8 Hal keren tentang Kota Batam

WELCOME TO BATAM

Quote:Original Posted By fan page

jangan lupa like fan page WONDERFUL BATAM disini gan,
jutaan informasi seputar Batam


Agan Tau Pulau Batam ?
ya, benar, batam adalah sebuah pulau yang terletak di provinsi Kepulauan Riau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga kita Singapore.

Pulaunya ga terlalu besar, hanya sekitar 65% dari luas negara Singapore, tapi penduduknya cukup padat gan, lebih dari 1,2 juta jiwa___


meskipun Batam hanya sebuah pulau kecil dan terisolasi oleh jalur darat kalo mau ke kota lain, tapai ada banyak hal menarik tentang Batam lo gan,
ni rangkuman 8 hal menarik seputar Batam versi ane sendiri____

sebelumnya minta dikoreksi ya kalo salah, ni thread pertama ane, biasanya jualan muluk di FACEBOOK ama di FJB soalnya

langsung aja yah gan

1. JEMBATAN BARELANG

Jembatan Barelang adalah nama jembatan yang menghubungkan pulau Batam dengan beberapa pulau lainnya yakni Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Setoko, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan Pulau Galang Baru. Jembatan Barelang telah menjadi ikon Kota Batam, bahkan telah populer sebagai landmark-nya Pulau Batam. Apabila Kota Jakarta identik dengan Monas maka orang akan mengidentikan Kota Batam dengan Jembatan Barelang (Barelang Bridge).

Nama Jembatan Barelang yang di berikan oleh masyarakat setempat ternyata lebih popular ketimbang nama aslinya yaitu Jembatan Fisabilillah. Nama “Barelang” oleh masyarakat diambil dari nama-nama pulau yang dihubungkan oleh jembatan tersebut; Batam, Rempang, dan Galang. Jembatan Barelang memiliki nama lain, Jembatan Habibie atau Jembatan satu. Dan terdapat 5 jembatan lainnya.



2. KABEL LISTRIK UNDERGROUND

Kalo agan lihat dikota-kota lain di Indonesia, agan akan dihadapkab pada berserakannya kabel2 listrik di jalanan yang sangat mengganggu pemandangan. dan jika agan ke batam, agan mungkin ga akan menemukan hal serupa,
karena kabel listrik di pusat-pusat kota di Batam sudah ditanam didalam tanah. jadi terlihat lebih rapi lo gan....





3. 5 PELABUHAN FERRY INTERNASIONAL

karena Batam berbatasan langsung dengan negara tetangga seperti Singapore dan Malaysia, di Pulau ini banyak terdapat pelabuhan2 bertaraf Internasional yang menghubungkan 3 negara Indonesia-Singapore-Malaysia

ke 5 pelabuhan itu adalah
- Internasional ferry Terminal Batam Centre
- Harbour Bay
- Sekupang ferry Terminal
- Nongsa Pura
- Waterfront City marina


ga hanya pelabuhan nya aja lo yang berlabel Internasional gan, tapi desain interior dan exterior juga bernuansa Internasional





4. 1,3 JUTA WISATAWAN MANCANEGARA/TAHUN


Kedekatannya dengan beberapa negara tetangga dan ditopang oleh baiknya sarana infrastruktur, telah mengundang banyak sekali wisatawan mancanegara untuk singgah ke pulau ini.
tercatat pada 2012 silam, sekitar 1,3 juta turis mancanegara yang mengunjungi Batam sekaligus menempatkan batam sebagai pintu masuk orang asing terbesar ke-3 di Indonesia Setelah Jakarta dan Bali. Kebanyakan dari mereka adalah wisatawan dari Singapore, Malaysia, Korea Selatan, Jepang, Eropa

dan kalo sabtu minggu agan jalan-jalan ke batam, dipelabuhan-pelabuhan maupun pusat-pusat perbelanjaan, agan akan bertemu dengan banyak sekali turis.
bahkan kadang ada yang unik gan, warna Singapura kadang hanya untuk makan Siang saja kalo ke batam, setelah itu pulang kembali kenegaranya, saking deketnya. dapat ditempuh dengan 40 menit melalui kapal laut.



5. DUALISME PEMERINTAHAN

yang ini kedengarannya sangat menarik, dimana batam yang hanya sebuah Pulau kecil, memiliki 2 pemerintahan.
yang penama adalah BP Batam, yang dulunya bernama Otorita Batam yang sekarang di pimpin oleh Bpk. Mustofa Widjaya dan PEMKO Batam yang berdiri setelah Otorita Batam ada yang sekarang diperintah oleh Bpk. Ahmad Dahlan
ane sendiri ga mengerti kenapa ada 2 pemerintahan dalam satu kota.
Tapi sedikit yang ane tahu, BP Batam mengurusi bagian Investasi dan peizinan, sedangkan Pemko Batam mengurusi tentang Administrasi kependudukan. Lebih detilnya agan carti tau di Google aje...






6. KAWASAN EKONOMI KHUSUS FTZ

Beberapa tahun belakangan ini telah digulirkan penerapan Free Trade Zone Batam (FTZ Batam), Bintan, dan Karimun yang mengacu pada UU No 36 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas dan kemudian dirubah beberapa kali melalui PERPU, sehingga di undangkan menjadi UU no 44 tahun 2007. Ada juga Undang-Undang 36 tahun 2000 Tentang " Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU No 1 Tahun 2000 Tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Menjadi Undang Undang serta masih banyak Undang-Undang lainnya yang berkaitan dengan FTZ Batam.

Hal ini untuk mendorong lebih banyak Investor baik dalam dan luar negri untuk berinvestasi di Pulau ini. Dimana Pulau batam memang di plot dari awal sebagai kota Industri.
sehingga dengan penetapan ini barang2 dari luar negri Banyk dibebaskan PPn dan PPN BM nya
ane ga gitu ngerti juga sich mekanismenya gan...



7. IMPOR LANGSUNG MOBIL CBU

di batam, karena telah ditetapkan sebagai kawasan ekonomi khusus, maka diperbolehkan juga importir untuk mengimpor mobil langsung dari negara asalnya. dan karena bebas PPN dan PPN BM, maka harga mobil CBU alias Completly Build Up ini harga nya bisa sampe 40% lebih murah dari mobil nasional lo,

contohnya ni, Toyota Alphard, dapat agan beli dengan mulai dari 400 jutaan harganya, atau Landcruiser yang bisa agan bawa pulang dengan harga mulai dari 800an juta.

tapi ada tapinya gan, mobil2 impor alias CBU ini, sama sekali ga bisa dimutasi keluar batam, jadi ni mobil seumur hidup ya hanya bisa dipakai di batam.

8. STATUS TANAH DAN BANGUNAN HAK GUNA

nilah satu satu keunikan batam lainnya.
tanah di Batam dikuasai oleh BP Kawasan. dan kita hanya diberi hak pakai saja gan bukan hak milik
dan setiap 30 tahun sekali kita diwajibkan bayar semacam uang sewa ke BP Batam sekitar 10 % dari NJOP



Quote:Original Posted By banyak yang request tanya HP BM

sebenernya ane juga seller HP BM dari Batam gan, cek aja di thread FJB, bejibun, cuma ga etis aja sebut disini


======================================================

demikian thread perdana ane yang berantakan dan kurang akurat
mohon di maklumi dan di koreksi ya gan

jangan lupa nya gan
ni secuel dari thread ini gan

monggo silkan di rate juga, Batam lebih spektakuler dari yang ini


TAMAN ECOPARK TERBESAR DIDUNIA DIBANGUN DI BATAM


BIAR LEBIH LUAS MATA MEMANDANG,
ANE SERTAKAN NI LEBIH BANYAK SUDUT DARI KOTA BATAM


rumah ane dibelakang rumah sakit ntu gan



yang ini jembatan barelang 1 dan 2



yang ini, jalan menuju Hang Nadim Internasional Airport,
landasan pacunya terpanjang se-Asia tenggara lo, lebih panjang dari Changi Airport sekalipun dan, juga bisa didarati dengan mulus oleh pesawat berbadan besar sekelas Airbus A380, Antonov ataupun Boeing 787 dreamliner loh gan.....



dan yang ini, namanya Nagoya Hill Superblok
pusat perbelanjaan terbesar teramai di Batam, Banyak yang jual barang branded impor dengan harga miring juga lo



kalo yang ini mega wisata ocarina namanya,
tempat nongkrongnya orang2 Batam di sore dan malam hari

Nambahin Aja :)

Batam Menurut Wikiedia

Kota Batam adalah kota terbesar di Kepulauan Riau dan merupakan kota dengan populasi terbesar ke tiga di wilayah Sumatra setelah Medan dan Palembang, Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Per April 2012 jumlah penduduk Batam mencapai 1.153.860 jiwa. Metropolitan Batam terdiri dari tiga pulau, yaitu Batam, Rempang dan Galang yang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Batam merupakan sebuah kota dengan letak sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang cukup dekat dengan Singapura dan Malaysia. Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an awal kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Sejarah

Pulau Batam dihuni pertama kali oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini digunakan oleh pemerintah pada dekade 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu.
Pada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam.
Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, wilayah kecamatan Batam yang merupakan bagian dari kabupaten Kepulauan Riau, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam.
Di era reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam.


Geografis

Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini, memiliki luas wilayah daratan seluas 1.040 km² atau sekitar 1,5 kali dari wilayah Singapura, sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 2.950 km². Kota Batam beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. Kota ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur.

Batas-batas Kota Batam:

Utara Selat = Singapura dan Malaysia
Selatan = Kabupaten Lingga
Barat = Kabupaten Karimun
Timur = Pulau Bintan dan Tanjung Pinang


Ekonomi

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi secara nasional maupun bagi Provinsi Kepulauan Riau. Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal, sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditi ekspor untuk negara lain. Keberadaan kegiatan perekonomian di Kota ini juga dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.
Pemerintah Kota Batam sebagai pelaksana pembangunan Kota Batam bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kota Batam serta keikutsertaan Badan Otorita Batam dalam meneruskan pembangunan, memiliki komitmen dalam memajukan pertumbuhan investasi dan ekonomi Kota Batam, hal ini dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman ketiga instansi tersebut, yang kemudian diharapkan terciptanya pembangunan Kota Batam yang berkesinambungan. Batam, bersama dengan Bintan dan Karimun kini telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK). Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di Batam yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
Quote:Original Posted By inuilnux
wihhh kerennnn batammmmm

kasih diskon gede yaa bang,kalo ane beli di entee


ya elah
komeng ada maunya ternyata yah...
Quote:Original Posted By FREDZSE11
reserve...


aWasome , !!!!

tu batam ya????

kren abis kpan'' ak ksna ya T_T
keren batam gan,
jadi pengen main kesanan
ane kira yg indah di batam cuma harga barang BM nya


ternyata buanyak banget

jadi ga sabar ke batam nih hehe



mantap agan PM!
mg suatu saat kesampaen berkunjung di Batam

Wink 

pngen bnget jalan" kebatam,, keren kotanya ampe ibukota indo aja klh tuh tpi duitnya gk ada
keren euy, kapan - kapan kesana ah
page one di calon HT kwkw

nice thread om
batam kotanya lumayan juga yah ..kwkw
Quote:Original Posted By insanfadhl
page one di calon HT kwkw

nice thread om
batam kotanya lumayan juga yah ..kwkw


lumayan ???

tu mah kren gan T_T .... gila mau makan ja ke singapura wkwkwkwk manteb bro treadnya
batam emang ya? Abis lebaran maen ke batam ah..
Quote:Original Posted By FREDZSE11


ya elah
komeng ada maunya ternyata yah...


ya elahh..becandaan kaliii
Quote:Original Posted By droid.store


aWasome , !!!!

tu batam ya????

kren abis kpan'' ak ksna ya T_T


Quote:Original Posted By wahyu5
keren batam gan,
jadi pengen main kesanan


Quote:Original Posted By hansenraynaldhi
ane kira yg indah di batam cuma harga barang BM nya


ternyata buanyak banget

jadi ga sabar ke batam nih hehe



mantap agan PM!


Quote:Original Posted By murbei
mg suatu saat kesampaen berkunjung di Batam


Quote:Original Posted By myob10
pngen bnget jalan" kebatam,, keren kotanya ampe ibukota indo aja klh tuh tpi duitnya gk ada


Quote:Original Posted By sukakue
keren euy, kapan - kapan kesana ah



Quote:Original Posted By PWdjail
batam emang ya? Abis lebaran maen ke batam ah..


ditunggu kedatangan agan2
sekalian saksikan sendiri semua sudut terindah dari kota ini

Quote:Original Posted By insanfadhl
page one di calon HT kwkw

nice thread om
batam kotanya lumayan juga yah ..kwkw


amiinn....
Keren gan..
jadi pengen ke sana...


Bisa Keren Gitu Gan matabelo

Jadi pengen kesana dah, daripada di jakarta yang udah Semeraut
gw ke Batam taon 1991, masih kelas 1 SMA, .........
waktu itu, isinya masih kebanyakan hutan ......
alm. bokap waktu itu kerja di sono .....

Hang Nadim masih "primitip" banget ......
ke sananya pun naek Sempati Air, airline yg hari ini udah tutup usaha ....

runway Hang Nadim emang panjang gan, tapi masih kalah tipis sama KLIA .....

bokap waktu itu pake Hyundai, padahal Hyundai diboyong oleh Bambang Tri masuk RI secara resmi taon 1995 dengan produk sedan Elantra nya .....
hehehe, bisa pake boil yg sebenarnya kagak beredar di wilayah laen di Nusantara...... dan harganya sama sekali ngga mahal lho , kagak kena pajak .....
suatu saat nanti pengen banget kesana gan