KASKUS

FILOSOFI YAKIN SADAR SABAR PADA KARINDING

Langsung aje gann

Karinding sebagai alat musik tradisional, memiliki begitu banyak kekayaan intelektualitas dibalik bentuknya yang sederhana, cara memakai, juga kisah – kisah sekitarupaya revitalisasinya. Dari bentuknya Karinding terbagi menjadi 3 bagian, pancepengan yaitu bagian yang harus dipegang dengan mantap ; cecet ucing dimana buluh bambu Karinding yang dibuat kecil dan tipis akan bergetar dan menghasilkan bunyi ketika bagian ketiga, panenggeulan,ditabuh.

Spoiler for gambar:


Bagian pertama dari Karinding, pancepengan, merupakanbagian dimana pemain Karinding harus memegangnya dengan baik. Tak usah erat yang penting pas dan mantap. Pancepengan serta cara sang pemain Karinding memegangnya mengandung nilai filosofi yakin ; bahwaia harus yakin dengan apa yang ia pegang sebelum kemudian ia mainkan. Yakin bahwa ia bisa memainkan, dan yakin bahwa apa yang ia mainkan akan berguna bagibanyak orang.

Spoiler for gambar:


Yakin kepada diri sendiri akan meniupkan ruh positif bagi individu sehingga ia akan terusberkata “ Aku Bisa ! “ ini akan memupuk semangat dalam beraktifitas dan dengan demikian kita sebenarnya sedang membuka sumbat yang menutupi potensi diri kitasendiri. Sekali sumbat potensi ini terbuka maka energi akan mengaliri dirikita, membimbing mencapai tujuan yang kita yakini. Energi ini membantu kitadalam mencari referensi, bertanya, mengurus pekerjaan, menyusun berbagailangkah. Ikhlas dan tawakal, membina kita agar senantiasa berada dalam kerendahan hati ketika berpikir, berucap dan bertindak.

Setelah dengan yakin menggenggam Karinding, maka pemain Karinding bisa memulai menabuh Karinding dengan sabar, tidak tergesa – gesa, tidak terlalu cepat, tidak terlalu keras, tidak terlalu pelan, namun pas ditengah – tengah. Orang – orang bijak selalu berkata bahwa sebaik – baik urusan adalah yang berada di tengah –tengah, dan kesabaran yang pas seperti ini pula dalam menabuh Karinding agar suara yang dikeluarkan bisa semantap keyakinan yang ia pegang.

Spoiler for gambar:


Sabar adalah kata kerja berkonotasi ketekunan sehingga akan memberikan penerangan bagi orang – orang yang meyakininya. Sebagai sebuah ketekunan, sabar mengacu pada disiplin diri dan bagaimana kita bisa mengatur waktu serta komitmen untuk mewujudkan apa yang kita cita – citakan. Sabar juga berhubungan erat dengan upaya terus – menerus untuk mencapai yang terbaik, pantang menyerah dan kreatif dalam menyusun langkah – langkah yang diyakini benar. Sabar meningkatkan kekuatan orang – orang yang yakin baik kekuatan fisik, mental, maupun spiritiual.

Saat sudah dipegang dengan yakin dan ditabuh dengan sabar maka rapatkanlah Karinding ke rongga mulut sampai mengeluarkan bunyi. Ketika akhirnya bunyi itu hadir dalam ritme elok yang kita atur, maka hendaknya kita sadar bahwa bunyi itu bukanlah bunyi kita sendiri, bukan milik kita, melainkan milik Dia Sang Pencipta Bunyi. Yang sedang kita lakukan dalam bermain Karinding bukanlah menghasilkan bunyi, melainkan memainkan bunyi yang telah ada, untuk sebaik –baiknya menjadi karya yang bisa diapresiasi secara positif oleh khalayak.

contohnya gambar di atas gan..

Kesadaran ini mengandung makna keikhlasan dan kerja. Ikhlas bahwa apapun yang kita sangka milik kita, ternyata bukan seperti yang kita kira, sehingga yang harus kita lakukan adalah memelihara sebaik mungkin untuk kita kembalikan kepadanya dalam kondisi sebaik – baiknya. Untuk menjaga agar tetap utuh dan baik tentu diperlukan kerja. Dan kerja tidak bisa dilakukan sekali duakali, melainkan terus menerus dalam pola yang terencana dengan hasil bukan untuk meraih sesuatu namun melampaui apa yang dalam pikiran kita ingin raih.

Betapa indah filosofi “ Yakin Sadar Sabar “ yang terkandung dalam Karinding. 3 hal ini jika sudah bisa disatukan dalam harmoni maka akan sangat berguna dalam membentuk kepribadian manusia yang unggul dalam sisi – sisi kehidupannya.Manusia yang sederhana arif, harmonis, dan memiliki ketenangan jiwa.

Spoiler for Bonuss gann :cool:


Spoiler for Bonus Vidio.:


Spoiler for TS:


Maap gan kalo trit ane kurang rapi.. ane baru pertama bikin.. jadi mohon dimaklum yaa gan..

Spoiler for x2:


bantu di yaa gann..

udahh dulu gan ane mau solat ashar
jangan lupa gan

Spoiler for sumber:
ternyata alat musik yaa gan ane baru tau tp lumayan-lah untuk melestarikan alat musik tradisional
iyaaa gan..
sampingan ane maen gituan gan kalo ada waktu kosong
suaranya ky gmn y...? blm prnh tau jg ni.
Itu diatas ada vidio gan.. Boleh diliat aja..
Yg cara menabuh karinding gan..
Wah.. Ane baru tau gan ada alat musk beginian...
Nice inpo..


Lestarikan Budaya Indonesia
Iyaaa gan.. Malahan ada macem macem gan.. Ada kurinding, jews harp, karinding towel dll.. Nanti kalo ada waktu ane bikin trit lg tentang alat musik yg gituan gan
Karinding Attack ari Bandung gan


Ada Yg feat Peterpan mantap
Iyaaa itu gan ada di atas dicek aja vidionya satu"
dari jawa barat ya hmmm sumpeh baru nyaho ane
MAN JASAD
iyaa gan... lebih tepatnya bandung ..
bantu dong gannn ..
jadi pengen nyobain karinding..
di bandung udah banyak gan yg jualan karinding..harga pasarannya 30-50rb gan yg standar..

ane sekarang lagi belajar bikin karinding gan.. nanti kalo ane udah lulus sma ane insyaallah mau buka FJB jualan karinding di kaskus hehe.. lumayan buat nambah penghasilan uang jajan
baru liat gan alat musik kaya gini semoga bisa dilestarikan yaa
iyaaa gan mudah mudahan aja jgn sampe punah sampe nanti cucu ane bisa kaya ane sekarang mengabdi kpd budaya lewat teknologi hehe..






mantabs mas bro

jigana bakal jadi wartawan tah< bagus boyz bikin lagi tulisan2 yg lain....