berbagai "pembenaran" muncul dari pihak yang optimis dan yang skeptis, ...

btw, ane pake logika sederhana saja, ...

andaikata, ... memproduksi minyak cukup digali pakai linggis, ... pastilah pendapatan negara lebih besar, ... sayang sekali tidak, ...

apakah kalo yang namanya "potensi cadangan minyak" pasti ekonomis dieksplorasi, ... ane kira tidak, ... kalo gak percaya ya gali saja pakai linggis, ...

intinya,.... mengeksplorasi potensi cadangan minyak butuh biaya besar, ... dan itu ada itung-itungannya, ....

kalo mau gratisan ya gali aja pake linggis....




^^
capek gan pake linggis
trit pencerahan harus disundul
Quote:Original Posted By Graft
Kurtubi mah orang pertamina, udah kenyang dia disono waktu produksi minyak masih 1,6 jt bpd... Sekarang cuma bisa cuap2 dan masuk partai nasdem

yah paling ngga khan klo debat langsung bs ketahuan asumsi siapa yg selama ini salah, secara doi jg khan paham explorasi dr hulu ke hilirnya, klo gini khan kesannya kayak klaim sepihak.
hanya pendapat receh dr nubie loh:
Peace:
Quote:Original Posted By anarsakus
berbagai "pembenaran" muncul dari pihak yang optimis dan yang skeptis, ...

btw, ane pake logika sederhana saja, ...

andaikata, ... memproduksi minyak cukup digali pakai linggis, ... pastilah pendapatan negara lebih besar, ... sayang sekali tidak, ...

apakah kalo yang namanya "potensi cadangan minyak" pasti ekonomis dieksplorasi, ... ane kira tidak, ... kalo gak percaya ya gali saja pakai linggis, ...

intinya,.... mengeksplorasi potensi cadangan minyak butuh biaya besar, ... dan itu ada itung-itungannya, ....

kalo mau gratisan ya gali aja pake linggis....






kalau nambang minyak pake linggis berarti bayar bensinnya pake daun gan
sundul
Quote:Original Posted By Basandewa

yah paling ngga khan klo debat langsung bs ketahuan asumsi siapa yg selama ini salah, secara doi jg khan paham explorasi dr hulu ke hilirnya, klo gini khan kesannya kayak klaim sepihak.
hanya pendapat receh dr nubie loh:
Peace:


Udah sering kali di tvoon sampe bosen liat debatnya...
panjang amat gan
izin nyimak dolo yah
Quote:Original Posted By bkusmono


ah gak usah dilebih lebihkan, pajak kan gak habis buat subsidi BBM, pajak kita ribuan trilyun subsidi BBM berapa?


elo yang terlalu menyederhanakan...
kalo harga minyak dunia terus naik, subsidi bbm otomatis naik, sementara pajak tetap.. terus buat nalangin kenaikan subsidi bbm gimana maunya? apa pajak dinaikin aja?? ato ambil anggaran kesehatan, pendidikan, infrastruktur??

maunya gimana om?
Heran gan sama bangsa ini, cari minyak susah, ngeborr dalem, dananya triliunan, harganya lebih murah dari sebotol air mineral/putih.
kalo sampe minyak abis gimana nih gan
mantaf penjelasannya...

Diskusi-diskusi polotik terutama di m*troTV membahas cost recovery 2 bulanan yll serasa politisi kita pada bego-bego semua dah tentang dunia migas.

Semoga masyarakat semakin terbuka tentang dunia migas kita.
mau aje lagi digoblokin...wkwkwwk. dibilang minyak abis tapi perusahaan esplorasi asingnya masih terus bercokol.

kalo dah abis ya cabut lah emang mau nyedot minyak ape ?
wah ini nice inpo banget gan, mencerahkan
nah jadi sebenernya indonesia ni harus mau modal dikit lah buat narik investor,
at least kaya malaysia, jangan kasih peta polos, bolong, tapi udah dikasi data seismiknya,
kalo ane bayangin jadi investor, ane ngeri juga gan, ga dikasi info apa2, suruh coba2 sendiri, kalo rugi tanggung sendiri, tapi kalo untung suruh bagi bagi

musti obyektif

Boss SKK Migas ini pandai meyakinkan orang.. Gw yakin, banyak agan2 yang setelah baca tulisan ini, perspektifnya tentang politik migas indonesia, jadi berubah..
vote KKG jadi presiden
pokoknya kalo KKG jadi presiden bbm murah, cuma 500 perak perliter
ngebor minyak pake pompa shimizu udah pasti beres dan langsung keluar bengsin
Quote:Original Posted By NeOqzruh
mau aje lagi digoblokin...wkwkwwk. dibilang minyak abis tapi perusahaan esplorasi asingnya masih terus bercokol.

kalo dah abis ya cabut lah emang mau nyedot minyak ape ?


http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...uluhan-triliun
buat baca baca
sudah saatnya koruptor di HUKUM MATI gan
sippp penjelasan yang bagus pak ...... akhirnya gw mengerti tentang ke adaan yang sebenarnya .. kenapa pertamina kalah di banding sama Petronas , karena petronas hanya menyetor berupa pajak pada negara sedangankan pertamina berkewajiban menyerahkan sebagian ke untungannya pada negara dalam bentuk deviden
Saat nya serius tingkatkan SDM...:
jgn ngandelin SDA mulu :
cari energi lain nya dan hemat energii