Kaskus

Entertainment

SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
Tips Meningkatkan Penjualan dengan Kuis Berhadiah di Twitter
Netpreneur.co.id -Mengadakan kuis berhadiah di media sosial Twitter menjadi salah satu kunci untuk meningkatkan awareness masyarakat yang akan berujung pada engagement.
Penjualan yang stabil namun cenderung menurun merupakan sebuah kondisi yang sebaiknya segera diubah oleh pedagang online. Promosi atau penawaran khusus bisa jadi jawabannya. Namun, ada sebuah alternatif untuk meningkatkan jumlah transaksi di toko online. Yakni, dengan mengadakan sebuah kuis berhadiah. Misalnya usaha anda bergerak di bidang Jual Alat Musik . Anda melakukan promosi tersebut dengan masih berhubungan dengan bisnis anda.
Kuis berhadiah berpotensi untuk meningkatkan jumlah pembeli baru. Potensi tersebut akan besar jika kuis yang diadakan oleh penjual dilengkapi dengan hadiah yang menarik. Selain meningkatkan jumlah pembeli baru, kuis berhadiah juga membuat pelanggan lama lebih bersemangat untuk mengenal produk toko online tersebut. Kedua hal tersebut akan berujung pada engagement. Artinya, tanpa sadar pembeli memiliki sebuah alasan untuk menjadikan toko online tersebut sebagai top of mind.
Salah satu media sosial yang mendukung pelaksanaan kuis berhadiah adalah Twitter. Ada bonus manfaat yang bisa didapatkan jika pemilik toko online mengadakan kuis sosial di Twitter. Pertama, potensi untuk mendapatkan followers baru akan semakin besar karena setiap satu followers yang mengikuti kuis dan men-tweet-kan jawabannya memiliki banyak followers yang dapat melihat tweet tersebut. Jika kuisnya menarik dan pertanyaannya juga mudah dipahami, kemungkinan besar makin banyak jumlah partisipan kuis berhadiah tersebut.
Selain itu, Twitter adalah media sosial yang banyak digunakan oleh warga Indonesia. Tampilan dan penggunaan versi mobile-nya pun cukup sederhana sehingga pengguna Twitter dapat mengakses Twitter dari mana pun.
Agar kuis berhadiah di Twitter dapat meningkatkan jumlah penjualan atau setidaknya meningkatkan brand awareness masyarakat 2.0, ada beberapa tips yang penjual dapat lakukan.
1. Kuis berhadiah tidak perlu dilakukan setiap hari. Satu minggu atau satu bulan sekali juga tak masalah.
2. Jadwal kuis yang rutin sebaiknya dibuat oleh penjual agar pembeli makin ingat sekaligus merek toko online akan semakin menjadi top of mind.
3. Pengadaan kuis sebaiknya disesuaikan dengan keadaan uang yang ada.
4. Jenis barang yang bisa dijadikan hadiah kuis ada bermacam-macam. Pemilik toko online bisa memberikan produk yang dijual sebagai hadiah. Baik itu yang stok lama, maupun jenis produk paling baru. Selain itu, uang tunai dan pulsa juga bisa jadi alternatif hadiah.
5. Gunakan hashtag sebagai penanda kuis berhadiah sedang berlangsung.
6. Penjual sebaiknya menjelaskan terlebih dahulu aturan kuis sebelum melempar pertanyaan di Twitter. Penjelasan tersebut harus disertai dengan hashtag agar followers mudah menelusurinya.
7. Jelaskan juga di tweet-tweet sebelum pertanyaan kuis tentang format jawaban. Misalnya, harus menggunakan hashtag, jawaban harus lengkap, maksimal mengirimkan tiga buah tweet yang berisi jawaban, hingga batas waktu pengiriman jawaban.
8. Buat aturan yang sederhana. Syarat follow akun Twitter toko online merupakan contoh syarat yang cukup sederhana. Jadi, setiap followers yang hendak mengikuti kuis wajib mem-follow akun toko online terlebih dahulu. Jika tidak, jawaban tidak akan dihitung.
9. Buatlah pedoman kecil untuk kuis berhadiah. Pedoman di sini artinya poin-poin penting yang harus diingat selama mengadakan kuis hingga kriteria pemenang. Misalnya, jumlah pemenang berapa orang, pemenang dipilih berdasarkan tweet tercepat, jawaban paling kreatif, atau yang punya paling banyak followers (influence besar).
10. Pertanyaan yang dilempar di Twitter sebaiknya yang berkaitan dengan produk yang dijual atau yang berkaitan dengan toko online. Misalnya, “apa konsep sepatu yang dijual di toko ini?”. Selain pertanyaan, pemilik toko online dapat juga membuat kuis dalam bentuk ‘bantu promosi’. Misalnya, “promosikan produk kami ke lima akun followers Anda dan dapatkan potongan harga sekian”.
11. Untuk menambah jumlah followers, pemilik toko online bisa memberikan teaser kuis selanjutnya. Misalnya, “kuis berikutnya akan kami adakan jika jumlah followers sudah mencapai 1000”.
12. Pemilik toko online juga bisa menawarkan kerja sama kepada pemilik akun Twitter yang punya followers banyak dan bergerak di bidang yang sama untuk mengadakan kuis. Misalnya, penjual jersey menawarkan kerja sama dengan admin akun suatu klub pecinta sepak bola. Sehingga, jika klub tersebut mengumumkan kuis, tweet-nya akan seperti berikut: “hadiah dari kuis ini akan dipersembahkan oleh @NamaTokoOnlineAnda”.

sumber
---------------------------------------------------------
ditunggu komennya gan
Diubah oleh SuicideSilence 09-06-2013 23:21
0
2.5K
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan