MELBOURNE, KOMPAS.COM- Iklan layanan masyarakat berjudul "Cara Konyol untuk Mati" hasil produksi perusahaan kereta api swasta Melbourne, Metro Trains,
meraih penghargaan terbanyak dalam Festival Kreativitas Lions International di Cannes, Perancis, akhir pekan lalu. Iklan yang disaksikan lebih dari 50 juta orang di Youtube sejak diluncurkan November 2012 itu meraih 5 gelar Grand Prix, 18 Singa Emas, 3 Singa Perak, dan 2 Singa Perunggu.
Quote:
Pemilihan judul "Cara Konyol untuk Mati"hanyalah bagian strategi untuk menarik perhatian khalayak. Pesan dari inti iklannya tentunya sebaliknya, mengajak para masyarakat untuk tidak mati dengan cara-cara yang konyol akibat tindakan ceroboh, salah satunya adalah tindakan-tindakan sembrono di areal perlintasan kereta api.
Berdurasi tiga menit,
iklan itu mengimbau orang menjaga keselamatan di sekitar kereta api. Dihiasi lagu riang dan tingkah lucu makhluk seperti amuba, dua menit pertama klip itu berisi hal konyol yang membahayakan. Hal itu misalnya menyodok beruang dengan tongkat, memelihara ular berbisa, atau menjual dua ginjal lewat internet.
Sampel cuplikan adegan iklannya
Sampel cuplikan adegan iklannya
Puncaknya, kecerobohan, seperti menerobos palang pelintasan kereta api atau terjatuh dari peron ke rel di stasiun.
”Idenya muncul setelah melihat orang melakukan hal berisiko di sekitar kereta api,” kata Leah Waymark, Manajer Hubungan Masyarakat Metro Melbourne.
Yang menarik, Metro Trains melaporkan,
korban kecelakaan kereta api turun 21 persen sejak iklan ini diluncurkan. ”Kami tak pernah membayangkan hasilnya sebaik ini,” ujar Waymark. (Reuters/upi/was)
Cekibrot pidionya di bawah ini gan
Judul asli: "Dumb Ways to Die"