KASKUS

4 track khusus untuk kota metropolitan
jabodetabek - surabaya (kelak) - bandung
2 jalur untuk antar kota
2 jalur untuk komuter lokal

ribut2 subsidi BBM, PSO ke KAI molor mulu, infrastruktur rel bukannya ditambah malah beberapa jalur dimatiin
padahal di negara2 maju ular besi ini jadi salah satu sarana transportasi favorit alternatif untuk komuter
liat kan gimana kan penuhnya kereta listrik di jepang waktu jam kerja
beresin dulu aja KRL jabodetabek nya Om!
Quote:Original Posted By japek

Cuma masalahnya apakah Eka Sari Lorena, pengusaha truk, bos-bos otomotif bakal setuju?

gapeka yang baru per 1 april prioritas 60% buat KA barang, harusnya sih ga ada alasan ga mau pake jasa KA.. masalah kebiasan aja ini mah, ada oknum tertentu yang ga mau "objekan" di jalan raya ilang gitu aja

Quote:Original Posted By asutai

tapi jalan kereta api gak ada yang baru sejak jaman belanda
malah yang ada di pangkas2in.....


jalur utara udah hampir rampung proyek double track jakarta-surabaya, tinggal petak pekalongan-semarang-surabaya
Quote:Original Posted By si_kacrut


4 track gw rasa ga kebanyakan kok
2 track buat kereta penumpang, 2 track buat kereta barang
jadi kapasitas angkutan barang dan penumpang bakal bertambah


IMHO 4 track secara keseluruhan ane rasa ndak terlalu perlu
2 track aja cukup
beda halnya klo jalur tersebut bener2 crwoded , contoh aja manggarai - cikarang menurut ane cocok kok dipasang 4 track
2 track yg lama buat KRL dan 2 track yg baru buat KA jarak jauh dan KA barang
tapi sayangnya proyek tersebut dari 2008 ampe sekarang ga jelas
Jalur kereta api Ambarawa-Kedungjati
Jalur kereta api Banjar-Cijulang
Jalur kereta api Banjarsari-Purbalingga
Jalur kereta api Barat-Lanud Iswahyudi
Jalur kereta api Blimbing-Tumpang
Jalur kereta api Cepu-Blora
Jalur kereta api Cibatu-Cikajang
Jalur kereta api Cikampek-Cilamaya
Jalur kereta api Cikudapateuh-Ciwidey
Jalur kereta api Cilegon-Anyerkidul
Jalur kereta api Cirebon Prujakan-Kegiren
Jalur kereta api Cirebon-Cirebon Pelabuhan
Jalur kereta api Cirebon-Kadipaten
Jalur kereta api Dayeuhkolot-Majalaya
Jalur kereta api Demak-Blora
Jalur kereta api Demak-Kudus
Jalur kereta api Demak-Purwodadi
Jalur kereta api Jatibarang-Balongan
Jalur kereta api Jatibarang-Indramayu
Jalur kereta api Jombang-Babat
Jalur kereta api Juana-Rembang
Jalur kereta api Kabat-Banyuwangi Lama
Jalur kereta api Kalibodri-Kaliwungu
Jalur kereta api Kalisat-Panarukan
Jalur kereta api Kamalpier-Pamekasan
Jalur kereta api Kamalpier-Tanahmerah
Jalur kereta api Kandangan-Gresik (Ruas Indro-Gresik)
Jalur kereta api Karanganyar-Karanggayam
Jalur kereta api Karawang-Cikampek
Jalur kereta api Karawang-Rengasdengklok
Jalur kereta api Kediri-Jombang
Jalur kereta api Kiaracondong-Karees
Jalur kereta api Kudus-Juana
Jalur kereta api Kudus-Mayong
Jalur kereta api Lamongan-Tuban
Jalur kereta api Losari-Ciledug
Jalur kereta api Lumajang-Rambipuji
Jalur kereta api Lumajang-Klakah
Jalur kereta api Lumajang-Pasirian
Jalur kereta api Madiun-Slahung
Jalur kereta api Malang Kota Lama-Dampit
Jalur kereta api Manggarai-Padalarang (Ruas Sukabumi-Cianjur)
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Pegangsaan-Salemba
Jalur kereta api Pekalongan-Pekalongan Pelabuhan
Jalur kereta api Pekalongan-Wonopringgo
Jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo
Jalur kereta api Purwodadi-Ngrombo
Jalur kereta api Purwodadi-Wirosari
Jalur kereta api Purwosari-Boyolali
Jalur kereta api Rancaekek-Tanjungsari
Jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan
Jalur kereta api Rembang-Blora
Jalur kereta api Rembang-Bojonegoro
Jalur kereta api Rogojampi-Benculuk
Jalur kereta api Saketi-Bayah
Jalur kereta api Secang-Parakan
Jalur kereta api Semarang Tawang-Demak
Jalur kereta api Semarang Tawang-Semarang Gudang
Jalur kereta api Situbondo-Panji
Jalur kereta api Sukabumi-Cikembar
Jalur kereta api Tasikmalaya-Singaparna
Jalur kereta api Tegal-Tegal Pelabuhan
Jalur kereta api Telang-Bangkalan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Telang-Pamekasan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Tuban-Babat
Jalur kereta api Tuban-Merakurak
Jalur kereta api Tulungagung-Tugu
Jalur kereta api Wirosari-Blora
Jalur kereta api Wirosari-Kradenan
Jalur kereta api Wonogiri-Baturetno
Jalur kereta api Yogyakarta-Ambarawa
Jalur kereta api Yogyakarta-Palbapang
Jalur kereta api Yogyakarta-Secang

Daripada bikin double-double track mendingan jalur-jalur diatas diaktifin lagi
Quote:Original Posted By satrianegara77
2 hari kemaren ane sempet baca news ticker di tipiwan kalo arab mo invest rel KA 7000 km !
tapi sayangnya ane ngga nemuin beritanya


Terdepan dalam melebaykan, gak lebay gak keren
ya tinggal tunggu aja apa ini bisa di realisasikan..
Quote:Original Posted By parkbench
Jalur kereta api Ambarawa-Kedungjati
Jalur kereta api Banjar-Cijulang
Jalur kereta api Banjarsari-Purbalingga
Jalur kereta api Barat-Lanud Iswahyudi
Jalur kereta api Blimbing-Tumpang
Jalur kereta api Cepu-Blora
Jalur kereta api Cibatu-Cikajang
Jalur kereta api Cikampek-Cilamaya
Jalur kereta api Cikudapateuh-Ciwidey
Jalur kereta api Cilegon-Anyerkidul
Jalur kereta api Cirebon Prujakan-Kegiren
Jalur kereta api Cirebon-Cirebon Pelabuhan
Jalur kereta api Cirebon-Kadipaten
Jalur kereta api Dayeuhkolot-Majalaya
Jalur kereta api Demak-Blora
Jalur kereta api Demak-Kudus
Jalur kereta api Demak-Purwodadi
Jalur kereta api Jatibarang-Balongan
Jalur kereta api Jatibarang-Indramayu
Jalur kereta api Jombang-Babat
Jalur kereta api Juana-Rembang
Jalur kereta api Kabat-Banyuwangi Lama
Jalur kereta api Kalibodri-Kaliwungu
Jalur kereta api Kalisat-Panarukan
Jalur kereta api Kamalpier-Pamekasan
Jalur kereta api Kamalpier-Tanahmerah
Jalur kereta api Kandangan-Gresik (Ruas Indro-Gresik)
Jalur kereta api Karanganyar-Karanggayam
Jalur kereta api Karawang-Cikampek
Jalur kereta api Karawang-Rengasdengklok
Jalur kereta api Kediri-Jombang
Jalur kereta api Kiaracondong-Karees
Jalur kereta api Kudus-Juana
Jalur kereta api Kudus-Mayong
Jalur kereta api Lamongan-Tuban
Jalur kereta api Losari-Ciledug
Jalur kereta api Lumajang-Rambipuji
Jalur kereta api Lumajang-Klakah
Jalur kereta api Lumajang-Pasirian
Jalur kereta api Madiun-Slahung
Jalur kereta api Malang Kota Lama-Dampit
Jalur kereta api Manggarai-Padalarang (Ruas Sukabumi-Cianjur)
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Pegangsaan-Salemba
Jalur kereta api Pekalongan-Pekalongan Pelabuhan
Jalur kereta api Pekalongan-Wonopringgo
Jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo
Jalur kereta api Purwodadi-Ngrombo
Jalur kereta api Purwodadi-Wirosari
Jalur kereta api Purwosari-Boyolali
Jalur kereta api Rancaekek-Tanjungsari
Jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan
Jalur kereta api Rembang-Blora
Jalur kereta api Rembang-Bojonegoro
Jalur kereta api Rogojampi-Benculuk
Jalur kereta api Saketi-Bayah
Jalur kereta api Secang-Parakan
Jalur kereta api Semarang Tawang-Demak
Jalur kereta api Semarang Tawang-Semarang Gudang
Jalur kereta api Situbondo-Panji
Jalur kereta api Sukabumi-Cikembar
Jalur kereta api Tasikmalaya-Singaparna
Jalur kereta api Tegal-Tegal Pelabuhan
Jalur kereta api Telang-Bangkalan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Telang-Pamekasan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Tuban-Babat
Jalur kereta api Tuban-Merakurak
Jalur kereta api Tulungagung-Tugu
Jalur kereta api Wirosari-Blora
Jalur kereta api Wirosari-Kradenan
Jalur kereta api Wonogiri-Baturetno
Jalur kereta api Yogyakarta-Ambarawa
Jalur kereta api Yogyakarta-Palbapang
Jalur kereta api Yogyakarta-Secang

Daripada bikin double-double track mendingan jalur-jalur diatas diaktifin lagi


Jadi inget pernah Lihat aktivitas pengepul besi bekas, menjijikan sekali, lintasan rel yang nggak kepake diembatin (yang terpakai pun bautnya diambilin)
Quote:Original Posted By parkbench
Jalur kereta api Ambarawa-Kedungjati
Jalur kereta api Banjar-Cijulang
Jalur kereta api Banjarsari-Purbalingga
Jalur kereta api Barat-Lanud Iswahyudi
Jalur kereta api Blimbing-Tumpang
Jalur kereta api Cepu-Blora
Jalur kereta api Cibatu-Cikajang
Jalur kereta api Cikampek-Cilamaya
Jalur kereta api Cikudapateuh-Ciwidey
Jalur kereta api Cilegon-Anyerkidul
Jalur kereta api Cirebon Prujakan-Kegiren
Jalur kereta api Cirebon-Cirebon Pelabuhan
Jalur kereta api Cirebon-Kadipaten
Jalur kereta api Dayeuhkolot-Majalaya
Jalur kereta api Demak-Blora
Jalur kereta api Demak-Kudus
Jalur kereta api Demak-Purwodadi
Jalur kereta api Jatibarang-Balongan
Jalur kereta api Jatibarang-Indramayu
Jalur kereta api Jombang-Babat
Jalur kereta api Juana-Rembang
Jalur kereta api Kabat-Banyuwangi Lama
Jalur kereta api Kalibodri-Kaliwungu
Jalur kereta api Kalisat-Panarukan
Jalur kereta api Kamalpier-Pamekasan
Jalur kereta api Kamalpier-Tanahmerah
Jalur kereta api Kandangan-Gresik (Ruas Indro-Gresik)
Jalur kereta api Karanganyar-Karanggayam
Jalur kereta api Karawang-Cikampek
Jalur kereta api Karawang-Rengasdengklok
Jalur kereta api Kediri-Jombang
Jalur kereta api Kiaracondong-Karees
Jalur kereta api Kudus-Juana
Jalur kereta api Kudus-Mayong
Jalur kereta api Lamongan-Tuban
Jalur kereta api Losari-Ciledug
Jalur kereta api Lumajang-Rambipuji
Jalur kereta api Lumajang-Klakah
Jalur kereta api Lumajang-Pasirian
Jalur kereta api Madiun-Slahung
Jalur kereta api Malang Kota Lama-Dampit
Jalur kereta api Manggarai-Padalarang (Ruas Sukabumi-Cianjur)
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Mojokerto-Gempol
Jalur kereta api Pegangsaan-Salemba
Jalur kereta api Pekalongan-Pekalongan Pelabuhan
Jalur kereta api Pekalongan-Wonopringgo
Jalur kereta api Purwokerto-Wonosobo
Jalur kereta api Purwodadi-Ngrombo
Jalur kereta api Purwodadi-Wirosari
Jalur kereta api Purwosari-Boyolali
Jalur kereta api Rancaekek-Tanjungsari
Jalur kereta api Rangkasbitung-Labuan
Jalur kereta api Rembang-Blora
Jalur kereta api Rembang-Bojonegoro
Jalur kereta api Rogojampi-Benculuk
Jalur kereta api Saketi-Bayah
Jalur kereta api Secang-Parakan
Jalur kereta api Semarang Tawang-Demak
Jalur kereta api Semarang Tawang-Semarang Gudang
Jalur kereta api Situbondo-Panji
Jalur kereta api Sukabumi-Cikembar
Jalur kereta api Tasikmalaya-Singaparna
Jalur kereta api Tegal-Tegal Pelabuhan
Jalur kereta api Telang-Bangkalan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Telang-Pamekasan (di Pulau Madura)
Jalur kereta api Tuban-Babat
Jalur kereta api Tuban-Merakurak
Jalur kereta api Tulungagung-Tugu
Jalur kereta api Wirosari-Blora
Jalur kereta api Wirosari-Kradenan
Jalur kereta api Wonogiri-Baturetno
Jalur kereta api Yogyakarta-Ambarawa
Jalur kereta api Yogyakarta-Palbapang
Jalur kereta api Yogyakarta-Secang

Daripada bikin double-double track mendingan jalur-jalur diatas diaktifin lagi



kai era jonan lebih mengedepankan profit occupancy daripada benefit oriented, jadi kalo ada petak jalur yang ga punya potensi profit oriented ngapain juga diidupin, mikirin PSO aja udah pusing. mending naekin tarif 3x lipet dengan embel2 ac split. jonan gitu loh
kalo rencananya sih bagus, tapi implementasi dan pengerjaannya yg kayaknya makan waktu dan pastinya BIAYA yg banyak banget
Quote:Original Posted By ndesokatrok

jalur utara udah hampir rampung proyek double track jakarta-surabaya, tinggal petak pekalongan-semarang-surabaya


bukan nya udah ada dari jaman belanda tuh jalur utara?
paling juga nambahin dari single ke dobel, atau nyambungin dikit dari kota ini ke itu

bandingkan dengan berapa jalan raya yang udah di buat, atau jalan tol yang udah dibuat..... banyakan mana?
INVESTASI besar-besaran dilakukan Arab Saudi untuk mengembangkan jaringan rel kereta api negara tersebut. Sedikitnya USD45 miliar akan dikeluarkan untuk membangun 7.000 km jaringan rel KA.Demikian laporan surat kabar Al Sharq, Selasa (11/06) waktu setempat.Para ahli memprediksi bahwa jumlah penumpang kereta api diperkirakan akan meningkat menjadi 3,4 juta pada 2014.Jaringan rel kereta api akan dilengkapi dengan teknologi komunikasi, seperti 4G, untuk memungkinkan para wisatawan menggunakan ponsel mereka dan laptop, insinyur Mohammed Abdulraheem mengatakan kepada surat kabar.Rencana pembangunan merupakan bagian proyek kereta api Dewan Kerja Sama Teluk (GCC) yang akan menghubungkan semua negara Teluk. Proyek ini juga akan menghubungkan jalur Teluk dengan transportasi nasional dari negara-negara tersebut. [amb/rtr/ant/afp]


ternyata buat negaranya sendiri
pantes tumben tumbennya negara timur tengah invest ke indo
jawa udah ngomong jalur kereta 4 track, sementara banyak daerah luar jawa yang bahkan 1 track pun blum ada ...
Hal seperti ini dl sudah pernah diungkapkan 10 tahunan yg lalu , tp di Indonesia ini sebuah wacana tetaplah sebuah wacana
Quote:Original Posted By asutai
bukan nya udah ada dari jaman belanda tuh jalur utara?
paling juga nambahin dari single ke dobel, atau nyambungin dikit dari kota ini ke itu

bandingkan dengan berapa jalan raya yang udah di buat, atau jalan tol yang udah dibuat..... banyakan mana?


lha iya emang, dari satu jalur ditambah lagi satu jadi 2. yang masi satu jalur ada dari dulu satunya lagi dibangun sekarang, apa itu gak namanya ngebangun juga
itu kan wacana gan,,,,,,

belum menjadi kenyataan.

kemungkinan juga prosesnya memakan waktu yang tidak sebentar
seharusnya transportasi berbasis rel itu harus jadi backbone transportasi di Indonesia (Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua)
karena udah hemat BBM, daya angkutnya banyak..mampu memindahkan ratusan - ribuan orang sekali angkut..
tp sayangnya pemerintah RI dari jaman Soeharto - SBY kok ga pernah diperhatiin
Jalur Sumatera dari dulu sampai sekarang ya kaya gitu aja..ga ada perkembangan
Quote:Original Posted By si_kacrut
seharusnya transportasi berbasis rel itu harus jadi backbone transportasi di Indonesia (Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Papua)
karena udah hemat BBM, daya angkutnya banyak..mampu memindahkan ratusan - ribuan orang sekali angkut..
tp sayangnya pemerintah RI dari jaman Soeharto - SBY kok ga pernah diperhatiin
Jalur Sumatera dari dulu sampai sekarang ya kaya gitu aja..ga ada perkembangan


ga ada perkembangan?
orang yang udah ada aja dimatiin
trus besinya diloakin deh
gmana kbarnya jalur cikarang-manggarai ?
backbone negara kita lebih tepatnya di sektor perairan
Quote:Original Posted By linuxsucks
gmana kbarnya jalur cikarang-manggarai ?
backbone negara kita lebih tepatnya di sektor perairan


double-double track Cikarang-Manggarai mending tanyakan saja pada Tunjung Inderawan karena itu adalah tanggung jawabnya