Kaskus

Entertainment

eyangsubur.comAvatar border
TS
eyangsubur.com
bagaimana cara mengatasi masalah seputaran lamaran kerja bagi pencari kerja ?
ASSALAMUALAIKUM

Eyang kembali hadir untuk memberikan informasi untuk kaskus lovers, kali ini eyang akan hadir dengan tema "BAGAIMANA MELAMAR KERJA YANG BAIK"

Eyang akan menjabarkan satu persatu bagaimana cara melamar kerja yang baik dan kesalahan yang tidak boleh dilakukan...

Tahap AWAL / Tahap pengiriman surat lamaran
1. Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang benar
Umumnya kita berpendapat bahwa lamaran boleh ditulis
tangan
apabila tidak mempunyai komputer, ini salah besar, 99%
HRD akan langsung membuang lamaran kerja dengan tulis tangan, kecuali
kalau ada permintaan langsung dari HRD kalo lamaran itu harus di tulis
tangan, yang benar adalah ketiklah dengan rapi, menggunakan times
new roman dengan ukuran fonts "12".

Lamaran kerja sebaiknya maksimal 2 lembar dan sudah digabungkan
dengan CV, Lamaran kerja yang terlalu banyak akan membuat HRD
membuang lamaran anda.

Untuk menulis surat lamaran kerja, yang harus anda tuliskan :
- To the point untuk bagian kerja apa yang anda lamar
- Pengalaman kerja anda (kalau ada) , kalau tidak ada kemampuan apa
yang anda kuasai
- Latar belakang pendidikan anda
- Data Pribadi anda : (nama, umur, alamat surat dan email, mobile)
- Foto, usahakan 4x6 dan yang berpakaian rapih dengan model rambut
yang tidak neko-neko, background berwarna biru / merah, jangan
gambar pemandangan.
attach / kirimkan juga referensi atau apapun yang dapat menunjang
lamaran anda
2. Cara Mengirim Surat Lamaran
Kirimlah surat lamaran anda secepat yang anda bisa...ingat semakin lama anda kirim semakin tipis peluang yang anda dapat, karena HRD dituntut cepat untuk mendapat kandidat

Tahap KE-DUA "TAHAP WAWANCARA
- Anda harus tau perusahaan atau bidang yang anda lamar, karena pertanyaan HRD umumnya "Apa yang anda ketahui tentang Perusahaan yang anda lamar ex : PT.A"
- Pakailah pakaian yang pantas, usahakan jangan selalu menggunakan pakaian hitam-putih, karena itu mencerminkan anda tidak PD / Percaya Diri dan bawa alat tulis sehingga anda tidak meminjam ke resepsionis
- Pastikan anda wangi dan hindari merokok sebelum interview
- Usahakan datang lebih awal dan tetap tersenyum, sehingga pada saat anda dipanggil akan lebih mudah tersenyum
- Saat memulai wawancara, cobalah menjabat tangan pewawancara lebih dahulu yang akan memberikan kesan anda profesional dan PD
- Rahasia HRD mengetahui anda berbohong pada saat diwawancarai adalah : gerak tubuh, tatapan mata (tatapan mata ke kanan anda pasti berbohong, TATAPAN mata ke kiri anda berkata jujur, dll (eyang tidak dapat menyebutkan semua karena rahasia HRD nantinya akan kebongkar)emoticon-Malu (S)
- Untuk pertanyaan kelebihan dan kekurangan : kita biasanya mejawab, saya pekerja keras, ganteng, atau loyalitas tinggi ==> ini tidak salah tapi kurang tepat, anda seharusnya mengisi saya bisa bekerja dalam tim dll (yang membuat diri anda jadi lebay / beautiful bullshit), untuk kekurangan anda bisa jawab ==> saya kurang bisa berkomunikasi tapi saya berusaha dengan cara membiasakan berbicara di muka umum

3. Cara Mengisi tes psikotest

- Untuk melengkapi gambar, jangan pernah mengacak, cobalah dgn mengurutkan 1,2,3,4,5,6,7,8 atau 1,2,3,4,8,7,6,5 krn kalao mengacak itu berarti anda tidak konsisten
- Untuk gambar manusia atau pohon, usahakan gambar lengkap sampai jari kaki dan tangan, begitu pula pohon harus lengkap sampai ke akar, buah dll, ini menunjukkan bahwa anda teliti dan disiplin
- Untuk penjumlahan dari bawah ke atas (tes marlin) yang mana hanya ditulis angka belakang aja, usahakan jangan seperti roller coaster ini menandakan emosi anda tidak bisa dicontrol, tidak mengapa anda salah asalkan jangan seperti roller coaster

Tahap KE-TIGA "TAHAP NEGO GAJI
Jangan pernah mengatakan "bagaimana kebijakan perusahaan saja" ini menandakan anda seorang pemula bukan profesional, sebelum anda ditanya masalah gaji, usahakan cari tau standard gaji melalui internet dll, yang eyang tau sih untuk pemula lulusan sma / diploma I sekarang adalah UMP (Jakarta-2013) yaitu Rp.2.125.000 untuk retail,Rp.2.225.000 untuk retail yang ada servicenya dan Rp.2.325.000 untuk hotel

Demikian sekilas info dari eyang tentang wawancara, semoga bermanfaat, tunggu thread eyang yang lainnya ya...

wassalam


Eyang subur


0
1.7K
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan