KASKUS

[ASK] Tentang UKT (Uang Kuliah Tunggal) ... Tolong Pencerahannya

Gan, permisi, numpang tanya

kan tahun ini PTN sistem bayarannya pake sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal), nah yg di maksud dengan UKT itu apa yah?

terus kan misalkan saya daftar UGM Manajemen S1, di tabel biaya UKT ada Kelompok 1 - 5, itu maksudnya gimana yah?
(tabel UKT UGM 2013: http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/...13_ukt_ugm.pdf)

Jujur masih bingung sama sistem ini

Thanks semua
Quote:Original Posted By udinDoraemon14
Gan, permisi, numpang tanya

kan tahun ini PTN sistem bayarannya pake sistem UKT (Uang Kuliah Tunggal), nah yg di maksud dengan UKT itu apa yah?

terus kan misalkan saya daftar UGM Manajemen S1, di tabel biaya UKT ada Kelompok 1 - 5, itu maksudnya gimana yah?
(tabel UKT UGM 2013: http://img.akademik.ugm.ac.id/unduh/...13_ukt_ugm.pdf)

Jujur masih bingung sama sistem ini

Thanks semua


agan bisa memahami permendikbud nomor 55 tahun 2013

Quote:Original Posted By aviep


agan bisa memahami permendikbud nomor 55 tahun 2013



(1) Biaya kuliah tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di perguruan tinggi negeri.

(2) Biaya kuliah tunggal digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan Pemerintah.

(3) Uang kuliah tunggal merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

(4) Uang kuliah tunggal sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurangi biaya yang ditanggung oleh Pemerintah.

1 dan 2 paham, biaya per semester kan...

untuk poin 3 dan 4 maksudnya gimana? Kalau dari kemampuan ekonomi dilihat dari sisi mananya?
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


(1) Biaya kuliah tunggal merupakan keseluruhan biaya operasional per mahasiswa per semester pada program studi di perguruan tinggi negeri.

(2) Biaya kuliah tunggal digunakan sebagai dasar penetapan biaya yang dibebankan kepada mahasiswa masyarakat dan Pemerintah.

(3) Uang kuliah tunggal merupakan sebagian biaya kuliah tunggal yang ditanggung setiap mahasiswa berdasarkan kemampuan ekonominya.

(4) Uang kuliah tunggal sebagaimana dimaksud pada ayat (3) ditetapkan berdasarkan biaya kuliah tunggal dikurangi biaya yang ditanggung oleh Pemerintah.

1 dan 2 paham, biaya per semester kan...

untuk poin 3 dan 4 maksudnya gimana? Kalau dari kemampuan ekonomi dilihat dari sisi mananya?


karena pemerintah akan memberikan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) mahasiswa tinggal bayar kekurangannya.

tentang penggolongan UKT ini tergantung keputusan bersama antara fihak kampus dengan mahasiswa berdasarkan permohonan dan bukti bukti yang benar.
cmiiw

Quote:Original Posted By aviep


karena pemerintah akan memberikan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) mahasiswa tinggal bayar kekurangannya.

tentang penggolongan UKT ini tergantung keputusan bersama antara fihak kampus dengan mahasiswa berdasarkan permohonan dan bukti bukti yang benar.
cmiiw



Memang jadi gan BOPTN?

Semalem nanya nyokap dia juga bingung, ktnya pas rapat pembahasan tentang UKT ktnya "pasrah aja, manut kementrian wae"
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


Memang jadi gan BOPTN?

Semalem nanya nyokap dia juga bingung, ktnya pas rapat pembahasan tentang UKT ktnya "pasrah aja, manut kementrian wae"


jadi.
sekarang sebaiknya mempersiapkan bukti yang valid tentang penghasilan sehingga jika diminta oleh kampus tinggal memberikan.

Quote:Original Posted By aviep


jadi.
sekarang sebaiknya mempersiapkan bukti yang valid tentang penghasilan sehingga jika diminta oleh kampus tinggal memberikan.



slip gaji kah? :O
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


slip gaji kah? :O


ya apa saja yang dibutuhkan kampus nantinya, kalau ortu PNS biasanya fc slip gaji, swasta kalau nggak mampu surat keterangan dari kelurahan/kepdes kan biasanya nanti ada blangko yang yang harus diisi.

atau cari kabar tentang bidikmisi

Quote:Original Posted By aviep


ya apa saja yang dibutuhkan kampus nantinya, kalau ortu PNS biasanya fc slip gaji, swasta kalau nggak mampu surat keterangan dari kelurahan/kepdes kan biasanya nanti ada blangko yang yang harus diisi.

atau cari kabar tentang bidikmisi



ooo... jadi perlu slip gaji yah? terus dari situ ditentuin kelompoknya?

Kalo jalur Mandiri apakah ada perbedaan?
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


ooo... jadi perlu slip gaji yah? terus dari situ ditentuin kelompoknya?

Kalo jalur Mandiri apakah ada perbedaan?


jalur mandiri tidak termasuk alasannya jalur madiri dilaksanakan khusus dengan tujuan tertentu cuma setelah UU BHP di hapus apa masih ada program ini ?


Quote:Original Posted By aviep


jalur mandiri tidak termasuk alasannya jalur madiri dilaksanakan khusus dengan tujuan tertentu cuma setelah UU BHP di hapus apa masih ada program ini ?



Jadi kalau jalur mandiri bagaimana?
UGM sih masih ada Ujian Mandiri Tulis (UM Utul)...

Kemarin tanya2 nyokap masalah jalur mandiri bilang ini "jaur itu sebenernya cara kami mencari dana..."
jadi lebih mahal dong?
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


Jadi kalau jalur mandiri bagaimana?
UGM sih masih ada Ujian Mandiri Tulis (UM Utul)...

Kemarin tanya2 nyokap masalah jalur mandiri bilang ini "jaur itu sebenernya cara kami mencari dana..."
jadi lebih mahal dong?


makanya,,,,,,UU BHP kan membolehkan PT untuk mencari dana untuk kemajuan PT karena sudah dibatalkan oleh MK maka seharusnya jalur mandiri yang bertujuan mencari dana tidak diperbolehkan.

untuk UGM mungkin tujuannya subsidi silang jadi yang mampu ikut membeayai yang tidak mampu. Jika ikut UTUL mandiri bararti harus siap siap dana dan tentunya UKT paling ambil yang terbesar gol V (kalau tidak salaj)
koreksi saya kalau salah


Quote:Original Posted By aviep


makanya,,,,,,UU BHP kan membolehkan PT untuk mencari dana untuk kemajuan PT karena sudah dibatalkan oleh MK maka seharusnya jalur mandiri yang bertujuan mencari dana tidak diperbolehkan.

untuk UGM mungkin tujuannya subsidi silang jadi yang mampu ikut membeayai yang tidak mampu. Jika ikut UTUL mandiri bararti harus siap siap dana dan tentunya UKT paling ambil yang terbesar gol V (kalau tidak salaj)
koreksi saya kalau salah




intinya tetap mencari dana kan, tapi dengan dalih 'subsidi silang' ?
di persyaratin sih dimintain keterangan penghasilan (mungkin slip gaji)

UKT UGM Kelompok V:
Manajemen: 7.000.000
Manajemen SV: 4.000.000

makjang
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


intinya tetap mencari dana kan, tapi dengan dalih 'subsidi silang' ?
di persyaratin sih dimintain keterangan penghasilan (mungkin slip gaji)

UKT UGM Kelompok V:
Manajemen: 7.000.000
Manajemen SV: 4.000.000

makjang


makanya ikut SBMPTN saja

anak saya kedua duanya di UNAIR satu di Biologi dan Satunya di HI sppnya tiap semester 650k, temannya yang di HI ada yang 4000k tiap semester itupun katanya kena uang pangkal 20000k.

tapi nggak usah khawatir, yakini bahwa dana akan ada kalau ada niat untuk kuliah benar benar.
Jangan Pesimis kita tidak tahu cara Tuhan memberi rizki ( yakini ini )


Quote:Original Posted By aviep


makanya ikut SBMPTN saja

anak saya kedua duanya di UNAIR satu di Biologi dan Satunya di HI sppnya tiap semester 650k, temannya yang di HI ada yang 4000k tiap semester itupun katanya kena uang pangkal 20000k.

tapi nggak usah khawatir, yakini bahwa dana akan ada kalau ada niat untuk kuliah benar benar.
Jangan Pesimis kita tidak tahu cara Tuhan memberi rizki ( yakini ini )




Nah saya juga udah ikut SBMPTN... berdoa saja semoga tembus
jadi inget UI jalur PPKB uang pangkal 22juta

Aamiin ya Allah
saya coba saja deh UM Utul UGM ...
mau coba UMB PT tapi barengan sama STAN ujiannya
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


Nah saya juga udah ikut SBMPTN... berdoa saja semoga tembus
jadi inget UI jalur PPKB uang pangkal 22juta

Aamiin ya Allah
saya coba saja deh UM Utul UGM ...
mau coba UMB PT tapi barengan sama STAN ujiannya


selamat berjuang................
belajar dan berdoa, karena hanya Allah lah yang mampu memberi pertolongan

Quote:Original Posted By aviep


selamat berjuang................
belajar dan berdoa, karena hanya Allah lah yang mampu memberi pertolongan



makasih gan
Baru dapet info,

"UKT berlaku untuk semua jalur penerimaan, yaitu snmptn, sbmptn dan mandiri"

bener ga yah --a

oiya tiap semester itu yang dibayar yg UKTnya aja yah?
Quote:Original Posted By udinDoraemon14
Baru dapet info,

"UKT berlaku untuk semua jalur penerimaan, yaitu snmptn, sbmptn dan mandiri"

bener ga yah --a

oiya tiap semester itu yang dibayar yg UKTnya aja yah?


mohon pencerahannya
Quote:Original Posted By udinDoraemon14


mohon pencerahannya


nggak usah nge quote diri sendiri

kalau termasuk UKT berarti itu saja yang harus dibayar