KASKUS

Suriah Rebut Kembali Perlintasan Golan

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ



GOLAN -- Pasukan Suriah merebut kembali satu-satunya pelintasan Dataran Tinggi Golan di garis gencatan senjata dengan Israel. Ini merupakan sebua kemunduran bagi pemberontak sehari setelah mereka dihalau dari kota strategis Qusayr.

Sementara itu Austria, Kamis mengatakan pihaknya akan menarik tentaranya dari kontingen pasukan perdamaian PBB di Golan karena situasi keamanan yang buruk.

Penguasaan atas Qusayr memberikan Presiden Bashar al-Assad nilai tawar yang tinggi jika satu rencana Amerika Serikat=Rusia bagi perundingan perdamaian langsung dengan kelompok musuhnya terwujud, kata para pengamat.

Rusia mengatakan Menteri Luar Negeri Walid Muallem akan memimpin delegasi pemerintah Suriah dalam perundingan "Jenewa 2" yang ditunda sebagian besar akibat sengketa dalam kelompok oposisi siapa yang akan hadir.

Pemberontak menguasai sebentar pelintasan Quneitra,yang strategis dan penting karena kedekatannya dengan pasukan Israel dan Damaskus sebelum dihalau.

Seorang koresponden AFP mengatakan ia melihat tank-tank di daerah tinggi itu setelah pasukan Bashar masuk pada Kamis.

Kelompok Observatorium Suriah untuk hak asasi Manusia dan radio militer Israel mengatakan gerak maju pemberontak melibatkan pertempuran seru di kota terdekat Quneitra.

Pertempuran itu sangat dekat dengan markas satu pasukan perdamaian PBB yang membuat Austria mengumumkan bahwa pihaknya akan menarik pasukannya.

Dua personel pasukan perdamaian PBB dari India dan Filipina mengalami "cedera ringan" akibat serangan itu, kata seorang juru bicara pasukan perdamaian PBB.

Di Wina pemerintah mengatakan ancaman terhadap tentara Austria "telah mencapai tingkat yang tidak dapat diterima."

Menteri Pertahanan Gerald Klug mengatakan penarikan pasukan itu akan dilakukan antara dua sampai empat pekan dan akan dimulai Selasa.

Austria yang netral adalah bagian dari Pasukan Pemantau Gencatan Senjata PBB (UNDOF) di Golan sejak dibentuk tahun 1974 dan kini adalah salah satu dari penyumbang-penyumbang personil terbesar, denga 380 tentara.

Jumlah pasukan PBB itu telah menurun menjadi sekitar 900 personil Maret setelah Kroasia menjadi negara terakhir menarik pasukannya, setelah Kanada dan Jepang.

Para pemimpin PBB menyelenggarakan perundingan mendadak menyangkut penggantian pasukan Austria itu.

Sekjen PBB Ban Ki-moon melalui juru bicaranya, menyatakan kekhawatirannya "kemungkinan akibat penarikan pasukan seperti itu pada operasi "pemeliharaan perdamaian dan juga keamanan regional".

Tempat penyeberangan Quneitra,satu-satunya rute langsung antara Israel dan Suriah, digunakan seluruhnya oleh penduduk Druze dari Golan yang diizinkan melintas untuk untuk belajar, bekerja atau menikah.

Israel merebut sebagian besar daerah dataran tinggi itu dari Suriah dalam Perang Enam Hari tahun 1967 dan menganeksasinya tahun 1981, satu tindakan yang tidak pernah diakui pihak internasional.

Pertempuran Kamis itu memicu Israel memperkuat kehadiran militernya di dataran tinggi itu, kata radio publik Israel.

Perkembangan itu terjadi saat tentara yang mengejar pemberontak yang melarikan diri dari Qusayr menembakkan rudal-rudal ke Bweida Timur sekitar 14km jauhnya, kata Observatorium itu.

Pict dari perlintasan GOLAN
























Makin memanas aja ya gan situasi disana, mudah-mudahan aja ga ada lagi pertumpahan darah di Perlintasan Golan

Sumber : http://berita.plasa.msn.com/internas...lintasan-golan

Budayakan komen ya agan-agan

Ane ga nerima
Ane terima ama
Quote:Original Posted By BorneoCrime
Perkembangan itu terjadi saat tentara yang mengejar pemberontak yang melarikan diri dari Qusayr menembakkan rudal-rudal ke Bweida Timur sekitar 14km jauhnya, kata Observatorium itu.


kejar & tumpas, jng ada sisa...

go go go SAA



sebenernya 2 hari yang lalu berita ini udah ada di PressTV , tp ya gitu deh PressTV kan haram tuk di jadiin rujukan sama fansboy ASU dan Shitrahell





udah sekalian aja rebut tuh dataran tinggi golan
Quote:Original Posted By bambang4riyanto
DTT Golan kan secara sah masih milik Suriah, walaupun diduduki Israel.
iya gan emang secara sah milik Suriah, tapi yng namanya Israel ini kan ga tau diri, wilayah negara lain pun diambil
Quote:Original Posted By 0k3



sebenernya 2 hari yang lalu berita ini udah ada di PressTV , tp ya gitu deh PressTV kan haram tuk di jadiin rujukan sama fansboy ASU dan Shitrahell





udah sekalian aja rebut tuh dataran tinggi golan
Bisa aja si agan satu ini
Quote:Original Posted By BorneoCrime
iya gan emang secara sah milik Suriah, tapi yng namanya Israel ini kan ga tau diri, wilayah negara lain pun diambil


kalo suriah dikuasai mujahidin pasti bakal ketar ketir israel gan
Quote:Original Posted By simplyguest.


Salah sendiri...,siapa suruh suriah nyerang israel?
Udah nyerang, kalah, skrg mewek terkaing-kaing


suriah nyerang israel?
gw gk yakin kalo suriah berani lebih masuk lgi ke dataran tinggi golan soalnya di deket golan juga ada pos militer israel
Quote:Original Posted By blackbirdshop


kalo suriah dikuasai mujahidin pasti bakal ketar ketir israel gan
bakal merinding disko kali israel nya gan

Quote:Original Posted By simplyguest.


Salah sendiri...,siapa suruh suriah nyerang israel?
Udah nyerang, kalah, skrg mewek terkaing-kaing
Nyerang Israel ? kayanya pengetahuan anda tentang sejarah musti di banyakin lagi

Quote:Original Posted By lovepiece
gw gk yakin kalo suriah berani lebih masuk lgi ke dataran tinggi golan soalnya di deket golan juga ada pos militer israel
iya sih gan klo suriah tetap ngotot lebih masuk lagi ke Dataran tinggi golan bakal tambah memanas lagi suasana disana, bisa2 malah terjadi perang terbuka

Quote:Original Posted By 0k3



sebenernya 2 hari yang lalu berita ini udah ada di PressTV , tp ya gitu deh PressTV kan haram tuk di jadiin rujukan sama fansboy ASU dan Shitrahell

udah sekalian aja rebut tuh dataran tinggi golan

jadi inget saya ama pidio klip dari press tipi yg nunjukkin alatnya oposisi buatan israel, mulai dari komputer, mortir, bom yg semua made in israel...... tapi masi aja ada bilang ini kebetulan lah, emangnya kenapa, dll........
Quote:Original Posted By hera.


suriah nyerang israel?


Quote:Original Posted By BorneoCrime
Nyerang Israel ? kayanya pengetahuan anda tentang sejarah musti di banyakin lagi



pengetahuan lo orang berdua tuh yang harus diupgrade

mesir dan suriah dulu sama2 mengganyang israel, mesir dari arah sinai dan suriah dari dataran tinggi golan, tapi berkat bantuan amerika, israel balik menggebuk mesir dan suriah, akhirnya suriah kehilangan golan dan mesir kehilangan sinai, lewat perjanjian camp david sinai dan golan dikembaliin ke negara asalnya dengan syarat dan ketentuan dari israel tentunya

berita suriah tapi gambar tanknya merkava
Keberhasilan Tentara Syiria tidak lepas dari peran Hizbollah yang melibatkan diri serta Russia yang memberikan sistem pertahanan udara S300 kepada Syiria. Direbutnya Al-Qusayr membuat para pemberontak mundur ke Allepo dan Golan, sementara AU Israel lumpuh (karena ada S300) AD mereka kembali harus berhadapan dengan Hizbollah yang beberapa kali pernah mengalahkan mereka.