KASKUS

10 Peradaban Dunia Yang Paling Mengerikan Dalam Sejarah Manusia

maaf salah

http://www.kaskus.co.id/post/51926ff...75b48b3d000001
ada yang tau g beda Kebudayaan dan Peradaban?
kalo jawabannya benar ane cendolin broh.
Setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita cirikan dari perbedaan peradaban dan kebudayaan :

1. Peradaban (hadharah, civilization) berakar pada ide tentang kota. Kemajuan material (ilmu dan teknologi), aspek kehalusan, penataan sosial dan aspek kemajuan lain.

2. Kebudayaan (culture, tsaqafah) berakar pada ide mengenai nilai, tujuan, pemikiran yang ditransmisikan melalui ilmu, seni dan agama suatu masyarakat.

3. Kebudayaan dan peradaban merupakan aspek-aspek kehidupan sosial manusia. Sebuah deskripsi mengenai kontras-kontras antara kebudayaan dan peradaban dijelaskan secara menarik oleh Alija Izebegovic dalam Membangun Jalan Tengah. Karena peradaban dan kebudayaan adalah dua aspek dalam kehidupan manusia, ada interelasi antara keduanya. Sebagaimana interelasi antara aspek spiritual, mental dan material dalam diri manusia.

4. Ide utama yang terkandung dalam peradaban adalah kemajuan, perkembangan (progress dan development). Tetapi sebuah masyarakat memiliki nilai-nilai, pemikiran-pemikiran dasar yang tetap, yang menjadi identitas kulturalnya. Nilai-nilai yang tidak hilang begitu saja ketika sebuah peradaban mundur atau hancur. Yang terjadi adalah nilai-nilai itu menjadi tidak efektif secara sosial.

5. Sebuah peradaban mengalami siklus dalam ruang dan waktu. Ia mengalami pasang dan surut. Sedang kebudayaan lepas dari kontradiksi ruang dan waktu. Ia memiliki ukuran tersendiri (ukuran benar salah, tepat tidak atau berguna tidak) di dunai pemikiran.

6. Membangun peradaban tidak bisa dengan sekedar menumpuk-numpuk produk peradaban lain. Sebuah peradaban diukur dari pencapaiannya.

7. Untuk membangun peradaban perlu adanya jaringan sosial (dalam terminologi Bennabi) atau inovasi sosial (dalam terminologi Drucker) yang menciptakan pranata (institusi) sosial yang memungkinkannya menerima dan mengembangkan produk-produk peradaban lain dalam konteks kebudayaan sendiri.

CMIIW
Quote:Original Posted By VenusX
ada yang tau g beda Kebudayaan dan Peradaban?
kalo jawabannya benar ane cendolin broh.


Kebudayaan merupakan hasil dari pemikiran akal dan pikiran manusia yg menjadi sebuah identitas manusia itu sendiri, peradaban merupakan perkembangan pola hidup manusia yang dilandasi oleh perkembangan pemikiran dan budaya dari masa ke masa.. Kira kira seperti itu..kalo salah mohon di betulkan..
waduh udh di duluin
@dua di atas ane.

Sebenarnya tepat broh ber-2.
tapi penjelasannya terlalu luas itu.
mngkn lebih bisa di persempit lagi kali yah.
Singkat dan jelasnya..
apa perbedaan kebudayaan dan peradaban ?
Quote:Original Posted By VenusX
@dua di atas ane.

Sebenarnya tepat broh ber-2.
tapi penjelasannya terlalu luas itu.
mngkn lebih bisa di persempit lagi kali yah.
Singkat dan jelasnya..
apa perbedaan kebudayaan dan peradaban ?


Spoiler for jawaban:

Yaudah gini aja..kebudayaan merupakan hasil sedangkan peradaban merupakan proses...hehehe
Quote:Original Posted By galihgohtt


Spoiler for jawaban:



Quote:Original Posted By uulutudan
Yaudah gini aja..kebudayaan merupakan hasil sedangkan peradaban merupakan proses...hehehe



Nah hayo... ke-2 jawaban di atas kontradiksi loh.
yang satu bilang Kebudayaan adalah proses dan Peradaban adalah Hasil sedangkan satunya lagi Kebudayaan adalah hasil dari Peradaban.
kok serasa di lounge yah....? ato gua yg salah masuk kamar ?
Quote:Original Posted By Megasar
kok serasa di lounge yah....? ato gua yg salah masuk kamar ?


elo yang salah kamar kok.
pantesnya ini di forsex atau lounge
Quote:Original Posted By VenusX


elo yang salah kamar kok.


oh gitu yah....? haha....
Quote:Original Posted By VenusX





Nah hayo... ke-2 jawaban di atas kontradiksi loh.
yang satu bilang Kebudayaan adalah proses dan Peradaban adalah Hasil sedangkan satunya lagi Kebudayaan adalah hasil dari Peradaban.


liat aja di atas peradaban tuh memang yg sudah terjadi di masa lampau
Quote:Original Posted By hakeem89
pantesnya ini di forsex atau lounge


anda benar. :

Quote:Original Posted By Megasar


oh gitu yah....? haha....


iyu gitu gan. selagi jawab gitu udah +1 gan.

Quote:Original Posted By galihgohtt


liat aja di atas peradaban tuh memang yg sudah terjadi di masa lampau


Kebudayaan juga terjadi di masa lampau kok.
Ini mah thread lounge banget.
Quote:Original Posted By VenusX

iyu gitu gan. selagi jawab gitu udah +1 gan.


alaah, nanti juga klo trit ini udah diapus jadi -1

@TS

ane saranin buat di Lounge aja deh tritnya.
mgkn lebih cocok di sana.
ane cendolin deh ya.

Untuk masalah kebudayaan dan peradaban
"Peradaban ini digunakan untuk menyebut suatu kebudayaan yang memilki sistem teknologi, ilmu pengetahuan, seni-rupa, yang maju dan lebih kompleks."
Quote:Original Posted By VenusX

Kebudayaan juga terjadi di masa lampau kok.


tpi kebudayaan itu masih terjadi,memang di masa lampau tpi istilahnya masih di pergunakan,definisinya :
kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.
Quote:Original Posted By Megasar


alaah, nanti juga klo trit ini udah diapus jadi -1



g bakal keapus kalo tenggelam duluan kok.

Quote:Original Posted By galihgohtt


tpi kebudayaan itu masih terjadi,memang di masa lampau tpi istilahnya masih di pergunakan,definisinya :
kebudayaan adalah sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang kesemuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.


udah ane cendolin tuh yah.
pindahin ke lounge aja gan trit nya.