5 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia

Quote:
Apa Susahnya Ngerate Untuk Indonesia? Silahkan Dirate dulu gan

Quote:Alhamdulillah HT perdana ane meskipun ane ga tau kalo HT, gara gara ane lagi ujian
Sebelumnya ane berterimakasih banyak untuk para kaskuser, momod dan mimin
Spoiler for Bukti HT:

Siapa Yang Engga Kenal Rujak?
Quote:Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu atau kuah. Rujak sendiri biasanya di jadikan jajanan pasar yang sangat nikmat ketika di santap di siang hari nah berikut ini ada 5 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia kamu mau tahu rujak apa aja itu yuk kita simak berikut ini.
1. Rujak cingur

Rujak cingur adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Dalam bahasa Jawa kata “cingur” berarti “mulut”, hal ini merujuk pada bahan irisan mulut atau moncong sapi yang direbus dan dicampurkan ke dalam hidangan. Rujak cingur biasanya terdiri dari irisan beberapa jenis buah-buahan seperti ketimun, krai (sejenis ketimun khas Jawa Timur),bengkoang, mangga muda, nanas, kedondong dan ditambah lontong, tahu, tempe, bendoyo dan cingur serta sayuran-sayuran seperti kecambah/tauge, kangkung dan kacang panjang. Semua bahan tadi dicampur dengan saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang untuk sedikit mengencerkan, gula/gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk). Semua saus/bumbu dicampur dengan cara diuleg, itu sebabnya rujak cingur juga sering disebut rujak uleg.
2. Rujak Gobet/Beubeuk

Rujak Gobet adalah salah satu makanan tradisional Jawa (Malang). Rujak ini biasanya di sajikan pada acara Telonan atau Tingkepan wanita yang sedang hamil. Rujak ini terdiri dari beraneka ragam buah-buahan, seperti bengkowang, nanas, pencit, blimbing, jambu, babal (nangka muda), asem dan masih banyak lagi lainya. Jadi, rasa RUJAK GOBET ini nano-nano, karena di aduk dan dicampur menjadi satu. Suguhan Rujak Gobet menjadi menarik, enak, karena menyatukan beragam buah yang berbeda rasa, warna, serta asalnya. Rasa rujak ini begitu nikmat, baunya mengoda setiap orang mendekat.
3. Rujak manis

Rujak manis adalah semacam salad. Terbuat dari buah-buahan segar dengan saos manis pedas. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Saus yang dipakai terbuat dari gula jawa, kacang tanah, asam, garam, jeruk nipis, dan cabai.
Cara penyajianya sebagai berikut Buah dikupas, dicuci lalu diiris tipis-tipis. Bahan untuk saos dihaluskan lalu diberi sedikit air agar kental. Saos kemudian disiramkan ke atas buah-buahan sebelum disantap.
4. Rujak petis

Rujak petis adalah salah satu makanan tradisional yang mudah ditemukan di daerah timur pulau Jawa. Rujak petis biasanya terdiri dari irisan timun, bengkuang, mangga muda, kedondong, tahu, kecambah/ tauge, dan kangkung. Semua bahan tadi disajikan dengan siraman resep saus atau bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam, gula merah, pisang muda, dan air.
Di daerah Jawa Timur, selain petis yang biasa digunakan untuk bumbu Rujak petis, ada juga yang menggunakan petis Madura yang berwarna kemerahan. Rujak petis biasa disajikan dengan tambahan kerupuk, dan dengan alas pincuk (daun pisang) atau piring.
5. Rujak Soto

Rujak Soto adalah masakan khas dari daerah Banyuwangi, Jawa Timur. Masakan ini merupakan paduan unik antara Rujak Cingur dengan Soto Babat.
Biasanya rujak disajikan terlebih dahulu, kemudian disiram dengan kuah soto berikut babatnya. Rasanya juga khas, ada unsur soto. sekaligus rasa rujak dengan aroma terasinya. Rujak Soto kadang disajikan dengan Es Temulawak.

Gimana? mau nyobain semuanya gan?

Sumber
Tambahannya di Bawah Gans

Spoiler for Rahasia:

Spoiler for Komeng:

Quote:Mampir ke Thread ane yang lain gan, dijamin ga nyesel
5 Jenis Rujak Yang Ada di Indonesia
Gejala Stres Akibat Kecanduan Smartphone
Tempat Inilah yang Banyak Dikunjungi Jelang Puasa
Kuliner Ramadhan : Menu Takjil Dengan Nama Unik
jadi pengen makan rujak nih

Update

Rujak Bali
Quote:Original Posted By kalashnikov45
Di Bali ada rujak kuah pindang gan,
rasanya

Rujak Terasi Lombok
Quote:Original Posted By coponk12
tambahan gan.
rujak terasi asal Lombok blm pernah makan gan?
itu juga sadap

Rujak Bakso Madura
Quote:Original Posted By simplygrey
saya lebih suka rujak bakso dari madura gan

tapi uda jarang yang jual

Quote:Original Posted By rsonya
kalo di kota ane ada rujak matengan gan
bahannya dari lontong, cecek (bukan cicak loh), tahu, tempe, sayuran sama bumbu kacangnya gan

Rujak Eskrim
Quote:Original Posted By rafe481
Spoiler for Rujak eskrim Jogja:

Dijogja ada rujak eskrim gan

Rujak Palembang
Quote:Original Posted By maspanda
nih gan dikampung ane Palembang ada Rujak Mie

Spoiler for Rujak Mie:


Mie + pempek disiram cuka/kuahnya

Rujak Aceh
Quote:Original Posted By ciapuh
Di Aceh ad rujak Aceh gan. Isinya timun, pepaya, nenas, ama jambu di kuahi sma saos kacang gan. Mantap




Rujak Kecut
Quote:Original Posted By qzxi
Di Banyuwangi ada lagi gan..
Namanya rujak kecut
Jadi rujak kecut itu kaya rujak gobet/bebek gitu..
Kalo di tempat istri ane,, rujaknya ga dibebek gitu gan..
11 12 kaya gobet malang,, tapi ga dibebek,, kuahnya dari rendaman asem..

Nah kalo rujak kecut Banyuwangi itu kuahnya pake "werak" (semacam tuak,, tapi ga sekeras tuak..) nah pas dtambahin ke buah2nya itu ditambahin air lagi sesuai selera,, mau seberapa asem..
Dijamin masih dimasakin aja udah ngiler cium baunya..
:ngiler

Kurang lebih kaya gini bentuknya


Quote:Original Posted By rfdh
jadi pengen makan rujak nih


Cepet banget gan
Belilah gan
woaaa yang rujak soto ane lum coba tu...rasanya gmn tuh gan...kek soto biasa ato gmn
Masih banyak yang lain gan, tapi yaudahlah.
Quote:Original Posted By juraganrisol
Masih banyak yang lain gan, tapi yaudahlah.


bisa dishare ga gan?
ini nih yg suka ane bikin
Spoiler for buka:
hadeh jd ngiler liat nya
kalo rujak gobet ane belum pernah coba tuh gan , tapi kalo rujak soto maknyus tuh
Quote:Original Posted By Aldiasta
ini nih yg suka ane bikin
Spoiler for buka:

seger amir buahnya
hedeh bengen nyolek sambelnya
apalagi siang2 gini
Rujak cingur gan.mantep tuh
temen2 ane pada makannya rujak kuah pindang gan
Quote:Original Posted By Aldiasta
ini nih yg suka ane bikin
Spoiler for buka:


Mantap
ijin nyimak gan

pengen rujak , tapi ane udah kenyang
Rujak petis gan,.. Agan bikin ngiler neee
rujak manis favorit ane kalo pas sore2 tuh
Quote:Original Posted By rydhaahmad
rujak manis favorit ane kalo pas sore2 tuh


siang siang juga gan
kalo di kota ane ada rujak matengan gan
bahannya dari lontong, cecek (bukan cicak loh), tahu, tempe, sayuran sama bumbu kacangnya gan
Rujak soto baru tau ane gan