Kaskus

Entertainment

SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
Kunci Menjalankan Promosi Media Sosial Multichannel
Netpreneur.co.id - Di masa kini menjalankan promosi di media sosial begitu mudah dan berlimpah. Ada audience yang besar dan terlibat di Facebook, Twitter, Pinterest, Instagram, Google+, LinkedIn, YouTube. Itu hanya situs sosial yang kita dengar setiap hari. Mungkin masih banyak lagi situs sosial yang lain.
Menentukan apa, di mana, dan bagaimana melakukan promosi media sosial multichannel adalah tantangan bagi pebisnis.
Katya Constantine, pendiri Digishopgirl Media, memaparkan apa saja yang dibutuhkan pengusaha agar berhasil dalam menjalankan promosi Jual Beli melalui media sosial multichannel.
Apa Itu Promosi Media Sosial Multichannel?
Promosi media sosial multichannel adalah kampanye yang memberikan dampak pada banyak kanal media sosial. Misalnya, Anda memberikan pelanggan peluang untuk memenangkan hadiah melalui keterlibatannya (engagement) dengan Anda di berbagai saluran atau menggunakan lebih dari satu saluran media sosial untuk mendorong kesadaran pelanggan akan kampanye Anda.
Yang lebih penting, promosi seperti itu sering kali menggunakan beberapa kanal media sosial untuk mendorong keterlibatan.
Apa yang Membedakan Kanal-Kanal Tersebut?
Tantangan di balik menjalankan promosi media sosial adalah setiap kanal media sosial memiliki fokusnya masing-masing. Berikut data kompilasi survei media sosial terbaru dari Pew Research Center.
Sumber gambar: Marketing.co.id
Dari data tersebut dapat diketahui:
• Wanita cenderung lima kali lebih banyak menggunakan Pinterest dibanding pria.
• Pinterest cenderung menarik wanita berpendidikan tinggi.
• Twitter cenderung menyesuaikan dengan penduduk perkotaan.
Perbedaan besar lainnya antara situs-situs jejaring sosial tersebut adalah tipe promosi yang dapat Anda jalankan:
• Facebook: kupon, penawaran khusus, undian, atau kampanye dalam bentuk voting
• Twitter: live chat session atau hadiah
• Pinterest: Undian
Membuat Kampanye
Bagaimana Anda membuat kampanye harus berkaitan langsung dengan tujuan Anda, contoh saja kampanye yang berhubungan dengan usaha kamu seperti misalnya Jual Alat Musik . Ada beberapa hal yang ditekankan dalam CMO’s Guide to Social Media Landscape tahun 2013:
• Mendorong traffic
Gunakan Facebook, Twitter, dan Pinterest. Facebook memudahkan ekspos viral dengan fungsi ‘Like‘-nya. Pinterest dan link back ke sumber gambar adalah cara yang hebat untuk mendorong traffic.
• SEO
Gunakan Google+ atau YouTube. Kanal YouTube yang aktif mendapatkan ranking SEO yang semakin tinggi. Google+ dan tombol “+1” nya memiliki manfaat yang sama, meskipun Anda tak bisa melakukan undian di Google+.
• Brand exposure
Gunakan Facebook, Twitter, Pinterest, dan YouTube.
• Mendapatkan pelanggan
Facebook dan Twitter. Keduanya menyediakan kemudahan akses bagi merek ke populasi pelanggan yang besar. Jika target merek Anda adalah wanita, Facebook adalah pilihan yang tepat.
Jika Anda memiliki sebuah website dan lebih dari satu akun media sosial, promosi yang Anda lakukan kemungkinan sudah multichannel. Sebelum Anda mulai menjalankan promosi multichannel, identifikasi terlebih dulu tujuan kampanye Anda.

sumber
0
998
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan