- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengapa banyak Bengkel Oli menggunakan oli dengan SAE 10W40 bukan 5W30 ???
TS
SinarAgungMotor
Mengapa banyak Bengkel Oli menggunakan oli dengan SAE 10W40 bukan 5W30 ???
Cara membaca viskositas/kekentalan oli mobil Anda dengan contoh :
Oli SAE 10w40 dibaca 10winter40, artinya viskositas oli di iklim dingin = 10 dan viskositas oli di iklim tropis-panas = 40
Semakin besar perbedaan angka viskositas dingin dengan angka viskositas panas, semakin banyak jumlah volume viscosity modifier dan lebih sedikit jumlah vol.base mineral oil
.
Mobil pada umumnya lebih baik memakai 10W40 saja. Hal ini karena mereka membutuhkan lebih sedikit lebih viscosity modifier untuk menjaga lapisan pelindung pada dinding silinder mesin.
Ada kasus di mana jumlah viskositas modifier yang lebih besar yang terkandung dalam 5W30 rontok karena panas kinerja mesin dan meninggalkan deposit karbon pada katup klep, tapi ini sangat jarang terjadi.
Service yang tepat akan mengurangi panas yang berlebihan, tetapi solusi utama adalah menggunakan oli dengan viscosity modifier lebih sedikit
contoh lain :
Hampir semua kendaraan penumpang baru yang dijual di AS menggunakan oli baik 5W30 atau 10W30.
Perbedaan antara keduanya adalah bahwa 5W30 mengalir lebih baik ketika dingin, Jadi jika Anda tinggal di iklim dingin atau mengoperasikan kendaraan Anda di iklim dingin. Anda harus menggunakan oli 5W30 jika lebih disukai untuk kendaraan Anda.
Jika Anda tinggal di iklim tropis dan tidak mengoperasikan kendaraan Anda di daerah beriklim dingin, maka oli 10W40 lebih disarankan untuk digunakan.
SUMBER: http://www.nordicgroup.us/oil.htm#Oi...ynthetic%20oil
Oli SAE 10w40 dibaca 10winter40, artinya viskositas oli di iklim dingin = 10 dan viskositas oli di iklim tropis-panas = 40
Semakin besar perbedaan angka viskositas dingin dengan angka viskositas panas, semakin banyak jumlah volume viscosity modifier dan lebih sedikit jumlah vol.base mineral oil
.
Mobil pada umumnya lebih baik memakai 10W40 saja. Hal ini karena mereka membutuhkan lebih sedikit lebih viscosity modifier untuk menjaga lapisan pelindung pada dinding silinder mesin.
Ada kasus di mana jumlah viskositas modifier yang lebih besar yang terkandung dalam 5W30 rontok karena panas kinerja mesin dan meninggalkan deposit karbon pada katup klep, tapi ini sangat jarang terjadi.
Service yang tepat akan mengurangi panas yang berlebihan, tetapi solusi utama adalah menggunakan oli dengan viscosity modifier lebih sedikit
contoh lain :
Hampir semua kendaraan penumpang baru yang dijual di AS menggunakan oli baik 5W30 atau 10W30.
Perbedaan antara keduanya adalah bahwa 5W30 mengalir lebih baik ketika dingin, Jadi jika Anda tinggal di iklim dingin atau mengoperasikan kendaraan Anda di iklim dingin. Anda harus menggunakan oli 5W30 jika lebih disukai untuk kendaraan Anda.
Jika Anda tinggal di iklim tropis dan tidak mengoperasikan kendaraan Anda di daerah beriklim dingin, maka oli 10W40 lebih disarankan untuk digunakan.
SUMBER: http://www.nordicgroup.us/oil.htm#Oi...ynthetic%20oil
davecchio memberi reputasi
1
68.3K
22
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan