clement19Avatar border
TS
clement19
Kecewa Atas Pelayanan PT. Repex Perdana International Selaku Perwakilan FEDEX EXPRESS
Ditujukan mengacu kepada pelayanan PT.Repex Perdana International, selaku perwakilan jasa kurir ekspres internasional; FEDEX.

Pada 18 Mei 2013, saya menjadwalkan pengiriman sebuah paket dari salah satu negara di Asia. Paket tersebut berisikan promotional gift item yang terbuat dari bahan karet bernilai USD.21. Lebih dari 20x saya mengirimkan paket serupa dengan kuantiti yang bervariasi. Betapa menyesalnya saya kali ini memilih pengiriman melalui Fedex karena tergiur harga yang "sedikit" lebih rendah.

Seringnya pengalaman saya menggunakan kurir ekspres selain Fedex, membuat saya berharap paket akan tiba pada pagi hari ke-3 (hari kerja) setelah barang diproses. Sayang beribu sayang, saya harus memulai perjuangan beradu pendapat dan kehilangan waktu mengurusi paket kecil ini.

Dengan Airwaybill 56513301xxxx, tanggal 22 Mei 2013 Pk11:54WIB menggunakan Fedex Tracking Service, barang dicatat telah memasuki Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Sekitar Pk21.00 kurang, saya melihat sekali lagi status barang saya, yang ternyata tertahan di bea cukai dengan status: Clearance Delay - A specialized form/statement is required for clearance from recipient.
Spoiler for "Status package dari tanggal 22 Mei - Hari ini:

Baiklah, saya memutuskan untuk menelfon Fedex customer service center. Perlu digaris bawahi, sayalah yang berinisiatif untuk mengklarifikasi hal tersebut, tak ada satupun notifikasi tim Fedex akan status barang saya. Telfon diterima oleh Bp Handoko yang singkatnya saya diwajibkan memenuhi bank proof statement guna keperluan pengecekan ulang harga oleh bea cukai. Saya mengiyakan dan janji untuk mengirimkan segera. Pk.21.07WIB saya langsung email beliau bukti transfer pembelian paket saya.
Spoiler for "bankproof statement (sent by 22May2013)":

Barulah esok paginya (23Mei2013, kurang lebih Pk09.00) laporan bank proof statement saya di Forward ke tim clearance Fedex. Butuh kurang lebih 12 jam untuk mem-forward satu file pdf kecil tersebut. Baiklah.
Kamis dan Jumat pada hari itu, kurang lebih 3x telvon ke CS sudah saya layangkan menanyakan status dan kepastian barang akan release. Dengan menggunakan logika dilengkapi pengalaman, saya percaya tim bea cukai tidak memerlukan 5 HARI LAMANYA untuk melihat 2 nominal di atas dokumen dan menyocokannya. Sesuatu hal yang seorang murid Sekolah Dasar bisa lakukan dalam hitungan detik. Saya percaya akan kinerja mereka.

Namun betapa kurang beruntungnya sampai Senin 27 Mei malam, terakhir saya konfirmasi, FEDEX mengatakan: "Belum ada konfirmasi lanjut dari pihak Bea Cukai akan kepastian release barang bapak." Di titik ini saya sudah tidak sabar dan benar-benar kecewa. Pengalaman saya menggunakan kurir ekspres lain, tidak akan ada masalah tunggu menunggu kepastian seperti demikian. Cukup menunggu 2 hari kerja dan barang sampai tanpa masalah. FEDEX? Saya tidak cukup kuat untuk berharap banyak. Jelas lain masalahnya jika barang saya adalah barang dilarang; butuh dokumen khusus; atau butuh perijinan. BARANG SAYA ADALAH BARANG RELATIF MURAH, DIIJINKAN, DAN LENGKAP DOKUMEN! Sedikit tambahan, bahkan Pos Indonesia saja bisa memberikan jawaban dalam 1hari kerja untuk kasus serupa. Itulah faktanya Fedex memerlukan ratusan persen waktu lebih lama dibandingkan pelayanan kelas ekonomi bukan ekspres BUMN Pos Indonesia. Menakjubkan.
Sempat pertanyaan terlintas di pikiran saya; "Apakah Fedex mungkin memanfaatkan situasi untuk berlindung dibalik opini negatif yang hidup dimasyarakat akan kinerja lapangan Bea Cukai?" Sampai detik ini saya percaya atas kinerja Bea Cukai Indonesia secara keseluruhan. Belum ada satu masalahpun pernah saya jumpai dengan Bea Cukai, membuat saya sangat yakin hal itu.

Habis kesabaran saya pada Selasa pagi hari, saya menghubungi pihak Fedex Indonesia. Jawabannya? Kurang lebih SAMA! Hanya kalimatnya saja berubah karena diucapkan orang yang berbeda. Dibawah rasa marah dan tekanan untuk mendapatkan paket milik kolega saya ini, saya terus terang bertanya kepada Customer Service (Saya lupa catat namanya); 'Jadi saya harus apa? Saya sangat butuh segera, Ini sudah lama sekali. Apa memang saya harus bayar sejumlah uang? Apakah harus ada revisi harga? Tidak apa-apa saya bayar pajak negaranya.' Kurang lebih demikian percakapan saya dan Customer Service tidak menjawab secara langsung dan memutar-mutar ulang pokok permasalahan. Selesai pagi itu.

Sore hari terkejutlah saya setelah pihak saya dihubungi Fedex (untuk PERTAMA kalinya) bahwa ada koreksi value of goods dari $21, direvisi menjadi $71, kemudian direvisi lagi menjadi $100. WOW! LUAR BIASA! Baru saja pagi itu saya ngomong, semua jadi kenyataan. Sayang bukanlah keinginan baik yang jadi kenyataan, permasalahan yang baru saya dapatkan. Pernah saya baca beberapa opini bahwa kurir ekspres swasta, apalagi dengan skalanya yang internasional, suka memainkan harga bea masuk. Jelas saja, pendapatan lebih akan mereka dapatkan dengan handling fee, warehousing fee, dan seterusnya. Handling Fee FEDEX? Jangan salah; nominalnya >RP.300.000,00! (Sesuai yang tertera di bagian rincian est tagihan yang baru saja saya terima) Lebih besar dari harga barang kiriman sendiri? Betul! Benar-benar Fee bertaraf Internasional!
Tapi kembali lagi dengan kepercayaan saya kepada Bea Cukai, mungkin memang value barang saya harus disesuaikan dengan standard harga barang tersebut di Indonesia. Baiklah, sekali lagi karena kebutuhan mendesak dan rasa capek mengurus ini semua, saya menyanggupi dan memutuskan tidak kebaratan akan membayar pajak tersebut, mohon barang diproses segera, dikeluarkan dari bea cukai.
Spoiler for "Estimasi Fee Bertaraf International PT. Repex Perdana International yang diberikan kepada saya":


Lewat sudah kejadian pada Selasa 28 Mei sore, sisa hari itu dan 2 hari berikutnya juga tidak cukup lama untuk mengeluarkan barang saya dari customs. Tidak ada kejelasan hingga hari ini saat saya memposting tulisan ini. Lebih dari 15x saya sudah menghubungi FEDEX belakangan ini. Jika ditelfon, jawaban hanyalah tunggu, tunggu, dan terus menunggu perkembangan dari bea cukai. 2 orang menjanjikan saya untuk mengirimkan email dorongan kepada tim clearance dengan cc pesan ke saya, tapi janji hanyalah janji. Saya juga telah meminta statement resmi dari Fedex yang berisi keterangan barang ini masih dalam upaya pengeluaran, dengan seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dari pihak penerima, untuk diteruskan kepada teman saya yang sedang menunggu barang ini, jadilah statement sederhana seperti demikian: (dalam hati, lebih baik saya buka melalui tracking service daripada hanya email kosong seperti ini)
Spoiler for "Surat formal menurut PT.Repex Perdana International":
5 Hari tidak cukup bagi FEDEX Team untuk mendorong konfirmasi Bea Cukai atas paket customernya. 3hari dan terus bertambah tidak cukup bagi FEDEX Team untuk ‘hanya’ mengeluarkan barang yang approved untuk pajak yang dikenakan. Cukuplah pengalaman sangat buruk ini menjadi pelajaran berat bagi saya dan mungkin pembaca untuk lebih hati-hati memilih jasa ekspedisi ekspres internasional. Nama dan reputasi baik dikalangan internasional bukanlah jaminan baik akan paket yang mungkin ditujukan atas nama anda. Sudah tentu saya tidak akan memakai jasa PT.Repex Perdana International dikemudian hari jika pelayanan yang diberikan masih tidak berkualitas seperti hari ini.

Sebagai penutup saya juga ingin memohon maaf atas seringnya saya menghubungi tim customer service, yang mungkin dianggap mengganggu sampai 3 kali telfon saya sempat ditaruh dalam posisi menunggu dan diputuskan begitu saja. Saya mohon maaf secara pribadi kepada Bp Chairuz Zaman, karena salah saya sempat berbicara dengan nada tinggi dan membentak.

Dengan senang hati saya terbuka untuk klarifikasi penjelasan atau komunikasi lanjut. Tapi mohon maaf, saya tidak akan menghapus tulisan mengenai masalah pribadi yang saya alami disini, kecuali memang hal tersebut ada yang salah atau bukan fakta. Semoga pengalaman buruk saya ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua dan pelajaran bagi PT.Repex Perdana International untuk membenahi pelayanan terhadap setiap pengguna jasanya.

Salam,
Clement Mantiri.
clement_mantiri@yahoo.com



Update per tanggal 31/05/2013. Belum ada kepastian barang keluar kapan. Estimasi 1 hari kembali diterima (via email oleh pak Destha, spv cs).
Update per tanggal 1/06/2013. Setelah cukup menunggu dan komunikasi sana-sini, AKHIRNYA BARANG SAYA RELEASE!! Saya langsung pickup di Pondok Pinang setelah di konfirm sampai. Nominal pajak bertambah sedikit sekitar 50rb untuk biaya "warehouse". Tapi tidak apa, yang penting barang release dan kehidupan saya kembali normal. Selesai kasus saya, semoga pengalaman saya bisa berguna bagi teman-teman emoticon-Smilie
0
13.1K
30
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan