang pengesahan konvensi menentang penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat manusia .

3. UU No. 9 Thn 1998 tentang kemerdekaan menyampaikan pendapat dimuka umum

4. UU No. 39 Thn 1999 tentang HAM

5. UU No. 26 Thn 2000 tentang pengadilan HAM

6. UU No. 23 Thn 2004 tentang PKDRT

7. UU No. 12 Thn 2006 tentang UU kewarganegaraan

8. UU No. 23 Thn 2002 tentang perlindungan anak

semoga bermanfaat n nambah wawasan tentang HAM, gk nolak kalau di like

Sumber Artikel Dari: http://infotercepatku.blogspot.com/2...penegakan.html
nice info gan...walau cuma comot dari blog..

itu blog punya agan kh??
terimakasih telah berbagi gan becoz sharing is caring
gan kasus cebongan itu gimana gan menurut pandangan agan yg sudah membedah semua jeroan tentang ham ini ? kenapa komnas ham ngotot mengatakan telah terjadi pelanggaran ham ? tapi kok diadili di pengadilan militer ? sebetulnya siapa dan bagaimanakah menentukan suatu kejahatan dikatakan pelanggaran ham, sehingga harus diadili di pengadilan ham ?


tolong dijelasin ya gan, penasaran soalnya, sudah
nanya dong... pembunuhan Marsinah dan pembunuhan Munir dikategorikan dengan kasus pelanggaran HAM....

apa bedanya dengan kasus pidana biasa? misalnya pembunuhan Basri Sangaji atau pembunuhan Boss Asaba. sama-sama pembunuhan kan?
Lengkapin lagi lah.. kurang lengkap (BANGET)
Quote:Original Posted By Tommol73
nanya dong... pembunuhan Marsinah dan pembunuhan Munir dikategorikan dengan kasus pelanggaran HAM....

apa bedanya dengan kasus pidana biasa? misalnya pembunuhan Basri Sangaji atau pembunuhan Boss Asaba. sama-sama pembunuhan kan?


Sama, gw juga mempertanyakan hal yang sama. Pembunuhan munir dibilang pelanggaran HAM, sementara kasus perkosaan dan pembantaian massal 98 ngga dicantumkan. Gimana tuh?
another tred sampah!
nais info gan TS, bantu
Quote:Original Posted By Tommol73
nanya dong... pembunuhan Marsinah dan pembunuhan Munir dikategorikan dengan kasus pelanggaran HAM....

apa bedanya dengan kasus pidana biasa? misalnya pembunuhan Basri Sangaji atau pembunuhan Boss Asaba. sama-sama pembunuhan kan?


Berdasarkan UU no. 26 tahun 2000, pelanggaran HAM meliputi  Kejahatan Genosida sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:  Membunuh anggota kelompok;  Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;  Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya;  Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok;  Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.  Kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa:  Pembunuhan;  Pemusnahan;  Perbudakan;  Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;  Perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang- wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional;

 Penyiksaan;  Perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara;  Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;  Penghilangan orang secara paksa  Kejahatan Apartheid.
Quote:Original Posted By Tommol73
nanya dong... pembunuhan Marsinah dan pembunuhan Munir dikategorikan dengan kasus pelanggaran HAM....

apa bedanya dengan kasus pidana biasa? misalnya pembunuhan Basri Sangaji atau pembunuhan Boss Asaba. sama-sama pembunuhan kan?


Quote:Original Posted By erlinakinanti


Berdasarkan UU no. 26 tahun 2000, pelanggaran HAM meliputi  Kejahatan Genosida sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:  Membunuh anggota kelompok;  Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;  Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya;  Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok;  Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.  Kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa:  Pembunuhan;  Pemusnahan;  Perbudakan;  Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;  Perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang- wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional;

 Penyiksaan;  Perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara;  Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;  Penghilangan orang secara paksa  Kejahatan Apartheid.


jadi jawabannya apaan?? maen quote aje

malah copas undang-undang...


Quote:Original Posted By erlinakinanti


Berdasarkan UU no. 26 tahun 2000, pelanggaran HAM meliputi  Kejahatan Genosida sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf a adalah setiap perbuatan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan atau memusnahkan seluruh atau sebagian kelompok bangsa, ras, kelompok etnis, kelompok agama, dengan cara:  Membunuh anggota kelompok;  Mengakibatkan penderitaan fisik atau mental yang berat terhadap anggota-anggota kelompok;  Menciptakan kondisi kehidupan kelompok yang akan mengakibatkan kemusnahan secara fisik baik seluruh atau sebagiannya;  Memaksakan tindakan-tindakan yang bertujuan mencegah kelahiran di dalam kelompok;  Memindahkan secara paksa anak-anak dari kelompok tertentu ke kelompok lain.  Kejahatan terhadap kemanusiaan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 7 huruf b adalah salah satu perbuatan yang dilakukan sebagai bagian dari serangan yang meluas atau sistematik yang diketahuinya bahwa serangan tersebut ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil, berupa:  Pembunuhan;  Pemusnahan;  Perbudakan;  Pengusiran atau pemindahan penduduk secara paksa;  Perampasan kemerdekaan atau perampasan kebebasan fisik lain secara sewenang- wenang yang melanggar (asas-asas) ketentuan pokok hukum internasional;

 Penyiksaan;  Perkosaan, perbudakan seksual, pelacuran secara paksa, pemaksaan kehamilan, pemandulan atau sterilisasi secara paksa atau bentuk-bentuk kekerasan seksual lain yang setara;  Penganiayaan terhadap suatu kelompok tertentu atau perkumpulan yang didasari persamaan paham politik, ras, kebangsaan, etnis, budaya, agama, jenis kelamin atau alasan lain yang telah diakui secara universal sebagai hal yang dilarang menurut hukum internasional;  Penghilangan orang secara paksa  Kejahatan Apartheid.


om clone.appo bisa stroke nih ngebacanya

Quote:Original Posted By clone.appo
another tred sampah!


anjrit, bisa banget nebak, capcailah ... saatnya maksi.
+1 ~
Quote:Original Posted By khairumakareen

om clone.appo bisa stroke nih ngebacanya


Jangankan si agan clone. Ane juga kalo baca yang model gitu bisa rusak matanya. Hahahaha. Dia ga punya tombol enter sih.
he'ehhhh
Mantapzzz mumpung lagi car tugas kuliah nih.. hehehe











_______________________________________________________________
Pengertian Ham