KASKUS

Huawei Ascend D2
Sony Xperia Z
HTC One

Huawei Ascend D2

Smartphone ini merupakan HP Android terbaik 2013 dalam sektor layar dibanding kedua smartphone yang lain. Layar dari Huawei Ascend D2 menggunakan panel IPS yang memberikan kualitas gambar yang tajam serta cerah dan viewing angle yang tidak berubah. Dengan ukuran 5 Inch serta resolusi maksimal yang mampu ditampilkan mencapai 1920 x 1080 piksel atau 1080p, nilai dari pixel density yang menentukan ketajaman dan kejelasan layar menampilkan gambar mencapai angka yang menakjubkan yaitu 441 ppi. Inilah yang membuat Huawei Ascend D2 masuk dalam jajaran HP Android terbaik 2013 dalam sektor display atau layar. Dalam pengujian yang dilakukan untuk menentukan HP Android terbaik 2013 ini, layar dari smartphone ini mampu menampilkan gambar dengan warna yang jauh lebih akurat berkat tidak adanya pemrosesan warna seperti kedua smartphone lain sehingga warna yang dihasilkan selain akurat juga natural tanpa ada tambahan yang tidak perlu.

HTC One

Layar HTC One termasuk yang terbaik dalam perbandingan HP Android terbaik 2013 ini dengan ukuran yang lebih kecil yaitu 4.7 Inch dengan resolusi Full HD yang sama dengan kedua smartphone yang lain sehingga membuat nilai pixel density dari smartphone ini mampu menembus angka 469 ppi sehingga menjadi nilai pixel density tertinggi dalam perbandingan HP Android terbaik 2013 ini. Selain itu, layar HTC One menggunakan teknologi Super LCD3 yang mampu bersaing dengan panel IPS untuk menghasilkan tampilan yang jernih dan akurat. Sayangnya, teknologi layar HTC One yang baik tidak ditunjang dengan kemampuan reproduksi warna yang baik. Warna yang dihasilkan oleh HTC One terkesan terlalu cerah sehingga selain tidak natural, warna yang ditampilkan tidak seakurat layar Huawei Ascend D2. Ini disebabkan teknologi pemrosesan warna dan gambar yang digunakan dalam HTC One terlalu berfokus pada pencerahan warna sehingga warna tidak mampu tampil senatural Huawei Ascend D2.

Sony Xperia Z

Spesifikasi ukuran layar dan resolusi Sony Xperia Z yang masuk dalam jajaran HP Android terbaik 2013 dalam sektor layar memiliki kesamaan dengan yang dimiliki oleh Huawei Ascend D2. Dengan ukuran yang sama yaitu 5 Inch, resolusi yang didukung juga mencapai 1080p untuk resolusi Full HD. Dengan ukuran dan resolusi yang sama, tentunya Sony Xperia Z memiliki nilai pixel density yang sama yaitu 441 ppi. Dukungan teknologi Sony Mobile BRAVIA Engine 2 menjamin tampilan gambar maupun konten menjadi lebih tajam, cerah, dan jernih ketika diaktifkan. Teknologi ini juga yang membuat warna yang ditampilkan oleh Sony Xperia Z menjadi tidak natural seolah-olah dibuat karena warna hadir tidak akurat. Selain itu, kelemahan layar yang dimiliki Sony Xperia Z dalam jajaran HP Android terbaik 2013 adalah masalah viewing angle yang ketika dilihat dari sudut pandang yang berbeda, keakuratan warna menjadi berkurang apalagi ketika dilihat dari sudut sempit dari samping layar. Masalah viewing angle ini tidak ditemukan pada kedua smartphone yang lain dalam artikel HP Android terbaik 2013 dalam sektor display ini. [BAM]