- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
GURU HARUS INOVATIF..


TS
alkajogja
GURU HARUS INOVATIF..
Asalamualaikum semuanya. berhubung akun saya yang lama sudah lupa paswordnya jadi pake akun baru.hehhe [removed]void(0);
Didalam dunia pendidikan terutama dunia pembelajaran tentu kita semua sudah mengenal berbagai macam model pembelajaran misalnya jig saw, TGT, Inkuiri, Problem solving, dan lain sebagainya. sebagai seorang guru selain harus menguasai berbagai model pembelajaran tentu harus mampu membuat model pembelajaran sendiri, oleh karena itu inovasi seorang guru dalam model pembelajaran sangat dibutuhkan. hal ini untuk apa? yang jelas hal ini untuk membuat guru semakin kreatif dan mampu membaca kondisi siswanya. karena suatu model pembelajaran itu akan tercipta karena adanya suatu masalah yang belum bisa terpecahkan dalam proses penyampaian informasi kepada siswa.
kami dari Mahasiswa UNY angkatan 2010 membuat suatu inovasi model pembelajaran. inovasi model pembelajaran ini bertujuan untuk membantu guru memberikan berbagai macam model pembelajaran yang bisa dipilih. yang kedua model pembelajaran ini kami buat untuk mengikuti lomba inovator UNY 2013. mari kita pelajari bersama model yang saya sampaikan dibawah ini. kami sangat berterimakasih apabila saudara-saudara semua memberikan masukan untuk terciptanya model pembelajaran kami yang lebih baik. berikut Model pembelajaran kami:
Model pembelajaran 3R (Run-Ring-Response) merupakan model pembelajaran yang memiliki perhatian besar terhadap multiple intellegence yang dimiliki oleh siswa. Oleh karenanya, model pembelajaran ini berusaha mengaktifkan kecerdasan kinestetik, bahasa, interpersonal, intrapersonal, atau bahkan semua kecerdasan yang ada. Model pembelajaran ini membutuhkan pelaksana/guru yang berkomitmen untuk menciptakan suasana PAIKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
Berikut ini langkah-langkah model pembelajaran 3R (Run-Ring-Response).
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 2 regu.
2. Setiap regu dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai pecahan materi yang akan dipelajari. Misalnya materi kegiatan ekonomi, berarti setiap regu dibagi menjadi 3 kelompok yang mana setiap kelompok mempelajari tentang produksi, konsumsi, atau distribusi.
3. Setiap kelompok dalam satu regu mempelajari bagian materi yang ditugaskan.
4. Anggota kelompok bertamu ke kelompok lain dalam satu regu untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai bagian materi yang mereka pelajari.
5. Anggota kelompok yang bertamu kembali ke kelompoknya untuk mengajar teman satu kelompok tentang materi yang mereka peroleh.
6. Guru memberi kuis layaknya lomba cerdas cermat kepada masing-masing regu.
7. Sebelum guru memberikan pertanyaan, siswa yang menjadi perwakilan dari masing-masing regu bersiap di barisan paling belakang.
8. Untuk menjawab pertanyaan guru, kedua siswa harus berlari berlomba memencet bel yang ada di depan kelas.
9. Siswa yang lebih dulu memencet bel boleh menjawab, jika salah pertanyaan dilempar kepada siswa dari regu lain. Begitu seterusnya, siswa yang menjawab dari masing-masing regu harus berbeda.
10. Regu yang menang adalah regu yang paling banyak menjawab pertanyaan secara benar dan tepat.
Demikian langkah - langkah model pembelajaran 3R, smoga bermanfaat dan barokah.... amiin,,,

Didalam dunia pendidikan terutama dunia pembelajaran tentu kita semua sudah mengenal berbagai macam model pembelajaran misalnya jig saw, TGT, Inkuiri, Problem solving, dan lain sebagainya. sebagai seorang guru selain harus menguasai berbagai model pembelajaran tentu harus mampu membuat model pembelajaran sendiri, oleh karena itu inovasi seorang guru dalam model pembelajaran sangat dibutuhkan. hal ini untuk apa? yang jelas hal ini untuk membuat guru semakin kreatif dan mampu membaca kondisi siswanya. karena suatu model pembelajaran itu akan tercipta karena adanya suatu masalah yang belum bisa terpecahkan dalam proses penyampaian informasi kepada siswa.
kami dari Mahasiswa UNY angkatan 2010 membuat suatu inovasi model pembelajaran. inovasi model pembelajaran ini bertujuan untuk membantu guru memberikan berbagai macam model pembelajaran yang bisa dipilih. yang kedua model pembelajaran ini kami buat untuk mengikuti lomba inovator UNY 2013. mari kita pelajari bersama model yang saya sampaikan dibawah ini. kami sangat berterimakasih apabila saudara-saudara semua memberikan masukan untuk terciptanya model pembelajaran kami yang lebih baik. berikut Model pembelajaran kami:
Model pembelajaran 3R (Run-Ring-Response) merupakan model pembelajaran yang memiliki perhatian besar terhadap multiple intellegence yang dimiliki oleh siswa. Oleh karenanya, model pembelajaran ini berusaha mengaktifkan kecerdasan kinestetik, bahasa, interpersonal, intrapersonal, atau bahkan semua kecerdasan yang ada. Model pembelajaran ini membutuhkan pelaksana/guru yang berkomitmen untuk menciptakan suasana PAIKEM (Pembelajaran, Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan).
Berikut ini langkah-langkah model pembelajaran 3R (Run-Ring-Response).
1. Siswa dikelompokkan ke dalam 2 regu.
2. Setiap regu dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai pecahan materi yang akan dipelajari. Misalnya materi kegiatan ekonomi, berarti setiap regu dibagi menjadi 3 kelompok yang mana setiap kelompok mempelajari tentang produksi, konsumsi, atau distribusi.
3. Setiap kelompok dalam satu regu mempelajari bagian materi yang ditugaskan.
4. Anggota kelompok bertamu ke kelompok lain dalam satu regu untuk memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai bagian materi yang mereka pelajari.
5. Anggota kelompok yang bertamu kembali ke kelompoknya untuk mengajar teman satu kelompok tentang materi yang mereka peroleh.
6. Guru memberi kuis layaknya lomba cerdas cermat kepada masing-masing regu.
7. Sebelum guru memberikan pertanyaan, siswa yang menjadi perwakilan dari masing-masing regu bersiap di barisan paling belakang.
8. Untuk menjawab pertanyaan guru, kedua siswa harus berlari berlomba memencet bel yang ada di depan kelas.
9. Siswa yang lebih dulu memencet bel boleh menjawab, jika salah pertanyaan dilempar kepada siswa dari regu lain. Begitu seterusnya, siswa yang menjawab dari masing-masing regu harus berbeda.
10. Regu yang menang adalah regu yang paling banyak menjawab pertanyaan secara benar dan tepat.
Demikian langkah - langkah model pembelajaran 3R, smoga bermanfaat dan barokah.... amiin,,,
0
953
8


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan