Terima kasih agan2 yan gsudah mampir. yang merate. Dan memberi masukan. Special thanks untuk yang udah ngasih cendol.
Spoiler for Cendol:
Selamat siang agan / aganwati se Kaskus raya.
Izinkan ane memposting sebuah tulisan yang terinspirasi dari pengamatan ane sehari – hari. Ane sebenarnya udah lama mau posting ini, tapi baru sempet sekarang. Check it out .
Sejarah Transjakarta
Spoiler for Sejarah:
Transjakarta atau umum disebut Busway adalah sebuah sistem transportasi bus cepat atau Bus Rapid Transit di Jakarta, Indonesia. Sistem ini dimodelkan berdasarkan sistem TransMilenio yang sukses di Bogota, Kolombia. Perencanaan Busway telah dimulai sejak tahun 1997 oleh konsultan dari Inggris. Pada waktu itu direncanakan bus berjalan berlawanan dengan arus lalu-lintas (contra flow) supaya jalur tidak diserobot kendaraan lain, namun dibatalkan dengan pertimbangan keselamatan lalu-lintas. Meskipun Busway di Jakarta meniru negara lain (Kolombia, Jepang, Australia), namun Jakarta memiliki jalur yang terpanjang dan terbanyak. Sehingga kalau dulu orang selalu melihat ke Bogota, sekarang Jakarta sebagai contoh yang perlu dipelajari masalah dan cara penanggulangannya.
Ide pembangunan proyek Bus Rapid Transit di Jakarta muncul sekitar tahun 2001 dengan inspirasi proyek serupa di Bogota. Kemudian ide ini menjadi sebuah tantangan untuk gubernur Sutiyoso yang terpilih sebagai gubernur DKI Jakarta untuk periode yang kedua (2002-2007). Sebuah institut bernama Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) menjadi pihak penting yang mengiringi proses perencanaan proyek ini. Konsep awal dari sistem ini dibuat oleh PT. Pamintori Cipta, sebuah konsultan transportasi yang sudah sering bekerjasama dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Selain pihak swasta, terdapat beberapa pihak lain yang juga mendukung keberhasilan dari proyek ini, di antaranya adalah badan bantuan Amerika (US AID) dan The University of Indonesia’s Center for Transportation Studies (UI-CTS).
Penumpang / pengguna jasa transjakarta harus cerdas dan bijak. Dari hasil pengamatan ane, karena masih banyaknya pengguna transjakarta yang belum cerdas dan tidak bijak. Maka yang terjadi adalah hal – hal di bawah ini :
1. Salah rute / salah halte pemberhentian.
Spoiler for :
Pengguna busway yang belum cerdas dan tidak bijak sering kali tidak mencari tahu, rute mana yang akan dia lewati. Dan jikalau dia sudah ada di dalam halte pertama tempat dia naik pertama kali, dia tidak melihat petunjuk arah rute – rute transjakarta yang ada. Dan dia juga tidak menanyakan rute yang akan ia tempuh ke petugas yang ada. Maka akan terjadi salah rute yang akan dia lewati. Kejadian ini yang sering sekali ane lihat gan. Oleh karena itu cerdas dan bijak agar tidak salah rute adalah :
- Ketahuilah halte transjakarta terdekat dari tempat anda dan ketahuilah halte tujuan anda.
- Lihat / download / pelajarilah rute keseluruhan dari transjakarta. Hal ini akan memudahkan ada jika tempat tujuan anda berbeda koridor dengan halte tempat anda membeli tiket (halte keberangkatan anda)
- Bertanyalah kepada petugas yang ada, dan kepada orang di dalam halte / bis yang menurut anda orang itu mengerti.
Pengalaman ane, ane hapalin koridor – koridor , halte – halte transit, mulai dari dulu transjakarta baru ada 7 koridor, sekarang udah 12 koridor.
2. Berdesak – desakan saat masuk bus.
Spoiler for :
Biasanya hal ini terjadi ketika antrian penumpang sudah banyak, dan bus belum tiba. Maka ketika bus tiba, akan terjadi desak – mendesak antar penumpang . Hal ini juga sering ane lihat, terutama ketika jam – jam sibuk dan hari libur ke rute – rute tertentu.
Oleh karena itu cerdas dan bijak agar tidak berdesak - desakan adalah :
- Memilih waktu keberangkatan yang fleksibel. Berangkatlah minimal 1 jam dari halte keberangkatan ke tempat tujuan anda jika tujuan anda jarak dekat atau sedang. Jika jarak jauh berangkatlah lebih dari 1 jam . Hal ini bertujuan agar anda tidak terburu – buru dan tidak berdesak – desakan.
- Pahamilah dalam benak anda, ada puluhan armada bus transjakarta untuk 1 koridor. Jadi tidak perlu khawatir akan kehabisan bus.
3. Meloncat ke bus yang sedang akan berjalan .
Spoiler for :
Kejadian ini ane pernah melihat sebanyak 2 kali. Pertama di halte manggarai , dan yang kedua di halte pasar rumput. Kedua orang ini adalah pria, yang 1 sudah bapak – bapak. Yang 1 lagi mash umur 20an kira2. Yang bapak – bapak gagal saudara – saudara, dia hampir saja jatuh keluar halte , untung tidak sampai jatuh. Namun ia mendapat caci maki dari penumpang di dalam bus dan kondektur bus. Dan yang 1 lagi ia berhasil masuk kedalam bus gan.
Cerdas dan bijak untuk tidak meloncat ke dalam bus yang akan berjalan meskipun pintu masih terbuka :
- Sama dengan kasus berdesak – desakkan. Pahamilah ada banyak armada bus yang akan mengangkut penumpang.
- Pikirkanlah nyawa anda .
4. Mengangkat kaki ke kursi.
Spoiler for :
Percaya atau tidak , ane pernah 1 kali melihat kejadian ini di rute pulo gadung dukuh atas. Pada saat itu hanya ada 6 penumpang di dalam bus, termasuk ane. Orang itu saat bus memasuki sekitar manggarai, mengangkat kakinya ke atas kursi. Namun hal itu tidak berlangsung lama, karena petugas bus langsung menegurnya.
Cerdas dan bijak untuk tidak mengangkat kai ke kursi :
- Ingatlah apa pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan pada saat kita SD dulu. Bahwa kita harus senantiasa berbudi pekerti baik, beretika baik, dan berperilaku baik.
5. Merokok di dalam halte.
Spoiler for :
Hal ini ane lihat ketika ada kebijakan tiket transjakarta gratis untuk pertama kali pada akhir 2011 lalu. Orang tersebut dengan wajah innocence menghisap rokok sambil berlalu – lalang di dalam halte. Setelah petugas melihat, akhirnya orang itu ditegur. Ane empet banget sebenernya sama orang itu, tapi ane berpikir, mungkin orang itu baru pertama kali naik transjakarta.
Cerdas dan bijak untuk tidak merokok di dalam halte / bus :
- Bacalah dan taatilah peraturan yang ada di halte dan di bus. Peraturan dibuat bukan untuk dilanggar, tapi untuk menjauhkan manusia dari kemungkaran dan sesuatu yang buruk.
6. Berbuat asusila atau pelecehan seksual .
Spoiler for :
Kejadian ini juga sering terjadi, namun ane belum pernah melihat langsung. Memang banyak penumpang yang menggunakan pakaian yang menurut sebagian orang mengundang syahwat. Namun menurut ane selama tidak ada yang berniat melakukan pelecehan, hal itu tidak akan terjadi.
Cerdas dan bijak untuk tidak berbuat asusila / pelecehan seksual. Atau menjadi korban :
- Kata bang napi : Kejahatan terjadi bukan hanya karena ada niat pelakunya namun juga karena ada kesempatan.
- Berpakaianlah dengan bijak ( agar tidak jadi korban )
- Kendalikan nafsu anda ( agar tidak jadi pelaku )
Tambahan dari agan - agan :
1. Penumpang yang berbau badan tidak sedap .
2. Penumpang yang berprofesi sebagai copet.
3. Penumpang yang meludah sembarangan.
4. Penumpang yang berkumpul dekat pintu padahal halte tujuannya masih jauh.
5. Penumpang yang tidak memberikan kursi kepada lansia, ibu hamil, orang cacat, ibu membawa balita. (Priority Seat)
6. Penumpang yang nelpon di dalam bus dan berbicara dengan keras.
Hal lain yang ane amati mengenai transjakarta :
Spoiler for 1:
1. Sering terjadi penumpukan penumpang pada halte / halte transit pada event – event tertentu. Event yang sering terjadi penumpukan adalah ketika akhir pekan. Pada akhir pekan, rute – rute yang memiliki tempat wisata murah meriah seringkali dipadat penumpang. Dan hal ini tidak pernah diantisipasi oleh manajemen transjakarta. Contohnya adalah halte dukuh atas, halte ini menjadi tempat transit bagi orang yang ingin berwisata ke kota tua, kebun binatang ragunan, dan monas. Ada 3 tempat wisata itu dalam satu buah halte transit. Bayangkan berapa orang yang ada di dalam halte. Namun manajemen transjakarta tidak pernah mengantisipasi, contohnya dengan mengirim armada dari pool khusus untuk mengangkut penumpang dari halte transit tersebut.
Spoiler for 2:
2. Penumpukan juga sering terjadi jika tim kebanggaan masyarakat Jakarta yaitu Persija Jakarta sedang bertanding di Gelora Bung Karno. Lagi – lagi halte dukuh atas menjadi tempat yang paling dipadati selain halte harmoni. Dan lagi – lagi manajemen transjakarta tidak pernah mengantisipasi lonjakan penumpang tersebut.
Sekian postingan dari ane, mohon maaf bila ada kesalahan, kesempurnaan hanyalah milik Allah.