KASKUS

Quote:Original Posted By WongDagang




sama istri aja bisa ingkar janji utk setia..

gimana bs pegang kepercayaan atau janji dg orang lain ?


wah kalo menuru perkimpoian Islam mah ga ada masalah janji setia gan
Yang penting SAH kan hukumnya kaya jual beli. Dibayar TUNAI ga boleh Nyicil atau Kredit
Quote:Original Posted By kapalsyelam


ada janji untuk setia gak sih?

kalau menerima jabatan baru (suami) kan biasanya pake sumpah

kalau secara muslim ada gak?

kalau ada pasti gak berani melanggar


karena kesetiaan itu tiang perkimpoian

seperti halnya sholat itu tiang agama



tdk ada sumpah setia,tp bagi muslimin, percaya bahwa setiap amal dan perbuatan kelak akan ada hisab (perhitungan) nya di akhirat.dengan atau tanpa sumpah..
setia itu bisa jadi tiang pernikahan bagi agan dan sebagian orang,tp bs juga tidak bagi sebagian lainnya..
lagipula setia itu bisa diartikan macam2 tergantung cara masing2 orang menafsirkannya..
itulah anehnya gan ane bingung petinggi partai dakwah kerjaannya kimpoi banyak2... untung dibatesin empat klo kagak bisa tak terhingga tuh gan
Quote:Original Posted By reloaded0101


tetapi mengapa banyak wanita yang mau dipoligami (mau nikah dengan pria beristri)?

kata tukang urut ane...bukan faktor ekonomi,
tapi faktor okonomi gan..
duit, duit, duit...duit

yaaaakhh ga mungkin dikenalin ama ibu, pasti ibu mencak2..
yah sapi kempit lagi
kalo laki ama laki atau cewe ama cewe baru haram

yg penting itu kan :
- mempelai pria
- mempelai wanita
- wali
- penghulu
- ijab kabul

kalo mau nikah lagi secara hukum negara, baru mesti ada ijin dari istri sebelumnya
Quote:Original Posted By toko88online
Jakarta - Pernikahan mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq dengan istri ketiganya, Darin Mumtazah sudah digelar Agustus 2012 lalu. Namun, istri kedua Luthfi, Lusi Tiarani mengaku tidak mengenal sosok Darin, perempuan yang baru lulus SMK itu.

"Nggak, saya nggak kenal," ujar Lusi kepada wartawan saat mendatangi kantor KPK, Jl HR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (25/6/2013). Saat itu, Lusi ditanya apakah mengenal Darin.

Tidak diketahui tujuan Lusi datang ke kantor KPK. Membawa tiga anaknya, perempuan yang mengenakan baju muslimah hitan dan jilbab kotak-kotak ini tidak mau mengatakan tujuan kedatangannya.

Lusi Triana hanya mau menjawab sedikit pertanyaan. Dia lebih banyak bungkam sambil berjalan menuju mobilnya di tempat parkir KPK.

Ketika ditanya alasan ketidakhadirannya di persidangan perdana suaminya di pengadilan Tipikor kemarin, Lusi menjawab singkat, "Ya nggak datang kan nggak apa-apa."

Luthfi Hasan Ishaaq diketahui memiliki tiga istri. Pendamping pertama bernama Sutiana Astika dan dikaruniai 12 orang anak. Istri kedua, Lusi Tiarani dengan tiga orang anak. Istri ketiga, Darin Mumtazah, yang hingga saat ini belum pernah muncul ke publik sejak Luthfi jadi tersangka.


koment edited : ternyata gak perlu izin yah. utk punya istri lebih dari satu. sorry ane salah pengertian. thanks


Quote:Original Posted By FreshPrince


Maaf, namun menurut Hadist, dalam berpolygami, istri2 yang lain harus ridho
Apabila oleh satu dan lain alasan sang istri tidak ridho, dan ayah sang istri tidak ridho, maka tentu saja polygami menjadi tidak sesuai dengan hadist

" Sesungguhnya Bani Hasyim bin al Mughirah minta izin untuk menikahkan putri mereka dengan Ali bin Abi Thalib. SAYA TIDAK MENGIZINKAN, kemudian (tsumma) SAYA TIDAK MENGIZINKAN, kemudian (tsumma) SAYA TIDAK MENGIZINKAN , kecuali putra Abi Thalib menceraikan Putriku dan menikahi putri mereka. Karena sesungguhnya dia (FATIMAH) adalah bagian dari diriku, mencemaskanlu apa yang mencemaskannya dan menyakitiku apa yg menyakitinya" (HR Bukhari)


Quote:Original Posted By FreshPrince


Maaf, namun menurut Hadist, dalam berpolygami, istri2 yang lain harus ridho
Apabila oleh satu dan lain alasan sang istri tidak ridho, dan ayah sang istri tidak ridho, maka tentu saja polygami menjadi tidak sesuai dengan hadist

" Sesungguhnya Bani Hasyim bin al Mughirah minta izin untuk menikahkan putri mereka dengan Ali bin Abi Thalib. SAYA TIDAK MENGIZINKAN, kemudian (tsumma) SAYA TIDAK MENGIZINKAN, kemudian (tsumma) SAYA TIDAK MENGIZINKAN , kecuali putra Abi Thalib menceraikan Putriku dan menikahi putri mereka. Karena sesungguhnya dia (FATIMAH) adalah bagian dari diriku, mencemaskanlu apa yang mencemaskannya dan menyakitiku apa yg menyakitinya" (HR Bukhari)


Hadist ini dikutip secara tidak lengkap boss, masih ada kelanjutannya, justeru kunci dari hadist ini adalah pernyataan Rasulullah di penghujung hadist ini, silahkan agan buka Shahih al-Bukhari, no: 2879.
Salah satu dasar hukum poligami adalah ayat Allah dalam Al-Qur'an surat Annisa ayat 3, perkataan Rosulullah tidak mungkin bertentangan dari Al-Qur'an, karena rasulullah menghukumi suatu masalah berdasarkan wahyu dari Allah yang telah menurunkan Al-Qur'an. So jika agan2 sekalian menemukan hadist2 yang bertentangan dengan Al-Qur'an, wajib untuk mempelajarinya lebih dalam mengenai sanad dari hadist tersebut. Mengapa hal ini penting, karena setiap perkataan akan dimintai pertanggungjawabannya, jangan sampai kita menyesatkan orang lain hanya karena kedangkalan ilmu kita.
Intinya: mari kita mempelajari lebih dalam mengenai agama kita, jangan terlalu mudah mengeluarkan perkataan yang kita sendiri masih belum paham mengenai masalah tersebut.
InsyaAllah...
Quote:Original Posted By lydiavirgie
itulah anehnya gan ane bingung petinggi partai dakwah kerjaannya kimpoi banyak2... untung dibatesin empat klo kagak bisa tak terhingga tuh gan


wkwkw bener gan
menurut ane gan,

ibarat kita suka makan sate kambing.. jangan piara kambingnya, mending beli satenya di tukang sate, makan, trus pulang.


Quote:Original Posted By 5 Years Ago
menurut ane gan,

ibarat kita suka makan sate kambing.. jangan piara kambingnya, mending beli satenya di tukang sate, makan, trus pulang.




Betul sekali gan, saya sangat setuju, karena memang tidak ada paksaan dalam memilih "dien" (prinsip hidup),
Prinsip hidupmu adalah pilihanmu, prinsip hidupku adalah pilihanku
Orang bilang "masing-masing"
Karena manusia hanya akan dimintai pertanggung jawaban atas apa yg dia kerjakan.
Wah soal halal haramnya kurang tau gan...yang penting LHI orang nya setia dan sebenarnya cuma punya satu istri
Istri Pertamax: Satu
Istri Kedua : juga Satu aja
Istri Ketiga: masih tetep Satu ajah...



Out of topic...ngemeng2 suami LHI sp y?? kok Tusbol ampe wasir stadium akut kaya gt????
Quote:Original Posted By kahajeka
Wah soal halal haramnya kurang tau gan...yang penting LHI orang nya setia dan sebenarnya cuma punya satu istri
Istri Pertamax: Satu
Istri Kedua : juga Satu aja
Istri Ketiga: masih tetep Satu ajah...



Out of topic...ngemeng2 suami LHI sp y?? kok Tusbol ampe wasir stadium akut kaya gt????


Kalau agan belum tau halal haram, sebaiknya segera belajar gan, penting itu gan, karena setiap manusia yang berakal akan dimintai pertanggungjawaban mengenai semua perbuatannya didunia, walaupun perbuatan itu hanya sebesar semut hitam.

Ilustrasi yg agak ekstreem kayak gini gan,
Misalkan agan lg jalan2 di hutan & kelaparan, trus agan menemukan buah pisang & kotoran celeng, kalo saran saya sih ada baiknya agan pilih buah pisang untuk dimakan, selain halal, rasanya juga enak gan
perasaan wanita ngga penting
agama penting
Quote:Original Posted By Dezhda


Kalau agan belum tau halal haram, sebaiknya segera belajar gan, penting itu gan, karena setiap manusia yang berakal akan dimintai pertanggungjawaban mengenai semua perbuatannya didunia, walaupun perbuatan itu hanya sebesar semut hitam.

Ilustrasi yg agak ekstreem kayak gini gan,
Misalkan agan lg jalan2 di hutan & kelaparan, trus agan menemukan buah pisang & kotoran celeng, kalo saran saya sih ada baiknya agan pilih buah pisang untuk dimakan, selain halal, rasanya juga enak gan


Perbandingannya koq buah pisang dan kotoran celeng ?

Pilihan yang sulit itu adalah saat memilih di antara dua pilihan yg sama2 baik... atau sama2 buruk.

Kalau pilihannya satu baik dan satunya buruk.... ya gampang aja, semua orang
pilih yg baik donk! (dgn catatan perbandingan yg seimbang)

Jadi pingin masuk Islam nih.
Quote:Original Posted By iwak_teri


Perbandingannya koq buah pisang dan kotoran celeng ?

Pilihan yang sulit itu adalah saat memilih di antara dua pilihan yg sama2 baik... atau sama2 buruk.

Kalau pilihannya satu baik dan satunya buruk.... ya gampang aja, semua orang
pilih yg baik donk! (dgn catatan perbandingan yg seimbang)



Hehehe... Maaf gan, diawal comment saya juga sudah saya sebutkan bahwa itu adalah contoh yg ekstrim terkait perkara hukum halal haram. Agar lebih mudah pemahamannya, karena jika saya memberikan contoh yg agak "advanced" akan membutuhkan pemahaman yg lebih mendalam lagi dan bahkan akan mengundang perdebatan yg panjang lagi yg makin OOT dari topik yg dibahas TS.
Salah satu contoh perkara yg agak "advanced" adalah sebagai berikut.
- makan hukumnya mubah
- makan nasi goreng hukumnya halal
- makan nasi goreng duitnya dari ngrampok hukumnya haram
- makan nasi goreng dicampur racun serangga hukumnya haram (menganiaya diri sendir / usaha bunuh diri / putus asa)
- makan nasi goreng padahal sebelumnya kita sudah kenyang hukumnya makruh bahkan bisa jadi haram karena berlebih2lebihan (lebay)
- makan nasi goreng, padahal agan tau disebelah agan ada orang yg sedang kelaparan sampe tinggal kulit sama tulang sekarat mau wafat karena kelaparannya, sedangkan agan punya kemampuan lebih utk mendapatkan makanan lainnya atau beli nasi goreng lagi, berarti agan telah berbuat dzolim
- agan sedang kelaparan sampe mau mati, trus agan dikasih nasi goreng sama orang yg dermawan, maka hukumnya nasi goreng itu wajib agan makan untuk mempertahankan hidup, kalau tidak, agan akan terkena pasal m"menganiaya diri sendiri"
- agan mau makan nasi goreng, tapi penjualnya juga jualan menu masakan babi panggang, rica-rica anjing doberman, oseng-oseng embrio manusia, tumis kangkung kuah darah komodo dll, sedangkan agan ragu-ragu apakah nasi goreng yang akan agan makan halal atau haram, maka hukumnya adalah subhat, sebaiknya agan meninggalkannya dan cari penjual nasi goreng yang lainnya, atau pulang kerumah minta dimasakin nasi goreng yg halal & baik sama orang rumah
- dan masih banyak lagi perkembangan hukum dari masalah makan nasi goreng yang asal hukumnya adalah mubah (diperbolehkan)
Quote:Original Posted By coolzer
Jadi pingin masuk Islam nih.


Dipikir-pikir yang mateng dulu gan, nggak usah buru-buru, cari ilmu sebanyak-banyaknya sampai hati agan bener2 mantap, karena Tuhan tidak akan membiarkan kita berkata "saya telah beriman" dengan begitu saja, kita akan diuji gan.
makin meriah aja nih PSK..
×