bangga jadi warga INDONESIA, Kasus Salah Tangkap Diangkat ke Dunia Internasional

langsung ajalah ane ceritain kenpa kasusny

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) bakal mengangkat kasus korban salah tangkap ke dunia internasional. Ruben Pata Sambo, 72 tahun, dan anaknya, Markus Pata Sambo, warga Jalan Merdeka No 96 Buntu Mamullu, Kelurahan Tondo Mamullu, Makale, Tana Toraja, diduga menjadi korban salah tangkap dan menunggu eksekusi mati.

"Kasus ini menjadi bahan diskusi kongres menolak hukuman mati di Madrid, Spanyol," kata Koordinator Badan Pekerja KontraS Surabaya, Andy Irfan Junaedi, Sabtu, 15 Juni 2015. Kedua terpidana mati ini tengah menjalani hukuman penjara. Ruben dihukum di Lembaga Pemasyarakatan Lowokwaru Malang, sedangkan Markus ditahan di LP Porong Sidoarjo.

Sebelumnya, Kontras melayangkan surat ke Mahkamah Agung, Jaksa Agung, Menteri Hukum dan HAM, serta Markas Besar Kepolisian untuk membatalkan eksekusi mati lantaran diduga terjadi rekayasa dan tindakan penyiksaan oleh penyidik Kepolisian Resor Tanah Toraja.

Kontras mendampingi Ani Ruben, anak sulung Ruben, untuk mengadukan rekayasa hukum ini. Kontras juga menyertakan bukti untuk rekayasa hukum dan penganiayaan yang dialami Ruben dan Markus. Selain itu, juga disertakan bukti baru atau novum untuk upaya hukum lainnya.

Di antaranya berupa surat pernyataan dari keempat pelaku sebenarnya yang menyatakan Ruben dan Markus tak bersalah dan permintaan maaf. Serta pernyataan sejumlah saksi yang mencabut seluruh keterangan di dalam Berita Acara Pemeriksaan.

Kepala LP Lowokwaru Malang, Herry Wahyudiono, mengaku belum mengetahui proses hukum atas Ruben tersebut, termasuk kepastian hukum tetap atas dugaan salah tangkap tersebut. Sedangkan LP Lowokwaru Malang hanya menerima Ruben setelah mendapat keputusan hukum tetap Mahkamah Agung. "Kami belum mendapat pemberitahuan resmi dari pihak berwenang," katanya.

Ruben saat ini dalam kondisi sehat dan menjadi pemuka gereja di LP Lowokwaru Malang. Selama ini Ruben dikenal rajin beribadah dan religius. Herry mengaku sering berkomunikasi dengan Ruben di sela pembinaan. "Dia tak menaruh dendam kepada siapa pun," katanya.


sumber resmi
pertamax
ane malah pengen bikin website
www.indonesian-fool.com gan
kali aja ada yg mau buat..
pake bahasa inggris gitu..
temanya tentang sebuah negara yg orang2 didalamnya tinggal menunggu waktu untuk di azab...
kere jadi maling, kayak jadi koruptor..
atas bawah sama aja gan
serigala berbulu domba smua
hukum membela yg bayar kok dipercaya....
Ruben & Markus yang sabar aja yah,dekat kan diri dengan tuhan aja.
Ente berdua lagi apes aja... Sem0ga hukum bisa di tegak kan,& ente berdua gak jadi di hukum mati.


hebat ya polisi Indonesia, orang nggak bersalah bisa dihukum mati. Semoga anggota yang mengusut kasus ini dulu dikasih hidayah
ah ini sebuah kisah klasik.

anak pejabat nabrak mobil penumpang yang ditabrak pada tewas, hukumannya kagak jelas.

masih percaya hukum ?

bangganya sama polisi
orang dihukum mati ternyata tidak bersalah
polisi kita memang hebat klo masalah menangkap orang..orang gak salah disiksa trus dipaksa ngaku
Quote:Original Posted By wuadaw...
Polisi gitu Loh... Yg penting nangkep orang, paksa ngaku, masuk BAP, beres...

tapi kenapa yah anak mentri yg nabrak orang sampe mati masi aja bisa keluyuran bebas???

kasihan polisi,makin tercoreng citra nya

Malu-maluin
kontras?? yang sering lebay soal muntir dan istrinya itu yak?
tujuan utama dari hukum adalah melindungi orang orang yg tidak bersalah, itu wajib hukumnya

menghukum mereka yg bersalah itu cuma sunnah
di indo kan sistem hukumnya wanipiro gan
Bkn bangga tapi malu2in.....
Tercoreng lagi dunia hukum Indonesia
Ane bangga sekaligus berduka
Quote:Original Posted By .DaRgOmBeZ
ane malah pengen bikin website
www.indonesian-fool.com gan
kali aja ada yg mau buat..
pake bahasa inggris gitu..
temanya tentang sebuah negara yg orang2 didalamnya tinggal menunggu waktu untuk di azab...
kere jadi maling, kayak jadi koruptor..
atas bawah sama aja gan
serigala berbulu domba smua


buat situs macem gitu, siap siap bodyguard. bisa bisa ente dihilangkan.