KASKUS

[SHARE] Pentingnya Membersihkan Water Dispenser (beserta caranya gan!)

Quote:Halo Gans!

Quote:

Quote:Sesuai judul, Ane mau berbagi cerita nih, tentang merawat kebersihan dispenser air
Untungnya sampe thread ini dibuat belum ada indikasi repost gan

Spoiler for No Repost:


Quote:Dispenser air, siapa sih yg gak punya? Ada yg cuma panas + normal (tapi yg normal biasanya jadi anget airnya ) ada yg bisa panas + dingin, ada jg yg bisa panas, dingin dan normal





Quote:Ada juga dispenser kreatif kaya begini gan
Spoiler for kreatif:

Spoiler for kreatif:

Spoiler for kreatif:


Quote:Banyak lho orang yg cuek sama kebersihan dan kesterilan dispenser (termasuk ane )
Dispenser yg kotor bakalan jadi tempat favorit bakteri untuk berkembangbiak.
Bayangin tuh kalo misalnya air yg setiap hari kita konsumsi ternyata mengandung bakteri

Air yang sehat untuk dikonsumsi tiap hari adalah:
Secara fisik: airnya jernih (bening), nggak berbau, dan nggak berasa
Dari aspek kimia: Airnya punya PH yang netral
Dan dari aspek mikrobiologi: nggak mengandung mikroba penyebab penyakit.



Quote:Biasanya tiap mengganti galon air, kita nggak sadar kalo dalam dispenser masih ada sisa air dan dalam air tersebut bersembunyi bakteri penyebab penyakit. Tiap kita beli air mineral dalam galon, biasanya kita akan dapat tisu basah. Tisu ini mengandung alkohol yang bisa digunakan untuk membunuh bakteri. Makannya jangan sampai lupa untuk ngelap bagian sekitar leher dan kepala galon dan bagian dalam dispenser agan dengan tisu ini.



tuh, di tisunya udah tertulis juga gimana cara bersihinnya, lagian semua orang juga udah tau deh...


Quote:tapi itu aja nggak cukup gan, kita harus tetep bersihin bagian dalam tabung dispenser juga.
sebaiknya sih jangan langsung main bongkar dispenser, apalagi buat yg hanya "terima bongkar tidak terima pasang"
yang ada ntar dimarahin emak karena sok2an bongkar2 dispenser buat dibersihin, tapi ternyata gatau cara balikinnya


Quote:Bahan-bahannya:

  • Kain yg bener2 bersih kalo perlu kainnya direndam dulu di larutan alkohol + dicuci bersih dengan air panas
  • Cuka dapur
  • Beberapa liter air bersih (air sumur / PDAM) yg sudah direbus sampe mendidih, biarin sampe agak hangat biar tangan agan ga melepuh.





Quote:Langkah-langkahnya:

Quote:
  1. Bersihin dulu bagian luar dispenser dengan air + kain bersih.
    bagian2 yg gaboleh lupa dibersihin nih gan:



    *bagian atas tempat galon dimasukkan (yaiyalah )
    *ujung-ujung keran dispenser, ini nih yg sering lupa

  2. Kosongin isi air yg ada di dalam dispenser
    buka semua kerannya, dan agak dijungkirin dikit ya, buat mastiin aja kalo air di dalam tabung udah bener2 kosong.

  3. Campurkan 2-3 sendok teh cuka dapur dengan 2 liter air, kemudian isikan ke dispensernya sampe penuh tapi jangan sampai tumpeh-tumpeh.
    terus tutup bagian atas dispenser (tempat masukin air galon) dengan piring kecil yg bersih, dan diamkan 10-15 menit.

  4. Ulangi step 2 untuk menguras air cuka didalem dispenser.

  5. Gunakan sisa air bersih yg masih ada untuk membilas dispenser
    isi dispenser sampe penuh, terus kosongin. ulangi bila perlu.

  6. Lap lagi dispenser agan dengan kain bersih
    dan sekarang dispenser ente siap untuk diisi air mineral galon


nah begitulah caranya gan, silakan dicoba yah!

*agak ribet emang kalo mau sehat



Quote:Sedikit saran

buat agan yg belum punya dispenser, belilah dispenser yg tabungnya 100% stainless steel dan menggunakan selang anti jamur. rata2 dispenser udah pake bahan2 itu sih, tapi buat memastikan coba liat spesifikasinya di kerdus / tanya ke penjualnya.
oiya, tiap ganti galon, pas galon ente udah dicabut dari dispenser, tutup bagian atas dispenser dengan piring / mangkok yg bersih ya gan. soalnya kan di udara banyak bakteri nih, tujuannya biar ga masuk aja lewat tempat galon ini.


Quote:Jawaban dari kegelisahan agan-agan

Q: Kenapa larutan yg dipake bersihin adalah cuka dapur gan? ga pake desinfektan ampuh sekalian?
A: Cuka dapur udah sangat2 ampuh kok, menurut penelitian, cuka dapat membunuh 99 persen bakteri, 82 persen jamur, and 80 persen kuman dan virus yg tersebar di rumah tangga. (sumber) selain itu juga kalopun ada sisa cuka yg tertinggal di dalam tabung dispenser, masih aman buat dikonsumsi. dan cuka juga ga ninggalin bau kalo udah kering. jadi air agan gak akan berbau.

Q: kalo air cuka dicampur perasan jeruk lemon dan garam boleh ngga gan?
A: Boleh2 aja sih, tapi bau lemonnya bakalan tertinggal selama beberapa hari. meskipun bukan bau nggak enak, tapi aneh aja rasanya kalo buat ane

Q: kalo air cuka dicampur perasan jeruk lemon, garam, penyedap rasa, dan ditambahkan bawang putih, bawang merah, dan lombok merah besar yang dicacah halus, kemudian ditumis dengan daging sapi cincang hingga matang kecoklatan gimana gan?
A: ...

Q: Kenapa air buat campuran cuka dan buat membilas dispenser harus hangat?
A: Hangatnya opsional gan, yg penting bersih. sebaiknya kan alat makan dan minum dicuci dengan air panas gan


Quote:Sumber:
Yuki Water Indonesia: Cara Efisien Membersihkan Dispenser
Sharp Indonesia: Perawatan Water Dispenser

Care2.com: Vinegar Kills Bacteria. Molds and Germs
Google: Water Dispenser



Quote:
Jangan lupa Cendol dan rate 5 nya gan

Reserved
ada gan yg lebih kreatif, yang pake pompa
Quote:Original Posted By Whysoserios
ada gan yg lebih kreatif, yang pake pompa




kreatif pake banget gan
wow bermanfaat banget gan... thx infonya...matabelo
nice info gan..

ane pernah membersihkan dispenser..
bagian atas kotor ga karuan.. ane sikat.. bersih..
tetapi untuk mengeluarkan kotoran yg udah masuk ke tabung dalam dispenser, ane butuh berkali-kali ngangkat galon baru bisa bener" jernih
boleh jg nih
ijin ninggalin jejak dulu gan
Quote:Original Posted By MonarchyOfRoses
nice info gan..

ane pernah membersihkan dispenser..
bagian atas kotor ga karuan.. ane sikat.. bersih..
tetapi untuk mengeluarkan kotoran yg udah masuk ke tabung dalam dispenser, ane butuh berkali-kali ngangkat galon baru bisa bener" jernih


kalo pake air doang sih susah gan, coba pake air hangat + cuka , terus agak digoyang-goyang dikit dispensernya. tapi agan jangan ikutan goyang
baru tauneh gan... info yg brmanfaat neh...

makaaih gan..
sundul2 mantep bgt ini sharenya,terus terang ga pernah di bersihin dispenser ane
Quote:Original Posted By mr...x
baru tauneh gan... info yg brmanfaat neh...

makaaih gan..


Quote:Original Posted By ozon.watch
sundul2 mantep bgt ini sharenya,terus terang ga pernah di bersihin dispenser ane


bersihin lah gan, buat kesehatan juga
betewe ane bingung kenapa air mineral disebut air putih, bukannya air bening
wiw mantabs gan infonya thax yak
makasih banyak infonya gan, ane dulu pernah bersihin dengan cara langsung dicuci ke keran, yang ada malah dispenser ane rusak
wahhh tritnya mantabs gan ..
bakalan HT nih kayaknya gan

betewe untung sedikit ane udah ikutin cara TS
nais share agan


Best Regards
ican.pp

jangan lupa tutupan dari tabung pemanas nya di buka gan, dibawah nya ada tutupan biar airnya keluar semua dari penampungan air

nice info gan
Quote:Original Posted By bogeberkokok
makasih banyak infonya gan, ane dulu pernah bersihin dengan cara langsung dicuci ke keran, yang ada malah dispenser ane rusak


nah, ini nih yg ane bahas diatas tadi.

Quote:Original Posted By ican.pp
wahhh tritnya mantabs gan ..
bakalan HT nih kayaknya gan

betewe untung sedikit ane udah ikutin cara TS
nais share agan


Best Regards
ican.pp



HT?
ane sering pake punya bokap ane dirumah gan
Spoiler for HT:


Quote:Original Posted By JasaFulbarIjo2
jangan lupa tutupan dari tabung pemanas nya di buka gan, dibawah nya ada tutupan biar airnya keluar semua dari penampungan air



boleh dong gan dishare tips-nya
setiap dispenser sama nih caranya?
sip ne infonya
Oooo bgs hg niiiii
Quote:Original Posted By w1d0d0x
sip ne infonya


Quote:Original Posted By plissslur
Oooo bgs hg niiiii


makasih gan, jangan lupa