Thanks Gan, coz dari trit agan ini ane jadi bisa tau kalo orang yang seperti ini bernama Mythomaniac. So, ane jadi pengen curhat juga nih tentang pengalaman ane dengan seorang Mythomaniac ini. Sapa tau yang mungkin juga punya kejadian hampir mirip bisa sadar bahwa sapa tau dia lagi deket atu bahkan udah masuk ke dalam dunianya mythomaniac yang buat kita pada umunya jadi di pihak korban.

Tapi bedanya ama Sist, kalau ente dengan seorang cowo. ane dengan seorang cewe.

Oke kita mulai, pengalaman itu terjadinya udah hampir 3 tahun lalu.

Sebelumnya, kenalin, ane cowok, nma mah ga usah yak , ane kuliah di salah 1 kampus yg, ya bsa dibilang cukup punya nama lah di kota ane. dan ane tinggal ngekos dsni, Ortu ane dan semua adik ane (ane anak prtma) tinggal d kota lain. dan di kota ini ada Nenek ane yang rumahny ckup d tempuh dgn 1 jam prjlananlah dari kos ane tdi, jdi pling ga sebulan 2-3x ane nengok nnek ane di rumah beliau.

skip2..

Dimulai deh sinetronnya , hari itu, tiba2 ada nomer ga dikenal nelp ke hape ane, ane angkat. seorang cewe gan. ngbrol bla.. bla. bla.. trs ane tnya, dr mana dapet nomer ane, dia jwab dpet dri hape 2nd yang dia bru beli di counter, ane ga prcya gt aja, ane cb cek hpenya apa, cri2nya ap, smbil ga tau ya ane saat itu mncoba prcya dengan inget2 hpe tmen yg prnah kejual, mgkin aja dia yg pgang apa ya, tp y udahlah and skip2, dsni akhirnya ane prcya aja gan

trus berlanjut, dia nelpon trus ane dluan, obrolan mulai nyambung, dengan yg dia ngaku punya saudara jauh yg kerja jd dosen d kampus ane, tp beda fakultas, gtu ktanya, dan lgi ane percaya aja.
mulai makin akrab ngbrolnya, tba2 dia crita hal2 pribadi, keluarganya, blaa. bla. bla..
intinya dia ngaku ank tunggal, ayahny seorang pelaut, jrang pulang, Ibu kandungnya udah mninggal waktu ngelahirin dia, dan karena itu ayahnya nikah lgi, jd dia tinggal sm Ibu tirinya, dan sskali pulang ke rumah nneknya juga yg masih d satu kota. nah di rumah sma ibu tirinya itu, dia ga bhgia, ktanya dia kdang diprlakukan kya pembantu, ga dikasih uang. tp saat ayahnya pulang dri melaut, ibu tirinya itu berubah baik sm dia (semacem Film2 gtu deh )
lagi lagi, krena ane orangnya prasangka baik trus sma org kli ya gan, ane prcaya aja, mlah smpe iba jg. akhirnya mlai dh sskali ane yg hub dluan lwat sms.
trs suatu ktika ane mnta ktemuan, tpi dia ga bisa. trs mnta gntinya dia kirim fto dia, ane iya in aja, dikirimlah fto seorang cwe, ga tau spa itu, cantik sih cwe yg d ftonya.
rasa iba plus simpatik menumbuhkan benih2 suka di ane gan, kbtulan ane bru jomblo waktu itu gan.
akhirnya kami jadian. (bodohnya ane, jadian sm org yg blm prnh ane temuin seumur2 hidup ane tuh)
sudahlah, hri2 ane lalui dengan hub by sms n telp sm dia..
skip2..
tiba2 suatu hari, dia nelpon ane. "say, rumah nnek kamu di(nma tempat)?". ane bilang iya, "nih aku lg jlan2 bwa mobil sndiri daerah sni, rumah nnek km tepatnya dmna?", ane ksih tau aj tuh smbil ane agk heran cmpur agk kesel sih, soalya klo d ajk ktmu g prnah bsa tpi ko giliran tiba2 kya gni bisa aj keluar jlan2 sndiri. so ane sruh dia tunggu di daerah stu (belom smpe rumah nnek ane), ane bkal nyusul dia kesitu. and dia blg oke ak tunggu.
Ngebutlah ane gan, brharap bsa ktemu pujaan hati .
tapi bru stgah prjalan dia telp ane, dgn agk kesel tnya kpan ane smpe..
trs brulang selang hnya bbpa mnit..
akhirnya dia ksel krna ane g knjung dteng,, (y iyalah, jauh dodol ) dia blg mau pulang dengan sambil mrah ke ane.. dsitu ane pasrah, y udhlah mau gmn lgi, tp prjalan ane trusin ke rumah nnek ane gan, krna kepalang tanggung.

ssmpenya d rumah nnek ane, udh ada tetangga nnek ane d rumah nnek ane, info: nnek ane tgal sndrian d rumah, tpi tetangganya kbnyakan msih sdaraan sm ane, jdi ada yg jagain.
tp itu yg d rumah nnek ane wktu itu, ttangga yg bukan sdara ane, dan tba2 dia blg klo brusan tdi ada yg cwe cantik naik mobil nanyain bner ini rumah nnek mas bkan, ngakunya cwe mas, tp trus mlah pulang gitu.
nahhh, dlm hti ane, bner nih, cwe ane ksni.
trs ane tnya nnek ane, nnek ane ga tau krna td lg nnton tv, sdagkan kta ttangga ane, cwenya itu tnya sm dia di jalan, dan kbtulan siang itu jalan dan lngkungannya lgi sepi krna terik.
y udh ane mkin prcya aj sm cwe ane itu. ;hammer

skip2

stlah kjadian itu kita bdua sling mnta maaf, n mkin mesra tuh d sms atau jg d telp. n ga jrang tuh cwe ane, sdkit nakal bhsanya, dia prnah crita klo dlunya hampir diperkosa sm mntan pcarnya tp ga jadi, dia brhasil kabur n putusin mantannya.. ane pun iba plus tmbah prcya, jg tkut apa bner dia udh d perkosa atau belum , and dia ngyakinin klo dia belum di apa2in, and bkal nyerahin semuanya nnti ke ane. (bahhh ane di gombalin nakal) bodohnya ane, sbgai laki2 normal jg deh, ane ya luluh lah..

skip2

suatu ketika,tba2 cwe ane nelp nagis2, blg pngakuan klo dia pnya sakit lemah jantung, hdupnya ga lama lgi kata vonis dokter, ane jd bngung kan gan, tp ya ttp prcya..

y dh stlah itu hri2 di isi obrolan sedih tuh.. hingga suatu saat ane d hub sm nomer bru yg ngakunya pamannya dia, kalo cwe ane tu meninggal.. (baahhhhh gila ga tuh)
ane minta alamatnya g dikasih, krna omnya beralasan ayahnya bkal marah kalo tau cwe ane pcaran.
ane bngung bukan main tuh gan.. ane cb telp k nmer cwe ane ga aktif, k nmer pamanny ini ko ga diangkat.. trs smpe suatu ketika mati nmernya.. nmer cwe ane jg ttp ga aktif.

jegerrrr sedih campur marah campur hancur hati ane, dtgal mati cwe ane, tnpa ane g bs bbuat apa2, blm tau rupa sbnernya.


brhari setelah itu, kesedihan ane mulai ane hapus, ane kuat2in dri ane, hingga ane inget2 lgi kenangan lewat sms2 pmbicaraan.
glek,,, ada yg ngeganjel waktu inget kejadian yg dia jalan2 sndri bwa mobil trs ada tetangga nnek ane saksi satu2nya yg d tnyain.
ane mulai kmpulin tuh akal sehat ane, ane cba buang perasaan ane.
saksi kunci yg ngeliat cwe ane itu cuma tetangga nnek ane.
FYI : tetangga nnek ane itu cewek, udah nikah, and pngantin baru.
bru aja pnya anak, msih balita. Manis sih, mlah sbrpa org blg jg bahenol , nikah muda gitu, n suaminya krjanya di kntor kpla desa.

ane jdi curigalah ke tetangga ane itu, wlau di lain hati, ahh ga mgkin dia kan udh nikah, pnya balita jg.
tpi krn bner2 udh kekumpul akal sehat ane lgi, y udh beraniin tuh, cb tnya ke dia lwat telp, ane mnta nmernya dia ke nnek ane. ane cm tnya pelan2 n baik2 tntg kejadian yg cwe ane tnya rumah nnek ane ke dia, dan ane tnya apa bner kejadian itu ada berkali2, dan trnyata bammm. dia nangis, ngku, klo cwe ane itu ga da, itu dia selama ini.
dia alesan klo hdup sma suaminya ga bhgia lhir sm batin, krn suaminya itu bkn cwo yg dia mau, krna di jodohin aja sm ortunya.
(dlm hati ane, sial amat nih cwe, ga bhgia dr awal tp bs jd ank satu ).
smbil nyesel dia ngaku suka . cinta bneran,, tiap ane ke rumah nnek ane , dia selalu cri pndang ke ane, klo pas lg ngbrol sm nnek ane suka tnya2 tntang ane, semua hal, mknya dia bsa tau semuanya, dmna ane kuliah, kpan ane jmblo.

d saat itu ane lmes gan, trnyata selama ini, ane cm d jadiin peran di dunia khayalannya dia. ane marah sm dia.. tpi dia trus mohon untuk maafin and blg lg tntg alsan2 dia bbuat kya gni, mnt jg jgn smpe d blg k tetangga lain n nnek ane..

bahkan lbh gilanya, dia blg mau ngelakuin apa aja asal di maafin sm ane..
freak! saraf nih cwek! dlam hti ane..

smpe akhirnya ane diemin dia, trus2an dia hub ane, ga ane peduliin, smpe dia bkin fb, ga ane approve.
tp lma kelamaan, dendam ane ilangin gan, dlm hti kcil ane ane dh maafin dia, ane jdi kasian,
mknya hingga saat ini, ya klo mslah tnya2 kbar msih ane jawab d massage Fb.

dan smpe trit ini ente buat sist, ane jad tau trnyata itu adalah sebuah penyakit. mksih sist.
ya jd ada rasa pngen bntuin sembuhin dia, tp kyanya susah sih, bbrpa saat stalking ke fbnya, tu org mlah kya ABG yg blm pnya ank dr sttus2nya..
ahhh y sudahlah..

pling ga ini pringatan buat ane lah, yg psti2 aj jalanin hidup, bnyak org yg nyata d samping kita, itu aja yg kita perjuangin.

n sbnernya ceritanya lbih rumit lgi dr yg ane ceritain d atas. soalnya kalo ga d singkatn skip2, bkal jdi novel ntr sist. tpi bneran ini kejadianny nyata. ane bsa prtnggug jwabin apa yg ane crtain d atas klo emg agan2 ga prcaya.

God bless deh buat sist, n agan2 yang lain, yang sabar ya sist. Move On..
ternyata jg ane ga sendirianlah
pergi ke psikiater gan, susah pasti kalo udah parah gitu mah
panjang banget maap numpang jejak dulu baru baca nanti
Sering banyak tuh gan kalau di game online
sering bilang kebaikan tentang diri nya
tapi ujung ujung nya hode lah, nggak cantik lah,
ane jadi takutt gann....
secara ane ngersa punya gejala psikis yg aneh gan...
ane takut bnget orang2 ngejauhin ane...
ane sering memanipulasi kalimat2 tpi ane ga bisa secara live langsung dari bibir ane...
tpi ane rsa ane ga punya pnyakit yg ini...
tpi pentakit psikis yg lain.
keknya pernah punya temen kek gini dah ciri-cirinya
apa gw ndiri ternytata orgnya??
smg cpt smbh dah buat pnykt gt gan
sabar gan
wah, kejadian sama nih gan
langsung putus cerita aja dah gan sama seperti ane
moga dapet pasangan yang lebih baik aja sis
ane ini silent reader kaskus sis, dari semua thread di kaskus, cuma ini yg menggerakkan hati ane untuk login dan ikut comment, ane harus komen.
Ane juga punya pengalaman ky gini, teman sma ane dulu di Jogja pengidap penyakit ini juga. Dulu dia sering curhat ke ane sis, dia dulu nya ngaku mantan ketua gank paling ditakuti di jogja dan punya banyak teman artis, dulu karena ane masih culun bin bloon ane percaya aja sama bualan2nya dia, setelah lulus sma ane hilang kontak sama dia, nah setelah 10 tahun ane ngga sengaja ketemu lagi sama dia lewat fb, n akhirnya jd sering ngobrol lagi sama dia n ternyata sifatnya masih ngga berubah, waktu di fb dia ngaku nya pacaran sama cewek yg cuantik buanget n lagi ikut konser mewakili Indonesia di perlombaan musik etnis di Hongkong n kerjasama dengan Ipang BIP dll, ane yg akhirnya sdh ngga percaya sama bualan2nya dia cuma iya2 aja dia mau ngomong apa. . Ane juga males nanggepinya, meskipun kadang gemes juga pengen membongkar kebongongan2nya di fb, tapi ane juga ngga ada bukti untuk melakukan hal itu. Pas katanya dia pergi ke Hongkong ane sempat pancing dia untuk nunjukin foto dia sama ceweknya yg cantik td kl "mereka" memang liburan disana, awalnya dia ngelak tapi akhirnya nunjukin foto yg katanya dia berdua sama ceweknya, meskipun agak buram n gak jelas muka nya.tapi ane tau yg di foto bukan dia krn muka nya beda banget, ane desak kok muka nya beda, alasannya krn dulu dia sempat kecelakaan n kontur muka nya berubah, nah lo gokil kan alasannya. . tp ya udah sing waras ngalah. Sampe akhirnya stlh beberapa lama dia curhat ke ane ceritanya dia berantem sama pacarnya yg cantik tadi, karena ortu ceweknya yg ternyata Jenderal Purn. Hendro Priyono ngga setuju sama dia karena latar belakang dia sebagai mantan ketua gank Qizruh jogja jaman dulu. kembali ane berusaha jd teman yg baik n berusaha nyabarin dia pdhl dalam hati ane tau dia bohong n ane cuma ngga mau dia kehilangan muka krn ketauan bohong n ane jg ngga ada bukti yg konkrit..setelah sekian lama, ane ngga sengaja nemu di internet artis Rosnita Putri (yg sekarang lagi rame sama Arya Wiguna itu) n tu artis muka nya sama persis ky "pacar cewek" teman ane tadi, n bahkan foto2 di fb cewek teman ane tadi ternyata dcomot dari fb artis tadi. Ane gemes saat itu akhirnya ane tautkan tu link2 fb artis tadi di dinding fb cewek teman ane biar semuanya tau kl tu profil sebenarnya fiktif karangan teman ane tadi, akhirnya setelah itu ane malah di blokir oleh fb fiktif "cewek" teman ane tadi n teman ane nya sendiri secara perlahan seolah2 berusaha menjauh dari ane sampai sekarang.
Setelah liat thread ini n tau kalo ternyata ini penyakit, ane jadi kasian juga sama teman ane, dia seolah2 hidup dlm bualannya sendiri. Ada saran ngga ni mungkin dari kaskuser atau sista TS gimana caranya ngobatin penyakit ini atau gimana tepatnya orang2 di sekeliling si penderita ini bersikap menghadapi kebohongan dia sekaligus menyadarkan dia.
kl berkenan taro pejwan sis, makasih.
sabar ya gan
Ane baru tahu kalau itu adlh penyakit,bukan kebiasaan.Ane pernah mengalaminya bahkan ane adlh pelakunya.
Sebagai intro,ane adalah cewek...di kehidupan nyata ane bergaul biasa,bicara jg biasa dan ga pernah ngomong gede atau ngibul2 gitu sampai someday krn ada interview jd ane pgn memperlancar bhsa inggris ane.Pacar ane kasih saran spya chat aja sama dan ane setuju,,skip..ane dapat teman chat di Bali dan dr awal dah ane blg tujuannya untuk meperlancar bhsa inggris ane.Kita chat intens tiap hari tiap saat tp ane ga kasih nama dan foto asli.Antara kenyataan dan khayalan bercampur disitu..semua terasa indah krn ane bisa menciptakan sosok seperti yg ane mau dgn tambahan drama sprti pernah diperkosa ma cwo yg skrg pacar ane.Selebihnya semua adalah hal optimis dan kesuksesan.3bln berlalu dan ternyata karena kecanggihan cowok ane dia bisa tahu id n pass yg ane dan dia membukanya di hapenya,jd setiap ane chatting dia jg baca.Dgn lembut dia tanya knp sampai sejauh ini?kamu ga kasihan sama aku,sama dia?dan di jg menyalahkan diri sendiri krn mgkn krn dia krg perhatian ane jd begini.Saat itu ane cuma blg kalau ini bukan tntg perasaan,tapi aku cuma merasa sedang menulis novel dan kecanduan.Dia ga marah tapi yg pasti sgt kecewa.Huaaa..huaaa..He's the best man i ever have sesudah bokap.
Sekarang semua tinggal kenangan dan menjadi pembelajaran...mungkin mythomaniac ada stadium2nya dan ane termasuk yg rendah krn masih sadar.Setuju sama agan yg blg kalau penderita mythomaniac perlu diarahkan untuk menulis supaya bisa mencurahkan imajinasinya.
Satu keuntungan yg ane dapat dari hal ini adalah ane dah mulai menulis lagi setelah sekian lama vakum.

Buat sista..semangat yaa,kalau memang cinta itu begitu besar dan pantas diperjuangkan,rasanya mythomaniac bukanlah halangan namun wajib disembuhkan
ane malah suka jd penasaran banget sampe tahap mana sih kebohongannya..
digolongkan ke penyakit juga...haha..
coba tontom film shutter island gan,disitu ldc udah jd mythomaniac akut
ane pernah ngalamin juga....

Punya temen........pernah ngaku2 sakit radang otak lah, harus ke rumah sakit terus lah...
trus pake pura2 pas malem2 tiba2 sakit gak tertahankan, harus kerumah sakit, waktu itu dia bilang di RSCM.....yang buat meyakinkan ada temennya SMS juga ke ane bahwa itu bener2 terjadi, tapi setelah ane bilang mau ikut anter kerumah sakit, dengan berbagai cara temennya itu Nolak...
trus ane bilang mau jenguk besok harinya pagi2, eh dia bilang kalo dia udah dirumah...
rumah di Depok, RS di RSCM, Malem jam 9 ke RS, pagi2 jam 7 udah balik kerumah....
kirain artinya maniak sama cerita-cerita mistis gan...
semoga tuh cowo maunyembuhin dirinya sendiri.. amin
hmmm...

kasian banget TS, cakep2 pacarnya ga beres..
yang sabar aje, bawa ke psikiater, kalo ga bisa laporin aja ke komnas ham, eh, keluarganya...