Bukan Penipuan! Tapi harus hati-hati jual-beli Online!
TS
fakezoro
Bukan Penipuan! Tapi harus hati-hati jual-beli Online!
Pertama-tama ane minta maaf dulu kepada semua pihak yg merasa di rugikan ataupun tersinggung oleh tulisan ane ini, tapi ini cuma sekedar untuk menyampaikan uneg-uneg dalam hati daripada terpendam sendiri yg ujung-ujungnya cuma jadi eek
Ini cerita dari pengalaman pribadi ane yg terjadi hari ini
Sesuai judulnya, ini bukan cerita penipuan yg terjadi di FJB kaskus gan, tapi mgkn ini terjadi karna kesalahan komunikasi ataupun kesalahan dari salah satu pihak terkait
Spoiler for Awal kisah...:
Awal cerita sih ane pengen beli jaket untuk keperluan KKN di kampus ane, ya berhubung di FJB byk bgt pilihan model jaket dengan harga yg amat sangat bersaing, ane cari aja di kaskus, dan kebeneran dapet pedagang yg RecSell dan murah juga
Nah ane lgsg aja deh kontek-kontek si seller, alhasil 50an jaket pesenan ane deal dengan harga, desain yang ane pilih, dan ongkir senilai 400ribuan (ongkir ini terhitung untuk berat kiriman taksiran menurut seller 30kg menggunakan jasa kiriman TI** ekonomis)
Total belanja ane bernilai 6jutaan, nilai yg bukan sedikit untuk di main-mainin, apalagi soal duit, duit itu sensitif gan
Tapi berhubung sellernya udah byk testinya dan kayaknya udah RecSell bgt, ane main percaya aja tanpa rekber, dan ane DP dulu tuh jaket sampai si jaket selesai di proses (krna jaketnya butuh proses pengerjaan sablon), sesuai kesepakatan dengan sellernya, ane DP 3juta dulu awalnya, setelah barang jadi dan siap kirim baru deh ane lunasin
Nah semenjak pembelian setidaknya ane tanyain gmn perkembangannya, setidaknya setiap 2/3 hari. Dan hebatnya, dari target pengerjaan 2 mingguan, si jaket udah selesai dlm seminggu, terbukti dengan foto-foto yg dilihatin si seller lewat "sending picture BBM"
Wah, ane kaget, dlm hati ane berfikir "Gile cpt bgt nih? Duit buat ngelunasin jaketnya belum terkumpul semua nih, temen-temen pada blum bayar lunas semua duitnya"
Akhirnya ane minjem dulu duit nyokap buat ngelunasin pembayaran. Sisa pembayaran udah di lunasi dan barang lgsg di kirim di hari yg sama dengan waktu pelunasan, dan terbukti dengan foto resi yg di kirim sama sellernya
Jeng jeng jeng jeng....
Bukan, bukan di sini nih masalahnya, sabar dulu...
Nah, barang yg di kirim itu mendarat di rumah dengan selamat, dari resi penerimaan tercantum berat kiriman 22kg (wah merasa dirugikan nih dengan ongkos kirim yg lumayan gede dari taksiran berat 30kg oleh seller) tapi sepertinya kiriman yg digunakan bukan kiriman tipe ekonomis, melainkan tipe kiriman regular yg biayanya mirip dengan kiriman tipe ekonomis seberat 30kg, ya sesuai deh sama waktu pengiriman yg relatif singkat, dlm hati ane berfikir "yaudah biarin aja, yg penting barangnya sampai dengan aman dan terkendali"
Setelah ane bongkar-bongkar isinya, semua pesenan ane lengkap ga ada cacat dan semua ukurannya juga tepat, ada kesalahan-kesalahan minornya sih dikit, tp ya bisa di abaikan lah (kaya benang-benang bekas jahitan yg belum kegunting)
Alhamdulillah, proyek jaket KKN kelompok ane beres sudah
Spoiler for lanjutan...:
Nah, karna ngelihat hasil jaket ane yg cakep dan menawan ini, temen ane dari klmpok sebelah pengen buat juga 12 jaket dengan desain yg sama tapi dengan warna dan nama kelompok yg berbeda (nama kelompok tercantum pada logo), dan kembalilah ane pesen ke seller yg sama dengan seller waktu ane beli jaket kelompok ane
Berhubung kelompok ane ada yg belum kepesen jaketnya 1 org lagi (seharusnya 58 jaket tapi kepesen 57) nah ane pesen lagi deh tambahan 1 lagi, dan juga satu jaket lagi ane pesenin buat adek ane yg naksir sama model jaketnya
Jadi intinya ane mesen jaket dengan desain yg sama tapi beda nama kelompok 12 biji + 1 jaket kelompok ane yg ketinggalan + 1 lagi jaket polos pesenan adek ane
ini nih bunyi email pesenan ane:
Spoiler for email:
Nah di sono kan tertulis: "NB: Desain jaket sama seperti kmrn, warna yg digunakan warna biru dongker-abu2 dengan sablon warna putih dengan logo seperti pada lampiran."
Nah di sini nih masalahnya timbul!!!
Di tulisan itu maksud ane ya pengen bikin jaket dengan desain mirip dengan kemarin tatapi logonya beda (karena kelompoknya beda) sesuai dengan logo yg ane lampirkan di email itu, tp si seller nanggapinnya lain, dia berfikir klo desainnya sama persis dengan buatan kelompok ane kemarin (di tambah lagi dia ga buka lampiran disain logo yg ane kasih, jadi dia ga sadar ada perubahan) Dan mungkin salah ane juga krna ga nanyain perkembangannya gimana, soalnya ane udah percaya sama kerjaan dia kemarin.
Daaaaaaannnnnn, hasilnya jaket pesenan ane yg kedua salah bordiran nama kelompoknya, nah ini bikin ane repot nih, si seller juga ga bisa berbuat apa-apa, ya udah salah mau gmn lg, dan ujung-ujungnya ane sendiri deh yg repot berurusan dengan temen ane yg mesen jaketnya
Ane di sini bukan bermaksud membenarkan diri ane sendiri ataupun menyalahkan si seller, tapi yg pasti siapa pun yg benar atau pun yg salah ya ini resiko jual-beli online namanya, yg ga bisa di pantau perkembangan setiap harinya
Spoiler for Tips dari ane:
Jadi, dari semua masalah yg ane hadapi kali ini, ane punya beberapa tips buat para buyer dalam menanggapi jual-beli online (terutama yg menggunakan desain/model pesanan):
1. Untuk memesan suatu barang yg menggunakan ukuran, desain dll, buyer seharusnya dapat menerangkan detail pesanan sejelas-jelasnya dan sedetai-detailnya agar dapat di mengerti oleh si pembuat barang
2. Kalo mesen barang yg memerlukan waktu pengerjaan lumayan lama, boleh deh agan sedikit bawel untuk nanyain perkembangan pembuatan barangnya, soalnya klo seandainya barangnya ada yg slh buat, bisa di kasih tahu sebelum kebablasan hasilnya, boleh bawel, tp jgn byk bacot ya
3. Sama seperti poin kedua, intinya tetap jaga komunikasi dengan seller pada saat pengerjaan barang
4. Dalam menyampaikan desain/model barang yg di pesan, harap di tekankan poin-poin penting yg seharusnya di sampaikan dlm penyampaian bentuk/desain (contohnya: ane harus menekankan klo logonya berbeda dengan sebelumnya)
5. Berdasarkan pengalaman ane yg sudah-sudah, usahakan untuk menghindari pembelian barang-barang yang menggunakan size/ukuran, karna klo salah size atau ukuran kan bisa berabe (terutama ukuran sepatu, karna klo sepatu salah ukuran bisa ga nyaman bgt *pengalaman pribadi)
Segitu aja ya tulisan ane, semoga bermanfaat pengalaman dan tipsnya buat kaskuser yg lain
Spoiler for Baca dulu:
Kaskuser yg baik selalu ngasih dan untuk thread bermutu
Jangan timpukin yaa gan
komeng bermutu dari agan2 sekalian:
Quote:
Original Posted By ainarichy►nice share gan...emg klo beli atau pesan di online maupun toko hrs bener2 teliti walau itu dg orang yg dipercaya sekalipun soalnya ane jg pernah kejadian kyk gini gan, pas beli elektronik di fjb, padahal ane cod. itu pembelian kedua ane kepada seller tsb, tp pas cod ke2 ane kurang teliti gan, ternyata no imei yg dilapak sama yg ane beli beda alhasil garansinya beda donk tp mau gmn lg, ane hub seller gak ada tanggapan