KASKUS

Lightbulb CARA MEMBUAT ANTENA TV INDOOR SENDIRI

Membuat atau bikin sendiri antena tv indoor sebenarnya tidaklah sulit cukup dengan menggunakan bahan-bahan bekas saja memang hasilnya tidak semaksimal buatan pabrik apalagi dari bentuknya. Seperti di ketahui antena tv ada yang Outdor dan ada juga yang indor dimana penempatan kedua jenis antena ini sangatlah jelas.

Antena tv outdor ditempatkan diluar rumah dan biasanya membutuhkan ketinggian yang cukup agar antena benar-benar dapat menangkap siyal yang dipancarkan dari stasiun relay. sedangkan untuk antena indor biasanya ditempatkan didalam rumah dan tidak jauh dari perangkat tv, antena indor biasanya banyak digunakan didaerah perkotaan atau dekat dengan stasiun pancar ulang / relay.

Umumnya Frekuensi TV bekerja di VHF dan UHF nah antena indor yang akan dibuat kali ini untuk UHF terus terang saja siaran yang bagus-bagus banyak di UHF seperti INDOSIAR,RCTI,SCTV,GLOBALTV,ANTV,TVONE,TRANSTV,TRANS7. sedangkan VHF seperti TVRI.

Nah..Untuk Membuat Antena TV Indoor Sendiri Diperlukan Alat Dan Bahan - Bahan Sebagai Berikut :

Alat Dan Bahan - bahannya.
1. Alumunium Bekas dari Plat Motor
2. Pipa Bekas
3. Kawat Jemuran
4. Kaleng Bekas
5. Kabel Coaxial 75 Ohm
6. Konektor RF untuk ke jack antena
7. Gergaji Besi
8. Baut Scrup
9. Palu
10. Obeng

Sebelum Merangkai ada baiknya lihat Dulu Penampakan Antena Indoornya.
Spoiler for Penampakan Antena Indoor:


Untuk Detailnya Ini Penampakannya
Spoiler for Penampakan Detail Antena Indoor:


Setelah bahan-bahan yang diperlukan ada, Potong Pipa sesuai keinginan anda, dan Potong Pipa kira2 8cm untuk kedudukan plat sekaligus untuk menyambungkan kabel coaxialnya, setelah pipa 8cm tadi selesai dipotong pasang plat satu dan satunyalagi dan beri jarak antara kedua itu kira-kira 1.5cm, dan bagian tengah pipa itu berikan baut skrup atau lem ke pipa penyangga,

Dari Penampakan Diatas Cara Buat Antena TV Indor Sendiri Terlihat, yang Berfungsi sebagai Antenanya adalah Plat Alumunium yang awalnya dari Plat Motor Atau Sejenisnya, sebelum menempatkanya Potonglah Pplat Motor Tersebut dengan ukuran yang sama panjangnya kira 12 cm, ada baiknya Diketok Atau Di Amplas Terlebih dahulu Plat Nomer tesebut Biar Angka-angkaya Rata, Kalo Gak Ente Bisa Kena Tilang..

Kemudian Potong Kawat 4a sepanjang 27 cm, Kawat 4b sepanjang 17 cm, dan 4C sepanjang 11 cm, pasang seperti gambar tempatkan dipipa penyanggahnya, jarak antara kawat 4a dengan tengah bagian plat tadi kira-kira 3 cm dan begitu juga jarak kawat 4b kira-kira 3 cm, sedangkan jarak antara kawat 4b dengan 4c kira-kira 4 cm.

Untuk Kabel Coaxialnya jangan terlalu panjang secukupnya saja sebaiknya kurang dari 1 Meter, kalau kepanjangan fungsi antena berkurang karena sinyal yang diperoleh tidak begitu kuat dan tidak ada penambahan penguat seperti boster memungkinkan sinyalnya akan habis dikabel.

Dan Selanjutnya.. Inilah Hasilnya Dengan Menggunakan Laptop ( Tips Yang Pas Untuk Anak Kos )
Spoiler for Penampakan Antv:


Spoiler for Penampakan Global TV:


Spoiler for Penampakan Indosiar:


Spoiler for Penampakan RCTI:


Spoiler for Penampakan SCTV:


Spoiler for Penampakan Trans7:


Spoiler for Penampakan Trans TV:


Spoiler for Penampakan TV One:


Spoiler for Penampakan TVRI:



Itulah Cara Dan Hasil Dokumentasi Beberapa Siaran TV Dengan menggunakan Antena TV Indoor Buatan Sendiri dari Bahan-bahan Bekas yang digunakan, Selamat Mencoba Ya Gan...

Jangan Lupa Bagi ya Gan.. Dan

...SELAMAT MENCOBA DAN BERKREASI...
mantab gan, layak HT nih

ane bokmark dlo buat nanti bikin
Apa jaminan tidak nyemut juragan
kok nonton nye di leptop gan ?
numpang mejeng di pejwan
Quote:Original Posted By braviano
Apa jaminan tidak nyemut juragan


Untuk Jaminannya gak ada gan..,namanya juga buatan sendiri pasti adalah semut-semut yang nakal..kecuali buatan pabrik gan..,
Quote:Original Posted By braviano
Apa jaminan tidak nyemut juragan


gemana posisi nya sih gan...
klo di kota gede kya jogja pke antena dalem juga gmbarnya sudah jelas...
tpi klo di kota kecil atau desa sih harus pke antena luar gan klo mau jelas...

bner ga TS...
Ane gk kreatif . Tapi ane berusahalah ngebuat sendiri. Semangat!
Quote:Original Posted By keramix
mantab gan, layak HT nih

ane bokmark dlo buat nanti bikin


Ok Gan..,

Quote:Original Posted By v1rg1awan
kok nonton nye di leptop gan ?


iya Gan..,maklum blum bisa beli tv.., jadi manfaatkan barang yang ada.., maklum anak kos..gan..
nice share gan...
ninggalin jejak dulu...
nice share gan..
Quote:Original Posted By Nameless35


gemana posisi nya sih gan...
klo di kota gede kya jogja pke antena dalem juga gmbarnya sudah jelas...
tpi klo di kota kecil atau desa sih harus pke antena luar gan klo mau jelas...

bner ga TS...


bener Banget gan...,1000 Buat Nameless35
wih mantap gan. trit bermutu moga jadi ht gan. congraaattss
perlu di coba nih gan

kebetulan antena tipi ane rubuh and rusak gara2 ketiup angin
wih boleh juga nih gan



Widyasena99 Was Here
Spoiler for Pesan yg bikin males Komeng:
Quote:Original Posted By irhamman
Ane gk kreatif . Tapi ane berusahalah ngebuat sendiri. Semangat!


Tetep Semangat Gan.., Jangan putus asa..,masih banyak jalan menuju luar negeri..
nice info gan..... boleh dicoba nih
Quote:Original Posted By tembalangan
nice share gan...


Ok. Gan..sama2..Senang bisa Berbagi Info..
cerdas gan..