- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
7 Solusi Mengatasi Kemacetan


TS
cakepnyaa
7 Solusi Mengatasi Kemacetan

Quote:


Spoiler for Bukti No Repost:

Nih gan ane mau Share ide-ide dari banyak kalangan yang ane pilih. Dan ini 7 Solusi Mengatasi Kemacetan. Ini real Versi Ane gan 

Quote:
1. Monorail

Monorel Jakarta adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta rel tunggal (monorel) dengan jakur elevated, yang kini sedang akan dalam pembangunan di Jakarta, Indonesia.
Projek ini dihadang oleh kesulitan finansial dan pergantian teknologi yang berganti-ganti. Awalnya diberikan pada 2003 kepada perusahaan Malaysia MTrans, pembangun Monorel KL, konstruksi dimulai pada Juni 2004 tetapi ditunda hanya setelah berjalan beberapa minggu. MoU MTrans dibatalkan, dengan projek diberikan kepada konsorsium utama Singapura Omnico, yang mengusulkan menggunakan teknologi maglev oleh perusahaan Korea Selatan ROTEM.
Pada Juli 2005, projek ini berganti tangan lagi dengan MoU baru diberikan kepada sebuah konsorsium perusahaan Indonesia PT Bukaka Teknik Utama, PT INKA, dan Siemens Indonesia. Omnico menentang ini, dan jadwal akhir 2007 sepertinya tidak mungkin terjadi. Namun pada Oktober 2005 konstruksi terus berlangsung, dengan anggapan bahwa fondasi dasar "pile" dan pilar dapat digunakan oleh konsorsium dan teknologi yang memenangi tender.
Quote:

Monorel Jakarta adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta rel tunggal (monorel) dengan jakur elevated, yang kini sedang akan dalam pembangunan di Jakarta, Indonesia.
Projek ini dihadang oleh kesulitan finansial dan pergantian teknologi yang berganti-ganti. Awalnya diberikan pada 2003 kepada perusahaan Malaysia MTrans, pembangun Monorel KL, konstruksi dimulai pada Juni 2004 tetapi ditunda hanya setelah berjalan beberapa minggu. MoU MTrans dibatalkan, dengan projek diberikan kepada konsorsium utama Singapura Omnico, yang mengusulkan menggunakan teknologi maglev oleh perusahaan Korea Selatan ROTEM.
Pada Juli 2005, projek ini berganti tangan lagi dengan MoU baru diberikan kepada sebuah konsorsium perusahaan Indonesia PT Bukaka Teknik Utama, PT INKA, dan Siemens Indonesia. Omnico menentang ini, dan jadwal akhir 2007 sepertinya tidak mungkin terjadi. Namun pada Oktober 2005 konstruksi terus berlangsung, dengan anggapan bahwa fondasi dasar "pile" dan pilar dapat digunakan oleh konsorsium dan teknologi yang memenangi tender.
Quote:
2. 3D Express Coach (Bus "Ngangkang")

“Bus menangkang” yang seperti melayang di udara menjadi salah satu solusi gaya hidup “hijau” dengan mengurangi polusi sekaligus mengatasi kemacetan. Bus ini ramah lingkungan karena tidak perlu menggeser banggunan serta memperlebar jalan. Bus ini pertama kali diperkenalkan ke publik dalam Beijing International Hightech Expo bulan Mei lalu.
Menurut situs China Hush, bus ini memiliki lebar 6 meter dengan mengkombinasikan energi listrik dan energi matahari. Bus ini juga bisa menampung jumlah penumpang yang masif, sekitar 1200 sampai 1400 penumpang dengan kecepatan 60 km per jam.
Rencananya, Bus ini akan dibangun pertama kali di Beijing dengan jarak tempuh 115 mil pada akhir 2010. Biaya pembangunannya sekitar US$ 73 juta atau sekitar 716 Miliar rupiah
Quote:

“Bus menangkang” yang seperti melayang di udara menjadi salah satu solusi gaya hidup “hijau” dengan mengurangi polusi sekaligus mengatasi kemacetan. Bus ini ramah lingkungan karena tidak perlu menggeser banggunan serta memperlebar jalan. Bus ini pertama kali diperkenalkan ke publik dalam Beijing International Hightech Expo bulan Mei lalu.
Menurut situs China Hush, bus ini memiliki lebar 6 meter dengan mengkombinasikan energi listrik dan energi matahari. Bus ini juga bisa menampung jumlah penumpang yang masif, sekitar 1200 sampai 1400 penumpang dengan kecepatan 60 km per jam.
Rencananya, Bus ini akan dibangun pertama kali di Beijing dengan jarak tempuh 115 mil pada akhir 2010. Biaya pembangunannya sekitar US$ 73 juta atau sekitar 716 Miliar rupiah

Quote:
3. Busway (Transjakarta)

Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Perencanaan Busway telah dimulai sejak tahun 1997 oleh konsultan dari Inggris. Pada waktu itu direncanakan bus berjalan berlawanan dengan arus lalu-lintas (contra flow) supaya jalur tidak diserobot kendaraan lain, namun dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan lalu-lintas. Meskipun Busway di Jakarta meniru negara lain (Kolombia, Jepang, Australia), namun Jakarta memiliki jalur yang terpanjang dan terbanyak. Sehingga kalau dulu orang selalu melihat ke Bogota, sekarang Jakarta sebagai contoh yang perlu dipelajari masalah dan cara penanggulangannya.Tarif tiket Transjakarta adalah Rp. 3.500 (Desember 2006) per perjalanan. Penumpang yang pindah jalur dan/atau transit antar koridor tidak perlu membayar tarif tambahan asalkan tidak keluar dari halte. Bagi penumpang yang membeli tiket pukul 5-7 pagi, mereka dapat memperoleh tiket dengan harga yang lebih ekonomis yaitu Rp. 2.000. Mulai 2006, kartu chip JakCard, dilancarkan oleh PT Bank DKI, boleh digunakan untuk membayar tarif.
Awal tahun 2007 direncanakan akan terjadi kenaikan tarif pada saat dioperasikannya koridor-koridor baru (4-7). DPRD Jakarta mengusulkan kenaikan dari Rp3.500,00 menjadi Rp5.000,00, sementara Organda mengusulkan menjadi Rp7.000,00
Quote:

Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Perencanaan Busway telah dimulai sejak tahun 1997 oleh konsultan dari Inggris. Pada waktu itu direncanakan bus berjalan berlawanan dengan arus lalu-lintas (contra flow) supaya jalur tidak diserobot kendaraan lain, namun dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan lalu-lintas. Meskipun Busway di Jakarta meniru negara lain (Kolombia, Jepang, Australia), namun Jakarta memiliki jalur yang terpanjang dan terbanyak. Sehingga kalau dulu orang selalu melihat ke Bogota, sekarang Jakarta sebagai contoh yang perlu dipelajari masalah dan cara penanggulangannya.Tarif tiket Transjakarta adalah Rp. 3.500 (Desember 2006) per perjalanan. Penumpang yang pindah jalur dan/atau transit antar koridor tidak perlu membayar tarif tambahan asalkan tidak keluar dari halte. Bagi penumpang yang membeli tiket pukul 5-7 pagi, mereka dapat memperoleh tiket dengan harga yang lebih ekonomis yaitu Rp. 2.000. Mulai 2006, kartu chip JakCard, dilancarkan oleh PT Bank DKI, boleh digunakan untuk membayar tarif.
Awal tahun 2007 direncanakan akan terjadi kenaikan tarif pada saat dioperasikannya koridor-koridor baru (4-7). DPRD Jakarta mengusulkan kenaikan dari Rp3.500,00 menjadi Rp5.000,00, sementara Organda mengusulkan menjadi Rp7.000,00
Quote:
4. Fly Over (Jalan Layang)

Fly over adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi.
Fly over merupakan perlengkapan jalan bebas hambatan untuk mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan kumuh yang sulit ataupun melalui kawasan rawa-rawa.
Selain mengatasi kemacetan,fly over juga bermanfaat biar para pengendara engga mogok karena banjir ya gan
Slain itu Fly over juga bisa digunakan untuk :
• Ruang di bawah jalan layang dapat menjadi unsur estetika
•Untuk memanfaatkan ruang di bawah jalan layang dapat dimanfaatkan menjadi taman
• Ruang bebas di bawah jalan layang dapat juga dimanfaatkan sebagai tempat parkir bagi kendaraan, tempat parkir yang demikian hanya dilakukan bila tidak mengganggu kelancaran lalu lintas
• Beberapa permasalahan yang ditemukan di bawah jalan layang kalau tidak dikendalikan dengan baik adalah pemukiman liar.
Quote:

Fly over adalah jalan yang dibangun tidak sebidang melayang menghindari daerah/kawasan yang selalu menghadapi permasalahan kemacetan lalu lintas, melewati persilangan kereta api untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas dan efisiensi.
Fly over merupakan perlengkapan jalan bebas hambatan untuk mengatasi hambatan karena konflik dipersimpangan, melalui kawasan kumuh yang sulit ataupun melalui kawasan rawa-rawa.
Selain mengatasi kemacetan,fly over juga bermanfaat biar para pengendara engga mogok karena banjir ya gan

Slain itu Fly over juga bisa digunakan untuk :
• Ruang di bawah jalan layang dapat menjadi unsur estetika
•Untuk memanfaatkan ruang di bawah jalan layang dapat dimanfaatkan menjadi taman
• Ruang bebas di bawah jalan layang dapat juga dimanfaatkan sebagai tempat parkir bagi kendaraan, tempat parkir yang demikian hanya dilakukan bila tidak mengganggu kelancaran lalu lintas
• Beberapa permasalahan yang ditemukan di bawah jalan layang kalau tidak dikendalikan dengan baik adalah pemukiman liar.
Quote:
5. Stop Distribusi Mobil dan Motor

Stop di sini maksudnya stop selama 1-5 tahun ke depan. Beneran gak ada sama sekali mobil baru yang bisa dibeli di Jakarta atau kota padat lainnya di Indonesia. Dealer mobil protes? Suruh diem! Kita sedang mengemban tugas mulia untuk mengentaskan kemacetan Jakarta! Mobil dan motor baru itu jelas hanya akan menambah volume kendaraan di Jakarta atau kota padat lainnya di Indonesia.
Quote:

Stop di sini maksudnya stop selama 1-5 tahun ke depan. Beneran gak ada sama sekali mobil baru yang bisa dibeli di Jakarta atau kota padat lainnya di Indonesia. Dealer mobil protes? Suruh diem! Kita sedang mengemban tugas mulia untuk mengentaskan kemacetan Jakarta! Mobil dan motor baru itu jelas hanya akan menambah volume kendaraan di Jakarta atau kota padat lainnya di Indonesia.
Quote:
6. Meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor

Ya dengan cara meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor para pengguna jalan bisa beralih ke angkutan umum yang mempunyai tarif relatif murah. Dengan begitu jumlah kendaraan bermotor di kota-kota padat dapat berkurang walaupun hanya beberapa persen tapi langkah ini patut dicoba gan.
Quote:

Ya dengan cara meningkatkan tarif pajak kendaraan bermotor para pengguna jalan bisa beralih ke angkutan umum yang mempunyai tarif relatif murah. Dengan begitu jumlah kendaraan bermotor di kota-kota padat dapat berkurang walaupun hanya beberapa persen tapi langkah ini patut dicoba gan.

Quote:
7. Gembok Roda Mobil/Motor

Gembok roda adalah perangkat untuk menghambat kendaraan yang melanggar aturan larangan parkir dijalankan dengan mengembok salah satu roda sehingga kendaraan yang melanggar terkunci. Untuk membuka gembok roda, pelanggar harus melaporkan keinstansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk membuka kunci setelah membayar denda atas pelanggaran yang dilakukannya.
Pemasangan gembok roda ini merupakan perangkat penegakan hukum yang banyak digunakan di Eropa dan Amerika, dan sekarang sudah mulai digunakan di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta prosedural[1] penerapan sanksi gembok roda para pemilik kendaraan diberikan toleransi waktu 15 menit bagi para pemilik untuk segera memindahkan kendaraan masing-masing jika tidak ingin dilakukan penggembokan. Bila waktu toleransi habis, petugas Dishub akan menggembok bagian depan dan menempel surat pemberitahuan di kaca mobil.
Langkah ini dapat mengurangi kemacetan di jalan-jalan yang sempit dan padat gan
Quote:

Gembok roda adalah perangkat untuk menghambat kendaraan yang melanggar aturan larangan parkir dijalankan dengan mengembok salah satu roda sehingga kendaraan yang melanggar terkunci. Untuk membuka gembok roda, pelanggar harus melaporkan keinstansi terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk membuka kunci setelah membayar denda atas pelanggaran yang dilakukannya.
Pemasangan gembok roda ini merupakan perangkat penegakan hukum yang banyak digunakan di Eropa dan Amerika, dan sekarang sudah mulai digunakan di Jakarta dan Palembang. Di Jakarta prosedural[1] penerapan sanksi gembok roda para pemilik kendaraan diberikan toleransi waktu 15 menit bagi para pemilik untuk segera memindahkan kendaraan masing-masing jika tidak ingin dilakukan penggembokan. Bila waktu toleransi habis, petugas Dishub akan menggembok bagian depan dan menempel surat pemberitahuan di kaca mobil.
Langkah ini dapat mengurangi kemacetan di jalan-jalan yang sempit dan padat gan

Oke Segitu informasi bagaimana Solusi untuk Mengatasi Kemacetan.
Buat agan yang baik hatinya lempar dong

Buat agan yang baik hatinya lempar dong



Quote:
Komeng agan yang paling ane suka
Quote:
Original Posted By bapakeValkyla►semua cara di atas sebenarnya bisa berhasil mengurangi macet..
tinggal bagaimana pemerintah menerapkannya... kalau produksi mobil + motor terus digenjot yo sami mawon...
masyarakat juga berperan penting kalau mau mewujudkan semua cara di atas biar berhasil..
tinggal bagaimana pemerintah menerapkannya... kalau produksi mobil + motor terus digenjot yo sami mawon...
masyarakat juga berperan penting kalau mau mewujudkan semua cara di atas biar berhasil..
0
3.7K
Kutip
26
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan