KASKUS

Yuk, Kita Mengenal Batu Mulia Terkeras di Dunia

1. Berlian/intan (Diamond)
Berlian memiliki nilai 10 Mohs dan merupakan batu permata bahkan benda terkeras di dunia. Berlian merupakan bentuk kristal dari karbon. Berlian tertua terdapat di India. Berlian ditemukan pertama kali di Afrika Selatan pada tahun 1870. Pertambangan berlian yang terkenal di Indonesia berada di Martapura, Kalimantan Selatan. Sebelum berwujud sebagus di gambar, berlian masih memiliki bentuk kasar yang disebut galuh. Penambang berlian yang ahli dapat membedakan antara galuh, kerikil dan pasir. Setelah galuh didapatkan, barulah proses penghalusan dilakukan untuk mendapatkan bentuk berlian yang cantik.

Dari semua batu mulia, berlian bukan hanya batu yang paling keras tetapi juga mempunyai kemampuan paling baik dalam membiaskan cahaya. Warna-warna berlian beraneka ragam seperti kuning, kuning muda, kebiru-biruan, merah, biru kehijau-hijauan, merah jambu, merah muda, kuning kecoklat-coklatan, dan lain-lain. Berlian berwarna hijau daun merupakan jenis berlian yang langka. Berlian berwarna hitam dinamakan carbonado. Sedangkan yang paling umum dikenal adalah berlian tak berwarna alias transparan. Berlian dapat terbakar dalam tanur listrik pada suhu 2000 derajat Celsius dan menjadi karbondioksida.


2. Korondum ( Safir dan Ruby )

Batu Safir dan batu Ruby berasal dari batuan yang sama yang menjadi perbedaan keduanya hanya terletak pada warna Korondum berwrna merah disebut dengan Ruby ( merah delima ) sedangkan \warna selain merah dikenal dengan batu Safir . Batu safir merupakan batu permata yang terkenal karena keeleganan warnanya. Merupakan bentuk kristal dari aluminium oksida (korondum) dan memiliki tingkat kekerasan 9 Mohs. Orang kebanyakan mengira bahwa safir hanya berwarna biru saja. Padahal, safir memiliki beberapa macam varian warna, di antaranya ungu, kuning pupus, jingga dan lain-lain. Safir yang memiliki warna selain biru tersebut dinamakan fancy sapphire. Warna-warna tersebut bergantung pada kandungan zat yang berada dalam batu safir, seperti titanium dan besi. Selain unsur-unsur itu, warna pada batu safir juga tergantung pada zat khas yang dimiliki batu safir, yakni korondum.
Sementara itu, warna yang paling ideal untuk batu safir adalah biru langit. Warna biru yang terlalu pekat atau malah terlalu pudar dapat menurunkan nilai harganya.


Sama dengan safir, rubi juga merupakan salah satu bentuk kristal dari korondum. Rubi mentah berwarna merah delima, dan jika digosok/dihaluskan akan menghasilkan warna merah darah. Warna merah pada rubi berasal dari zat yang disebut dengan kromium. Rubi merupakan salah satu batu mulia yang keberadaannya jarang ditemukan, apalagi rubi dengan kualitas yang baik. Rubi merupakan satu dari empat batu berharga selain berlian, safir dan zamrud. Selain warna merah, rubi juga dapat berwarna merah muda atau merah gelap, tergantung pada kandungan kromium. Semakin keruh warna rubi, maka semakin rendah pula kualitasnya. Begitu pula sebaliknya. Rubi mempunyai skala kekerasan 9 Mohs.


3. Ametis/Batu kecubung (Amethyst)

Ametis memiliki skala kekerasan 7 Mohs. Bahan utama dalam pembentukan ametis adalah Silika. Biasanya, ametis berwarna merah muda sampai ungu tua. Karena warna ungu selalu dikaitkan dengan warna kerajaan, maka batu ametis sering digunakan dalam pembuatan barang-barang yang ada di kerajaan Inggris.

Nama batu ametis berasal dari bahasa Yunani yang artinya “tidak mabuk”. Masyarakat Yunani pada masa itu percaya bahwa jika seseorang meminum anggur yang terdapat dalam gelas yang terbuat dari ametis, maka orang tersebut tidak akan mengalami mabuk. Batu ametis pernah menjadi batu yang lebih berharga dari pada berlian. Umumnya, batu ametis akan bersinar terang setelah dijemur dalam waktu yang cukup lama.


4. Zamrud (Emerald)


Zamrud berwarna hijau dengan skala 7,5 Mohs. Terbuat dari silikat beril. Penghasil zamrud kualitas tinggi adalah Kolombia, Siberia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Australia, dan Brazil. Warna yang paling ideal untuk zamrud adalah hijau daun. Seperti halnya batu rubi, warna hijau pada zamrud juga dihasilkan oleh kromium. Salah satu keunggulan dari batu jenis ini adalah pada warnanya yang tidak mudah berubah serta daya tahannya terhadap suhu tinggi.

Dalam masa proses kristalisasi pada batu zamrud, beberapa gangguan geologi selalu terjadi. Itulah sebabnya semua zamrud ditemukan dalam keadaan cacat seperti retak, bergelembung, terdapat butiran kristal karbon asing di dalamnya, serta ketidaksempurnaan-ketidaksempurnaan lainnya. Kelemahan-kelemahan tersebut dapat disembunyikan dengan mengolesi minyak mineral maupun dengan melakukan proses iradiasi. Jika anda menemukan batu zamrud yang tanpa cacat sedikitpun, maka berwaspadalah. Bukan berarti anda telah menemukan batu zamrud yang paling sempurna, namun ciri tersebut justru menunjukkan bahwa batu yang anda temukan merupakan imitasi.


5. Giok (Jade)

Batu giok sudah dikenal oleh bangsa Cina pada tahun 4000 SM sebagai bahan utama dalam pembuatan aksesoris, senjata, maupun perabotan. Dalam seni pengobatan Timur, batu giok diyakini sebagai perangsang aliran Chi (energi murni). Energi murni ini dianggap mampu mencegah penuaan sel-sel tubuh dan mengatasi aneka penyakit. Sementara itu, di suku Maya dan Inca, batu dengan kekuatan 6,0-7,0 Mohs ini dianggap sebagai “Pembawa Keselamatan dan Kesehatan”.

Batu giok terdiri dari 2 jenis, yaitu Nephreit dan Jadeit. Nephreit memiliki warna yang agak keputih-putihan, serta memiliki tingkat kekerasan 6,0-6,5 Mohs. Sementara itu, jenis Jadeit memiliki nilai 6,5-7,0 Mohs. Giok jadeit setingkat dengan batu kuarsa. Jadeit memang lebih keras daripada nephreit, namun juga lebih mudah mengalami keretakan.

Sampai saat ini, masyarakat masih mempercayai keberadaan batu giok sebagai sarana pengobatan. Di Indonesia, terapi batu giok bukanlah merupakan istilah yang asing lagi di telinga sebagian besar warga negaranya. Batu giok memang dapat memancarkan sinar infra merah yang dapat memperlancar aliran darah. Selain itu, gelombang yang terpancar dari batu giok dapat melancarkan metabolisme tubuh serta menghancurkan timbunan lemak.

6. Ratna Cempaka (Topaz)

Ratna cempaka memiliki skala kekerasan 8,0 Mohs. Batu yang terbentuk dari aluminium oksida dan kiezelzuur ini dikenal pula dalam berbagai nama, seperti batu daud, mirah cempaka dan selong. Walaupun batu topaz tergolong batu yang keras, namun batu tersebut tidak boleh berada dalam perubahan suhu hebat yang mendadak, sebab hal itu dapat membuat batu topaz retak. Dahulu, orang berpikir bahwa batu topaz selalu berwarna kuning. Kini, telah dikenal berbagai macam variasi warna topaz, seperti cokelat, bening, merah muda, ungu dan biru. Topaz biru umumnya berasal dari Cina. Topaz merah dan jingga merupakan jenis topaz yang termurah.

Topaz yang berkualitas tinggi mempunyai kilau yang sangat cemerlang, terang dan bening. Jika topaz tersebut disentuh maka akan terasa licin di tangan. Api atau listrik dapat keluar apabila kita menggosok topaz dengan keras dan cepat. Sedangkan untuk membuktikan keaslian sebuah topaz, kita dapat melakukannya dengan memasukkan topaz dalam bromoform (semacam cairan yang dapat dibeli di apotik). Jika topaz itu mengapung, maka topaz tersebut palsu.




KASKUSER YANG BAIK SELALU MENINGGALKAN KOMEN

BUAT YANG UDAH ISO ANE MENGHARAPKAN

BUAT YANG BELUM BISA DI RATE BINTANG 5
PERTAMAX HANYA MILIK TS
menurut ane yang paling keras tuh HATI... wkwkwkwk
Quote:Original Posted By ijungaja
menurut ane yang paling keras tuh HATI... wkwkwkwk


ah si agan bisa aja
widih batu kecubung masuk
keren gan nggak salah kalau harganya mahal
wowo keren eh gan bedahnya batu meradelima sama ruby apa ya???
Quote:Original Posted By ijungaja
menurut ane yang paling keras tuh HATI... wkwkwkwk


OTAK juga keras bgt tu gan

keras kepala
Indah2 ya gan ...
Quote:Original Posted By Adityadiditaz
wowo keren eh gan bedahnya batu meradelima sama ruby apa ya???


sama gan merah delima bahasa indonesia
ruby inggris
bgusan amethyst tapi
bikin silau mata gan batu2 nya
ternyata batu bata kalah keras sama batu batuu diatas
boleh dicoba diadu tuhhh wkwkwkw
Quote:Original Posted By davidsthaprdl
ternyata batu bata kalah keras sama batu batuu diatas
boleh dicoba diadu tuhhh wkwkwkw


ada 2 agan ini batu bata dibandingin intan. mata bor tambang minyak aja matannya intan.atau sederhanya pemotong kaca. intan motong kaca seperti pisau motong keju.
Quote:Original Posted By LordShenlu0
bgusan amethyst tapi


tapi harganya murah kan gan.
don't judge gemstone from it colour
wkwk
Quote:Original Posted By van.bejo
bikin silau mata gan batu2 nya


yup
harganya jg bikin silau apalagi yang no 1
Quote:Original Posted By LordShenlu0
bgusan amethyst tapi


tapi kalau dicopot kegantengannya ikutan copot ya, gan

Quote:Original Posted By ..LG..
widih batu kecubung masuk


agan punya azimat, ya?

harganya pasti mahal banget ya gan
Quote:Original Posted By .d.d
harganya pasti mahal banget ya gan


ga juga ko gan tergantung kualitas