KASKUS

MACAM-MACAM PUASA ALA KEJAWEN

SELAMAT DATANG

no
Spoiler for :


Para penghayat kejawen telah menemukan metode-metode untuk membangkitkan spirit agar menjadi manusia yang kuat jiwanya dan luas alam pemikirannya, salah satunya yaitu dengan menemukan puasa-puasa dengan tradisi kejawen. Dalam peradaban spiritual kejawen, seorang penghayat kejawen biasa melakukan puasa dengan hitungan hari tertentu untuk menaikkan kemampuan spiritual metafisik mereka.
Macam-macam puasa berdasarkan tradisi jawa adalah sebagai berikut;


Spoiler for 1:


Spoiler for 2:


Spoiler for 3:


Spoiler for 4:


Spoiler for 5:


Spoiler for 6:


Spoiler for 7:


Spoiler for 8:


Spoiler for 9:


Spoiler for 10:




Spoiler for 12:


Spoiler for 13:


Spoiler for 14:


Spoiler for 15:


Spoiler for 16:


Spoiler for 17:


suaramerdeka.com





Monggo Hargai Hasil Kerja TS dengan Komeng/



yang ane arepin ada yang lempar

Tambahan
Quote:Original Posted By bakafren
Ngrowot versi TS


Ngrowot versi pesantren

Tambahan :
Gk cuma gk makan nasi beras, tp semua makanan yg ada unsur berasnya (mis : rengginang, camilan dr tepung beras, dll).
Puasa jenis ini gk harus siangnya gk makan apa2 (dikarenakan bulan2 tertentu aja boleh berpuasa 1 bulan penuh dan ada tanggal2 tertentu yg diharamkan puasa). Intinya pantang makan unsur berasnya yg nyambung terus. Bisa beberapa hari, bbrp bulan, 1 tahun, 7 tahun, 10 tahun atau bahkan seumur hidup. Sebagai pengganti nasi beras biasanya mereka memakan nasi jagung. Untuk makanan lainnya asal gk ada unsur berasnya tetep boleh dimakan.

CMIIW eace




KOMENTAR BERMUTU
Quote:Original Posted By miebakso47
sudah pernah gan puasa kayak gitu
yang sering puasa ngrowot, senin kamis, ama daud

intinya kata kakek ku "ini laku prihatin bukan untuk mencari "ilmu" seperti yang sering di anggap kebanyakan masyarakat, akan tetapi lebih untuk selalu bersyukur,bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT semata, mengerti bahwa sejatinya manusia itu lebih sering mengedepankan nafsu, puasa adalah salah satu jalan untuk membersihkan hati, supaya kita selalu bisa bersyukur atas nikmat yang telah di berikan untuk kita"

NB : bila ada yang kurang setuju, tolong jangan di komentari, bila anda tidak suka berpuasa, ya tolong jangan mengejek orang yang suka berpuasa



Quote:Original Posted By dharrie
macam2 puasa yg disebutkan ts bisa dikatakan 'laku' olah batin atau kadang 'laku' olah kanuragan, dan tentunya utk menjalaninya butuh guru pembimbing, jadi gak sembarang dilakukan.



Bener gan, yang penting manfaatnya.
Ada satu lagi, ane dulu sering lakuin
Meton = puasa di hari lahir kita. Hari lahir sesuai pasaran jawa.
Buat kesehatan banyak manfaatnya koq.

Kalo ada komen yang sembarangan ngehina jawa, sori, berarti orang tersebut pikirannya sempit. Kalo mau komen sesuatu, pelajari dulu, ane yakin orang jawa maupun orang beragama apapun, ga diajarkan ber-komen-komen nge-hina ajaran / etnis lain. Saling nge-hormat-i.[/QUOTE]


Quote:Original Posted By ebensatria
ane lumayan sering puasa senin kamis..
walopun sering juga bolong2nya..
bikin ane bisa ngelatih kesabaran gan..terbukti dah ni



Quote:Original Posted By sealead
hmmmm,,,,
ada beberapa menganggap sesat, ada yg menganggap bagian dari budaya

intinya tergantung pengendalian diri masing2 (PPKN)


Quote:Original Posted By faizbacangocid
nice share gan
bagus juga ya, memang banyak macamnya.
buat yg masih ngeledek kejawen sesat dsb, perlu diingat, kejawen ini ada sebelum agama masuk ke Indonesia, kalo masih mau ngatain, pikir dulu 2x. ini adalah kebudayaan jawa. religi, kepercayaan masyarakat jawa terhadap hal mistis spt ini udah ada sebelum agama ada, jadi ga bisa dibilang sesat buat orang yg mau mempelajarinya. kembali ke keyakinan masing2 aja. gausah diejek gan...



Quote:Original Posted By dumdum68
indonesia byk ragam budayanya, u.melakukan puasa2 tsb g bs sembarangan hrs ada gurunya n tau maksud n manfaatnya, ane sich positive2 aja menyikapinya walau ane sendiri g pernah nyoba n baru tau info puasa ala kejawen ini.


Lho, emang puasa kejawen menurut agan untuk apa? Untuk sesuatu yg negatif? 100% negatif? pasti negatif?

Kalo SAMA SEKALI TIDAK TAU tentang budaya kejawen, jangan mendiskreditkan dgn pemahaman negatif begitu dong gan. [/QUOTE]

Quote:Original Posted By fenderlover


Lho, emang puasa kejawen menurut agan untuk apa? Untuk sesuatu yg negatif? 100% negatif? pasti negatif?

Kalo SAMA SEKALI TIDAK TAU tentang budaya kejawen, jangan mendiskreditkan dgn pemahaman negatif begitu dong gan.


Quote:Original Posted By hellovetica
semua itu dijalankan pd orang2 jaman dulu, pasti ada maknanya, gak mungkin klo gak ada manfaatnya. yg komen negatif dan menghina berarti mereka islam muhamadiy**. karena orang muhamadiy** anti banget sm adat, dan budaya, apa lg sama puasa beginian



Quote:Original Posted By adhypt


yupnsetuja banget sama ni agan
jangan meremehkan alam
alam juga ciptaan Allah yg harus d hargai



Quote:Original Posted By thinkpad.com


gapapa gan kalo puasa yg agan niat kan bukan untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga. tapi misalnya niatkan untuk kesehatan krn ada masalah kesehatan misalnya. karena puasa untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga sudah lengklap syariatnya.


Quote:Original Posted By lukaay


yang kaya beginikan salahsatunya yang dipertentangkan syeh siti jenar vs walisongo..cmiiw


Quote:Original Posted By c2s
dulu ane pernah diajarin sm bokap mutih,ngrowot ama patigeni,

tapi ane bru bisa ngrowot, itu pun dlu,

bokap ane pun nglakuin itu karna untuk alasan kesehatan,bukan buat yang laen2 kok gan


Quote:Original Posted By thinkpad.com


gapapa gan kalo puasa yg agan niat kan bukan untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga. tapi misalnya niatkan untuk kesehatan krn ada masalah kesehatan misalnya. karena puasa untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga sudah lengklap syariatnya.


Quote:Original Posted By lukaay


yang kaya beginikan salahsatunya yang dipertentangkan syeh siti jenar vs walisongo..cmiiw


Quote:Original Posted By balibong
jangan sampai budaya kita kemakan jaman gan, mungkin ada benarnya anda meluruskan hal yang salah. memberitahu orang yang tidak tahu, tapi ada batasannya juga gan. karena Tuhan menciptakan semua orang berbeda2. semua dengan kekurangan dan kelebihan masing2. ayo dong katanya "bhineka tunggal ika" asal enggak saling menjelekan satu sama lain, saya rasa perbedaan itu indah sodara2 sekalian


Quote:Original Posted By thinkpad.com


gapapa gan kalo puasa yg agan niat kan bukan untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga. tapi misalnya niatkan untuk kesehatan krn ada masalah kesehatan misalnya. karena puasa untuk ibadah/mendapat pahala/mendapat suraga sudah lengklap syariatnya.


Quote:Original Posted By lukaay


yang kaya beginikan salahsatunya yang dipertentangkan syeh siti jenar vs walisongo..cmiiw


Quote:Original Posted By inob
sayang koq ndak ada gambarnya yah

hehehe buat yg lain terserah mo ngamang negatif gitu....berasa modern kayaknya padahal otaknya jg masih udik gitu

Quote:Original Posted By sundaysmile


kok bisa bilang stupid? ngerti ga ente tantang kearifan lokal? memang banyak diantaranya yang ga masuk akal di kehidupan sehari hari. tapi hal hal itu yang membuat kita menjadi bangsa yang kaya akan budaya. mau jadi apa negara ini kalau anak anak mudanya lebih memuja kebudayaan negara lain. sementara budaya sendiri dibilang stupid dan suruh dimusnahkan. setiap lelaku itu ada nilai nilai filosofisnya, ada alasan alasannya dan dilakukan dengan kesadaran penuh untuk mencapai sesuatu.

ya kalo anak jaman sekarang yang apa apa serba instan dan nyaman ga ragu sih ane kalo ga bisa berpikir panjang. tapi serius, ane sebagai orang yang mencintai budaya lokal indonesia terutama budaya jawa sangat tersinggung dengan komentar ente. ente seharusnya malu berkata seperti itu.



Quote:Original Posted By fransiscusxc
Gan setau ane ada lagi namanya puasa weton , ini masuk kategori puasa jawa ngk ya ?
kita puasa selama 24 jam tidak makan dan minum pada hari kelahiran kita,
Sebagai ungkapan syukur dan mendekatkan diri pada Tuhan YME.
Puasanya dilakukan dr sore (setelah matahari terbenam) sampai sore besoknya setelah matahari terbenam baru selesai puasanya.
Dilakukan sebanyak 7 kali berturut-turut Gan (7 bulan).
Karena weton itu umumnya dalam 1 bulan ada 1 hari Weton.

#imho#


Quote:Original Posted By Febrit Herdias
ada lagi gan ane tambahin..puasa daud.puasanya menganut nabi daud,jadi sehari puasa,sehari tidak
ada lg puasa weton ini dilakukan bg org jawa kebanyakan,dikarenakan puasa weton sama saja dengan kita muasain "kembaran"kita dialam sana..jikalau salah mohon TS benerin


Quote:Original Posted By mdfstudio


Islam kejawen itu ajaran hasil penggabungan islam dan budaya jawa. Aliran ini dibawa dan diajarkan oleh para Waliyullah di tanah jawa.
Para Wali ALLAH tidak sembarang mengajarkan aliran kejawen, tentunya aliran tersebut sudah mendapatkan ijin dari kanjeng Rasullullah SAW. Karena bukan hal yg mustahil bagi para Wali Allah yg memiliki drajat maqomat tinggi, untuk bertemu dengan Rasul secara yaQodothan/nyata. Bukan lewat mimpi.
Kesimpulanya ajaran islam kejawen sebenarny yg paling baik yg harusnya di anut para muslim di tanah jawa, karena ajaran kejawen banyak mengajarkan sifat adab/sopan santun, lemah lembut, dan saling menghormati sesama mahluk ciptaan Allah, baik itu manusia, jin, malaikat, hewan, tumbuhan, serta bumi seisinya.
Tp banyak dari beberapa pihak yg kurang mengerti ilmu tauhid dan kurang paham tentang kebesaran ilmu Allah SWT, sehingga ajaran ini sering di katakan sesat.






MESKI ADA JUGA YANG GAK SUKA

Spoiler for MAKASIH GAN:





Kejawen = Stupid...

Musnahkan

UPDATE :

Kejawen tuh musryik goubloooggg... masak pake sesajen buat ngelakuin sesuatu. Ane nih korbannya. ane orang jawa asli yang dari kecil di buang ma bokap ane gara2 percaya ma kejawen musryik... Ane anak pertama dari 9 bersaudara. dibuang bokap yang percaya ma gituan...

Insaf woi... sebelum dunia kiamat.... !!!!

Malah ada yang ngasih ane cendol. ane gak butuh cendol woi,



Gue gak butuk kasihan dari lo. Kejawen M*ot*erFu**er

Puasa Wajib dulu aja sono... Jangan puasa ginian. wajibnya ditinggalin, musryik di jalanin.. C*lek, P*juh, t*lembuk
Quote:Original Posted By b3ggo
SELAMAT DATANG

Para penghayat kejawen telah menemukan metode-metode untuk membangkitkan spirit agar menjadi manusia yang kuat jiwanya dan luas alam pemikirannya, salah satunya yaitu dengan menemukan puasa-puasa dengan tradisi kejawen. Dalam peradaban spiritual kejawen, seorang penghayat kejawen biasa melakukan puasa dengan hitungan hari tertentu untuk menaikkan kemampuan spiritual metafisik mereka.
Macam-macam puasa berdasarkan tradisi jawa adalah sebagai berikut;




Spoiler for 6:




ane kira ngent*t gan
Thanks infonya gan.
Emang bener-bener kaya nih puasa ala Kejawen.
Tapi ane belum pernah sama sekali nyoba satupun.
Quote:Original Posted By return.false
Kejawen = Stupid...

Musnahkan


kejawen itu salah satu budaya Indonesia loh...
budaya Jawa...

Katanya kita harus melestarikan dan mencintai budaya kita sendiri...
seenggaknya hormatilah...
Quote:Original Posted By 2686868
ane kira ngent*t gan


Wah siagan pikirannya




Posted by .0nline.
Quote:Original Posted By return.false
Kejawen = Stupid...

Musnahkan


pingin di santet orang jawa gan ?

banyak jenisnya ternyata...
Apapun jenis puasanya, sebaiknya tujuanya untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.
ane mah puasa ala Islam aje gan
senin kamis
ramadhan
nabi daud
tengah bulan
Quote:Original Posted By charies8
Apapun jenis puasanya, sebaiknya tujuanya untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.



Setuju GAN
sudah pernah gan puasa kayak gitu
yang sering puasa ngrowot, senin kamis, ama daud

intinya kata kakek ku "ini laku prihatin bukan untuk mencari "ilmu" seperti yang sering di anggap kebanyakan masyarakat, akan tetapi lebih untuk selalu bersyukur,bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT semata, mengerti bahwa sejatinya manusia itu lebih sering mengedepankan nafsu, puasa adalah salah satu jalan untuk membersihkan hati, supaya kita selalu bisa bersyukur atas nikmat yang telah di berikan untuk kita"

NB : bila ada yang kurang setuju, tolong jangan di komentari, bila anda tidak suka berpuasa, ya tolong jangan mengejek orang yang suka berpuasa
ada lagi gan, puasa ga makan nasi beras,,,
pakdeq jalani puasa itu lbih dri 10 tahun lalu smpe skrg..
Ane ikutin syariat islam aja gan
Quote:Original Posted By return.false
Kejawen = Stupid...

Musnahkan


kejawen itu lebih dulu dari islam gan, makanya doanya manjur semua....
malah jangan sampe hilang...
macam2 puasa yg disebutkan ts bisa dikatakan 'laku' olah batin atau kadang 'laku' olah kanuragan, dan tentunya utk menjalaninya butuh guru pembimbing, jadi gak sembarang dilakukan.
Quote:Original Posted By miebakso47
sudah pernah gan puasa kayak gitu
yang sering puasa ngrowot, senin kamis, ama daud

intinya kata kakek ku "ini laku prihatin bukan untuk mencari "ilmu" seperti yang sering di anggap kebanyakan masyarakat, akan tetapi lebih untuk selalu bersyukur,bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT semata, mengerti bahwa sejatinya manusia itu lebih sering mengedepankan nafsu, puasa adalah salah satu jalan untuk membersihkan hati, supaya kita selalu bisa bersyukur atas nikmat yang telah di berikan untuk kita"

NB : bila ada yang kurang setuju, tolong jangan di komentari, bila anda tidak suka berpuasa, ya tolong jangan mengejek orang yang suka berpuasa


Bener gan, yang penting manfaatnya.
Ada satu lagi, ane dulu sering lakuin
Meton = puasa di hari lahir kita. Hari lahir sesuai pasaran jawa.
Buat kesehatan banyak manfaatnya koq.

Kalo ada komen yang sembarangan ngehina jawa, sori, berarti orang tersebut pikirannya sempit. Kalo mau komen sesuatu, pelajari dulu, ane yakin orang jawa maupun orang beragama apapun, ga diajarkan ber-komen-komen nge-hina ajaran / etnis lain. Saling nge-hormat-i.
Quote:Original Posted By miebakso47
sudah pernah gan puasa kayak gitu
yang sering puasa ngrowot, senin kamis, ama daud

intinya kata kakek ku "ini laku prihatin bukan untuk mencari "ilmu" seperti yang sering di anggap kebanyakan masyarakat, akan tetapi lebih untuk selalu bersyukur,bahwa semua yang ada di dunia ini adalah milik Allah SWT semata, mengerti bahwa sejatinya manusia itu lebih sering mengedepankan nafsu, puasa adalah salah satu jalan untuk membersihkan hati, supaya kita selalu bisa bersyukur atas nikmat yang telah di berikan untuk kita"

NB : bila ada yang kurang setuju, tolong jangan di komentari, bila anda tidak suka berpuasa, ya tolong jangan mengejek orang yang suka berpuasa



super gan
Quote:Original Posted By return.false
Kejawen = Stupid...

Musnahkan


ati2 gan kalo ngmg masalah kejawen.. hormatilah budaya kita sbg bangsa indonesia..