KASKUS

Pemain Malam Banda Aceh Medan Masa Kini

Thanks Kaskus for Hot Thread



Maaf sebelumnya bukan bermaksud membanding-bandingkan hanya sekedar bentuk apresiasi saya terhadap perkembangan bus di Aceh

Quote:Mungkin sejak beberapa puluh tahun silam kita hanya mengenal bahwa armada bus yang sampai ke Banda Aceh sebagai terminal bus paling barat Indonesia hanyalah bus kelas ekonomi, tanpa AC, tanpa toilet, tanpa selimut. Tetapi itu mungkin dulu, masa masa jaman tak enak. Meski biar bagaimanapun sejarah adalah cerita yang tak boleh dilupa.
Spoiler for Masa Lalu:



Quote:Hingga masa pahit itu beranjak dari Tanah Rencong, Aceh Lon Sayang. Seiring dengan berjalannya waktu, gejolak pertumbuhan ekonomi di Aceh kembali menggeliat. Hal ini turut memacu moda transportasi sebagai modal awal penggerak ekonomi. Perlahan tapi pasti beberapa perusahaan bus di Aceh mulai memainkan peranan teknologi untuk meningkatkan daya saing.


Quote: FA. PMTOH (Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan)
Bus ini digadang gadang sebagai pemilik rute terpanjang untuk kelompok Bus Aceh. Bayangkan saja PMTOH memiliki armada ekonomi Banda Aceh - Medan - Solo. Dengan usia yang menginjak 50tahun lebih kini armada PMTOH turut meramaikan lintasan Banda Aceh - Medan meski sebenarnya ada juga lintasan Medan - Takengon. Armada dengan keluaran pabrikan terbatas di dunia OH 1830 menjadi jagoannya saat ini.

Spoiler for Armada PMTOH:


Quote:
SEMPATI STAR
Nama lama wajah baru. Demikianlah kalimat untuk menggambarkan bus ini. Datang dengan tampilan yang "ngejreng" membuat banyak orang berdecak kagum dan penasaran untuk mencobanya. Termasuk beruntung karena pernah mencoba bus ini kali pertama tiba di Banda Aceh. Interior yang mewah, bagasi atas nyaris seperti bagasi pesawat menambah kemeriahan Sempati Star. Dengan terbitan karoseri Adiputro, Sempati Star menggunakan Jet Bus HD dengan pabrikan Mercedes Benz. Setelah memainkan 1626, 1830 dan O500R 1836 sebagai pemicu awal. Kini Sempati Star menjadi pelopor SCANIA masuk ke ranah Aceh. Bermodalkan K360, Sempati Star siap mengarungi lintasan Medan Banda Aceh.

Spoiler for Sempati Star:


Quote: KAP (Kurnia, Anugerah, Pusaka)
Mungkin dapat dikatakan bahwa KAP Grup merupakan kesatuan bus terbesar di Aceh. Hal ini saya katakan demikian karena memiliki 3 nama dalam satu perusahaan. Dengan rute yang sama Banda Aceh - Medan, KAP Grup juga melintasi jalur Medan - Jakarta. Pucuk sejarah perdana bus di Indonesia yang menggunakan rem airsuspension dan rem ABS adalah Mega Trend dari Kurnia. Tidak ingin kalah dengan kompetitornya maka KAP Grup juga menambahkan armada baru. Sebagai kesatuan grup yang cukup besar, KAP Grup tidak ingin ketinggalan dengan kompetitor lainnya meski telah memiliki Mega Trend. Masih dengan pakem yang sama, pabrikan Mercedes Benz masih menjadi idola KAP Grup. Tidak tanggung tanggung, ketiga nama yang dimiliki langsung mendapatkan tambahan armada MB 1836 O500R.

Spoiler for Kurnia:


Spoiler for Anugerah:


Spoiler for Pusaka:


Spoiler for KAP GROUP:


Spoiler for Megatrend :



Quote: CV. PELANGI
Bus ini juga merupakan salah satu dari bus dengan rute panjang dari Banda Aceh. Pelangi memiliki rute Banda Aceh - Bandung. Meski memiliki rute Medan - Bandung, Medan - Pekanbaru serta Medan - Palembang. Fakta yang tidak bisa dipungkiri adalah bahwasanya Pelangi merupakan Bus Aceh yang selalu menggunakan AC sekalipun armadanya digunakan sebagai pengangkut barang. Seiring berkembangnya waktu, Pelangi melebarkan sayap dengan munculnya New Pelangi dan yang terakhir Putra Pelangi Perkasa. Munculnya dua nama tersebut mengisyaratkan gosip bahwa CV. Pelangi telah pecah kongsi tetapi dalam dunia bisnis mengembangkan sayap merupakan sebuah taktik dagang yang kerap dilakukan.

Spoiler for Pelangi:


Spoiler for New Pelangi:


Spoiler for Putra Pelangi Perkasa:



Quote: CV. SANURA
Bus ini merupakan genre termuda di Banda Aceh (atau mungkin saya tak tahu sejarah ) Hadir kurang dari setahun terakhir di Banda Aceh, Sanura hadir dengan kemegahan Scorpion King nya. Mungkin untuk diluar Aceh Scorpion King merupakan genre yang biasa . Layaknya bus Aceh rute Banda Aceh -Medan, Sanura menyediakan fasilitas smooking room, AC, Toilet, Full Music, juga WIFI. Ya, WIFI merupakan sebuah fasilitas yang sangat digandrungi oleh masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya.

Spoiler for Sanura:




Quote: HARAPAN INDAH
Harapan Indah terbilang sebagai Perusahaan Otobus terbaru di Banda Aceh. Meski sebenarnya ada perusahaan lain di Aceh yang dinyatakan beroperasi kembali, akan tetapi belum sampai ke Banda Aceh. Kurang dari satu tahun beroperasi, Harapan Indah telah memiliki ruang tersendiri di mata pengguna jasa layanan transportasi Medan - Banda Aceh. Meski belum banyak, akan tetapi Harapan Indah sudah dikenal khalayak ramai di Tanah Rencong. Seperti kebanyakan bus bus Aceh, Harapan Indah juga turut menyajikan seat 2-2, WIFI, smooking room yang luas, toilet, juga pintu tengah. Harapan Indah juga sedikit mengadopsi teknologi pesawat dengan menyediakan beberapa televisi berlayar kecil dan satu layar besar di muka, sehingga para penggunanya dapat juga menikmati hiburan yang disajikan.

Spoiler for Harapan Indah:



Quote:ROYAL OTOBUS

Sebelumnya CV. Royal Otobus Yakin Aman lancar adalah sebuah usaha perseorangan yang dijalankan dengan manajemen keluarga yang dimulai sejak tahun 1965 oleh Bapak Razali Sulaiman. Usaha bus pertama dijalankan pada tahun 1980, bergabung dengan nama CV. Tramindo, yang badan usahanya dimiliki oleh Bapak Hanafiah.

Dalam proses perjalanannya usaha keluarga ini terus berkembang dan pada tahun 1985 dilakukan penambahan unit bus dan bergabung dengan nama PT. Aceh Transport (ATS) dan pada tahun 1989 bergabung dengan Fa.PMTOH. Pada tahun 1990, disaat perkembangan ekonomi yang cukup bagus dan iklim usaha yang cukup bergairah, Bapak Razali Sulaiman mengambil alih 15 unit Bus CV. Tramindo dari Bapak Hanafiah serta seluruh operasionalnya.

Dibawah manajemen Bapak Razali Sulaiman, CV. Tramindo berkembang pesat dan menjadi pilihan transportasi masyarakat, namun pada tahun 1998 disaat kondisi politik dan ekonomi yang kurang kondusif yang berdampak pada naiknya beban operasional, perusahaan mengalami goncangan yang cukup dahsyat. Dengan pertimbangan usaha, Bapak Razali Sulaiman memutuskan untuk menjual 15 unit bus CV. Tramindo dan menyisakan beberapa unit bus yang bergabung dengan nama Fa. PMTOH hingga saat ini.

Spoiler for Royal Otobus:


Spoiler for tarif:

Spoiler for telolet:


Thanks atas partisipasi kawan kawan
Thanks Sepuh yang sudah mampir

Quote:Original Posted By 02bayu
Busnya bagus-bagus membuat orang yang tadinya ga suka naik bisa, menjadi mau dan malah menjadi ketagihan ..

The legend of MEGATREND OH 1634L, you are MASTERPIECE

Salam hangat dari BMC Sumatera untuk kawan-kawan Aceh Bus Lover Community.


Lain waktu kita akan berjumpa lagi di batoh.

Quote:Original Posted By Shalsha
Om Prink...

nice tread om..
Cendol send

Quote:Original Posted By begerdak
Maaf sebelumnya bukan bermaksud membanding-bandingkan hanya sekedar bentuk apresiasi saya terhadap perkembangan bus di Aceh


Quote:Original Posted By youlee13
Salam FORBISCOM area Bekasi gan

Quote:Original Posted By kinderjoy1
agan busmania gan ceritanya?
sama dong gan
salam dari raya fans club jakarta gan


Quote:Original Posted By barrock
apa rasanya yaa naek bus dari solo - aceh

berapa hari sih?


Quote:Original Posted By kadalxburik
Pengen nyobain naek FA. PMTOH (Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan) dari solo gmn rasa nya yaa

nice thread om


Quote:Original Posted By cabolaki
Mantep om
Ane belum pernah ke aceh
Someday temenin ya om prinx kalo ane kesana

Quote:Original Posted By idark
Keren2 juga tuh bus bus nya. gokil


Quote:Original Posted By loentuanqe
lagoina bang* semoga dengan bus sedemikian elok juga dibarengi dengan pelayanan yg elok juga juga....( mandum bus baroe kaleuh loen eik gan*hana ubat )

Quote:Original Posted By kodratzikri
wow
trit om prinx jadi HT..

kalo ane dulu seringnya naek pelangi dari Medan-Lhokseumawe n Lhokseumawe-Medan..

Quote:Original Posted By carthagena
Bus AKAP aja bisa di upgrade ya gan, giliran bus transjakarta yang dananya dari PEMDA malah boborok gitu..


Quote:Original Posted By risolers
greget abis operatornya
mungkin di indonesia saingannya cuman PO2 Makassar doang yak

saran aja, coba tuh PO semuanya punya sistem booking online gabungan (sistem agregasi) kek PO2 di singapur-KL atau Bangkok-Kamboja-HCMC, pasti mantep tuh

jadi satu situs bisa booking online macam2 PO aceh-medan

btw paling edan tuh sempati star, bahkan di poolnya punya shower room sendiri



Spoiler for Thanks sepuh:


Spoiler for thanks sepuh :


Mantap gan, ane pernah naik Nonstop PMTOH.
Banda Aceh - Medan tembus 9 jam
sedap2 kali
scorpion king pun cetar semriwing

asli kurnia baru persis kayak A380 malaysia airline ya

pusaka juga mw loncing yg barunya ya:
agan orang aceh?
Armada baru di Banda Aceh
Spoiler for Sempati Star:


Spoiler for Kurnia:
Quote:Original Posted By PriNx


iya kaka, Perusahaan Bus di Aceh akan segera meluncurkan produk produk baru mereka dalam menghadapi arus mudik Lebaran nanti.

weess, bakal rame nanti nih. spotting pun ceria

ane jadi kepingin coba yang sanura

oh iyes, ane bingung, pasword WIFI nya tanya ke siapa ya
Sempati STAR
Perjalanan dinas ke Takengon menjadi nyaman & berkesan.












gile bener deh super exe nya sumatra manteppp2, mesinnya baru2, update....
beberapa SE di jawa malah mesin tua , ckckck
Quote:Original Posted By genk10z

weess, bakal rame nanti nih. spotting pun ceria

ane jadi kepingin coba yang sanura

oh iyes, ane bingung, pasword WIFI nya tanya ke siapa ya


pasword tanya ke kondektur saja kaka
biasanya sih ada stiker informasinya

Quote:Original Posted By PappnyaM
Sempati STAR
Perjalanan dinas ke Takengon menjadi nyaman & berkesan.














Jalur Takengon mantap gan

Quote:Original Posted By small country
gile bener deh super exe nya sumatra manteppp2, mesinnya baru2, update....
beberapa SE di jawa malah mesin tua , ckckck


wah ada kaka sepuh lintas Jawa Sumatera
maklum kaka, mobil lama sudah mulai diparkir atau jadi bus siang.
bus2 di Aceh memang keren!
Ane baru tau ada perusahaan otobus baru yakni Sanura. Bus nya aje gile fitur nya
---
Ingat...bentar lagi hari raya...jangan lupa pesan tiket jauh seblm keberangkatan....hehehe. Ane lebaran idul adha lalu minta tlg teman ane yg tinggal di medan pesanin tiket 2 minggu sebelm plg ke Aceh. takut kehabisan. pengen naek yg 2-1 tp berhubung waktu ane nyampe medan diatas jam 9 malam terpaksa naek kelas biasa...hehe....
Quote:Original Posted By minicarhunter
bus2 di Aceh memang keren!
Ane baru tau ada perusahaan otobus baru yakni Sanura. Bus nya aje gile fitur nya
---
Ingat...bentar lagi hari raya...jangan lupa pesan tiket jauh seblm keberangkatan....hehehe. Ane lebaran idul adha lalu minta tlg teman ane yg tinggal di medan pesanin tiket 2 minggu sebelm plg ke Aceh. takut kehabisan. pengen naek yg 2-1 tp berhubung waktu ane nyampe medan diatas jam 9 malam terpaksa naek kelas biasa...hehe....


iya gan, memang kalau menjelang hari raya, long week end, tiket bus Banda Aceh - Medan cepat sekali habis terjual
keren gan
btw ane dapet pejwan nih

*kapan-kapan pengen travelling ke Banda
semenjak beretualang ke wilayah barat-selatan aceh jd jarang naik bus ni

mudah2an rute wilayah barat-selatan segera ada rute bus juga ya suatu saat nanti
Quote:Original Posted By maling
keren gan
btw ane dapet pejwan nih

*kapan-kapan pengen travelling ke Banda


ditunggu Uda ya

Quote:Original Posted By T.O.N.I
semenjak beretualang ke wilayah barat-selatan aceh jd jarang naik bus ni

mudah2an rute wilayah barat-selatan segera ada rute bus juga ya suatu saat nanti


Kemarin sempat ada PMTOH rute Banda Aceh - Tapaktuan, tapi kurang bergairah, jadi ditarik kembali Om.
Semoga dengan bertambahnya armada, ada armada yang masuk ke lintas Barat Selatan ya Om
MANTAP OM!
ane juga skrg pindah busmania, karena kereta semakin mahal >.<
Pm.toh kalo liat di jogja kok karatan2 gitu ya bodinya
salut yha rapi benarrr..
ane kira pemain malam sejenis kupu2 malam

btw nais inpo gan
nice share gan... tp sekalipun ane blm prnah menginjak bumi tanah rencong... smg kelak ad ksempatan...
wuih MANTAB PO.PMTOH ada yg SE ny jg...