KASKUS

Star ★ Raden Intan Sosok Pahlawan Muda Dari Lampung ★


Raden Intan Sosok Pahlawan Muda Dari Lampung

Quote:
(Lampung, 1834 - Lampung, 5 Oktober 1856)

Raden Intan II alias Radin Inten II adalah salah satu pahlawan nasional dari Propinsi Lampung yang yang memimpin perlawanan rakyat Lampung ketika melawan penjajahan Belanda. Atas jasa dan pengorbanannya dalam membela kepentingan rakyat, oleh pemerintah dijadikan sebagai pahlawan nasional, dan dibuatlah monumen di sekitar lokasi makamnya. Radin Intan II sebenarnya putra dari Raden Imba II, sedangkan Raden Imba II adalah putra dari Radin Intan.

Quote:Silsilah Raden Intan II



Beliau merupakan keturunan darah biru yang bersaudara dengan kerajaan Banten. Radin Intan termasuk seorang penentang Belanda yang saat itu menjajah negeri kita. Beliau tidak menghendaki adanya kolonbeliaulisme di bumi pertiwi. Beliau dikenal sebagai pemimpin sekaligus panglima perang yang tak hanya memiliki fisik yang kuat, namun juga pemikiran yang cemerlang.

Berdasarkan penelitian, Radin Inten II gelar Kesuma Ratu masih keturunan Fatahillah yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati dari perkimpoiannya dengan Putri Sinar Alam, seorang putri dari Minak Raja Jalan Ratu dari Keratuan Pugung, cikal-bakal pemegang kekuasaan di keratuan tersebut.

Radin Inten II adalah putra tunggal Radin Imba II gelar Kesuma Ratu (1828-1834). Radin Imba II sendiri putra sulung Radin Inten I gelar Dalam Kesuma Ratu IV (1751-1828). Dengan demikian, Radin Inten II cucu dari Radin Inten I.

Radin Inten II berjuang memimpin rakyat di daerah Lampung untuk mempertahankan kedaulatan dan keutuhan wilayahnya. Perjuangannya didukung secara luas oleh rakyat daerah Lampung dan mendapatkan bantuan dari daerah lain seperti dari Banten.

Quote:Perjuangan Raden Intan II


Radin Intan II resmi dinobatkan sebagai Ratu Lampung, pemimpin rakyat untuk memerangi kolonialisme pada usia yang bisa dibilang masih belbeliau, yakni pada usia 16 tahun. Beliau dilantik pada tahun 1850, dan setelahnya beliau langsung dihadapkan dengan serangan pihak Belanda beserta ratusan tentaranya di daerah Merambung, tempat Radin Intan menjalankan roda pemerintahan kerajaan. Dari beberapa kali serangan yang dilakukan Belanda, pasukan Radin Intan selalu dapat mengandaskannya.

Serangan demi serangan terus berusaha dilancarkan Belanda untuk menghancurkan Lampung dan Radin Intan sebagai penguasa. Hingga pada tahun 1856 Belanda melakukan serangan besar-besaran dengan mengerahkan 9 kapal perang, 3 kapal pengangkut alat perang, dan puluhan kapal lainnya. Serangan Belanda kala itu dipimpin oleh Kolonel Welson.

Pasukan Radin Intan II mencoba melawan serangan tersebut secara gerilya, dan terbukti cukup efektif. Namun, Belanda tak kehabisan akal dan mencoba taktik licik, yakni dengan membayar dan memperalat salah seorang pasukan Radin Intan II, untuk mengatur kondisi dimana Belanda bisa menyergap dan mengalahkan Radin Intan II. Rencana mereka pun berhasil, hingga terjadi pertempuran antara Radin Intan II melawan beberapa pasukan Belanda. Meskipun telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk mengalahkan Belanda, namun akhirnya Radin Intan II gugur di tangan Belanda karena kalah persenjataan dan kalah jumlah. Beliau wafat pada 5 Oktober 1856 pada usia 22 tahun.

Quote:Penghargaan
1. Namanya diabadikan sebagai nama sebuah Bandara dan nama perguruan tinggi IAIN di Lampung.
2.Pahlawan Nasional berdasarkan SK Presiden RI No.048/TK/1998


sumber
sumber
Quote:Kaskuser yang baik selalu berbagi

Ane bangga jadi warga Lampung
Jangan lupa komennya

pertamax

wah pahlawan kota ane tuh, kan ada tuh namanya Bandara Raden intan

rate 5 deh
raden intan
baru denger saya nama beliau
_____
pejuang ya menentang belanda
Quote:Original Posted By OrriEntaL
pertamax

wah pahlawan kota ane tuh, kan ada tuh namanya Bandara Raden intan

rate 5 deh

thanks gn
Quote:Original Posted By prodigostores
raden intan
baru denger saya nama beliau
_____
pejuang ya menentang belanda

makanya ane kenalin deh, biar pada kenal
muda banget gan berjuan dr 16-22 th
ane suka nih sama trit sejarah kayak gini
di pondok kelapa, jakarta timur ada nama jalan yang menggunakan nama pahlawan tersebut, tapi karena udah kena lidah betawi apa jawa yah..? namanya jadi Raden Inten..,

dan ane pikir selama ini Raden Intan itu adalah seoran perempuan, eh ternyata Laki-laki toh..? jadi tambah pengetahuan dari thread ini. gan atas sharing nya.
Quote:Original Posted By dentar
di pondok kelapa, jakarta timur ada nama jalan yang menggunakan nama pahlawan tersebut, tapi karena udah kena lidah betawi apa jawa yah..? namanya jadi Raden Inten..,

dan ane pikir selama ini Raden Intan itu adalah seoran perempuan, eh ternyata Laki-laki toh..? jadi tambah pengetahuan dari thread ini. gan atas sharing nya.


sebenanya ya benar gan aslinya raden inten
tp sekarang org2 lbh familiar dg nama raden intan
iya tks dh mampir
raden intan yak gan

baru denger namanya ane

---------------
nice info gan

nice gan,...jadi nambah wawasan sejarah dan Pahlawan2 Nasional kita
muda banget perjuangannya gan
Quote:Original Posted By daryo simix
nice gan,...jadi nambah wawasan sejarah dan Pahlawan2 Nasional kita

penting itu mengenal sejarah pahlawan kita
Quote:Original Posted By rafieshop
muda banget perjuangannya gan
iya gan,bangga gan kita punya pahlawan muda
pahlawan muda
sang bumi ruwa jughai,,
salam LAMPUNG GAN!!!
Nice gan
lambani tanoh lampung
sang bumi ruwa jurai
nyak sanak pringsewu gan a.k.a bambu seribu
begawi jejama secancanan
salut ane dgn prjungan_nye gan
Kalau di lampung juga masih ada pahlawan yang gak kalah tenar gan namanya KH Gholib dari Pringsewu..
Quote:Original Posted By tomingse212
sang bumi ruwa jughai,,
salam LAMPUNG GAN!!!

salam blk gan
Quote:Original Posted By mazbani
lambani tanoh lampung
sang bumi ruwa jurai
nyak sanak pringsewu gan a.k.a bambu seribu
begawi jejama secancanan

makasih gan udh mampir
ane sanak "andan jejama" gan
Quote:Original Posted By 77inkaskus
Kalau di lampung juga masih ada pahlawan yang gak kalah tenar gan namanya KH Gholib dari Pringsewu..

yuuupp mari gan dibuatin threadnya
pahlawan lampung ya gan
nambah lagi pengetahuan sejarah ane