KASKUS

Misteri Bangkai Kapal di Tengah Gurun Uzbekistan

Spoiler for :

Moynaq - Bangkai kapal, biasanya ada di pinggir atau dasar laut. Tapi di tengah gurun pasir Uzbekistan, terdapat bangkai-bangkai kapal yang terbengkalai dan berkarat. Tak banyak yang tahu, tempat ini dulunya kota di pesisir danau.
Spoiler for :

Ada kisah tragis di balik 'kuburan kapal' ini. Moynaq, dulunya adalah sebuah kota yang terletak di pesisir Laut Aral.

Meski namanya 'sea' alias laut, Aral adalah sebuah danau luas. Laut Aral pernah menjadi salah satu dari 4 danau terluas di dunia, memegang peranan penting bagi pasokan air tawar.

Spoiler for :


Tapi sejak tahun 1960-an, air di Laut Aral perlahan-lahan menyurut. Hanya 10% bagian danau yang tersisa saat ini. Tak heran, surutnya air Laut Aral disebut-sebut sebagai bencana ekologi terbesar hingga sekarang. Nah, Moynaq adalah kota di pesisir danau yang paling terkena dampaknya.

Wisatawan yang datang ke Moynaq sekarang pasti mengerutkan dahi. Dari Atlas Obscura yang dikutip detikTravel, Jumat (24/5/2013), di tiap sudut kota terdapat gambar ikan. Patung-patung, mosaik, poster yang usang, bahkan di papan selamat datang Kota Moynaq. Dulu Moynaq adalah kota nelayan. Bidang perikanan menjadi mata pencaharian utama warga kota tersebut.

Spoiler for :

Tapi sejak Laut Aral surut, Moynaq mulai dikelilingi padang pasir. Hulu letaknya sangat jauh dari kota, sekitar 150 Km. Pernah pada satu waktu, warga Moynaq membuat aliran air dari laut menuju danau. Tapi kadar garam yang tinggi membuat ikan-ikan mati. Moynaq mulai ditinggalkan, perlahan-lahan selama 3 dekade.

Spoiler for :

Sekarang, Moynaq tak lebih dari kota mati. Tapi wisatawan yang penasaran bisa mendatanginya langsung, memotret hal-hal aneh seperti bangkai kapal di tengah gurun pasir. Kapan lagi Anda melihat unta-unta berkeliaran di sekitar bangkai kapal?

sumber detikcom

Jangan lupa and ya gan .

mampir ya gan
jual beli toner

PM Jepang Takut Hantu


Semacam kapal terdampar gt yeee.
ngeri y Gan aernya bisa sampe abis gitu

foto danau yg tersisa ada gk ya?

kox keliatan gersang gtu ya gan? kan biasanya klw bekas danau pasti di bawahnya banyak air, itu kek gersang gk ada pohon, yg ada cuma rumput2 doang
wah jadi kering.. air banjir dari indonesia pake pipa di alirin kesana bisa ga ya? jadi ga banjir lagi indonesia nya
waduh kasian ya gan
moga" aja nti selat madura ga jadi kyk gt jg (ane org sby)
wah ijin nyimak gan
bused dah serem sampe kering gitu
kalo kutub mencair,aernya bisa kembali ga ya gan?
post perdana ane ni gan
Quote:Original Posted By ephiari


Semacam kapal terdampar gt yeee.


kan emang terdampar gan

Quote:Original Posted By CoyOye
ngeri y Gan aernya bisa sampe abis gitu

iya serem gan,,air laut nya lari kemana
tp untungnya bangkai kapal coba bangkai yg lainya pasti lebih heboh
keren banget ya sampe nyusut air nya
kering ya gan? pasti udah bedebu tebel gan
serem bgt ah
wow ada bangkai kapal ditengah gurun, ane malah baru denger gan
Tahun 1960 airnya menyusut? Foto sebelum tahun 1960 harusnya dicantumkan jg gan. Jaman itu kan udah mulai moderen.
Buset berarti ngeri amat ya gan sampai segitunya
nice threat gan
Quote:Original Posted By phoenixon999
waduh kasian ya gan
moga" aja nti selat madura ga jadi kyk gt jg (ane org sby)

jangan sampai gan

Quote:Original Posted By zeus777
wah ijin nyimak gan

ok gan

Quote:Original Posted By sampoerna007
bused dah serem sampe kering gitu

iya srem gan

Quote:Original Posted By mtb.freak
kalo kutub mencair,aernya bisa kembali ga ya gan?
post perdana ane ni gan


paling kiamat gan kalo kutup utara mencair tenglam semua dunia

Quote:Original Posted By sumarditea
tp untungnya bangkai kapal coba bangkai yg lainya pasti lebih heboh


kalo banke yg manusia udah ilang x gan
Quote:Original Posted By zenlafraga
keren banget ya sampe nyusut air nya


Quote:Original Posted By aneesasita
kering ya gan? pasti udah bedebu tebel gan


Quote:Original Posted By abunabila
serem bgt ah
bener gan

Quote:Original Posted By nimble
wow ada bangkai kapal ditengah gurun, ane malah baru denger gan



Quote:Original Posted By afly
Tahun 1960 airnya menyusut? Foto sebelum tahun 1960 harusnya dicantumkan jg gan. Jaman itu kan udah mulai moderen.

belon nemu gan poto nya
sayang banget yah gan padahal aer sangat penting banget sekarang kaya jadi kota mati tuh
×