KASKUS

Thumbs up ETIKA MENGGUNAKAN LAMPU BEAM / LAMPU JAUH PADA KENDARAAN

SEBELUMNYA SAYA MINTA MAAF KALO REPOST
Spoiler for NO repost:

BERAWAL DARI APA YANG SELAMA INI ANE AMATI GAN

ETIKA MENGGUNAKAN LAMPU DIM / LAMPU JAUH PADA KENDARAAN



Menggunakan lampu yang benderang saat mengemudikan mobil di malam hari sungguh menyenangkan. Apalagi bila sedang memanfaatkan lampu jauh (beam), bentangan jalanan di depan mata terasa nyata hingga detailnya.
Tetapi, tidak demikian bagi kendaraan yang hendak berpapasan dengan kita. Akibat nyala benderang, silau pun bakal menyergap pengemudi dari arah berlawanan itu. Demikian pula yang kita alami bila pengemudi dari arah berlawanan melakukan hal serupa. Selain sangat menyiksa, kondisi ini sangat membahayakan, karena bisa saja kecelakaan tak dapat dihindari.
Arah sorotan lampu dekat membentuk sudut yang mengarah ke jalan. Sedangkan lampu jauh menyorot ke depan sejajar dengan jalanan sehingga dampaknya adalah silau bagi orang lain. Orang lain tidak hanya berarti pejalan kaki, namun juga pengguna kendaraan. Menyilaukan bagi lawan arah: tidak hanya bagi pengendara kendaraan bermotor lain, tetapi juga pejalan kaki. Menyilaukan bagi pengendara di depan, karena sorotan lampu jauh itu sangat menyilaukan di spion. Tentu mengganggu pengelihatan. Efek dari silau ini adalah kecelakaan.

Lalu bagaimana bila menghadapi mobil dengan lampu menyilaukan menuju arah kita. Berikut sejumlah etika bermain lampu saat mengemudi di malam hari. Cara-cara ini wajib dijalankan, khususnya saat melakukan perjalanan malam dengan kondisi lalulintas amat padat.

1. Jika berpapasan dengan mobil yang memakai lampu jauh (beam) cepat beri kode agar mobil lawan segera mengganti dengan lampu pendek (dim), dengan cara memberi kedipan lampu jauh. Bila kegiatan ini tak ditanggapi, kurangi kecepatan mobil dan pastikan jarak aman saat berpapasan.

2. Hindari menggunakan lampu jauh pada saat bersamaan dengan mobil yang datang dari arah berlawanan. Pantulan balik akibat benturan antarpartikel cahaya berpeluang besar menciptakan kecelakaan.

3. Anda boleh saja menggunakan lampu jauh bila keadaan jalan di depan sepi dari kendaraan lain, baik yang searah maupun berlawanan arah.

4. Bila bermaksud mendahului kendaraan di depan, sebaiknya memberikan kode dengan sorot lampu jauh dalam waktu sekejap, diikuti dengan menyalakan lampu sign kanan. Penggunaan lampu jauh dalam waktu lama saat hendak mendahului sangat tidak disarankan. Sebab, pantulan cahaya pada seluruh kaca spion akan menyilaukan pengemudi yang akhirnya dapat membahayakan keamanan kedua mobil yang saling mendahului tersebut.

5. Bila menemui pengemudi yang membuntuti terus menyalakan lampu jauh, jangan kemudian menekuk spion mobil anda. Ini bahaya karena keadaan di belakang mobil justru tidak dapat terpantau. Beri peringatan mobil di belakang itu dengan cara sesekali menginjak rem tanpa harus mengurangi kecepatan. Bila tanda itu tak dihiraukan, berarti pengemudi di belakang kurang beradab. Geserkan sedikit posisi mobil anda ke kiri lalu nyalakan sign kiri, biarkan mobil tersebut mendahului. bid

Manfaat dari mematikan lampu jauh, antara lain:
1. Sopan terhadap orang lain.
2. Meminimalisir kecelakaan.
3. Mengurangi polusi cahaya.
4. Terhindar dari umpatan orang lain.
Itu baru 4, belum lagi manfaat lainnya jika masih ada.

Namun bila pembaca tetap bersikeras untuk menggunakan lampu jauh, tolong: matikanlah setiap ada orang lain di depan atau dari lawan Anda.

Semoga kepolisian lebih memperhatikan hal kecil yang bermanfaat seperti ini. Dan bagi Anda yang membaca tulisan ini, mohon disebarkan untuk kepentingan bersama. Kita masih mau dikenal sebagai negara yang menjunjung tinggi toleransi, bukan?


SUMBER
Republika

= YES = YES = YES = NO

pertamax ya...

Setuju gan,paling sebel sm pengemudi yg ga punya etika menggunakan lampu beam...
info nya bagus,,, tapi bukan termasuk kategori berita & politik,,, dipindahin ke lounge aje masbro
Baru tau ane gan

Nice infonya ya gan






Yes , ane nampang di pejwan

mana ada aturan gitu, di atas kertas begitu, di jalanan udah kayak hukum rimba

makanya ijin pembuatan dan perpanjangan SIM di tinjau agar pengemudi mengerti etika berkendara, terutama pengendara motor.
pindahin ke lounge aja biar pd tau
plus ama alay alay yang make lampu kendaraannya berwarna putih dia sih seneng seneng aja kita yang berpapasan

alay berkendara :fuck
Quote:Original Posted By kosimsupir
mana ada aturan gitu, di atas kertas begitu, di jalanan udah kayak hukum rimba

makanya ijin pembuatan dan perpanjangan SIM di tinjau agar pengemudi mengerti etika berkendara, terutama pengendara motor.


setuju. Terutama yg bawa motor emak2.
Biasanya ane pake saran yg nomer 1 diatas. Kalau lawan blm sadar, ane nyalain terus lampu jauh ane. Silau silau dah berdua..
Quote:Original Posted By bchi
Setuju gan,paling sebel sm pengemudi yg ga punya etika menggunakan lampu beam...


sama gan ane setuju juga
yang ane tau selama ini :
kalo ada yang ngidupin lampu jauh dengan gaya sok paten, balas lampu jauh tapi harus pas di tengah2 mata kepalanya. kalau dia kira2 udah sakit mata baru minggir dan matikan lampu..
kl ada di lounge mantep nih gan, nice inpoh gan.
kadang juga ane kesel sm salah kaprah soal lamou jauh
klo mnurut ane sekalian sama lampu mobil yg pd make bohlam xenon halogen yg warnanya biru, itu sungguh sangat menyilaukan pd saat papasan, makanya ane klo pas papasan sm mobil yg make lampu kek gt lansung ane dim
Setujuh gan, keknya pas klo pindah lounge gan
makanya gw sering batin
nih mobil papasan ama gw , mobil maling kali ya?
sampe beam ngak dimatiin
ini aturannya buat yang dapet SIM dari hasil ujian resmi..

nah orang indonesia 99.5% bikin SIM nembak semua, makanya ga ada yang tau peraturan, yang penting bisa angkat kopling sama bisa ngegas udah...
Quote:Original Posted By darkcloudangel
ini aturannya buat yang dapet SIM dari hasil ujian resmi..

nah orang indonesia 99.5% bikin SIM nembak semua, makanya ga ada yang tau peraturan, yang penting bisa angkat kopling sama bisa ngegas udah...


Padahal ujian biasa ga gitu susah lho..
Orang kebanyakan aja malas dan takut dan ditakuti..
Ada jalurnya pula.
Lebkap sudah awal cikal bakal kecelakaan lalulintas.

Quote:

5. Bila menemui pengemudi yang membuntuti terus menyalakan lampu jauh, jangan kemudian menekuk spion mobil anda. Ini bahaya karena keadaan di belakang mobil justru tidak dapat terpantau. Beri peringatan mobil di belakang itu dengan cara sesekali menginjak rem tanpa harus mengurangi kecepatan. Bila tanda itu tak dihiraukan, berarti pengemudi di belakang kurang beradab. Geserkan sedikit posisi mobil anda ke kiri lalu nyalakan sign kiri, biarkan mobil tersebut mendahului. bid


Sumpah yg ini kesel banget, baik di tol atau nga.. Sabar sedikit knapa. Udah tau mobil antrian

kalo gak ada yang bisa langsung deketin tuh mobil, buka kaca, trus tereakin "WOY MATIIN TUH LAMPU GOBLOK!! MAU BUTAIN ORANG LUH!??"
Quote:Original Posted By Octhopit
yang ane tau selama ini :
kalo ada yang ngidupin lampu jauh dengan gaya sok paten, balas lampu jauh tapi harus pas di tengah2 mata kepalanya. kalau dia kira2 udah sakit mata baru minggir dan matikan lampu..

hehehe...setuju gan....soalnya zaman skrg klo dikasih tau dengan cara halus...ujung2nya malah kita sendiri yg dilecehkan
trit yg bagus, ane setuju sama kata2 di trit ini

tapi tau lha bnyk ababil2 baru bisa bawa mobil belagu, ga tau aturan

lebih sopan kalo soal lampu jauh ini sopir2 truk yg biasa ke luar kota drpd ababil2 di jalanan kota
Quote:5. Bila menemui pengemudi yang
membuntuti terus menyalakan lampu
jauh, jangan kemudian menekuk spion
mobil anda. Ini bahaya karena keadaan
di belakang mobil justru tidak dapat
terpantau. Beri peringatan mobil di
belakang itu dengan cara sesekali
menginjak rem tanpa harus mengurangi
kecepatan. Bila tanda itu tak dihiraukan,
berarti pengemudi di belakang kurang
beradab. Geserkan sedikit posisi mobil
anda ke kiri lalu nyalakan sign kiri,
biarkan mobil tersebut mendahului


Klo wa lg kesel, tutup Jendela biar ga silau, trus wa kebut mobil, potong aja klo bisa

Mobil wa lampu deketnya aja udah silau, klo malem papasan ama org sering banget di dim gitu, giliran wa bales beam baru deh pada nyadar klo sebenernya wa pake lampu deket.
×