KASKUS

Video Sekilas Kehidupan Sehari-hari di Korea Utara yg Langka

North Korea: A rare glance at daily life


North Koreans visit Kumsusan Palace, where Kim Il-sung and Kim Jong-Il are both enshrined

North Korea is a difficult place for journalists to visit, but tourists are welcome so long as they do what they are told. Juliet Rix found an organised tour allowed her a glimpse of daily life under the secretive regime. I am sitting on a rug under a tree being plied with food from a small barbecue and a variety of plates by a smiling family. I add a little offering of my own to the spread - a packet of chocolate eggs.

The father of the family examines them closely and hands them to his three-year-old son. The boy steadily consumes the entire pack with deep concentration. Chocolate is not common here. Neither are foreigners. We are picnicking in a park in Pyongyang, capital of North Korea, the world's most insular and secretive state, last bastion of Soviet-style communism and one of the international community's loosest cannons.

Sitting here in the genuine warmth of this family - who have not been chosen by any guide or minder - it is difficult to link their friendliness and desire to share and communicate, with the bellicose rhetoric issuing from their government. Our guide is embarrassed when I ask for a translation of one of the many slogans plastered around Pyongyang. It says something to the effect of "death to the US Imperialists".

We have two Americans in our group. When they reveal where they are from to a class of students learning English at the Grand People's Study House, there is a sharp intake of breath. But foreigners are treated with respect wherever we go in North Korea. And in the park we go as we please. This is something to be savoured. You can only visit North Korea on an organised tour. Our group of 11 has three Korean guides as well as our English tour leader.


Wandering off is not an option. Merely walking towards the exit of our hotel compound on a night outside the capital caused four soldiers to appear from nowhere and shout in apparent panic. Today in the crowded park, though, is an exception. We wander at will. While some of us picnic, others join in a tug-of-war, sharing much sweat, laughter and high-fiving with local team-mates.

This is probably set up, but the picnic and the game of frisbee with local teenagers (the frisbee brought by the tourists but left with the kids) is certainly not.


North Korea is careful about the image it presents to the outside world

I am surprised and gratified by the openness of the local people. In many respects North Korea is reminiscent of China and Russia in days gone by - complete with incessant martial music, loudspeaker propaganda and kids in uniforms with red neckerchiefs - but there is far less of the wariness of foreigners I remember from China or the Soviet bloc in the 1980s.

This may be partly because this is Pyongyang - a city of the privileged (relatively speaking). To live here you must be born into an approved family already resident, or serve the party with exceptional zeal. Nobody may enter the city without a permit, or indeed leave it.

The capital is undoubtedly better off than elsewhere. We saw no evidence of lack of food, despite admissions that while the famine is over, there are still shortages. Power cuts are much less frequent in the capital too - although there was no light on the displays of clothes, imported toys, new but old-fashioned stoves, sofas and loud-hailers in the model department store we visited.

Pyongyang is also unusual in having traffic. There is not much and the cars are very recent arrivals, almost all owned by the government or the military - but I did spot a lone car advertising hoarding high above the city centre.

Is this a taste of things to come? New buildings have sprung up too and bright children's playgrounds. Rollerblading is the latest craze. Our guides say that in the last four or five years life has become much more colourful.

The government has recently declared a drive to beautify Pyongyang, which is why, we are told, we see numerous gangs of "volunteers" spending their Sunday laying pavements and squatting on the verges their fingers in the dirt, carefully planting grass seeds one by one. If this is how Sunday is generally spent, no wonder the people in the park are making the most of their day off.


A performance to celebrate the founding of the North Korean army

We visit a second park, where there is more of an attempt to keep us together. Perhaps we mixed too enthusiastically in the last one. I politely complain and find I am allowed to wander from the group. Plenty of wine and soju - the local rice liquor- has been consumed.

Music fills the air, boomboxes compete with traditional flute and drum. The music is mostly folk and very much Korean. There is nothing I recognise as Western pop. People sing and dance.

I stand watching as men and women from grandparents to toddlers float their arms elegantly and sway their bodies. And then a man takes my hand. He draws me into the group of dancers, leads me over to a couple of women and we dance. Or rather, they do. I make pathetic attempts to copy.

But who cares what I look like? I am dancing in the park with North Koreans and we are all smiling broadly. If only our governments' international relations were so simple.

sumber
===================================================
aih, betapa damai nya hidup di ibukota korut ya....
kalo dipikir2, lebih mengekang dari pada suharto ya...
we're damn lucky to have you suharto
ada thread yg ngebahas korut gan,, dan dibikin sama orang kbri yg kerja disana gan
Quote:Original Posted By skywizard
kalo dipikir2, lebih mengekang dari pada suharto ya...
we're damn lucky to have you suharto


ya korut kan msh trmsk sbg negara diktator komunis yg paling kaku sedunia, warisan era perang dingin, gan....

Quote:Original Posted By Donkpretz
ada thread yg ngebahas korut gan,, dan dibikin sama orang kbri yg kerja disana gan


itu topik lama n jadul, lagian jg laporannya berada di bukota korut aja, gan...


cmiiw....
Quote:Original Posted By skywizard
kalo dipikir2, lebih mengekang dari pada suharto ya...
we're damn lucky to have you suharto


Bedalah gan.

Yang satu demokrasi, yang lain komunis.
Setidaknya mereka bangga dengan kebudayaan leluhur dan produksi bangsa sendiri
Komunis tidak 100% jelek
Liberal juga tidak 100% bagus

Yang bagus sebenarnya ya ideologi Soekarno : Demokrasi Pancasila yang setengah komunis (hasil alam dikuasai negara, fakir miskin-anak terlantar mendapat santunan negara) dan setengah liberal (kebebasan memeluk agama dan beribadah, bebas mengeluarkan pendapat).

Tapi sayangnya sejak zaman Suharto, semua menjadi kacau balau, kesenjangan sosial semakin curam, bumi-air-seluruh isinya dikuasai 99% oleh pihak asing dan kebutuhan hidup kita bergantung sepenuhnya dari produk impor, korupsi semakin merajalela, dan media pers mewartakan berita seenak bejad sesuai pesanan politik. Jika terjadi bencana alam, maka maklumi saja karena Indonesia benar-benar negeri beragama yang sarat kriminal.
Kita yang seharusnya malu dengan Korea Utara.
OMG, kok gak ada laporan tentara yang bunuh temannya buat makan dagingnya nih?

Eh mana gambaran anak anak busung laparnya? Keknya Korea Utara baru kena wabah kelaparan deh?

Sumpah negeri hancur gini masih dibanggain
Quote:Original Posted By madokafc
OMG, kok gak ada laporan tentara yang bunuh temannya buat makan dagingnya nih?

Eh mana gambaran anak anak busung laparnya? Keknya Korea Utara baru kena wabah kelaparan deh?

Sumpah negeri hancur gini masih dibanggain


tipikal negara diktator, mau pemimpinnya korup ekonominya nyungsep. Tetep aja rakyat nyembah bak dewa

persis spt golongan tua era orde baru yg muji2 soeharto. Padhal klo mau objektif kemana2 masih bagusan indonesia skrg
Quote:Original Posted By ratukeroncong
Setidaknya mereka bangga dengan kebudayaan leluhur dan produksi bangsa sendiri
Komunis tidak 100% jelek
Liberal juga tidak 100% bagus

Yang bagus sebenarnya ya ideologi Soekarno : Demokrasi Pancasila yang setengah komunis (hasil alam dikuasai negara, fakir miskin-anak terlantar mendapat santunan negara) dan setengah liberal (kebebasan memeluk agama dan beribadah, bebas mengeluarkan pendapat).

Tapi sayangnya sejak zaman Suharto, semua menjadi kacau balau, kesenjangan sosial semakin curam, bumi-air-seluruh isinya dikuasai 99% oleh pihak asing dan kebutuhan hidup kita bergantung sepenuhnya dari produk impor, korupsi semakin merajalela, dan media pers mewartakan berita seenak bejad sesuai pesanan politik. Jika terjadi bencana alam, maka maklumi saja karena Indonesia benar-benar negeri beragama yang sarat kriminal.
Kita yang seharusnya malu dengan Korea Utara.


suharto itu sendiri pemerintahannya sosialis. kecenderungan monopoli (kontrol harga) dan subsidi2...

dijaman suharto harga begitu2 murah dan stabil (tidak ada fluktuasi) karna pemerintah mensubsidi disegala sektor unutk memunculkan pemerataan ekonomi. mulai dari bibit tani sampai BMM dan harga mobil timor. ketika APBN mulai tidak sanggup lagi menerima beban, smentara mengurangi subsidi berimplikasi inflasi dan memberikan gangguan stabilitas sosial. maka cara satu2nya untuk tetap memepetahankan subsidi adalah dgn berhutang lebih banyak lagi dan menjual obligasi ke luar negri. puncaknya tahun 1998 kejatuhan suharto..

privatisasi dan kapitalisme membuat indonesia lebih baik saat ini akan transparansi dan akuntabilitas. khusus perkembangan inovasi..


ane mau translate dulu ya gan..
Quote:Original Posted By ratukeroncong
Setidaknya mereka bangga dengan kebudayaan leluhur dan produksi bangsa sendiri
Komunis tidak 100% jelek
Liberal juga tidak 100% bagus

Yang bagus sebenarnya ya ideologi Soekarno : Demokrasi Pancasila yang setengah komunis (hasil alam dikuasai negara, fakir miskin-anak terlantar mendapat santunan negara) dan setengah liberal (kebebasan memeluk agama dan beribadah, bebas mengeluarkan pendapat).

Tapi sayangnya sejak zaman Suharto, semua menjadi kacau balau, kesenjangan sosial semakin curam, bumi-air-seluruh isinya dikuasai 99% oleh pihak asing dan kebutuhan hidup kita bergantung sepenuhnya dari produk impor, korupsi semakin merajalela, dan media pers mewartakan berita seenak bejad sesuai pesanan politik. Jika terjadi bencana alam, maka maklumi saja karena Indonesia benar-benar negeri beragama yang sarat kriminal.
Kita yang seharusnya malu dengan Korea Utara.


zaman BK berkuasa justru sikon sospol RI jauh lbh kacau balau drpd era ORBA ataupun era reformasi, gan....

Quote:Original Posted By madokafc
OMG, kok gak ada laporan tentara yang bunuh temannya buat makan dagingnya nih?

Eh mana gambaran anak anak busung laparnya? Keknya Korea Utara baru kena wabah kelaparan deh?

Sumpah negeri hancur gini masih dibanggain


mgkn jwb nya ada yg di sini deh, gan....

Quote:

The government has recently declared a drive to beautify Pyongyang, which is why, we are told, we see numerous gangs of "volunteers" spending their Sunday laying pavements and squatting on the verges their fingers in the dirt, carefully planting grass seeds one by one. If this is how Sunday is generally spent, no wonder the people in the park are making the most of their day off.


ibukota korut tetap hrs dibuat yg terindah dr yg terindah di sono...


Quote:Original Posted By Hashimi


tipikal negara diktator, mau pemimpinnya korup ekonominya nyungsep. Tetep aja rakyat nyembah bak dewa

persis spt golongan tua era orde baru yg muji2 soeharto. Padhal klo mau objektif kemana2 masih bagusan indonesia skrg


ane idem ama ente, gan.... :

Quote:Original Posted By sesepanas2


suharto itu sendiri pemerintahannya sosialis. kecenderungan monopoli (kontrol harga) dan subsidi2...

dijaman suharto harga begitu2 murah dan stabil (tidak ada fluktuasi) karna pemerintah mensubsidi disegala sektor unutk memunculkan pemerataan ekonomi. mulai dari bibit tani sampai BMM dan harga mobil timor. ketika APBN mulai tidak sanggup lagi menerima beban, smentara mengurangi subsidi berimplikasi inflasi dan memberikan gangguan stabilitas sosial. maka cara satu2nya untuk tetap memepetahankan subsidi adalah dgn berhutang lebih banyak lagi dan menjual obligasi ke luar negri. puncaknya tahun 1998 kejatuhan suharto..

privatisasi dan kapitalisme membuat indonesia lebih baik saat ini akan transparansi dan akuntabilitas. khusus perkembangan inovasi..


heh, RI era ORba adlh negara sosialis??
Quote:Original Posted By ojongonole

heh, RI era ORba adlh negara sosialis??


welfare state lebih tepatnya
niatnya bgus, cuma gak didukung ama transparansi dan penegakan hukum
sekilas liat foto2nya, Korut ini mirip Cina ya...
ada acara musik yg diselenggarakan pemerintah (tapi yg perform tetep pake seragam militer
Quote:Original Posted By madokafc
OMG, kok gak ada laporan tentara yang bunuh temannya buat makan dagingnya nih?

Eh mana gambaran anak anak busung laparnya? Keknya Korea Utara baru kena wabah kelaparan deh?

Sumpah negeri hancur gini masih dibanggain


yang jelek2 diumpetin lah.. yang bagus2 aja yang dikasih liat ke turis
Jadi haruskah kita merindukan sang diktator ???
dan komunis ??

kapan yak korut gabung ma korsel..
fotonya settingan semua
Katanya pas kim jong ill mati kemarin warga ceweknya di suruh menagis meraung 2 ya gan
yang dikasi liat cuma bagusnya aja..jeleknya jangan...itulah komunis...eh kayaknya di mana2 kayak begitu juga sih

optimis aja masa depan lebih baik dari masa lalu
negeri penuh misteri inih
×