sothelAvatar border
TS
sothel
[Transaksi Pertamax] Awal Mula Transaksi Menjadi Reseller di KASKUS yang Cukup Tragis


Pertama2 saya mohon maaf bila pengalaman yang saya tulis ini menyinggung dan menjatuhkan seseorang / pihak tertentu emoticon-Peace

Langsung disimak saja ya gan.

Berawal dari sebuah ponsel Android yang barusaja saya beli di pertengahan tahun 2012, setelah itu saya putuskan untuk membeli memory / Micro sd class 10, lalu saya muter-muter toko asesories HP ternyata tidak satu pun yang menjual memory yang saya cari. Lalu disarankan untuk mencari di toko komputer ternyata memory yang saya cari juga belum saya dapatkan emoticon-Malu (S)

Setelah muter-muter, sesampai nya di rumah saya memutuskan untuk mencari di FJB Kaskus, ternyata ada beberapa seller yang jual. lalu saya cek satu persatu dan saya cari harga termurah. Pada waktu saya mencari di FJB Kaskus, dalam hati kecil saya "kenapa saya g coba peluang jualan memory ini, karena di kota saya waktu itu toko2 yang jual asesories HP belum ada yang jual Micro sd class 10, kan saya punya tabungan sedikit "
Setelah itu saya mencoba menghubungi beberapa seller yang menjual dengan harga miring alias murah dan reputasi nya bagus, lalu saya sms ke seller-seller tersebut, jika niat saya ingin menjadi reseller.


Setelah mendapat balasan dari beberapa seller, saya mulai menghitung modal saya, harga yang diberikan seller dan keuntungan yang saya dapat, pada waktu itu modal saya cuma dikit banget 1.3jt emoticon-Malu (S)maklum masih mahasiswa gan, setelah selesai menghitung saya menghubungi seller yang ada di malang, karena beliau yg memberikan harga paling bagus dan reputasi di FJB Kaskus baik, lalu saya tanya total nya + ongkir sampai rumah saya dan minta no rekening beliau, pada waktu itu modal 1.3jt bisa dapet sekitar 12pcs Micro sd class 10. Setelah mendapatkan no rekening siang hari nya pada Tanggal 14 Agustus 2012 saya menuju ke ATM untuk transfer sejumlah uang yang telah disepakati. Kebetulan pada saat itu sekalian nganter cewe saya perpanjangan motor, lalu pulangnya mampir ke ATM.

Setelah saya transfer sejumlah uang saya konfirmasi ke seller nya dan memberikan identitas saya. Dan di janjikan kepada seller barang sampai di rumah saya 2 hari karena barang dikirim dari Malang ke Jogja kan g jauh soal nya masih dalam lingkup 1 pulau, dan sore hari nya saya di berikan no resi untuk cek keberadaan barang melalui website di salah satu jasa expedisi, lalu saya menunggu harap-harap cemas barang itu sampai di rumah saya, selang 2 hari kok barang saya belum sampai juga, padahal keesokan hari nya tanggal merah 17 Agustus dan liburan menjelang hari raya Idul Fitri, tapi saya berusaha berfikiran positif aja deh tapi juga harap-harap cemas menunggu barang datang, sampai2 setiap ada motor lewat depan rumah pasti saya intip berharap kurir yang datang mengantar barang pesanan saya, padahal itu tetangga saya yang lewat bukan kurir yang saya tunggu2 kedatangannya emoticon-Malu (S)


Lalau malam hari nya tanggal 16 Agustus saya cek tuh no resi nya di website salah satu jasa expedisi nya, ternyata barang sudah sampai di cabang jasa expedisi nya yang ada di kota saya Jogjakarta, dalam hati saya "ini barang udah sampai di jogja kenapa kok blm di antar ke rumah saya, apa jangan2 libur menjelang lebaran atau emng lupa blm di kirim" tp ya sudahlah saya tunggu aja, lalu pas tanggal 17 Agustus nya siang hari saya putus kan tanya ke pos satpam yang ada di depan komplek rumah, ternyata satpam nya pun tidak menerima titipan barang, mulai dari situ saya udah cemas n' binggung emoticon-Bingung (S) , soalnya bentar lagi lebaran pasti orang2 jg libur, otomatis saya jg ada di rumah mudik ke rumah sodara, planning saya barang itu sampai sebelum lebaran. "Ya sudah lah mungkin kurir nya baru libur lebaran, dan setelah lebaran barang di antar ke rumah" dalam hati saya berkata seperti itu.

Pas lebaran pun saya jadi g bisa tenang, kepikiran sama barang saya yang tak kunjung datang, secara itungannya udah 1 minggu kn barang belum sampai jg, akhir nya sehari setelah lebaran ke 2, pulang ke rumah berharap barang nya sudah di antar dan di titipkan sama satpam di komplek saya, lalu tanya sama satpam dapet titipan paket apa kagak, eh ternyata satpam nya jg g nerima titipan paket, di pikiran saya udah campur aduk tuh takut barang nya g samapai atau hilang, meskipun harga nya g mahal2 amat cuman itu uang dari hasil tabungan saya satu2 nya, setelah itu saya lapor sama seller nya kalau barang nya blm saya terima, seller nya pun ngrespon dengan baik beliau jg mau bantu hub jasa expedisi nya yang ada di Malang, saya pun juga menghubungi jasa expedisi nya yang ada di Jogja. Percakapan saya dengan CS Jasa Expedisi tesebut:
Saya: Mbak mau tanya barang saya kok sampai saat ini belum sampai, barang dikirim dari tanggal 14 Agustus 2012, dengan no resi ini.
CS: Sebentar ya mas saya lihat tracking nya dulu.
Saya: Iya, mbak.
CS: Mas ini barang nya udah di terima atas nama Bita.
Saya: Lho!! Bita itu siapa, di rumah saya g ada yg nama nya Bita, tetangga saya jg g ada yang nama nya Bita.
CS: Oh.. Begitu ya mas, klo gitu saya tanyain sama kurir nya dl, nanti saya hub Mas nya aja.
Saya: Ya udah mbak, tolong segera di proses, dari kemaren saya sudah nunggu barang nya.
CS: Di tunggu ya mas, nanti saya hub mas nya aja.
Saya: Iya mbak saya tunggu.


Setelah itu saya tunggu informasi dari CS jasa expedisi, udah 2 hari blm ada kabar apa2 dari Jasa expedisi nya, pikiran saya sudah kacau bener takut barang nya hilang, karena itu pertama kali nya saya transaksi beli barang via Online, lalu seller menghubungi saya kalau barang saya itu ternyata hilang.
Percakapan saya dengan seller:
Seller: Bos, saya baru saja dapet kabar dari Jasa expedisi yang di Malang, katanya barang nya hilang di Jogja
Saya: Kok bisa hilang gt bos, trus barang saya gmn dnk? di ganti apa g nih?
(tanya gt coz baru pertama kali beli barang di online shop emoticon-Malu (S))
Seller: Nanti saya kirim lagi deh barang yg sama, trus nanti barang yg hilang di ganti 100% sama jasa expedisi nya.
Saya: Oh begitu ya, ya sudah kalau di ganti sama jasa expedisinya, trus situ mau kirim ulang barang nya kapan?
Seller: Nanti saya kirim ulang barang yg sama, trus di tracking di website nya ya klo barang udah sampai di Jogja, di jemput aja di cabang jogja biar kagak hilang lagi.
Saya: Oke bos siap.


Kemudian barang di kirim lagi tuh dengan jumlah dan jenis yang sama, lalu saya di berikan no resi. Tiap hari saya tracking tuh nunggu barang nya sampai di Jogja, setelah saya cek barang nya udah sampai di Jogja saya mau ambil sendiri tuh, baru mau ambil ternyata udah di anter sama kurir. Lalu saya menghubungi seller kalau barang kiriman pengganti udah sampai, lalu saya di hub sama Jasa Expedisi nya kalau barang saya yg pertama hilang lalu suruh mengisi surat keterangan bahwa kehilangan barang. Besok nya saya pulang kuliah mampir ke cabang jasa expedisi tersebut yg ada di Jogja, mengisi surat keterangan kehilangan barang, dan CS bilang kalau barang yg tidak di asuransi kalau hilang cuma di ganti 10 x dari tarif ongkir. Sepontan saya menolak karena itu kesalahan murni dari jasa expedisinya bukan dari saya atau seller nya. Dan harus di ganti 100%, CS nya bilang ini dari peraturan perusaan sudah seperti itu. Saya tetep kekeh sama pendirian saya bahwa harus di ganti 100% emoticon-Mad (S). Secara kalau cuma di ganti 10 x ongkir, saya jadi nombok ke seller coz ongkir nya cuma 14rb, 10x 14.000= 140,000. Padahal harga total barang nya 1.200.000 an, jd nya saya harus nombok 1jt lebih untuk ganti rugi ke seller nya. Saya tetep g mau nerima keputusan dari jasa expedisinya, sebalik nya pun juga seperti itu jasa expedisinya tetep kekeh sama peraturan yang udah ada emoticon-Mad (S)(lagi-lagi konsumen yang di rugikan)


Setelah itu saya buka lapak deh di FJB Kaskus, walaupun masalah dengan jasa expedisi blm selesai dan saya setelah itu udah tidak mau lagi menggunakan jasa expedisi tersebut karena saya merasa dirugikan, dan di lapak saya itu saya menganjurkan buyer untuk menggunakan jasa expedisi lain untuk buyer yg berada di luar kota (takut kejadian serupa keulang lg). Masalah tersebut sempat berbulan2 belum selesai karena belum ada kesepakatan antara saya, seller dan Jasa expedisi. Kepikiran juga tuh masalah belum kelar2 cuman jadi beban hidup aja. Akhirnya selang kurang lebih 3 bulan Jasa Expedisi nya melunak mereka mau mengganti 50% dari total harga barang saya yg hilang. Lalu 50% nya saya dan seller yang tanggung, udah kesepakatan antara saya dan seller. Yasudah lah dari pada cuman jadi beban saya bayar ganti rugi 25% dari total harga barang ke seller. Sisa nya 25% seller yang tanggung.

Demikian pengalaman pertama saya Transaksi di Kaskus sekaligus pertama kali menjadi reseller di FJB Kaskus, semoga kedepannya g kejadian hal serupa. Maaf kalau ceritanya panjang banget emoticon-Malu (S)

Sekali lagi saya minta maaf klo ada pihak yang tersinggung dari cerita saya di atas, saya tidak bermaksut untuk menjelek2 an, saya cuman bercerita pengalaman saya Pertama kali Transaksi di Kaskus.
emoticon-I Love Kaskus (S)
0
4K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan