KASKUS

Sejarah, kegunaan, dan bahaya nitrogen

Dijamin no repost gan
sebelum baca ane mohon di ya gan







1.SEJARAH NITROGEN
Pada tahun 1772, Hanry Cavendish ( 1731 – 1810 ) mengemukakan bahwa komponen penyusun udara terbanyak adalah mephitic air. Dua tahun kemudian joseph priestley ( 1773 – 1804 ) menemuka komponen udara lain, yaitu apa yang disebutnya vital air.
Penemuan kedua ilmuan inggris di atas mendorong Antoine lourent Lavoisier ( 1743-1794 ) di prancis untuk melakukan eksperimen. Lavoisier memanaskan merkuri (raksa) dalam tabung tertutup . Ternyata merkuri bersenyawadengan seperlima bagian udara, membentuk suatu serbuk merah (yg sekarang di sebut merkuri oksida). Empat perlima bagian sisa udara tetap berupa gas. Lavoisier mengamati bahwa dalam gas sisa itu lilin tak dapat menyala serta tikus tak dapat hidup lama.
Maka, lavoisier menyimpulkan bahwa udara tersusun dari dua jenis gas. Jenis gas yang pertama sangatberguna bagi kehidupan dan pembakaran dan jumlahnya meliputi seperlima bagian udara. Inilah vital air yang di kemukakan oleh Priestley. Gas Vital air ini oleh Lavoisier diberi namaoksigen.
Adapun jenis gas yang kedua, yang meliputi empat perlima bagian udara,merupakan gas mephitik air yang ditemukan ole( h cavendish. Lavoisier sendiri memberi nama azote (dalam bahasa yunani) yang berarti” tiada kehidupan ”. Kemudian abad ke -19,nama azote diganti menjadi nitrogen yang artinya pembentuk ”niter”. Niter adalah nama lama untuk kalium nitrat, KNO3, suatu zat yang sejak zaman purba dipakai sebagai zat pengawet

2.KEGUNAAN NITROGEN
Adapun kegunaan dari senyawa-senyawa nitrogen diantaranya:
1. Dalam bentuk amonia niotrogen , digunakan sebagai ahan pupuk, obat-obatan, asam nitrat, urea, hidrasin, amin, dan pendingin.
2. Asam nitrat digunakan dalam pembuatan zat pewarna dan bahan peledak.
3. Nitrogen sering digunakan jika diperlukan lingkungan yang inert, misalnya dalam bola lampu listrik untuk mencegah evaporasi filamen
4. Sedangkan nitrogen cair banyak digunakan sebagai refrigerant (pendingin) yang sangat efektif karena relatif murah
5. Banyak digunakan oleh laboratorium-laboratorium medis dan laboratoriumlaboratorium penelitian sebagai pengawet bahan-bahan preservatif untuk jangka waktu yang sangat lama, misalnya pada bank sperma, bank penyimpanan organ-organ tubuh manusia, bank darah.
6. Gas nitrogen digunakan sebagai pegganti air compressor pada ban dalam.

3. BAHAYA NITROGEN
bahaya dari senyawa-senyawa nitrogen diantaranya:
1. Jika oksida nitrat (N2O) mencapai stratosfer, ia membantu merusak lapisan ozon, sehingga menghasilkan tingkat radiasi UV yang lebih tinggi dan risiko kanker kulit serta katarak yang meningkat.
2. Nitrogen oksida (N2O) terlarut dalam air atmosferik membentuk hujan asam, yang mengkorosi batuan dan barang logam dan merusak bangunan-bangunan.
3. Nitrogen oksida (N2O) berkontribusi bagi pemanasan global.Walaupun konsentrasi oksida nitrat di atmosfer sangat rendah dibanding karbon dioksida, potensi pemanasan global oksida nitrat adalah sekitar 300 kali lebih besar.
4. Kelebihan nitrogen di perairan menyebabkan berkurangnya kadar oksigen dalam air sehingga menyebabkan kepunahan kehidupan di perairan.
5. Bisa menyebabkan lemas atau pingsan, bahkan kematian jika terhirup terlalu lama.

budayakan komeng, dan bagi donk gan
dan jangan di ya gan ane, mending buat bangun rumah tu bata

sumber disini gan

thread bermanfaat lainnya:
10 pena termahal di dunia
mengapa air seni itu berbau pesing
pertamax di amankan dari iklan
quali aree sono maggiormente contenere azoto?
Kagak ngerti gan
Quote:Original Posted By nainggolanradja
quali aree sono maggiormente contenere azoto?


apa tu gan maksudnya, kagak ngerti
Oh jd gtu toh
ijin nyimak
Nitrogen emang bahaya gan,,, ane anak kimia hehe
Quote:Original Posted By punyadyan
Nitrogen emang bahaya gan,,, ane anak kimia hehe


ya gan, kemaren di tempat kerja ane ada yg meninggal 3 orang gara2 nitrogen
ijin nyimak dulu gan.. panjang nih sekalian nambah ilmu



==============================


I LOVE KASKUS

inget pelajaran kimia gan
pejwan
bahaya juga yah
jadi takut ngisi ban make nitrogen
itu nitrogen cair bisa di jadikan alternatif pendingin komputer ato leptop tu hehe
Quote:Original Posted By Arubuerto
itu nitrogen cair bisa di jadikan alternatif pendingin komputer ato leptop tu hehe

moga2 aja kedepannya gitu gan, yg penting aman aja
nice infoh gan walaupun saya comment nya tahun 2014 kwkwkw ketinggalan info
mawar dicelup ke nitrogen trus dibanting kek kaca


dulu pernah lomba over clock pakai nitrogen pendingin processor nya
dipake pendingin procie n vga
mantep bener
wah nice info nih gan, buat nambah pengetahuan..
baru tau kalo nitrogen dapat merusak ozon
×