Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang.[1][2][3] Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa,[1]Kalimantan,[2] dan Bali.[3][4] Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia.[3][4] Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.[1][3][4]

Secara sosio realistis jenglot merupakan binatang yang sangat lambat dalam bergerak hingga tak mungkin dapat bertahan hidup lama, jenglot hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa tempat persembunyiannya. jenglot hanya mampu keluar dimalam hari karena tak ada binatang buas dan manusia yang akan mengganggunya dan menyebabkan kepunahan. Dan dalam mitos jenglot dianggap memiliki kesaktian/kekuatan mistis seumpama dewa wisnu dengan sakti garuda dan siwa dengan sakti lembu (sakti=wahana/kendaraan/wadah/istri) Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.[5][6] Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.

Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.[5][6]

Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.


Quote:Original Posted By vinyou
Spoiler for Video:


Spoiler for Pic:
mbah2 sspuh yg puny bk mhn info yg bsa diajak krjasama dngn sy. nwn.
kebanyakan jenglot cuman boneka ya di isi sama qodam2 saketih kek banaspati
yg asli itu biasanya bathara karang dan gak mungkin kalo BK di perjual belikan
mosok leluhurnya di perjual belikan
BK itu adalah , luluhur yg punya ilmu sakti , lalu dia moksa ruh nya ke alam lain dan tubuhnya menjadi menciut lama2 ... dll dll dan terlalu panjang penjelasannya
dan biasanya kalo yg punya BK asli itu gak akan mau di foto oleh pemiliknya ... entar di cucup ubun2nya ama tuh BK
serem juga ea jenglot.. katanya rambutnya selalu tumbuh panjang ea....
Hii jenglot serem...
numpang nyimak yah,gan
Quote:Original Posted By vinyou


Wah si agan tau bgt, miara jenglot jg ya gan..


miara sih belum gan...tapi bisa jadi gan...
berbekal dari pengalaman saya yang telah ditipu mengenai jenglot dan merah delima hingga 200jtan oleh orang yang katanya sektih ternyata cuma paranormal abal2. berbekal dari itu saya kemudian dikenalkan oleh adik ipar saya kepada temannya yang sekarang sudah saya anggap seperti saudara. saya tau mengenai mistic dan benda bertuah serta fungsinya masing2 kebetulan keluarga saya senang mengkoleksi benda2 bertuah termasuk saya. dan orang yang saya anggap seperti saudara adalah anak muda sektih yang di jakarta bisa dibilang pendekar pilih tanding(bukan maksud membanggakan) dan dimalam2 tertentu kami sering diskusi dan membahas masalah ghaib termasuk rencana penarikan batara karang. sedangkan benda bertuah yang kami miliki ada batu2 berkhodam, keris, besi kuning, merah delima dan pasangannya, rantai babi dan masih banyak lagi gan. semua dari hasil menarik dari rumah tidak perlu datang ke hutan atau ke jawa dan memerlukan modal yang cukup lumayan tergantung benda yang mau ditarik jenis dan fungsinya. yang terberat dari benda yang kami miliki adalah rantai babi dengan media madat asli 5kg. kami mencari madat saja banyak yang palsu atau campuran. benda2 tersebut apabila sedang kami berdayakan benda tersebut pergi (hilang) dan akan kembali bila kami minta kembali..(bukan cuma kata orang) tetapi kami menganggap bahwa barang2 berkhodam hanya sebagai hiburan belaka sehingga tidak mempengaruhi keyakinan kami pada sang maha khaliq (allah Swt) agar kami tidak termasuk orang2 yang sesat.

salam
jenglot

kecil, imut, menakutkan
jaman sekarang juga masih banyak calon2 jengglot yaitu manusia2 yang badannya diisi anti pukul anti bacok anti peluru. Kalo udah waktunya meninggal jasad tidak diterima bumi roh tidak diterima langit alias diusir dari alam semesta ciptaan Tuhan YME. Manusia2 seperti itu bisa mati dgn cara dipisahkan antara kepala dan badannya tapi nanti jadi baraspati. tau baraspati?
Serem banget yah.... Tatut
Quote:Original Posted By BantengMirc
kebanyakan jenglot cuman boneka ya di isi sama qodam2 saketih kek banaspati
yg asli itu biasanya bathara karang dan gak mungkin kalo BK di perjual belikan
mosok leluhurnya di perjual belikan
BK itu adalah , luluhur yg punya ilmu sakti , lalu dia moksa ruh nya ke alam lain dan tubuhnya menjadi menciut lama2 ... dll dll dan terlalu panjang penjelasannya
dan biasanya kalo yg punya BK asli itu gak akan mau di foto oleh pemiliknya ... entar di cucup ubun2nya ama tuh BK


Nice info gan..
Quote:Original Posted By BantengMirc
kebanyakan jenglot cuman boneka ya di isi sama qodam2 saketih kek banaspati
yg asli itu biasanya bathara karang dan gak mungkin kalo BK di perjual belikan
mosok leluhurnya di perjual belikan
BK itu adalah , luluhur yg punya ilmu sakti , lalu dia moksa ruh nya ke alam lain dan tubuhnya menjadi menciut lama2 ... dll dll dan terlalu panjang penjelasannya
dan biasanya kalo yg punya BK asli itu gak akan mau di foto oleh pemiliknya ... entar di cucup ubun2nya ama tuh BK



kta tmen ane dalam ritual penarikan jg bsa mendapatkan jenglot,,
dan mnurut tmen ane itu jg BK gan,,..
rambut dan kuku nya tetep tumbuh,,..
maaf kalo ane salah,,..

salam hormat selalu dri newbie yg kecil ini,,..
Quote:Original Posted By dexsam



kta tmen ane dalam ritual penarikan jg bsa mendapatkan jenglot,,
dan mnurut tmen ane itu jg BK gan,,..
rambut dan kuku nya tetep tumbuh,,..
maaf kalo ane salah,,..

salam hormat selalu dri newbie yg kecil ini,,..


monggo kang
Quote:Original Posted By torodieeluse


miara sih belum gan...tapi bisa jadi gan...
berbekal dari pengalaman saya yang telah ditipu mengenai jenglot dan merah delima hingga 200jtan oleh orang yang katanya sektih ternyata cuma paranormal abal2. berbekal dari itu saya kemudian dikenalkan oleh adik ipar saya kepada temannya yang sekarang sudah saya anggap seperti saudara. saya tau mengenai mistic dan benda bertuah serta fungsinya masing2 kebetulan keluarga saya senang mengkoleksi benda2 bertuah termasuk saya. dan orang yang saya anggap seperti saudara adalah anak muda sektih yang di jakarta bisa dibilang pendekar pilih tanding(bukan maksud membanggakan) dan dimalam2 tertentu kami sering diskusi dan membahas masalah ghaib termasuk rencana penarikan batara karang. sedangkan benda bertuah yang kami miliki ada batu2 berkhodam, keris, besi kuning, merah delima dan pasangannya, rantai babi dan masih banyak lagi gan. semua dari hasil menarik dari rumah tidak perlu datang ke hutan atau ke jawa dan memerlukan modal yang cukup lumayan tergantung benda yang mau ditarik jenis dan fungsinya. yang terberat dari benda yang kami miliki adalah rantai babi dengan media madat asli 5kg. kami mencari madat saja banyak yang palsu atau campuran. benda2 tersebut apabila sedang kami berdayakan benda tersebut pergi (hilang) dan akan kembali bila kami minta kembali..(bukan cuma kata orang) tetapi kami menganggap bahwa barang2 berkhodam hanya sebagai hiburan belaka sehingga tidak mempengaruhi keyakinan kami pada sang maha khaliq (allah Swt) agar kami tidak termasuk orang2 yang sesat.

salam


wah mantap deh sesepuh ini
lanjutkan puh pembabarannya
tetangga ane banyak yg miara jenglot

perawatannya jg mudah kata tetangga ane, gak pake darah apalagi tumbal2an

Spoiler for jenglot:
Quote:Original Posted By BantengMirc
kebanyakan jenglot cuman boneka ya di isi sama qodam2 saketih kek banaspati
yg asli itu biasanya bathara karang dan gak mungkin kalo BK di perjual belikan
mosok leluhurnya di perjual belikan
BK itu adalah , luluhur yg punya ilmu sakti , lalu dia moksa ruh nya ke alam lain dan tubuhnya menjadi menciut lama2 ... dll dll dan terlalu panjang penjelasannya
dan biasanya kalo yg punya BK asli itu gak akan mau di foto oleh pemiliknya ... entar di cucup ubun2nya ama tuh BK

mantab n setuju gan emg yg bnr itu spt yg agan critakan,byk tuh org yg bs bikin jenglot dr kepala kelelawar n tupai
Quote:Original Posted By vinyou
Dizaman modern seperti sekarang ini, kebanyakan orang tidak percaya lagi dengan sesuatu yang berbau mistis. Padahal sebenarnya sejarah Bangsa Indonesia tidak lepas dari hal – hal magis (mistis). Salah contohnya ialah kisah  Presiden  Soekarno. Beliau selalu membawa keris pusakanya yang menurut kisah keris tersebut pernah hendak dicuri penjajah dalam suatu pertemuan. Namun ketika para penjajah mengambil keris tersebut, entah kenapa keris tersebut tak bisa diangkat, bahkan oleh empat orang sekalipun!

Kembali ke topik tentang asal usul jenglot,





Apa Itu Jenglot?

Jenglot adalah boneka seram dan sakti yang menurut cerita boneka tersebut adalah jasad manusia yang sudah meninggal. Namun jasad tersebut tidak diterima bumi!



Lalu Bagaimana Asal Usul Jenglot?

Kebetulan kemarin malam saya berbincang – bincang dengan seseorang yang sedikit banyak faham masalah jenglot (maklum…., beliau adalah cucu dari seseorang yang sakti ). Namanya adalah Aping dari daerah Indramayu.

Menurut beliau, jenglot semasa hidupnya adalah orang sakti yang mengamamalkan Ajian Watu Karang (ada yang bilang ajian Batara Karang). Orang yang mengamalkan ajian tersebut susah untuk dibunuh! Sakti bukan….?

Emang sakti sich…., tapi setiap orang yang mengamalkan ajian tersebut harus siap menanggung resikonya. Mereka yang mengamalkan ajian tersebut melakukan sebuah perjanjian (kayaknya dengan setan). Isi dari perjanjiannya adalah apabila ia meninggal maka tubuhnya akan menjadi watu karang (batu karang) dan selamanya tidak akan mati dengan sempurna, karena jasadnya tidak diterima oleh bumi dan mungkin rohnya masih terperangkap dalam jasadnya yang sudah mati, atau jasadnya ditempati oleh makhluk ghaib!




Lalu…, Kenapa Banyak Sekali Orang Yang Menginginkan Jenglot. Bahkan Mereka Mau Membeli Jenglot Dengan Harga Ratusan Juta….?

Menurut beberapa  narasumber, mereka berburu jenglot karena dipercaya dapat mengabulkan apapun keinginanya, termasuk menjadi sakti dan kebal. Pokoknya apa aja deh…..!

Itulah sekelumit kisah tentang jenglot. Yaahhh…., mungkin sebagian orang tak akan percaya apa yang ane ceritakan ini :-/. Tapii…., saya sendiri percaya kalau cerita ane ini nyata, karena saya pernah menyaksikannya secara langsung. Sayangnya saya tidak bisa memotretnya (maklum, hpnya butut ). Tapi segala sesuatunya pasrahkan sama Allah, hanya dia yang maha tahu! Semoga thread ane dapat menjadi pengetahuan bagi anda………

Quote:Original Posted By vinyou
Jenglot adalah figur berbentuk manusia yang berukuran kecil (sekitar 10-17 cm), berkulit gelap dengan tekstur kasar (seperti mumi), berwajah seperti tengkorak dan bertaring mencuat, serta memiliki rambut dan kuku yang panjang.[1][2][3] Jenglot ditemukan di beberapa wilayah di nusantara, misalnya Jawa,[1]Kalimantan,[2] dan Bali.[3][4] Jenglot dipercaya memiliki kekuatan mistis dan memakan darah manusia.[3][4] Masyarakat Indonesia meyakini jenglot sebagai makhluk yang memiliki kekuatan mistik dan dapat mengundang bencana.[1][3][4]

Secara sosio realistis jenglot merupakan binatang yang sangat lambat dalam bergerak hingga tak mungkin dapat bertahan hidup lama, jenglot hidup di hutan belantara penuh dengan pohon raksasa tempat persembunyiannya. jenglot hanya mampu keluar dimalam hari karena tak ada binatang buas dan manusia yang akan mengganggunya dan menyebabkan kepunahan. Dan dalam mitos jenglot dianggap memiliki kesaktian/kekuatan mistis seumpama dewa wisnu dengan sakti garuda dan siwa dengan sakti lembu (sakti=wahana/kendaraan/wadah/istri) Secara medis, jenglot didefinisikan sebagai bukan makhluk hidup setelah diteliti oleh tim forensik Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta.[5][6] Melalui foto sinar Rontgen, tidak ditemukan unsur tulang (sebagai penyangga organ mahluk hidup) namun hal yang mengejutkan justru diperoleh dari penelitian DNA lapisan kulit jenglot yang mengelupas.

Setelah diperiksa oleh Dokter Djaja Surya Atmaja dari Universitas Indonesia, ternyata lapisan kulit itu memiliki DNA mirip primata sejenis manusia. Akan tetapi, penyelidikan asal usul jenglot secara medis hanya dihentikan sampai di sana karena pemilik jenglot tidak mengizinkan jenglot dibedah, agar tidak ada hal buruk yang terjadi.[5][6]

Legenda jenglot juga diangkat ke dunia hiburan, terutama untuk tema misteri dan supranatural. Film Indonesia berjudul Jenglot Pantai Selatan disutradarai oleh Rizal Mantovani, dirilis pada Februari 2011.




Spoiler for Pics:


OPEN YOUR MIND

leave ur comment

Jgn lupa..
Quote:Original Posted By mustdares


wah mantap deh sesepuh ini
lanjutkan puh pembabarannya


wah bro mustdares bisa aja nih...saya jg masih cupu kok.
berhati-hatilah apa bila ada yang menawarkan jenglot atau bk, kemudian banyak yang mengaku sebagai dokter untuk urusan dengan BK.
benda2 bertuah tidak akan mau di suruh selain sama pemiliknya. apalagi dengan urusan BK yang kekuatannya sangat sektih. kalau ada dokter yang katanya mau mengajak kerjasama itu palsu. logikanya adalah kalau sang dokter orang sektih kenapa kok gak bisa narik (punya) jenglot sendiri.
tapi kalau ditanya demikian jawabannya adalah.."masing2 punya packnya sendiri2 alias ada bidangnya masing2" lu kira insinyur..

salam...
serem ya gan, keliatannya benda mati tp ternyata bisa bikin sakti
masih simpang-siur asal dan usulnya... belum ada yang valid...