Yak, kembali lagi sama Mas Bejo disini pengen share hasil translate-an terbaru, gara-gara kurang kerjaan di kantor jadinya lumayan lah bikin trit...
kali ini ane ajakin agan-agan sekalian terutama jobseeker buat evaluasi lagi, memperbaiki diri lagi supaya CV agan lebih keliatan "menjual". kek yang begini nih
Spoiler for CV sangar:
Langsung sajha ya , agan agan dan agan wati, gini rules nya :
1. Yang perlu agan lakukan adalah menjawab pertanyaan ane, dengan SEJUJUR-JUJURNYA, sesuaikan dengan realita yang agan kerjakan, bukan yang agan anggap benar.
2. Jawaban agan cuma dua, yaitu YA dan TIDAK. Di setiap jawaban yang benar akan ada penjelasannya.
3. Hitung jawaban yang benar, dikali 4.35.
Ready ?? GO!!
Spoiler for Pertanyaan 1:
Apakah agan sudah membaca dan mempelajari deskripsi pekerjaan secara detail sebelum memutuskan melamarnya ?
Spoiler for YA!:
Penting lho gan untuk mempelajari job desc, supaya agan tahu kira-kira pekerjaan apa yang mengikuti, dan apakah memang ini yang agan cari. Faktanya, apoteker kadang-kadang harus mahir mengoperasikan computer dan membuat laporan penjualan, Staf teknik juga tidak melulu menghitung, namun sering juga negosiasi harga, mengurus surat-surat dan tugas-tugas administrative, jadi sedikit-sedikit agan harus punya mental pasar sekaligus tata bahasa yang baik dan resmi. Jika agan sudah pernah bekerja sebelumnya, dari job desc agan juga dapat melihat keterampilan apa dan pengalaman apa yang sekiranya pas dengan posisi yang agan lamar
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 2:
Apakah Agan SELALU mengupdate CV agan sebelum melamar suatu pekerjaan ?
Spoiler for YA!:
CV yang up to date memastikan bahwa HRD mendapatkan informasi terakhir dari agan. Hanya dengan informasi terbaru lah HRD dapat membuat penilaian, apakah agan cocok dengan pekerjaan. Update yang diperlukan antara lain pekerjaan terakhir, keterampilan yang dimiliki, sertifikat yang diperoleh, dan sebagainya.
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 3:
APakah agan melampirkan foto yang pantas dengan CV agan ?
Spoiler for YA!:
Gunakan foto yang jelas, ukuran passport. Gunakan pakaian yang menampilkan profesionalisme agan, jangan gunakan foto dari facebook, atau foto-foto dengan pose atau pakaian yang tidak pantas
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 4:
Apakah agan mamasukkan detail-detail seperti agama, tinggi badan, berat badan , hobi ?
Spoiler for YA!:
Spoiler for TIDAK!:
Deh, pliss deh gan, buat yang jawab YA!. Cukup tampilkan informasi yang penting dan relevan aja, misalnya nama lengkap, tanggal lahir, alamat rumah, alamat email dan nomor telepon. Selalu tanyakan pada diri agan, “apakah informasi yang saya tampilkan ini relevan dengan pekerjaan yang saya lamar ?”.
Pliss deh yang kedua gan. Nggak professional banget gitu loh. Pake nama asli aja napa ? malu kah?
Spoiler for Pertanyaan 6:
Apakah agan mengurutkan pengalaman kerja secara kronologis, dari pekerjaan pertama hingga pekerjaan terbaru ?
Spoiler for YA!:
Spoiler for TIDAK!:
Yang bener tu, Sebaiknya pekerjaan terakhir agan taroh diurutan pertama, dan pekerjaan pertama di urutan terakhir. Ini memudahkan HRD membaca riwayat dan perkembangan karir agan,bahkan skill agan/
Spoiler for Pertanyaan 7:
Apakah agan meng-copy paste tugas-tugas anda dalam pekerjaan terbaru agan ke dalam CV agan?
Spoiler for YA!:
Spoiler for TIDAK!:
Jangan sampe deh gan, soalnya Job desc itu cuma panduan aja. Jabarkan tanggung jawab agan di posisi terakhir dengan singkat, mudah dipahami, dan usahakan untuk menunjukkan keterkaitan antara job desc lama dengan job desc posisi yang agan lamar
Spoiler for Pertanyaan 8:
Apakah agan melampirkan detail spesifik tentang pencapaian agan / prestasi dalam pekerjaan yang lalu?
Spoiler for YA!:
Misalnya, “berhasil menjual 85 unit laptop dalam satu bulan” atau “meningkatkan pendapatan gerai sebesar 6,2 % dengan mengadakan event special di akhir tahun”. Kuncinya adalah menuliskan prestasi yang dapat diukur. Dengan mencantumkan ini, HRD akan bilang “WOW” , langsung memahami potensi agan, dan tentunya suatu nilai plus dalam CV
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 9:
Apakah agan sering gonta-ganti pekerjaan?
Spoiler for YA!:
Jika ya, HRD akan melihat agan sebagai kutu loncat, orang yang kurang bisa dipercaya, atau tidak tertarik untuk berkontribusi pada perusahaan dalam jangka waktu yang cukup lama. Siapin aja jawaban terbaik agan, asal bukan “alasan pribadi”
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 10:
Apakah agan menonjolkan promosi, pergantian posisi, atau apapun yang agan peroleh dalam 5 tahun terakhir?
Spoiler for YA!:
Agan Harus jawab “YA”. Bahkan jika ada masa-masa agan tidak kerja, sebaiknya dituliskan alasannya. Promosi dan pergantian posisi mengindikasikan progress karir agan, Termasuk kemauan agan untuk belajar dan maju
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 11:
Jika agan bekerja di suatu perusahaan dalam jangka waktu yang amat singkat, misalnya beberapa bulan saja, apakah agan menuliskan alasan meninggalkan perusahaan tersebut?
Spoiler for YA!:
Ya, harus ya. Untuk menghindari kesan bahwa agan adalah seorang kutu loncat atau pekerja yang tidak dapat dipercaya
Spoiler for TIDAK!:
siapin jawaban terbaik agan aja deh
Spoiler for Pertanyaan 12:
Apakah agan menuliskan kemampuan Managerial atau Leadership dalam CV agan?
Spoiler for YA!:
Tentu saja, ini wajib ditulis gan. Leadership adalah bibit penting dalam kebanyakan lowongan, sedangkan managerial skill lebih ke arah posisi yang lebih tinggi. Leadership bukan hanya menyangkut cara memimpin, tapi juga cara kita memperlakukan orang lain, memimpin diri sendiri, loyalitas dan konsistensi
Spoiler for TIDAK!:
niat cari kerja opo ora e gan
Spoiler for Pertanyaan 13:
Apakah agan mencantumkan expected salary yang tinggi karena merasa bahwa HRD akan menawar lebih rendah?
Spoiler for YA!:
Spoiler for TIDAK!:
Jika diminta, tuliskan sejujurnya berapa gaji yang agan harapan. Jika agan menulis terlalu tinggi, biasanya malah akan ditolak, karena tidak sesuai dengan anggaran perusahaan. Namun di Indonesia jarang CV yang mencantumkan expected salary, kecuali agan memiliki keterampilan khusus / kontrak professional
Spoiler for Pertanyaan 14:
Apakah agan menuliskan kontak dari pemberi rekomendasi tanpa minta ijin mereka terlebih dahulu?
Spoiler for YA!:
ente nggak sopan gan
Spoiler for TIDAK!:
Kalau tidak minta ijin dulu, agan jelas bukan orang yang sopan gan ck ck ck
Spoiler for Pertanyaan 15:
Apakah agan meminta bantuan seorang teman untuk memberi rekomendasi?
Spoiler for YA!:
Spoiler for TIDAK!:
Rekomendasi haruslah datang dari tingkat professional, misalkan dari universitas atau atasan tempat agan bekerja saat ini
Spoiler for Pertanyaan 16:
Apakah agan menuliskan secara jelas keterampilan-keterampilan agan dalam hal teknis, interpersonal / hubungan dengan orang lain, atau keterampilan bisnis dalam CV?
Spoiler for YA!:
Cantumkan keterampilan agan secara spesifik, seperti “mahir pemrograman android”, “menguasai pemrogaman VB Excel”, “menguasai Photoshop CS6, Corel Draw X4, dan Webdesign”. Skill-skill tersebut haruslah cocok dengan yang diminta dalam lowongan. Dengan menampilkan skill tersebut, agan akan dinilai mampu mengerjakan tugas lebih cepat daripada mereka yang belum memiliki skill tersebut. Untuk skill dasar seperti Ms Office, tuliskan saja, walaupun nilai tambahnya nggak begitu besar
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 17:
Apakah agan mengecek kembali ejaan dan penulisan dalam CV agan?
Spoiler for YA!:
Selalu lakukan cek, dan recheck, dan double or even triple check, untuk mencermati pengetikan dan ejaan. Apalagi kalau agan menulis CV dalam bahasa inggris, wah modar wae gan kalo belepotan. MS Word kan punya autocorrect dan spelling and grammar check. CV agan tu udah semacam cerminan gimana hasil kerjaan agan di masa depan, kalo agan jadi di-hire
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 18:
Apakah agan berpikir bahwa HRD akan memperhatikan kesalahan ejaan dan penulisan, ataupun grammar dalam CV agan ?
Spoiler for YA!:
Tentu saja. Seperti poin di atas, kalau agan menulis CV bahasa inggris tapi belepotan salahnya, modar wae.
Spoiler for TIDAK!:
Spoiler for Pertanyaan 19:
Apakah agan mengingat-ingat nama perusahaan dan posisi yang telah agan lamar?
Spoiler for YA!:
Wah kalo sampe enggak, parah ente gan. Di daftar dong, perusahaan mana aja yang agan coba dan posisi apa yang agan lamar. Kalo sampe lupa, ketika agan ditelpon / dihubungi untuk tes, apalagi interview, agan sudah dapat bonus berupa nilai minus yang cukup besar, karena terkesan tidak tertarik dengan pekerjaan yang agan lamar.
Spoiler for TIDAK!:
Lanjutannya di bawah ye gan
Diubah oleh bejotampan 20-05-2013 09:46
0
1.7K
Kutip
12
Balasan
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru