Kaskus

News

moengkarAvatar border
TS
moengkar
Selektif memilih supllier blackberry
para pebisnis dan pedagang handphone maupun blackberry sudahkan anda pernah mengalami komplain dari pelanggan???
yupz pelanggan adalah raja lho jadi kita harus meluruskan niat dalam menghadapi pelanggan bahwa tanpa mereka kita tidak bisa menjalankan bisnis kita.
btw ketika pelanggan menghadapi masalah dengan barang atau produk yang ia beli dari kita pasti kita harus bantu urus penyelesaian kecuali jika memang barang atau produk yg dibeli adalah non garansi ini lain lagi cerita.
kebanyakan handphon second sekalipun tetep masih ada garansi toko walaupun itu cuma 1 hari, seminggu bahkan ada toko yg berani menjamin bulanan.
pertama apa sih yang harus kita lakukan terhadap pelanggan yang mengalami masalah dengan produknya dan di komplainkan ke kita selaku pemegang garansi???
1. verifikasi jenis permasalahan
2. merujuk ke perjanjian jual beli ( nota, kartu garansi dll )
3. tentukan langkah penyelesaian
4. jangan lupa tetap jaga senyum jangan tegang.

yang paling berat adalah ketika tensi pelanggan naik sehingga emosi karena merasa dirugikan, kembalikan ke rujukan di perjanjian jual beli. merujuk ke nota atau kartu garansi. kalau memang kita selaku pemilik toko wajib melakukan tindakan perbaikan atau penggantian unit kenapa tidak?? kalau memang sesuai perjanjian tidak ada penggantian unit ya kembali bisakah kita berdiplomasi dengan pembeli.
pembeli tidak mungkin akan marah kalau aturan main jual beli sudah dijalankan sebagaimana mestinya... tidak berlaku buat pembeli yang memang berniay buruk sih...
tapi beratnya menjaga mimik muka senyum memang menjadi tantangan tersendiri dalam menindaklanjuti keluhan pelanggan.
ada yg punya pengalaman lain?? monggo share...
emoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundulemoticon-Sundul
0
544
0
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan