Daerah-daerah Penghasil Batik di Indonesia

SELAMAT DATANG
TERIMA KASIH UDAH MAMPIR



Spoiler for baca dulu:

ane mau share nih gan beberapa daerah yang patut dikunjungi jika agan2 mau mengenal lebih dalam tentang budaya batik...
di daerah2 berikut merupakan daerah2 penghasil batik terbesar di Indonesia sehingga di daerah ini harga batik bisa lebih murah dibandingkan dengan di daerah lain... lumayan gan... PENGIRITAN...

Berikut ini beberapa kota/daerah-daerah sebagai penghasil batik yang sangat penting di indonesia, antara lain :

Quote:
Produksi Wilayah Surakarta dan Yogyakarta
Quote:Surakarta (Solo)

Spoiler for solo 1:


Spoiler for solo 2:


Surakarta merupakan pusat produksi Batik yang penting di samping Yogyakarta dan Pekalongan Produksi batik yang telah menjadi bagian dari ekonomi tradisional dari penduduk di daerah tersebut. Pola dan motif tradisional khas dari Solo adalah sebagai berikut:
1. Sido Mulyo (simbol kebahagiaan dan kaya)
2. Sido Dadi (simbol kemakmuran, kebahagiaan dan kaya)
3. Satrio Wibowo (simbol dengan pria / wanita dengan martabat)
4. Tikel Asmorodono (simbol cinta yang diberikan oleh orang lain)
Kampoeng Batik Laweyan (Batik Desa Laweyan) adalah tempat yang terkenal sebagai produsen Batik yang terletak di sebuah desa tradisional penuh bangunan kuno berarsitektur Belanda dengan jalan-jalan sempit, khas desa di Indonesia. Selain memiliki ruang pamer dan toko, beberapa produsen menyelenggarakan kursus batik pendek bagi wisatawan.
Pasar tradisional memainkan peran yang sangat penting untuk transaksi Batik, terutama untuk usaha kecil dan menengah, misalnya di Solo ada Pasar Klewer yang menjual semua jenis kain, terutama batik. Kain tradisional lainnya adalah lurik (kain khas jawa dengan motif katun bergaris) dan tenun. Disanan ada ratusan toko-toko batik di sepanjang lorong-lorong sempit .


Quote:Daerah Khusus Yogyakarta

Spoiler for jogja 1:


Spoiler for jogja 2:


Yogyakarta dikenal sebagai pusat seni dan budaya Jawa klasik dan Batik adalah produksi utama mereka. Produk penting lainnya dari kota ini adalah kerajinan termasuk didalamnya Batik garmen dan barang rumah tangga, produk kayu, kulit, keramik dan tembikar juga perak.
Pola dan motif khas batik Yogyakarta sebagian besar terdiri dari Parang, Ceplok, Sido-Mukti, Truntum dan Kawung. Kombinasi warna Batik Yogyakarta adalah sama dengan Solo, didominasi oleh warna coklat, nila (biru), hitam, putih dan krem. Daerah yang terkenal Produksi Batik di Yogyakarta, antara lain Prawirotaman dan Kulonprogo.
Pasar Tradisional Bringhardjo adalah salah satu tempat penting bagi para pedagang batik dan itu menjadi titik pertemuan bagi perusahaan skala kecil dan menengah untuk melakukan bisnis. Selain grosir, ada banyak took Batik yang menawarkan harga ritel untuk wisatawan lokal dan asing. Pasar ini telah berfungsi sebagai salah daya tarik wisata di Yogyakarta, karena koleksinya yang lengkap, mulai dari kain batik untuk pakaian yang terbuat dari bahan katun dan sutra, dengan harga mulai dari puluhan ribu sampai satu juta.


Produksi Batik Wilayah Pantai Utara

Quote:Cirebon

Spoiler for cirbon 1:


Spoiler for cirbon 2:


Cirebon merupakan area yang penting untuk produksi Batik di pantai utara Jawa. Salah satu sentra produksi batik di Cirebon adalah ‘Batik Trusmi, sebuah desa kecil yang terdapat 520 industri kecil dan menengah. Desa ini terletak 7 kilometer dari Kota Cirebon. Pada tahun 2007 disebutkan bahwa lebih dari 70% penduduk atau 5.938 orang bekerja di bisnis ini, yang terdiri dari perempuan 80% dan pria 20%. Sama halnya Batik dari wilayahpantai utara Jawa (Batik Pesisir), Batik Cirebon telah dipengaruhi oleh Eropa, Arab, budaya Cina dan India, yang memiliki desain penuh warna dengan motif binatang dan bunga. Tentang motif dan pola, ada dua kategori pola:
1. Motif Kesultanan Kasepuhan, yang dipengaruhi oleh ajaran Islam, yang melarang menggambar desain hewan di Batik.
2. Motif Kesultanan Kanoman , yang memungkinkan seniman untuk menggambar dan memiliki desain hewan di Batik. (Ini termasuk motif dari Keprabonan dan Kesultanan Cirebonan)
Bahan yang digunakan adalah dari sutra, katun, katun primisima dan prima. Sekitar 40 persen dari produksi diserap oleh pasar lokal, 50 persen untuk perdagangan antar pulau dan 10 persen diekspor ke mancanegara seperti Jepang, Malaysia, Singapura, Myanmar, Laos, Amerika Serikat, Brunei Darussalam dan Jerman.


Quote:Pekalongan

Spoiler for pkl 1:


Spoiler for pkl 2 :



Pekalongan adalah salah satu daerah produksi utama batik dengan desain utara Jawa pesisir. Sebagian besar batik yang diproduksi dalam motif warna-warni dipengaruhi oleh, Cina Arab dan Belanda. Ada lebih dari 100 desain Batik yang sudah dikembangkan sejak 1802, dan beberapa yang populer Batik Pekalongan pola Jlamprang, Hokokai, dan Pagi-Sore.
Para seniman memiliki ribuan ide-ide dalam mendesain motif batik tanpa sesuai pakem motif tradisional, misalnya, selama pendudukan Jepang mereka menciptakan Javanese Kokokai yaitu motif batik yang cocok untuk jaket kimono. Pada tahun enam puluhan mereka menciptakan Tritura Batik, yaitu setelah politik terkenal dekrit Presiden Soekarno. Ada beberapa desain baru lainnya seperti Batik Presiden SBY dan Batik Tsunami yang diciptakan baru-baru ini. Selain Batik tulis, ada banyak produsen batik cap di Pekalongan dan biasanya digunakan untuk gaun kasual dan kerajinan rumah tangga.
Pasar Batik besar yang terkenal di Pekalongan adalah ‘Pasar Grosir Setono,’ yang merupakanpasar ritel yang dibangun selama krisis ekonomi pada 1990 untuk membantu produsen batik dalam memasarkan produk mereka. Ada sekitar 7.000 pekerja yang bekerja di 12 wilayah pusat produksi Batik, batik garmen, dan kerajinan. Mereka kebanyakan bekerja untuk industri kecil dan menengah.


Quote:Madura

Spoiler for madura 1:

Spoiler for madura 2:


Salah satu sentra produksi batik yang terkenal di Madura terletak di Tanjung Bumi, 50 kilometer dari Bangkalan. Karakteristik Batik Madura adalah dalam warna dan desain. Seperti Batik dari pantai utara dari Jawa, Disain batik Madura memiliki warna cerah dan lebih banyak kebebasan dalam aplikasi desain. Di Madura, hampir tidak ada yang menghasilkan Batik cap, para perajin sebagian besar menghasilkan Batik tulis. Salah satu batik terkenal dari Madura adalah Batik Gentongan, yang memiliki karakteristik tertentu dalam mewarnai, yang dihasilkan dari pengolahan yang berbeda dibandingkan dengan batik lainnya. Pada tahap pertama dari proses tersebut, kapas (mori) didicuci dan direndam dalam tong air yang dicampur dengan minyak khusus dari residu kayu. Pada langkah terakhir dari pengolahan kain diletakkan kembali ke dalam tong selama sedikitnya dua bulan untuk membuat efek yang selalu awet dan perbedaan warna.
Dalam perkembangan terakhir, Batik Madura menjadi sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan dilaporkan hampir 90% dari orang-orang muda di Tanjung Bumi sekarang bekerja dalam pembuatan Batik untuk mempercepat produksi dalam memenuhi permintaan pasar.


Quote:Bali

Spoiler for bali 1:


Spoiler for bali 2:


Batik Bali Batik karakteristik yang berbeda. Meskipun produksi Batik Tulis tidak begitu besar, titik menariknya adalah pada kebebasan dalam merancang motif dan warna yang cerah. Produksi batik cap di Bali lebih dominan.
Kain batik selendang yang dihiasi dengan desain bunga modern banyak diproduksi dalam jumlah besar seperti yang digunakan untuk pakaian pantai oleh para wisatawan. Kain selendang menjadi ikon cendera mata khusus dari Bali.


Di luar Pulau Jawa, beberapa daerah penghasil batik Kalimantan Timur dan tengah (yang memproduksi Batik dengan motif Dayak); Riau, Jambi, Bengkulu, Nangroe Aceh Darussalam, Padang, dan Kalimantan Barat memproduksi Batik dengan motif dominan Melayu yang dan Islam. Wilayah bagian Papua, Kalimantan dan Sulawesi adalah wilayah baru produksi Batik yang memproduksi batik dengan motif lokal.
Wilayah lain untuk sentra produksi batik tradisional di Pulau Jawa adalah:
Bandung, Banten, Banyumas, Batang, Blitar, Ciamis, Garut, Gresik, Indramayu, Jakarta, Jember, Jombang, Klaten, Lasem, Semarang, Sidoarjo, Sragen, Surabaya, Tasikmalaya, Tuban, Tulungagung, Wonogiri



SUMBER : http://blog.rumahbatikamel.com/2012/...-di-indonesia/

Quote:Mungkin dari agan2 ada yang mau menambahkan... ane persilahkan... buat kemajuan Indonesia...
Quote:Original Posted By ahmadazisfr
Produksi batik di kota ane kok ga masuk daftar ya gan
kota ane produsen Batik Bakaran, disebut batik bakaran karena diproduksi di dessa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon, kecamatan Juwana, kabupaten Pati, Jateng


nih gan...

Quote:PATI, Jawa Tengah
Spoiler for batik bakaran:


Batik Bakaran ada sejak abad ke 14, pada jaman kerajaan Majapahit. Pada jaman itu ada seorang penjaga benda-benda seni kerajaan Majapahit yang bernama Nyi Siti Sabirah atau Nyi Danowati, yang datang ke Desa Bakaran Wetan karena melarikan diri mencari tempat persembunyian karena dikejar-kejar oleh tentara Islam karena runtuhnya Kerajaan Majapahit oleh kekuasaan Islam di pulau Jawa yaitu Demak.
Dalam persembunyian dan penyamaran di Desa Bakaran Wetan beliau membuat langgar tanpa mighraf yang sampai sekarang disebut Sigit yang bertujuan untuk mengelabui tentara Islam bahwa dia sudah memeluk agama Islam. Dalam persembunyiannya beliau mengajarkan keahliannya dalam membatik kepada anak cucunya. sehingga turun menurun sampai sekarang.
Motif-motif Batik Bakaran dari Nyi Danowati yang masih berkembang hingga saat ini adalah motif gandrung, gringsing, sekar baru, sido luhur, sido muktii, Liris, Manggar dan Kawung.
Dalam proses perkembangannya Batik Bakaran sudah mengalami transisi. Dari yang dulunya pewarna batik menggunakan bahan pewarna alam, misal kayu terogan untuk menghasilkan warna kuning, akar kudu untuk menghasilkan warna sawo matang, kulit pohon tingi untuk menghasilkan warna coklat. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu penggunaan bahan alam sudah jarang digunakan karena sulit dalam mencarinya, dan sebagai pengganti digunakan bahan-bahan dari kimia untuk mempermudah proses pembuatan batik.

SUMBER : http://batikbakaranwanita.blogspot.c...wa-tengah.html


Quote:Original Posted By Cheetor
Sidoarjo juga ada...namanya batik jetis


nih gan,,


Quote:Sidoarjo
Spoiler for sidoarjo:


Kabupaten sidoarjo yang beberapa tahun lalu terkena lumpur ternyata menyimpan kekayaan batik yang khas. Kabupaten ini terletak di sebelah selatan Kota Surabaya.

Batik jetis adalah nama batik dari kabupaten ini. Batik tulis tradisional sidoarjo ini berpusat di jetis sejak tahun 1675. Batik ini mula-mula diajarkan oleh Mbah Mulyadi yang konon merupakan keturunan raja yang lari ke sidoarjo. Bersama pengawalnya, Mbah Mulyadi mengawali berdagang di “PASAR KAGET” yang kini dikenal dengan nama “PASAR JETIS.” Seiring dengan perkembangan penduduk, serta kian ramai nya perdagangan di Pasar Jetis, kawasan ini ini banyak didatangi para pedagang dari luar daerah, di antara para pendatangnya pedagang asal MADURA yang semakin banyak berdagang di Pasar Jetis, mereka sangat menyukai batik tulis buatan warga jetis.

SUMBER : http://www.kriyalea.com/mengenal-kam...etis-sidoarjo/


Quote:Kalimantan Selatan

Spoiler for batik sasirangan:


Quote:Original Posted By airist
palembang koq gak masuk gan ?



nih gan..

Quote:palembang

Spoiler for palembang:

Asal Daerah : Palembang
Corak :Lasem, Bungo Teh, Kembang Jepri, Sisik Ikan, Gribik, Encim, Kembang Bakung,

Batik Palembang menggunakan bahan sutra, organdi, jumputan, katun, dan blongsong. Adapun motif batik Palembang di antaranya Kembang Jepri, Lasem, Sisik Ikan, Gribik, Encim, Kembang Bakung, Kerak Mutung, Sembagi dan Salahi. Untuk pewarnaan menggunakan warna cerah khas Melayu, seperti merah, kuning dan hijau terang. Memang tidak mudah untuk menemukan pebatik khas Palembang yang mau menggunakan media canting atau menulis kain sehingga jadi batik saat ini. Pihak Kesultanan Palembang berupaya melestarikaan kekayaan seni dan budaya peninggalan nenek moyang mereka tersebut, tentunya dengan menggali dan mengumpulkan serta memproduksi kembali batik tulis.

YANG membedakan batik Palembang dengan batik Jawa yakni motifnya. Batik Palembang itu ada dua motif yang cukup dikenal. Yang pertama motif Lasem, yang hak paten motifnya sudah didapatkan pemerintah Palembang. Ciri-ciri motif ini ramai dengan simbol tanaman atau bunga. Lalu dihiasi pula dengan garis-garis simetris. Kemudian motif Bungo Teh, yakni kain yang dipenuhi oleh bungo teh.

Intinya batik Palembang itu tidak ada gambar binatang. Hal ini ada pengaruh dari ajaran Islam yang melarang simbol binatang atau manusi dijadikan hiasan
Produksi batik di kota ane kok ga masuk daftar ya gan
kota ane produsen Batik Bakaran, disebut batik bakaran karena diproduksi di dessa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon, kecamatan Juwana, kabupaten Pati, Jateng
Quote:Original Posted By ahmadazisfr
Produksi batik di kota ane kok ga masuk daftar ya gan
kota ane produsen Batik Bakaran, disebut batik bakaran karena diproduksi di dessa Bakaran Wetan dan Bakaran Kulon, kecamatan Juwana, kabupaten Pati, Jateng



oke gan... ane nyari bahan dulu...
silahkan kalo mau nambahin.... atau ngasih pendapat...
di tempat ane juga ada gan yang namanya batik kalimantan
di malang ga ada batik ya gan..
paling terkenal pekalongan ya gan.... soalnya ane sering dengernya begitu
wajib dilestarikan gan...
entah ema ane pnya brapa puluh pasang d lemarinya
setiap lebaran pasti beli sarung.mending klo satumah
scra org madura klo sarung tuh lbh utama dari celana n rok
batik jogja khas banget gan
Quote:Original Posted By m4175ur
paling terkenal pekalongan ya gan.... soalnya ane sering dengernya begitu


iya gan.. di pkalongan kbanyakan kerjanya pengrajin batik
ane sering beliin batik lurik buat nenek ane
ane sering beliin batik lurik buat nenek ane
paling terkenal pekalongan ya gan.... soalnya ane sering dengernya begitu
Quote:Original Posted By eri0210
ane sering beliin batik lurik buat nenek ane


gak usah dopost juga kali gan...
batik solo emang kualitasnya oke banget deh gan
memang yg ts sebut daerah2 penghasil batik yg sudah terkenal dan batiknya menyebar ke seluruh daerah... ada juga tiap2 daerah yg mempunyai batik ciri khas sendiri.
batik memank karya yg indah
Quote:Original Posted By buyingselling
memang yg ts sebut daerah2 penghasil batik yg sudah terkenal dan batiknya menyebar ke seluruh daerah... ada juga tiap2 daerah yg mempunyai batik ciri khas sendiri.


iya gan.. memang tiap daerah punya ciri khas tersendiri... tapi ane kurang referensi ngejelasinnya...