KASKUS

[Tarif angkot dan bus naik] KALAU DIDAERAH AGAN TARIF ANGKUTAN UMUM NAIKNYA BRP GAN?

Spoiler for angkot:


Quote:Pemerintah belum menentukan secara resmi tarif bus dan angkutan kota (angkot) setelah kenaikan harga BBM bersubsidi. Namun pengusaha angkot dan bus sudah menaikkan tarif secara sepihak yang membuat penumpang teriak.

Tak tanggung-tanggung, mereka menaikkan tarif hingga 30 persen sampai 50 persen.

Dewi, warga yang kerap menggunakan Mikrolet M 34 jurusan Kalibata-Barkah ini cemberut ketika membayar tarif angkot. Dia naik dari Stasiun Tebet hingga Jalan Tebet Barat 9 atau lebih dikenal dengan daerah Anita.

"Biasanya jarak dekat cuma Rp 2.000, sekarang Rp 3.000. Bukannya pemerintah belum tentukan kenaikan tarif angkot ya, kok udah naik aja," ujar Dewi kepada merdeka.com di kawasan Tebet Barat, Jakarta Selatan, Senin (24/6).

Dewi mengatakan, di dalam angkot sudah terpasang stiker kenaikan tarif baru. Stiker itu berada di kaca belakang namun menghadap ke penumpang. "Udah ada stiker tulisannya Dekat = 3.000, Jauh 5.000 dan Pelajar 2.000," ujar dia.

Lain lagi dengan Widya, wanita yang biasa menumpang bus P 9A jurusan Bekasi-Senen dari Bekasi ini komplain kepada kernet bus itu karena meminta ongkos dengan tarif baru. "Biasanya bayar Rp 4.500, sekarang dia mintanya Rp 6.000," ujar Widya dengan nada emosi kepada merdeka.com di Senen, Jakarta Pusat.

Dia kesal karena pemerintah belum menentukan persentase kenaikan secara resmi. "Kita juga ga tau naiknya berapa dari pemerintah, tapi bus sudah naikkan tarif duluan," tegas dia.

Protes juga datang dari Lisa, perempuan yang selalu menggunakan bus P 9 BT jurusan Bekasi-Kampung Rambutan ini harus mengeluarkan ongkos lebih karena kernet bus sudah meminta tarif baru. "Kesel sih tapi mau gimana lagi, ya terpaksa bayar tarif baru. Biasanya Rp 4.000, sekarang Rp 5.000," kata Lisa di Kampung Rambutan.

Diketahui, terhitung mulai Sabtu (22/6), harga jual premium yang semula Rp 4.500 per liter kini menjadi Rp 6.500 per liter dan harga Solar yang semula Rp 4.500 per liter menjadi Rp 5.500 per liter.


sumber
akibat BBM naik....sementara gaji belum naik

"Secara umum kenaikan tarif dasar angkutan umum antar kota antar propinsi (AKAP) adalah 15%," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Suroyo Aliemoso di Gedung Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (24/6/2013).

Sehingga tarif dasar Wilayah I yang semula Rp 107 per penumpang/kilometer pada tahun 2009, menjadi Rp 124 per penumpang/kilometer pada tahun 2013. Sementara tarif dasar Wilayah II yang semula Rp 119 per penumpang/kilometer pada tahun 2009 menjadi Rp 138 per penumpang/kilometer pada tahun 2013.

Selain tarif AKAP, tarif angkutan penyeberangan lintas komersial antarpropinsi juga mengalami kenaikan. Tarif tersebut akan berimbas pada 12 lintas penyeberangan komersial antar propinsi.

"Akibat kenaikan BBM 15,12%, sehingga tarif terpadu angkutan penyeberangan mengalami kenaikan 14,25%," ungkap Suroyo.

Kenaikan angkutan penyeberangan hanya sebesar 14,25% karena biaya pelabuhan tidak mengalami kenaikan. Informasi mengenai kenaikan tersebut akan dilakukan oleh pengelola pelabuhan penyeberangan PT ASDP Indonesia Ferry, UPT Pelabuhan Penyeberangan serta Otoritas Pelabuhan Penyeberangan.

"Tarif baru tersebut akan diberlakukan pada tanggal 25 Juni pukul 00.00 waktu setempat," ungkapnya.
link:http://news.detik..com/read/2013/06/...-umum-naik-15-
Di daerah ane dari 2000 perak naik jadi 3000 perak, sdangkan untuk pelajar jadi 1500 perak
gara gara sby nih
ya otomatis laahhh, masa mau tarif lama? makan apa tuh supir2?
nanti lama2 pada beli motor deh. populasi motor makin banyak aja deh. yang naek motor asal2an makin banyak juga deh
gue naik TJ trus kerumah sambung angkot jarak deket cuma nambah 500 perak kok yg biasanya 2rb jadi 2500
ga tau deh klo yg jaraknya lumayan jauh
judul keknya lebay banget,naek 1000 perak udah termasuk naik gila2an yah ?
gpp lah kalo cuman naek serebu menurut ane
Quote:Original Posted By fuck.for.jerry
gara gara sby nih


dpr ama sby tepatnya
Ini sebenernya bukan sekedar menaikkan atau menurunkan beban subsidi. Tapi lebih kepada managemen pemerintah selaku regulator ekonomi untuk mengontrol iklim perekonomian.


Inilah kenapa ane gak setuju BBM naik sekarang. Slain karna masih layaknya harga saat ini dengan harga BBM dunia, tapi juga karena mekanisme kontrol Pemerintahan dan managemen si BuYA samasekali gak jelas.
Quote:Original Posted By .SEMAR.
gue naik TJ trus kerumah sambung angkot jarak deket cuma nambah 500 perak kok yg biasanya 2rb jadi 2500
ga tau deh klo yg jaraknya lumayan jauh
judul keknya lebay banget,naek 1000 perak udah termasuk naik gila2an yah ?


klo yg nyocot
"Dia kesal karena pemerintah belum menentukan persentase kenaikan secara resmi. "Kita juga ga tau naiknya berapa dari pemerintah, tapi bus sudah naikkan tarif duluan," tegas dia."
itu mah gag mikir ntar di pangkas setoran + bagi supir kernet kondektur
brapa ? lha wong harga sembako aj naik gag pake aba2 dari atas kok :
Quote:Original Posted By .SEMAR.
gue naik TJ trus kerumah sambung angkot jarak deket cuma nambah 500 perak kok yg biasanya 2rb jadi 2500
ga tau deh klo yg jaraknya lumayan jauh
judul keknya lebay banget,naek 1000 perak udah termasuk naik gila2an yah ?


buat pelajar ama rakyat jelata itu udah signifikan
Pemerintah yang lamban...

ujung²nya masyarakat yang kena dampaknya...

ck...ck...
untung gak pernah naek angkot..

hitungan nya kalau 5000 bisa sampe tujuan belum bolak balik nah naek motor bayar bensin 6500 udah PP...

karuan naek motor aja dah..

fasilitas angkot ama bis juga kadang bikin ga nyaman
Quote:Original Posted By fuck.for.jerry
gara gara sby nih


gara2 tidak bisa mengoptimalkan SDM dan SDA yg ada di Indonesia
katanya sumber kekayaan Indonesia itu melimpah? ya melimpah, melimpah untuk orang asing dan pejabatnya. rakyatnya masih banyak yg susah untuk makan
Quote:Original Posted By mdsetiawan09


buat pelajar ama rakyat jelata itu udah signifikan


tepat jawaban agan ini,
buat yg berpenghasilan gede ya tidak berpengaruh mu naik 200% juga
hati-hati, nanti malah pada pindah semua penumpangnya.. beli motor
Quote:Original Posted By UrMyFvck


klo yg nyocot
"Dia kesal karena pemerintah belum menentukan persentase kenaikan secara resmi. "Kita juga ga tau naiknya berapa dari pemerintah, tapi bus sudah naikkan tarif duluan," tegas dia."
itu mah gag mikir ntar di pangkas setoran + bagi supir kernet kondektur
brapa ? lha wong harga sembako aj naik gag pake aba2 dari atas kok :


harusnya begitu ketuk palu BBM naik
ketuk palu juga Tarif angkutan sama harga sembako biar gak timbul masalah baru
yaiya kasian sopir BBm naik tarif masih sama, setoran juga naik
harusnya subsidi yg dr bbm masuk ke subsidi ongkos tarif angkutan umum....



tp bisa ga ya kalo kyk gitu....
ga yakin jg gw seh liat sifat2 rakus yg luar binasa itu...
akibat kenaikan BBM.
ane kagak naik angkutan umum buat kerja,..
tapi kerasa banget,...
ane naek m*O, yang lumayan boros,..
harga bbm masih Rp. 4500,
ane isi bbm tiap 2 hari sekali,..Rp. 13000 udah full tank,..
sekarang isi Rp. 15000, gak full tank,..
jadi ane harus tambah extra dana > Rp. 2000,
apakah dengan menaikan harga BBM buat kesejahteraan rakyat, yang di gembor2 kan oleh pemerintah,...waduhh
wajar lah kalo angkot Dll nya menaikan tarif....
naik ankotan umum yg ada desak2kan,pengap dsb...
Mending pakai kendaraan pribadi.macet gpp yg penting tenang,nyaman dan selamat