KASKUS

Thumbs up Ternyata ada manfaat garam selain buat bumbu gan !




Quote:Disamping fungsi utama garam yaitu sebagai bumbu dapur, ternyata garam menyimpan berbagai manfaat yang cukup penting. Mungkin jika agan ditanya, "Apa fungsi garam ?" agan hanya bisa menjawab, "Bumbu dapur !". Tetapi setelah membaca artikel ini agan akan tahu berbagai fungsi garam yang menarik untuk disimak. Berikut beberapa manfaat garam selain bumbu dapur.

Bagi Yang Belum Tahu Garam

Spoiler for Gambar:


Fresher udara

Quote:Garam dapat kita gunakan sebagai pengawet bau harum di dalam ruangan. Salah satu caranya adalah dengan cara melapisi kelopak mawar dengan garam kemudian masukan kedalam sebuah botol dan tutup rapat. Lepaskan tutup selama beberapa menit setiap hari untuk mendapatkan aroma bunga mawar di ruangan kita.

Mengusir semut

Quote:Jika kita sering mengeluh karena serangan hewan kecil ini, maka garam adalah solusi yang tepat. Kita dapat menaburkan garam pada sekelompok semut, bisa dipastikan mereka akan pergi jauh dari meja makan kita.

Membuat buah apel segar kembali

Quote:Jika kita memiliki beberapa apel yang berhari-hari tidak tersentuh tangan, pada akhirnya buah apel akan menjadi keriput. Eitsss.. jangan terburu-buru untuk membuang apel ini sebab keriput pada apel ini dapat kita hilangkan dengan menggunakan garam. Caranya adalah dengan merendam apel pada air yang agak asin untuk menghilangkan keriput pada apel.

Membuat telur rebus yang sempurna

Quote:Kita dapat menambahkan 1 sendok teh garam kedalam air yang nantinya akan digunakan untuk merebus telur. Dengan cara ini telur akan matang secara sempurna.

Menjaga salad agar tetap renyah

Quote:Jika kita ingin agar salad yang sudah disajikan memiliki kesan renyah yang lama, maka kita dapat menaburkan sedikit garam diatas salad tersebut.

Menguji kesegaran telur

Quote:Garam juga dapat kita gunakan untuk menguji seberapa segar telur yang sudah kita beli. Caranya, kita dapat menambahkan 1 sendok teh garam untuk setiap 1 cangkir air dan kemudian masukan telur kedalam air tersebut. Telur yang masih segar akan tenggelam sementara telur yang sudah usang akan mengambang.


Update !!!

Menghilangkan Pegal di Kaki

Quote:Merendam kaki dalam campuran air hangat dan garam dapat mengenyahkan kaki pegal. Lakukan bergantian dengan rendaman air dingin. Kaki Agan akan pulih seperti sedia kala.

Mengurangi Sakit Gigi dan Bau Mulut

Quote:Kebiasaan berkumur menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam akan mengurangi rasa berdenyut saat sakit gigi dan bau mulut yang tidak sedap.

Pereda Gatal

Quote:Perendaman dalam air garam bisa menjadi pereda gatal. Cukup tambahkan 1 cangkir garam ke bak mandi agan. Ini juga dapat melembutkan kulit dan memberi efek relaks.

Penghilang Bau

Quote:Untuk menghilangkan bau menyengat dari tangan agan, cukup taburkan sedikit garam, lalu basahi dengan sedikit cuka. Kemudian gosok - gosok dan bilas.

Tambahan dari Kaskuser

Quote:Membersihkan Lapisan Teflon

Quote:Original Posted By ndJoe
buat bersiin lapisan teflon juga bisa gan. jadi teflonnya ga usah dicuci pake air, cukup tabur garam sambil dipanaskan, aduk2 pake spatula kayu atau pake lap


Menghilangkan Rasa Gatal Saat Makan Nanas

Quote:Original Posted By asafalafah
bisa bikin nanas kalo di makan ga bikin gatel di lidah gan


Memperpanas dan Membuat Panas Air Tahan Lama

Quote:Original Posted By imanchuy
ane tambahin gan..
boleh taroh depan dah..
ini dapet pas ane SMA pas kimia dulu..
garam kalo dicampur pake air panas airnya jadi makin panas + lebih tahan lama, yang air dingin/es jadi makin dingin + tahan lama, soalnya garam bakal ter-"hidrolisis" oleh air, jadinya partikel Na + Cl dari garam bakal ngapung di permukaan air panas yang nyebabin Uap Air Panas/Es ma Kalor gak gampang lolos..


Memulihkan Luka Bakar

Quote:Original Posted By legeg55
luka bakar atau kena minyak panas di balur sama garem tuh gan.. cepet kempes




Bagaimana gan ? Ane yakin agan belum tahu. Semoga Bermanfaat !

Ane Mengharapkan Atau paling tidak Tidak Menerima

Spoiler for Sumber:
wow waw wow
ane kira garem cm buat bumbu gan
Iya gan, apelnya seger tapi rasanya agak asin.
Bdw buat nguji telur bagus juga tu manfaatnya.
IYYYYYYYYYYYYYYYYAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA
Quote:Original Posted By gilaebook
satu lagi gan, buat ngusir ular gan...




nah iya gan biasa dipake klo mau ke kebon
wah nice info gan
kbetula ane banyak garem di rumah nanti ane coba deh tuh yang no 1
Inget gan... hati2 kebanyakan garam... bisa bahaya


baru tau ane

Buat bunuh linta dsb gan,, coba aja taburin klo ketemu yg begituan
wahh ane baru tau nih gans..thanks yaa
tambahan gan, bisa buat ngusir ular waktu bikin tenda, itu katanya sih
hehehe

Quote:

Kalau berkenan, kunjungi juga gan :


PENYEBAB MATA BINTITAN, TERNYATA BUKAN KARENA MENGINTIP !!!

ANTARA ALAM, DAN MITOS ORANG JAWA


nais info neh....
biasanya buat bunuh ular sama lintah ane gan
kirain cuma buat bumbu ama ngusir ular ajah
meninggalkan jejak

mampir dulu di thread ane gan


buat usir ulat sma lintah bisa tuh gan
Wah, buat penyegar udara ??? Cobain ah
nais info gan
bisa buat matiinn siput jg gan
×