KASKUS

masa hidup nyamuk dan metamorphosis nyamuk

bismillah

mudah-mudahan ga

kalo infonya penting kita bisa mojok bareng sambil minum gan
tapi ane ga mau lho gan, karna ane lagi ga ngebangun rumah



ohya gan, ternyata nyamuk mengalami metamorphosis sempurna (Holometabola) lho, yang dilalui dalam empat tahap dalam siklus hidup yaitu mulai dari telur, larva, pupa, dan dewasa. Hanya nyamuk betina saja yang menyedot darah mangsanya, hal ini dilakukan untuk memberi nutrisi pada telurnya karena telur-telur nyamuk membutuhkan protein yang terdapat dalam darah untuk berkembang. Namun pada kenyataannya, baik jantan maupun betina hanya memakan cairan nektar bunga.

Metamorfosis Nyamuk



Fase perkembangan nyamuk dari telur hingga menjadi nyamuk dewasa sangat menakjubkan. Telur nyamuk biasanya diletakkan pada daun lembab atau kolam yang kering. Pemilihan tempat ini dilakukan oleh induk nyamuk dengan menggunakan reseptor yang ada di bawah perutnya. Reseptor ini berfungsi sebagai sensor suhu dan kelembaban. Setelah tempat ditemukan, induk nyamuk mulai mengerami telurnya. Telur-telur itu panjangnya kurang dari 1 mm, disusun secara bergaris, baik dalam kelompok maupun satu persatu. Beberapa spesies nyamuk meletakkan telur-telurnya saling berdekatan membentuk suatu rakit yang bisa terdiri dari 300 telur.

Selesai itu, telur berada pada masa periode inkubasi (pengeraman). Pada periode ini, inkubasi sempurna terjadi pada musim dingin. Setelah itu semua larva mulai keluar dari telurnya dalam waktu yang hampir sama. Sampai siklus pertumbuhan ini selesai secara keseluruhan. Larva nyamuk akan berubah kulitnya sebanyak 2 kali. Selesai berganti kulit, nyamuk berada pada fase transisi. Fase ini dinamakan "fase pupa". Pada fase ini, nyamuk sangat rentan terhadap kebocoran pupa. Agar tetap bertahan, sebelum pupa siap untuk perubahan kulit yang terakhir kalinya, 2 pipa nyamuk muncul ke atas air. pipa itu digunakan sebagai alat pernafasan.

Nyamuk dalam kepompong pupa yang cukup dewasa dan siap terbang dengan semua organnya seperti antena, belalai, kaki, dada, sayap, perut, dan mata besar yang menutupi sebagian besar kepalanya. lalu kepompong pupa disobek di atas. Tingkat ketika nyamuk yang telah lengkap muncul ini adalah tingkat yang paling membahayakan. Nyamuk harus keluar dari air tanpa kontak langsung dengan air, sehingga hanya kakinya yang menyentuh permukaan air. Kecepatan ini sangatlah penting, meskipun angin tipis dapat menyebabkan kematiannya. Akhirnya, nyamuk tinggal landas untuk penerbangan perdananya setelah istirahat sekitar setengah jam.

Culex tarsalis bisa menyelesaikan siklus hidupnya dalam tempo 14 hari pada 20 °C dan hanya sepuluh hari pada suhu 25 °C. Sebagian spesies mempunyai siklus hidup sependek empat hari atau hingga satu bulan. Larva nyamuk dikenal sebagai jentik dan didapati di sembarang bekas berisi air. Jentik bernafas melalui saluran udara yang terdapat pada ujung ekor. Pupa biasanya seaktif larva, tetapi bernafas melalui tanduk thorakis yang terdapat pada gelung thorakis. Kebanyakan jentik memakan mikroorganisme, tetapi beberapa jentik adalah pemangsa bagi jentik spesies lain. Sebagian larva nyamuk seperti Wyeomia hidup dalam keadaan luar biasa. Jentik-jentik spesies ini hidup dalam air tergenang dalam tumbuhan epifit atau di dalam air tergenang dalam pohon periuk kera. Jentik-jentik spesies genus Deinocerites hidup di dalam sarang ketam sepanjang pesisir pantai.

berarti nyamuk itu masa hidupnya tergantung dari suhu cuacanya dan tergantung sama keganasan yang lagi digigitnya

Spoiler for sumber:
gilaaaa....sekali bertelor 300 an ckckck pantesan banyak nyamukk
Quote:Original Posted By keypee
gilaaaa....sekali bertelor 300 an ckckck pantesan banyak nyamukk


iya gan, cepet bgt berkmbg biaknya
Quote:Original Posted By keypee
gilaaaa....sekali bertelor 300 an ckckck pantesan banyak nyamukk


mati 1 tumbuh seceng gan

kita bunuh 1 induk nyamuk ternyata induk nyamuk yang lagi nelor ada 10, yang lagi ngeremin ada 20, nah calonnya nyamuk aja ada 20x300 = 6000 jentik nyamuk dan beberapa berkurang buat ngumpanin cupang aduan
Quote:Original Posted By abunabila


iya gan, cepet bgt berkmbg biaknya


iya gan, cepet banget
itung2 donor darah gan sama nyamuk biasa
oh gitu gan ane baru tau gan
sekali bertelur 300, nah nyamuknya aja ada ratusan makanya nyamuknya ga abis2 walo dikasih obat nyamuk
udah pernah baca gan
banyak banget telornya gan
pantesan nyamuk nggak habiis2

biar rame
lagi ah
pantesan gak habis
Quote:Original Posted By jerseyanak
pantesan gak habis


ga bakal pernah abis
gan ane mau tanya, apa yang menyebabkan gatal stelah tergigit oleh nyamuk? maaf kalo sedikit melenceng dari isi trinya
Quote:Original Posted By IMPYM
gan ane mau tanya, apa yang menyebabkan gatal stelah tergigit oleh nyamuk? maaf kalo sedikit melenceng dari isi trinya


Setelah nyamuk tersebut menghisap darah kita, air liur nyamuk yang tertinggal di kulit kita akan merangsang tubuh layaknya ada benda asing yang mengganggu, terjadilah proses yang dikenal dengan ALERGI, dan yang terjadi adalah bentol-bentol dan gatal, Menggaruk benjolan hanya akan membuat gatalnya bekas gigitan menjadi lebih parah karena dapat menyebabkan iritasi dan peradangan yang meluas, sehingga sistem kekebalan tubuh anda akan mengira bahwa diperlukan lebih banyak antibodi untuk menyingkirkan protein asing tersebut. Jadi semakin anda menggaruk, maka semakin ia akan membengkak, dan juga akan terasa semakin gatal.

sumber : http://articlesgenius.wordpress.com/2013/05/06

banyak kok gan artikel2 nya di google
sepi ya gan thread nya?