Poll: Paus dan Lumba-lumba adalah .....

This poll is closed View Polling Result
Mamalia 80% (28 votes)
Pisces (ikan) 0% (0 votes)
Reptilia 0% (0 votes)
Aves 3% (1 votes)
Insecta 17% (6 votes)

Faktanya, Paus dan Lumba-lumba adalah Mamalia, Bukan Ikan

WELCOME TO MY THREAD!



Quote:Seringkali, raksasa laut satu ini salah disebut sebagai "ikan" paus. Demikian pula dengan hewan pintar lumba-lumba. Padahal, keduanya adalah mamalia, bukan ikan. Sebenarnya apa itu definisi dari ikan dan mamalia? Mari kita bahas bersama-sama.

Quote:Baik mamalia dan ikan (pisces) adalah kelas dalam filum chordata yakni hewan bertulang belakang (vertebrata) yang memiliki kemiripan dengan hewan invertebrata. Namun, ada perbedaan besar antara keduanya. Inilah alasan mengapa paus dan lumba-lumba tidak cocok disebut ikan:

1. Pernapasan
Spoiler for Pernapasan:


2. Memiliki rambut
Spoiler for Rambut:


3. Berdarah panas dan memiliki jantung dengan empat ruang
Spoiler for Berdarah panas:


4. Memiliki kelenjar susu
Spoiler for Kelenjar susu:


5. Melahirkan, bukan bertelur
Spoiler for Melahirkan:


Sumber:
Quote:
Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3
Sumber 4

Quote:Mampir jg thread ane lainnya
HT Apa itu Bioteknologi?
Tips supaya Timeline Instagram agan-agan sekalian jadi seger!
Makna Tanggal 14 di Setiap Bulan
Ada ikan yang bisa bereproduksi walau sudah mati!


Nah, sekian deh ulasan dari ane.
Semoga berguna bagi agan-agan sekalian ya
Ngga nolak ijo-ijonya gan
Paus emang mamalia kok
mamalia sendiri berasal dari mamae (organ untuk menyusui berupa kelenjar)

sehingga paus digolongkan sebagai mamalia secara khusus disebut mamalia air mengingat kebanyakan menghabiskan hidupnya di air
info bagus........cuma anak sekolahan memang sudah tahu tentang paus dan lumba lumba tentang julukan ikan karena kebiasaan saja termasuk ikan cumi cumi, kalau didaerah saya malah ada ikan tempe, ikan tahu, ikan kerupuk karena arti ikan adalah lauk pauk
Quote:Original Posted By aviep
info bagus........cuma anak sekolahan memang sudah tahu tentang paus dan lumba lumba tentang julukan ikan karena kebiasaan saja termasuk ikan cumi cumi, kalau didaerah saya malah ada ikan tempe, ikan tahu, ikan kerupuk karena arti ikan adalah lauk pauk


Kalo itu "iwak" pak.. Sementara dalam bahasa sunda, "lauk" artinya ikan...
Quote:Original Posted By diogenes.anjing


Kalo itu "iwak" pak.. Sementara dalam bahasa sunda, "lauk" artinya ikan...


oh......dimadura cuko', dijawa iwak, sunda lauk, terus bahasa indonesianya ya ikan

done

baru tau ane gan!
asli baru tau.
Nenek moyang paus kalo ga salah hewan darat juga ya,ane pernah lihat acaranya di discovery chanel CMIIW
Quote:Original Posted By ANTI.PETIR
Nenek moyang paus kalo ga salah hewan darat juga ya,ane pernah lihat acaranya di discovery chanel CMIIW


dan katanya sekeluarga dengan kuda nil.
Quote:Original Posted By Jokiez
Paus emang mamalia kok
mamalia sendiri berasal dari mamae (organ untuk menyusui berupa kelenjar)

sehingga paus digolongkan sebagai mamalia secara khusus disebut mamalia air mengingat kebanyakan menghabiskan hidupnya di air


mantap benar skali

Quote:Original Posted By aviep
info bagus........cuma anak sekolahan memang sudah tahu tentang paus dan lumba lumba tentang julukan ikan karena kebiasaan saja termasuk ikan cumi cumi, kalau didaerah saya malah ada ikan tempe, ikan tahu, ikan kerupuk karena arti ikan adalah lauk pauk


Quote:Original Posted By diogenes.anjing


Kalo itu "iwak" pak.. Sementara dalam bahasa sunda, "lauk" artinya ikan...


Quote:Original Posted By aviep


oh......dimadura cuko', dijawa iwak, sunda lauk, terus bahasa indonesianya ya ikan

done


budaya indonesia mmang unik gan

Quote:Original Posted By gaBisaDaftar

baru tau ane gan!
asli baru tau.


gpp gan, kita semua belajar sama2

Quote:Original Posted By ANTI.PETIR
Nenek moyang paus kalo ga salah hewan darat juga ya,ane pernah lihat acaranya di discovery chanel CMIIW


Quote:Original Posted By gaBisaDaftar


dan katanya sekeluarga dengan kuda nil.


iya benar hewan darat, dan berambut
tentunya sama2 satu keluarga dengan kuda nil, mamalia

Bentuk / posisi sirip ekornya juga beda. Mamalia laut sirip ekornya horizontal, ikan sirip ekornya vertikal.

cmiiw
Quote:Original Posted By gaBisaDaftar


dan katanya sekeluarga dengan kuda nil.


bukannya sekeluarga sama anjing ya
ada yang jual susu paus ga gan?
iya gan,, mamalia,, dari ciri-cirinya dan dicocokan dengan buku ident,, bukan pisces, apalagi inseckta ,,, punya kelenjar susu dan melahirkan,, kalau bentuk mirip ikan, mungkin itu bentuk dari adaptasi morfologi,
wah kalo yang lain ane tau
tapi kalo berdarah panas baru tau sekarang
thank's gan pengetahuannya
Quote:Original Posted By Jombloholik
Bentuk / posisi sirip ekornya juga beda. Mamalia laut sirip ekornya horizontal, ikan sirip ekornya vertikal.

cmiiw


mantap, benar gan

Quote:Original Posted By sugartomat4


bukannya sekeluarga sama anjing ya


masih dalam penelitian gan. krna mngkin saja baik anjing dan kuda nil memiliki nenek moyang yg unik jg.

Quote:Original Posted By gLam0ur
ada yang jual susu paus ga gan?


waduh, mngkin bisa dicek di fjb gan

Quote:Original Posted By mamad123
iya gan,, mamalia,, dari ciri-cirinya dan dicocokan dengan buku ident,, bukan pisces, apalagi inseckta ,,, punya kelenjar susu dan melahirkan,, kalau bentuk mirip ikan, mungkin itu bentuk dari adaptasi morfologi,


benar gan, adaptasi morfologi.

Quote:Original Posted By Heocheo
wah kalo yang lain ane tau
tapi kalo berdarah panas baru tau sekarang
thank's gan pengetahuannya


sama" gan kita semua belajar bersama
Quote:Quote:Original Posted By gaBisaDaftar


dan katanya sekeluarga dengan kuda nil.


Quote:Original Posted By sugartomat4


bukannya sekeluarga sama anjing ya


Quote:Original Posted By noeldp3

masih dalam penelitian gan. krna mngkin saja baik anjing dan kuda nil memiliki nenek moyang yg unik jg.


untuk ancestor sih lebih tepat pake alligment DNA
biar bisa tahu berapa tingkat kemiripan DNA-nya
Quote:Original Posted By Jokiez
untuk ancestor sih lebih tepat pake alligment DNA
biar bisa tahu berapa tingkat kemiripan DNA-nya


bener yg sulit adalah menentukan ancestor yg tepat, perlu waktu y sangat lama utk mendapatkan dna yg menyerupai makhluk hidup skrg.
Quote:Original Posted By noeldp3


bener yg sulit adalah menentukan ancestor yg tepat, perlu waktu y sangat lama utk mendapatkan dna yg menyerupai makhluk hidup skrg.


belum lagi klo ga ditemukan fosil dari ancestornya
Iya iyaa, ada yg meneliti protein dan kandungan gizi dari susu paus atau lumba lumba ga ya?
Quote:Original Posted By Jokiez
Paus emang mamalia kok
mamalia sendiri berasal dari mamae (organ untuk menyusui berupa kelenjar)

sehingga paus digolongkan sebagai mamalia secara khusus disebut mamalia air mengingat kebanyakan menghabiskan hidupnya di air


Jiah ... memangnya pernah tuh, paus berjemur di luar air ...

Buat TS, melahirkan anak bukan merupakan ciri mamalia.

Ikan hiu juga melahirkan anak. Dan ada mamalia yang bertelur.

Ciri mamalia itu ya yang seperti kata Jokiez ... punya kelenjar susu.