KASKUS

Ironi Wilayah Perbatasan

moga aj gk

ane td lyat berita di metro, jd punya ide buat thread ini.

Indonesia, negara kepulauan yang memiliki beribu pulau yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dimana dari kepulauan Indonesia ada yang berbatasan dengan negara lain.

Salah satunya Kalimantan berbatasan dengan negara Malaysia dan di bagian timur berbatasan dengan negara Papua Nugini. Wilayah perbatasan yang begitu jauh dari jangkauan sering kali menimbulkan kurangnya kontrol ataupun perhatian dari pemerintah terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di daerah perbatasan.

Semua warga negara di wilayah manapun mereka berada seharusnya mendapatkan perhatian yang sama dari pemerintah, tapi seringkali dikarenakan jarak yang begitu jauh dari jangkauan kota ataupun memang karena para abdi pemerintah yang memang cuek dan tidak peduli dengan lingkungan masyarakat yang berada di perbatasan negara Indonesia sehingga mereka menjadi terkucilkan.

Kalau pemerintah tidak tanggap terhadap ancaman tersebut sebentar lagi akan ada lagi pulau-pulau lain yang akan jatuh ke tangan negara lain. Bahkan beberapa warga negara yang di wilayah perbatasan Kalimantan Barat justru memilih berpindah kewarganegaraan ke Malaysia.

Atas dasar apa ya mereka berpindah ke negara tetangga?? bukannya mereka telah dilahirkan di bumi pertiwi Indonesia tercinta? Perpindahan warga negara perbatasan bukan tanpa sebab melainkan mereka merasa kurang adanya perhatian dari pemerintah Indonesia. Mereka sadar jika mereka berada di wilayah yang jauh dari kota, akan tetapi tidak seharusnya mereka juga kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah dan sampai akhirnya negara tetangga yang lebih menawarkan dan memberikan jaminan akan kehidupan yang layak sehingga mereka pindah mengungsi ke negara tetangga

Sangat disayangkan sekali. Jika hal seperti ini terjadi berkelanjutan akan semakin banyak lagi warga negara Indonesia yang berpindah ke negara tetangga. Dalam hal ini siapa yang disalahkan?….Pemerintah ataukah para WNI nya?….

[SPOILER=]
Quote:Kalau pemerintah tidak tanggap terhadap ancaman tersebut sebentar lagi akan ada lagi pulau-pulau lain yang akan jatuh ke tangan negara lain. Bahkan beberapa warga negara yang di wilayah perbatasan Kalimantan Barat justru memilih berpindah kewarganegaraan ke Malaysia.
Miris klo gitu gan
Quote:Original Posted By orengmadureh

Miris klo gitu gan


iya gan, yg diurusin kepentingan sendiri mulu, kpn mikir rakyatnya y

itu dia gan
yg jauh gak dianggap
sedih amat liatnya
kalo bicara kasarnya gini aja gan, kalo lo punya sesuatu tarulah lahan ataupun peternakan gitu. Terus sama kita nggak dikasih pager, hewannya bisa aja bebas kan ke sana sini, bukan salah hewannya toh dia makhluk hidup otomatis pasti jalan2 kecuali patung. Nah kalo dia betah tinggal diluar gimana ? bisa2 gak balik tuh punya kita.

Salah siapa ? ya salah kita yg punya gak ada kontrol, paling nggak kita pagerin, dibuat kandang, dibuat nyaman supaya betah dll..

Kalo pemerintah bisa mengontrol sungguh2 tiap perbatasan, diawasi kelayakan hidupnya, diberikan perhatian bukan sekadar omong kosong, pasti bakalan seneng juga orang2 perbatasan, dan gak bakal menderita. Masalahnya pemerintah kita terlalu fokus sama pusat, dan terlalu sulit menjangkau tiap ujung2 NKRI, Cara baiknya mungkin dibuat agenda resmi pemerintahan untuk tiap perbatasan satu persatu secara bergilir tiap tahun dilakukan pembangunan/pemerhatian, nggak secara serentak tapi satu persatu, bebannya kan lebih ringan.. nanti lama2 semuanya terkontrol
mau gmana lagi gan...
wong ga ada yang peduli pasti pindah kelain hati
Quote:Original Posted By piaupiaupiau
itu dia gan
yg jauh gak dianggap
sedih amat liatnya


Gk heran klo di p.jawa mkin padat. Lha tggl diprbtasan dicuekin.
Quote:Original Posted By ~Anonymous~
kalo bicara kasarnya gini aja gan, kalo lo punya sesuatu tarulah lahan ataupun peternakan gitu. Terus sama kita nggak dikasih pager, hewannya bisa aja bebas kan ke sana sini, bukan salah hewannya toh dia makhluk hidup otomatis pasti jalan2 kecuali patung. Nah kalo dia betah tinggal diluar gimana ? bisa2 gak balik tuh punya kita.

Salah siapa ? ya salah kita yg punya gak ada kontrol, paling nggak kita pagerin, dibuat kandang, dibuat nyaman supaya betah dll..

Kalo pemerintah bisa mengontrol sungguh2 tiap perbatasan, diawasi kelayakan hidupnya, diberikan perhatian bukan sekadar omong kosong, pasti bakalan seneng juga orang2 perbatasan, dan gak bakal menderita. Masalahnya pemerintah kita terlalu fokus sama pusat, dan terlalu sulit menjangkau tiap ujung2 NKRI, Cara baiknya mungkin dibuat agenda resmi pemerintahan untuk tiap perbatasan satu persatu secara bergilir tiap tahun dilakukan pembangunan/pemerhatian, nggak secara serentak tapi satu persatu, bebannya kan lebih ringan.. nanti lama2 semuanya terkontrol


Pendapat agan bgus juga, mga aj bs realisasi sprt it


Semua ini gara gara pemerintah kerjanya cuma ngurusin internalnya doang

Sampe2 'bidang2' lain jadi gak keurus


Semua ini gara gara pemerintah kerjanya cuma ngurusin internalnya doang

Sampe2 'bidang2' lain jadi gak keurus
menurut ane karena kondisi geografis gan,....saking luas dan jauhnya negara kita ne..... bayangin aja dl pulau papua cm 1 provinsi,... gubernurnya aja klo mau kunjungan ke 1 daerah kudu naek pesawat atau orang daerah pedalaman mau jual kambing kudu di naekin pesawat...gmn kg mahal semuanya...menurut ane indo kudu punya Menteri daerah perbatasan..
moga2 ga diklaim sama negara lain gan
ga salah juga sih kalo mereka pindah,nasionalisme mereka juga bakal hilang kalo di anak tirikan pemerintah terus.
pantau dulu gan
kalo liat yang kayak gini cuma bisa miris aja ya gan.
dari sini ane bisa apa