Gunung Sanggabuana (Kuburan Di Atas Awan) Pecinta Alam Masuk !!!

Selamat Datang di Thread Ane

Ane cuman mau share nih misteri yang ane tau tentang gunung SanggaBuana, atau orang orang ada yang menyebut "Kuburan Di Atas Awan". Sebelumnya ane juga mau ngasih tau kali Gunung ini merupakan 1 dari 5 gunung ter-angker di Indonesia gan katanya


Sangga Buana adalah sebuah gunung yang berada di Kabupaten Karawang, tepatnya di daerah Loji, Pangkalan. Sebenarnya gunung ini terletak di perbatasan tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Cianjur. Ada beberapa Curug (Air Terjun) yang berada di kaki Gunung Sangga Buana, yang paling terkenal yaitu Curug Cigentis dan Curug Bandung. Di akhir pekan dan libur nasional Kawasan Curug ini ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal yang berasal dari Kabupaten Karawang dan sekitarnya.


Spoiler for Jalur Awal Pendakian:


Banyak yang bilang Sangga Buana adalah Gunung Lawunya Jawa Barat. Jalur pendakian gunung ini terbilang lumayan terjal, tanjakan serta kontur tanahnya mirip sekali dengan Gunung Cireme. Di awal jalur pendakian kita akan menjumpai areal pesawahan warga dengan background barisan bukit (bukan bukit barisan yah) yang sangat indah. Selang beberapa saat selepas areal pesawahan, kita akan menemukan sebuah perkampungan penduduk yang hanya terdiri dari beberapa keluarga saja. Jangan kaget, di perkampungan kecil ini Anda akan menjumpai beberapa kuburan yang tepat berada di tengah jalan.

Selepas perkampungan kecil tersebut kita akan menjumpai areal persawahan yang cukup luas. Setelah itu kita akan memasuki hutan yang tidak begitu rapat. Dan sekarang jalur pendakian yang tadinya sangat landai dan bersahabat, kini mulai menanjak dan agak sedikit terjal. Namun jangan khawatir bonus(jalur landai) akan sering kita jumpai di gunung ini.

Spoiler for Pancuran Kejayan:


Di tengah perjalanan kita akan menjumpai sebuah pancuran yang sangat sayang untuk dilewatkan. Masyarakat sekitar Gunung Sangga Buana menyebut pancuran ini dengan nama Pancuran Kejayan. Di sekitaran pancuran ini juga terdapat bangunan kecil yang bisa kita jadikan sebagai tempat istirahat. Berhenti sejenak di area pancuran ini merupakan ide yang sangat bagus sebelum kita melanjutkan perjalanan.

Setelah beristirahat persiapkan diri Anda untuk menghadapi tanjakan yang lumayan curam. Tanjakan ini diberi nama tanjakan dua jam. Kenapa seperti itu? Karena untuk melewati tanjakan ini dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar dua jam. Apalagi pada saat musim hujan jalur ini akan terasa sangat licin dan menguras tenaga. Dan tanjakan yang tadinya bernama dua jam mungkin akan berubah menjadi tanjakan empat jam, lima jam, atau tanjakan berjam-jam.

Spoiler for Tanjakan Dua Jam:



Setelah kita melewati tanjakan yang sangat merepotkan ini kita akan sampai pada sebuah tempat yang cukup lapang. Di tempat ini juga berdiri sebuah bangunan yang terbuat dari kayu. Anda bisa beristirahat di sini. Jika Anda tidak ingin bermalam di areal puncak, Anda bisa ngecamp di sini. Untuk sampai di puncak Gunung Sangga Buana dari areal lapang ini hanya dibutuhkan waktu sekitar satu jam.

Setelah sampai puncak rasa penasaran Agan akan segera terbayar, selamat Agan telah sampai di Kuburan di Atas Awan. Puluhan bangunan kecil yang menyerupai rumah berjejer rapi di atas puncak ini. Dan Apakah Agan tahu apa yang ada di dalam bangunan ini, ya Agan betul, jawabanya adalah Makam .
Saya sendiri kurang tahu makam-makam siapa yang ada di puncak ini. Namun menurut beberapa sumber makam-makam ini adalah makam nenek moyang penduduk asli Karawang. Saya tak sempat menghitung ada berapa makam di puncak itu, yang jelas ada banyak sekali.

Spoiler for Makam di Puncak Gunung Sangga Buana:


Spoiler for Jejeran bangunan Yang Isinya Makam:



Spoiler for Salah Satu Bangunan Yang Isinya Makam:



Kuburan-kuburan inilah yang membuat banyak orang mengunjungi Puncak Gunung Sangga Buana. Entah karena alasan apa mereka rela bersusah payah mendaki puncak ini, semoga saja niat mereka berada di jalan yang benar. Bagi saya pribadi kuburan-kuburan ini telah memberikan keunikan tersendiri yang jarang kita temukan di gunung-gunung lainnya. Jika Anda mempunyai waktu luang sempatkanlah untuk berkunjung ke Gunung Sangga Buana Karawang. Saya jamin Anda tidak akan pernah menyesal telah bersusah payah mendaki gunung ini. Rasa susah selama pendakian akan terbayar dengan keunikan puncak yang syarat akan misteri.

Sekian Thread dari ane semoga ga

Mohon di ya gan

Jangan di ya gan

Sekiaaaan ~
pertamax ga yaaa
Quote:Original Posted By adhypt
pertamax ga yaaa


gak pertamax ente gan

Waaww..kuburan diatas awan
kalo makan d gunung ane pernahnya cuma makam sunan muria
Quote:Original Posted By adhypt
kalo makan d gunung ane pernahnya cuma makam sunan muria


bener gan ane juga pernah ke situ
kayanya serem noch gan apalagi daerah karawang pedaleman sana masih bnyak hal hal ber bau mistik
awan nya kaga di foto gan..
berapa mdpl itu bro??
iya mirip gunung lawu.. banyak makamnya hehehe... pasti rame dikunjungi para peziarah tuh...
itu bangunan ada penghuninya gak gan
Ane paling takut gan naik gunung
gan..pindahin ke forum Outdoor Adventure & Nature Clubs aja, pasti banyak sepuh perngesotan ngasih wejangan
Quote:Original Posted By katjunk
berapa mdpl itu bro??
iya mirip gunung lawu.. banyak makamnya hehehe... pasti rame dikunjungi para peziarah tuh...
ribuan kayaknya gan
Quote:Original Posted By punkfajar
gan..pindahin ke forum Outdoor Adventure & Nature Clubs aja, pasti banyak sepuh perngesotan ngasih wejangan


wah bener juga yaj..
d move aja gan
Quote:Original Posted By andimsc
itu bangunan ada penghuninya gak gan


pasti adalah .. tapi pasti sesosok
Serem banget tempatnya ya apalagi kalo mau kesana aja harus lewatin jalan yang sulit gru medannya
gapernah naik gunung ane gan
serem banget itu, angker beneran gak ya
setiap gunung juga selalu angker klo di indonesia..
karena kepercayaan akan hal gaib dan mistis masi kuat mengakar di indo...
Wihh, cakep amat tuh pemakaman di atas gunung..
ujung2nya minta yang enggak2 sama tuh kuburan!!!
tempatnya angker ga tuh