Unhappy [Inilah kinerja Menteri Pertanian] Harga Jengkol Melonjak

harga daging sapi naik eh jengkol harga jengkol malah ikutan naek
kerja mentri pertanian apa sih??

Quote:

Naiknya harga jengkol di sejumlah daerah hingga menyentuh angka Rp 50.000 per kilogram memicu spekulasi soal pemicunya. Apa kira-kira penyebabnya?

Para pedagang di Pasar Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, misalnya, menduga kenaikan tersebut akibat terjadi kelangkaan di pasaran. Suryani, seorang pedagang sayur-sayuran di Pasar Rangkasbitung, mengatakan, sejak tiga pekan terakhir, pasokan jengkol dari petani menghilang.

Menghilangnya pasokan jengkol kemungkinan karena belum memasuki musim panen.

"Karena itu, jika ada jengkol dipastikan harganya melambung hingga mencapai Rp 50.000 per kg atau melebihi harga daging ayam sebesar Rp 25.000. Harga normal jengkol bisanya sekitar Rp 20.000 per kg," katanya.

Sementara itu, Soleh, seorang pedagang di Pasar Rangkasbitung, menduga pasokan jengkol dari sejumlah petani di Kabupaten Lebak berkurang karena banyak pohon jengkol ditebang untuk keperluan bangunan perumahan maupun kerajinan rumah tangga.

"Berkurangnya pasokan jengkol itu karena banyak pohon jengkol beralih fungsi menjadi perumahan maupun perkebunan. Sebelumnya, sentra jengkol di Kabupaten Lebak hampir merata di setiap kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini jengkol di Rangkasbitung dipasok dari Provinsi Lampung dan Palembang.

"Kami berharap petani bisa mengembangkan kembali tanaman jengkol karena permintaan pasar cukup tinggi," katanya.

Kepala Pasar Rangkasbitung Dedi Rahmat mengakui selama ini pasokan jengkol di pasaran menghilang sehingga pedagang terpaksa berjualan komoditas lain. Mereka para pedagang jengkol saat ini beralih menjadi pedagang buah-buahan maupun umbi-umbian akibat kelangkaan tersebut.

"Saya kira kelangkaan jengkol ini kali pertama akibat belum tibanya musim panen juga banyak pohon jengkol digunakan untuk pembangunan rumah," katanya.



Ini komentar Dahlan Iskan

Quote:Jengkol Rp 50.000, Dahlan: Apa Perlu BUMN Kembangkan Jengkol?

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku terkejut mendengar informasi bahwa harga jengkol di sejumlah pasar menembus Rp 50.000 setiap kilogramnya.

"Waduh... kenapa mahal seperti itu. Padahal, jengkol itu makanan kesukaan istri saya. Kalau begitu kasihan dong istri saya," kata Dahlan seusai mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Senin (3/6/2013).

Menurut pria kelahiran Magetan, Jawa Timur, ini, dirinya tidak mempermasalahkan kenaikan harga jengkol hingga melebihi harga daging ayam. "Saya tidak suka jengkol soalnya, tapi kalau pete (petai) saya suka. Harga pete naik enggak ya?" ujar mantan Dirut PLN ini sembari bertanya kepada wartawan.

Ia menuturkan, kalau harga jengkol melambung, tentunya yang kewalahan adalah sang istri, Ny Nafsiah Sabri. "Istri saya doyan jengkol. Dia selalu membeli jengkol dalam jumlah banyak untuk persediaan," ujar mantan wartawan ini sambil tersenyum.

Dahlan menuturkan, ketika berbelanja di Pasar Santa, kawasan Kebayoran Baru, istrinya selalu membeli jengkol 5 kilogram sekaligus.

Sebelumnya diberitakan, harga jengkol di sejumlah pasar di Jabodetabek dan sekitarnya sudah mencapai Rp 50.000 per kilogram. Jengkol yang dalam bahasa Latin disebut dengan Archidendron pauciflorum bahkan harganya sudah melonjak hingga sekitar 100 persen di sejumlah lokasi. Kenaikan harga jengkol ternyata juga diikuti harga petai yang melonjak tajam.

Namun, menanggapi harga jengkol yang melangit tersebut, Dahlan mengaku harus ikut berbagi pemikiran bagaimana solusi menurunkan harganya. "Harus ada solusinya. Bila perlu BUMN membentuk perusahaan khusus untuk mengembangkan tanaman jengkol. Bisa saja dibentuk PTPN XIV yang mengurusi jengkol dan pete," ujar Dahlan dengan bercanda sambil berlalu memasuki kendaraannya.


http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...ngkol.Melonjak
http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...angkan.Jengkol


Spoiler for tanya kenapa:


makasih agan2 "hamba Tuhan"yg baik hati yg udah nyendolin ane
Kayanya td uda ada yg ngepost gan?
TS mau bantuin mentri kerja yah?
kliatan ga srius gt komentar dr dahlan iskan
harga naik juga pasti ada penyebabnya kali gan, masa iya cuma gara2 sapi naik, jengkol pengen ikutan naik juga.. emak ane juga pengen naik haji gan klo gitu

Quote:"Saya kira kelangkaan jengkol ini kali pertama akibat belum tibanya musim panen juga banyak pohon jengkol digunakan untuk pembangunan rumah," katanya.

jadi agan nyalahin menteri pertaniannya?
hadooh daging belanda alias jengkol harganya lg melonjak
gak langsung salahin presidennya aja
Quote:Original Posted By read4muse
harga naik juga pasti ada penyebabnya kali gan, masa iya cuma gara2 sapi naik, jengkol pengen ikutan naik juga.. emak ane juga pengen naik haji gan klo gitu



jadi agan nyalahin menteri pertaniannya?


kita harusnya sadar, namanya juga mentri pertanian, sudah tugasnya mengatur pertanian kita, kalo kinerjanya bagus harga dan stok akan stabil gan
mau jadi apa negri ini di buat si sebeye...
Quote:Original Posted By Psychonirozim
gak langsung salahin presidennya aja


gak serta merta nyalahin presiden juga, presiden mengamanatkan dan memberi wewenang kepada mentri pertanian buat ngurus dan memajukan pertanian dan peternakan Indonesia.

sama halnya dengan pertahanan, presiden mengamanatkan pertahanan Indonesia kepada mentri pertahanan
waktu ane laporan ama emak ane kalo harga jengkol udah nembus angga 50rebu..ane diledekin ama emak ane "50rebu mah dah dari kemaren anakku" makanya kasihan yg jualan mateng yg jual jengkol...

emak ane sering ke pasar gan buat dagang ya sering dapet info sana sini soal harga kebutuhan sayur mayur lauk pauk...

payah dah padahal jengkol favorit banget mesti naek harganya
untung gw ga doyan jengkol
Quote:Original Posted By AriesLeo
waktu ane laporan ama emak ane kalo harga jengkol udah nembus angga 50rebu..ane diledekin ama emak ane "50rebu mah dah dari kemaren anakku" makanya kasihan yg jualan mateng yg jual jengkol...

emak ane sering ke pasar gan buat dagang ya sering dapet info sana sini soal harga kebutuhan sayur mayur lauk pauk...

payah dah padahal jengkol favorit banget mesti naek harganya


agan penggemar jengkol juga ya?? sama ane juga bukan penggemar jengkol
TS orang bermokrat neh
Quote:Original Posted By circ
TS orang bermokrat neh


TS bukan koalisi atau oposisi, TS cuma seorang konservatif
ts suka jengkol ya
ane gak suka jengkol gan
jangan diambil pusing gan, masih banyak makanan alternatif pengganti jengkol
sayang bt gan
untungnya ane jarang makan jengkol
kementriannya juga pada males kerja..

harga per-kg, yang ane tau dari pedagang.

jengkol = 50rb
cabe = 70rb
bawang = 60rb
daging = 90-100rb

yang tanggung jawab ya

1. kementrian pertanian
2. kementrian ekonomi
3. kementrian perdagangan

mereka yang punya kuasa, merekalah yang seharusnya bekerja...
makanan paporite ane tu gan
mahalnya