KASKUS

Alat Penyaring Sampah

Tiga sahabat asal SMAN 6 Yogyakarta, Ayu Lestari, Nurina Zahra, dan Elizabeth Widya, menemukan alat penyaring sampah yang bisa dipasang di saluran air dan sungai.

Alat yang dimaksud adalah prototipe berukuran 50 x 30 cm berwarna perak. Di sisi mulut alat yang diberi nama Thundershot ini terdapat baling-baling vertikal yang mampu menarik arus. Di sisi pangkalnya terdapat sabuk berputar yang dipasang plat menyerupai sekop.

“Alat ini menarik sampah, mengangkatnya, lalu terkumpul di bak penampung yang ada di bagian paling belakangnya,” ujar Nurina.

Alat yang terinspirasi dari banjir karena sistem saluran air yang dipenuhi sampah ini akan terus dikembangkan oleh tiga sahabat ini.

Thundershot mendapatkan medali emas dalam ajang yang diikuti oleh 13 negara dengan total 64 prototipe tersebut. Pembimbing tiga siswi SMA ini sempat mengatakan temuan mereka sekelas tugas akhir mahasiswa.

Spoiler for Alat penyaring sampah:


Sumber: detik..com (12/5/13)
kreatip gan



temuannya harus di patent kan ke komnas ham
mantap coy...... tinggal butuh pengaplikasian
wahhh akhirnya
nais info gan
Mantapppp... Aplikasinya di taruh di saluran air Yάπĝ notabene sering ♏​‎​aceeet karena sampah.. Kalo misalkan saluran airnya tertutup bisa diaplikasi kan gak Ïўªªª?
sebenernya banyak yg kayak ginian di indonesia, cman banyak yg gak diterapkan ama pemerintah dan masyarakat....
×