KASKUS

kalo menurut ane yang paling laris adalah chevy spin

berikut plus dan kebaikannya:
1. mesin 1.3 diesel 75 Hp udah pasti bisa menjangkau 15-20 km/L jadinya anggaran subsidi negara menurun
2. 7 seater ciri khas keluarga indonesia
3. Mobil solar dikenal memiliki gas buang yang lebih aman dari gas buang bensin walaupun kenyamanan dari segi suara dan getaran kalah sama mesin bensin
4. nama besar chevy

kalo mesin diesel moderen kayak fortuner, pajero, trail blazer apalagi diesel jerman gak bakal bisa menggunakan solar subsidi sebab mesin itu akan jauh lebih rewel dibanding alphard minum bensin jika tanpa perawatan ekstra dan modifikasi yang gak bisa dibilang sedikit
Pada akhirnya nanti, solar bakal lbh mahal drpd bensin
Quote:Original Posted By tongkigading


betul, gan

buad memudahkan yang otak nya cuma bensin melulu mudah mencerna kehebatan diesel

Mitsubishi Kuda di era nya ada 3 varian,

Kuda diesel N/A 85PS, torsi setara Mitsubishi Galant VR sekitar 18Kgm
Kuda bensin N/A 2.000cc MPI kalau ga salah 115PS, torsi nya sekitar 18Kgm

top speed kuda diesel standard 170kph, akselerasi kalah tipis tetap bisa ngejar 2.0 MPI
top speed kuda bensin 2.0MPI standard 180kph, akselerasi unggul

sekarang pertanyaan nya,
kalau kuda bensin 2.0 MPI mau dinaikkan performa nya, apa saja yang musti dilakukan ?

apakah semudah kuda diesel pasang rumah keong langsung setel klep dan performa
meningkat drastis ?

inged, perbedaan top speed cuma 170kph vs 180kph

gw bisa bilang begini karena dulu kuda diesel masih sehat,
pernah adu adu an lawan Kuda 2.0 MPI di toll Anyer dan itu gw sendiri yang bawa 170kph

kijang diesel top speed 155kph,
posisi adu sebelah2 an dan udah di voor kuda diesel ga tambah kecepatan
dan kijang diesel ga bisa nambah kecepatan lagi


klo diesel jadul emang kuda jagonya krn gw pernah punya th'99 kuda diesel tipe petra. larinya lebih manteb n stabil ketimbang panther grand royale gw
Quote:Original Posted By tongkigading


betul, gan

buad memudahkan yang otak nya cuma bensin melulu mudah mencerna kehebatan diesel

Mitsubishi Kuda di era nya ada 3 varian,

Kuda diesel N/A 85PS, torsi setara Mitsubishi Galant VR sekitar 18Kgm
Kuda bensin N/A 2.000cc MPI kalau ga salah 115PS, torsi nya sekitar 18Kgm

top speed kuda diesel standard 170kph, akselerasi kalah tipis tetap bisa ngejar 2.0 MPI
top speed kuda bensin 2.0MPI standard 180kph, akselerasi unggul

sekarang pertanyaan nya,
kalau kuda bensin 2.0 MPI mau dinaikkan performa nya, apa saja yang musti dilakukan ?

apakah semudah kuda diesel pasang rumah keong langsung setel klep dan performa
meningkat drastis ?

inged, perbedaan top speed cuma 170kph vs 180kph

gw bisa bilang begini karena dulu kuda diesel masih sehat,
pernah adu adu an lawan Kuda 2.0 MPI di toll Anyer dan itu gw sendiri yang bawa 170kph

kijang diesel top speed 155kph,
posisi adu sebelah2 an dan udah di voor kuda diesel ga tambah kecepatan
dan kijang diesel ga bisa nambah kecepatan lagi


Pertama saya juga mengakui dahsyatnya mesin 4d56 (kuda & L300).

Tetapi terlalu hiperbola klo bilang diesel 2.5 bisa ngimbangin 2.0 bensin.
1. Trosi 2.5 disel sama dg trosi 2.0 mpi = 16.8 kgm 16.2 kgm @2000rpm
2. Final gear sama 4.875
3. Rpm Diesel 'cuman sanggup' 6000rpm (efektif 4500rpm), Rpm Bensin bisa 8000rpm (efektif 6500). Selisih 2000rpm

Jadi kalau bilang Kuda Diesel bisa mengekor Kuda bensin 2.0, ngibul banget. Kecuali diderek dibelakang.

Top speed Kuda diesel 150 kpj, kuda bensin 175 kpj. Selisihnya karena perbedaan rpm yg cukup signifikan.

-----------------
Klo kijang memang paling loyo, top speed 135-140 kpj, itu karena power mesinnya kecil, dan final gearnya lebih lebar (karena power mesin yg kecil).
Tapi toyota menyiasatinya dengan gear yang lebar di gigi bawah, jadi klo adu akselrasi gigi 1/2/3, gue bilang masih menang kijang diesel dibanding kuda diesel.

Gigi 4/5, lewat deh kijang.

(saya berani bilang karena saya pakai kuda 2.0, kuda diesel dan kijang diesel)
Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.
Om2...gua kasi tau sebagai yang mau beli Spin (setelah ngejual Vios gua).
Spin 1.3 LTZ Diesel itu butuhnya solar NON SUBSIDI. Kenapa? Karena mesinnya butuh SOLAR NON BUSUK.

Kalau luw lama kerja lapangan, luw akan tau bahwa SOLAR SUBSIDU itu BUSUK, hanya Mitsubishi Triton yang bisa enak nyerep itu solar busuk, yang lain? Ford Ranger dikit2 akan koit, Toyota langsung koit, Nissan Navara lebih cepet lagi.

Nah...Spin termasuk yang klepek2 kalau minum solar subsidi aka solar busuk itu. Spesifikasinya memerlukan solar non subsidi macam Pertadex atau solar ceban lebih di SPBU Shell.

Ngerti Om?
Punya mobil ndak sih?


INI BARU KOMEN ORANG YANG NGERTI OTOMOTOF


solar subsidi itu memang di peruntukannya untuk kendaraan niaga kaya tronton dan bus odong odong

mobil diesel mewah pake solar subsidi .. siapain ajah tabungan .. buat biaya opaname nye
Quote:Original Posted By jurigkuris


INI BARU KOMEN ORANG YANG NGERTI OTOMOTOF


solar subsidi itu memang di peruntukannya untuk kendaraan niaga kaya tronton dan bus odong odong

mobil diesel mewah pake solar subsidi .. siapain ajah tabungan .. buat biaya opaname nye


memang orang kaya klo pakai subsidi itu 'rusak'. Rusak mentalnya...
Quote:Original Posted By tongkigading


betul, gan

buad memudahkan yang otak nya cuma bensin melulu mudah mencerna kehebatan diesel

Mitsubishi Kuda di era nya ada 3 varian,

Kuda diesel N/A 85PS, torsi setara Mitsubishi Galant VR sekitar 18Kgm
Kuda bensin N/A 2.000cc MPI kalau ga salah 115PS, torsi nya sekitar 18Kgm

top speed kuda diesel standard 170kph, akselerasi kalah tipis tetap bisa ngejar 2.0 MPI
top speed kuda bensin 2.0MPI standard 180kph, akselerasi unggul

sekarang pertanyaan nya,
kalau kuda bensin 2.0 MPI mau dinaikkan performa nya, apa saja yang musti dilakukan ?

apakah semudah kuda diesel pasang rumah keong langsung setel klep dan performa
meningkat drastis ?

inged, perbedaan top speed cuma 170kph vs 180kph

gw bisa bilang begini karena dulu kuda diesel masih sehat,
pernah adu adu an lawan Kuda 2.0 MPI di toll Anyer dan itu gw sendiri yang bawa 170kph

kijang diesel top speed 155kph,
posisi adu sebelah2 an dan udah di voor kuda diesel ga tambah kecepatan
dan kijang diesel ga bisa nambah kecepatan lagi


Quote:Original Posted By ibadside


Pertama saya juga mengakui dahsyatnya mesin 4d56 (kuda & L300).

Tetapi terlalu hiperbola klo bilang diesel 2.5 bisa ngimbangin 2.0 bensin.
1. Trosi 2.5 disel sama dg trosi 2.0 mpi = 16.8 kgm 16.2 kgm @2000rpm
2. Final gear sama 4.875
3. Rpm Diesel 'cuman sanggup' 6000rpm (efektif 4500rpm), Rpm Bensin bisa 8000rpm (efektif 6500). Selisih 2000rpm

Jadi kalau bilang Kuda Diesel bisa mengekor Kuda bensin 2.0, ngibul banget. Kecuali diderek dibelakang.

Top speed Kuda diesel 150 kpj, kuda bensin 175 kpj. Selisihnya karena perbedaan rpm yg cukup signifikan.

-----------------
Klo kijang memang paling loyo, top speed 135-140 kpj, itu karena power mesinnya kecil, dan final gearnya lebih lebar (karena power mesin yg kecil).
Tapi toyota menyiasatinya dengan gear yang lebar di gigi bawah, jadi klo adu akselrasi gigi 1/2/3, gue bilang masih menang kijang diesel dibanding kuda diesel.

Gigi 4/5, lewat deh kijang.

(saya berani bilang karena saya pakai kuda 2.0, kuda diesel dan kijang diesel)


Di trit ini cenderung hiperbol mendewakan diesel ya Masa kuda diesel bisa imbangin versi 2.0 bensin
Tapi gila aja kuda diesel berani dibejek sampe 170 kmh, apa ga goyang dombret tuh, secara lebar tapak dan jarak sumbu rodanya pendek dan aerodinamisnya ga sebagus sedan. Klo lebar tapaknya minimal selebar innova sih masih mending agak stabil. Kuda palingan lebar tapaknya dan sumbu roda setara Taruna/Terios.
Ga kebayang limbungnya kuda diesel dipaksa lari 170, mungkin dibejek gas poll redline sampe suara raungan dan getaran mesinnya mengalahkan sound system mobil Ane aja dulu pas mobilnya sedan 1.500cc DOHC lari 160 kmh di gear 5 pada 5.000rpm (redline 6.500 rpm) aja uda merasa agak goyang pas di belokan tol, top speed sih bisa tembus 180an kmh.
Klo kijang emang loyo, dulu ada LGX bensin 2.0, top speed palingan 160 kmh Tapi kijang yg diesel lbh loyo dr yg kijang bensin 2.0 larinya, uda ane coba bawa.

Lagipula klo mengukur seberapa hebat mobil bisa lari itu dilihat dari spek horsepower, lalu dibagi power to weight ratio, selain itu dilihat spek enginenya apakah overstroke, overbore atau square.
Contoh biarpun Hummer-H3 yg 3.500cc, 220 HP dan Torsinya gede 305 Nm diadu lari sama mobil yg 3.000 cc tapi 260 HP, torsi 250 Nm, belum tentu menang si Hummer, kecuali diadu bawa berat full 9 penumpang dan nanjak di Nagreg baru Hummer menang karena menang torsi

Btw safety driving aja lah, percuma ngadu2 lari sama org di tol demi ego kepuasan sesaat, cuma boros BBM dan memperpendek umur mesin
[MUST SEE!!!] 10 IKLAN SAFETY DRIVING PALING KREATIF di DUNIA!!!
Mungkin karena Solar itu yg pake angkutan2 barang ya kalo solar disamakan nanti harga barang makin melambung tinggi.
Gitu ya ternyata..
Kaga bisa mesin diesel modern diisi Solar Busuk..
Makasih Gan infonya..
Baca thread dari 1 - 6 seperti masuk forum otomotif....



jadi pinter neh ogut....

Lanjut kang..........
Quote:Original Posted By Askeladd


Ane dirumah pake innova diesel generasi pertama gan,beli dari baru thn 2005 sampai sekarang selalu minum solar busuk,ga pernah tuh rusak,rewel,mogok,turun mesin,dsb,padahal tiap tahun rutin dipake jarak jauh...JKT-Jogja-Madiun-Bali PP,selain pemakaian harian tentunya


Yang pakai Innova Diesel diatas tahun 2008 share dong !!!
tertarik nih sama yg satu ini, terutama pengaruh solar terhadap mesinnya
trims
Ini bisa jadi pelajaran buat semua produsen mobil utk lebih lengkap lagi menyajikan varian mobilnya, jangan tralu terkonsentrasi sama mesin bensin.
Jadi ntar bakal ada sedan bermesin diesel donk, yak..?
Quote:Original Posted By f1lb3rt


kalo untuk fortuner solar gimana om?


Innova dan fortuner diesel keluaran awal juga klepek2 minum solar subsidi. Yang belakangan tampaknya ada yang direvisi.
Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.
Om2...gua kasi tau sebagai yang mau beli Spin (setelah ngejual Vios gua).
Spin 1.3 LTZ Diesel itu butuhnya solar NON SUBSIDI. Kenapa? Karena mesinnya butuh SOLAR NON BUSUK.

Kalau luw lama kerja lapangan, luw akan tau bahwa SOLAR SUBSIDU itu BUSUK, hanya Mitsubishi Triton yang bisa enak nyerep itu solar busuk, yang lain? Ford Ranger dikit2 akan koit, Toyota langsung koit, Nissan Navara lebih cepet lagi.

Nah...Spin termasuk yang klepek2 kalau minum solar subsidi aka solar busuk itu. Spesifikasinya memerlukan solar non subsidi macam Pertadex atau solar ceban lebih di SPBU Shell.

Ngerti Om?
Punya mobil ndak sih?


Ane pake diesel toyota 2500 cc find-find aja. Tenaga gede. Ane malah ngincer kakaknya yang VN turbo (intercooler). Sayang selisihnya harganya jauh .
Quote:Original Posted By tongkigading


lu bandingin nya MESIN SAMPAH TOYOTA,
emang sejak kapan toyota jago bikin mesin diesel ?

innova sama fortuner lama khan mesin diesel nya emang cacad

lu bandingin sama mesin diesel legendaris nya Mitsubishi,
Pajero Sport Dakar power 180HP,
xtrail 2.0 ga jamin bisa bertahan dikuntit Pajero Sport Dakar

gw pernah bawa Jazz yang katanya paling mahal,
lari nya cemen, ga berasa kenceng nya,
apalagi Livina, gw juga ada, ok, top speed nya bisa nyampe, akselerasi nya kacau,
gentakan nya juga ga ada

biar kata Mitsubishi Kuda mobil tua, kalau yang mesin nya sehat,
lari nya jjuga nakutin, Livina ga yakin bisa keep up kalau 4D56 nya dipasang Turbo

diesel common rail 1.300cc dengan Turbo jangan dianggap enteng, bung,
gw yakin itu mesin power nya lumayan besar, avanza 1.300cc standard sih,
bakal diasepin dengan mudah

di arena balap udah ada BMW diesel Turbo, hasil uji nya lebih unggul dari varian bensin nya


rasanya pernah denger nick tongki ini. ini tongki salahsatu kontributor foto disitus tukang olok olok/ ngehina mobil hasil modifikasi orang lain yg dikenal juga sebagai situs AMHP (addmorehp.com) itu bukan ya. sori kalo salah. gaya komennya mirip sih..
aduh.. kirain pada mau beralih kkendaraan umum.. biar ngurangin macet.. ternyta.. ckck
pake diesel yang minum solar jenis DEX, sulit tuh cari yang jualan minyaknya di SPBU, bahkan di sepanjang PANTURA! terus gimana?


Quote:Original Posted By ErnestoGuevara.
Om2...gua kasi tau sebagai yang mau beli Spin (setelah ngejual Vios gua).
Spin 1.3 LTZ Diesel itu butuhnya solar NON SUBSIDI. Kenapa? Karena mesinnya butuh SOLAR NON BUSUK.

Kalau luw lama kerja lapangan, luw akan tau bahwa SOLAR SUBSIDU itu BUSUK, hanya Mitsubishi Triton yang bisa enak nyerep itu solar busuk, yang lain? Ford Ranger dikit2 akan koit, Toyota langsung koit, Nissan Navara lebih cepet lagi.

Nah...Spin termasuk yang klepek2 kalau minum solar subsidi aka solar busuk itu. Spesifikasinya memerlukan solar non subsidi macam Pertadex atau solar ceban lebih di SPBU Shell.

Ngerti Om?
Punya mobil ndak sih?

weeeh .... pencerahan nih gan, jd gimana gan tetep pakai premium 6.500 atau ada saran lain gan?

ciyus nih gan, infonya ditunggu ....
Quote:Original Posted By wndorama
aduh.. kirain pada mau beralih kkendaraan umum.. biar ngurangin macet.. ternyta.. ckck


ya kalau bawa anak sama bini di musim hujan gini kasihan kalee kang !!!
coba bayangin aja hujan2.... gonta ganti angkut ???
spinnn
×